Minggu, 22 Januari 2012

Usul Judul Skripsi Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

USUL JUDUL SKRIPSI
Nama : Alvian Kurniawan
NPM : 2008 112 193
Program Studi : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan : Pendidikan Bahasa dan Seni

Judul 1 :
ANALISIS STRATA LAPIS BUNYI DAN STRATA LAPIS METAFISIS PADA PUISI “BERDARAH” KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah strata lapis bunyi dan strata lapis metafisis pada puisi “Berdarah” karya Sutardji Calzoum Bachri?

Judul 2 :
ANALISIS BENTUK WACANA PERSUASIF PADA MEDIA BROSUR PENAWARAN LAYANAN JASA BIMBINGAN BELAJAR DI KOTA PALEMBANG

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah wacana persuasif pada media brosur penawaran layanan jasa bimbingan belajar di Kota Palembang?

Judul 3 :
ANALISIS MEDAN MAKNA KOLOKASI DALAM BERITA KRIMINAL PADA KORAN HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI DESEMBER 2011-JANUARI 2012

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah medan makna kolokasi yang terdapat dalam berita kriminal pada Koran Harian Sumatera Ekspres edisi Desember 2011-Januari 2012?


Judul 4:
ANALISIS PERSAJAKAN DAN JENIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU-LAGU YANG DITRANSLITERASI DARI BAHASA INGGRIS PADA ALBUM CELINE ALL THE WAY (A DECADE OF SONG)

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah persajakan dan jenis gaya bahasa pada lirik lagu-lagu yang ditranslitersi dari bahasa Inggris pada album Celine All The Way (A Decade of Song)?


Judul 5 :
ANALISIS PEMAJEMUKAN KATA DAN JENIS GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU-LAGU YANG DITRANSLITERASI DARI BAHASA INGGRIS PADA ALBUM CELINE ALL THE WAY (A DECADE OF SONG)

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah pemajemukan kata dan jenis gaya bahasa pada lirik lagu-lagu yang ditranslitersi dari bahasa Inggris pada album Celine All The Way (A Decade of Song)?

Judul 6 :
ANALISIS WACANA KOHESIF DAN KOHERENSIF PADA WACANA SOAL YANG DITRANSLITERASI DARI BUKU BIMBINGAN TOEFL UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI TERBARU JULI 2011

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah wacana kohesif dan kkoherensif pada wacana soal yang ditransliterasikan dari buku bimbingan Toefl Universitas PGRI Palembang edisi terbaru Juli 2011?


Judul 7 :
ANALISIS GAYA BAHASA PARARELISME PADA PUISI-PUISI KONTEMPORER KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah gaya bahasa pararelisme yang dipergunakan pada puisi-puisi kontemporer Sutardji Calzoum Bachri?

Judul 8 :
ANALISIS PERBANDINGAN BUTIR SOAL PADA BUKU “BAHASA INDONESIA KELAS IX SMP” KARANGAN ATIKAH ANINDYARINI DENGAN BUKU “BAHASA DAN SASTRA INDONESIA 3” KARYA MARYATI SUTOPO

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah bentuk perbandingan antara butir soal pada buku “Bahasa Indonesia Kelas IX SMP” Karangan Atikah Anindyarini dengan buku “Bahasa dan Sastra Indonesia 3” Karya Maryati Sutopo?


Judul 9 :
ANALISIS KALIMAT PERSUASIF PADA MEDIA IKLAN KORAN HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI DESEMBER 2011-JANUARI 2012

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah kalimat persuasif yang ditemui pada media iklan Koran Harian Sumatera Ekspres edisi Desember 2011-Januari 2012?

Judul 10:
ANALISIS STRATA BUNYI PADA PUISI “BERDARAH” KARYA SUTARDJI CALZOUM BACHRI

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah strata bunyi pada puisi “Berdarah” karya Sutardji Calzoum Bachri?



Judul 11:
ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PARADOKS PADA NOVEL PADA SEBUAH KAPAL KARYA NH. DINI

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah penggunaan gaya bahasa paradoks pada novel “Pada Sebuah Kapal” Karya Nh. Dini?


Judul 12:
ANALISIS KATAGORI SINTAKSIS PADA RUBRIK SURAT PEMBACA KORAN HARIAN SUMATERA EKSPRES EDISI DESEMBER 2011-JANUARI 2012

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah katagori sintaksis pada rubrik surat pembaca koran harian Sumatera Ekspress edisi Desember 2011-Januari 2012?

Judul 13:
ANALISIS PENGGUNAAN KALIMAT AKTIF TRANSITIF PADA NOVEL “PADA SEBUAH KAPAL” KARYA NH. DINI

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah penggunaan kalimat aktif transitif pada novel “Pada Sebuah Kapal“ karya Nh. Dini?

Judul 14:
ANALISIS UNSUR SUPRASEGMENTAL PADA REKAMAN PEMENTASAN DRAMA MAHASISWA KELAS 5.E PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG DENGAN JUDUL “JAKA KENDIL MENCARI CINTA” KARYA HERU SUBRATA

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah unsur suprasegmental pada rekaman pementasan drama mahasiswa kelas 5.E Progam Studi Penddidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Palembang dengan judul “Jaka Keendil Mencari Cinta” Karya Heru Subrata?



Judul 15:
ANALISIS UNSUR SEGMENTAL DAN SUPRASEGMENTAL PADA REKAMAN PEMENTASAN DRAMA MAHASISWA KELAS 5.E PROGAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG DENGAN JUDUL “JAKA KENDIL MENCARI CINTA” KARYA HERU SUBRATA

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah unsur segmental dan suprasegmental pada rekaman pementasan drama mahasiswa kelas 5.E Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Palembang dengan judul “Jaka Kendil Mencari Cinta” Karya Heru Subrata?

Judul 16:
ANALISIS GAYA BAHASA DAN KATA MAJEMUK YANG DIPERGUNAKAN PADA LIRIK LAGU-LAGU TERJEMAHAN WESTLIFE PADA ALBUM DELUXE

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah gaya bahasa dan kata majemuk yang dipergunakan pada lirik lagu terjemahan Westlife pada album Delux?

Judul 17:
ANALISIS KONTRADIKTIF STRUKTUR FISIK DAN STRUKTUR BATIN PADA PUISI-PUISI SUTARDJI CALZOUM BACHRI DAN CHAIRIL ANWAR

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah kontradiktif yang terjadi antara struktur fisik dan struktur batin pada puisi-puisi Sutardji Calzoum Bachri dan Chairil Anwar?

Judul 18:
ANALISIS FUNGSI, KATAGORI DAN PERAN SINTAKSIS PADA TEKS PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah fungsi, katagori dan peran sintaksis pada teks pembukaan Undang-undang Dasar 1945?

Judul 19:
ANALISIS NILAI DIKDAKTIS PADA KASET VCD CERITA “MALIN KUNDANG”

Rumusan Masalah:
Bagaimanakah nilai dikdaktis pada kaset VCD cerita “Malin Kundang”?

Judul 20:
ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA BIDANG EJAAN PADA SPANDUK DAN BALIHO DI PESISIR JALAN SERTA PERTOKOAN DIKAWASAN SEKITAR MASJID AGUNG DAN JALAN JENDRAL SUDIRMAN PALEMBANG

Rumusan Masalah:
Bagaimana kesalahan berbahasa bidang ejaan pada spanduk dan baliho di pesisir jalan serta pertokoan di kawasan sekitar Masjid Agung dan Jalan Jendral Sudirman Palembang?

Judul 21:
ANALISIS RAGAM KATA KAJIAN BIDANG PEMROGRAMAN KOMPUTER PADA BUKU BANK SOAL DELPHI

Rumusan Masalah:
Bagaimana ragam kata kajian bidang pemrograman komputer yang ditemukan pada buku Bank Soal Delphi?

Judul 22:
ANALISIS PEMAJEMUKAN KATA, JENIS PERSAJAKAN DAN GAYA BAHASA DALAM KUMPULAN PUISI MA’RIFAT BUNDA SUNYI KARYA HANDOKO F. ZAINSAM

Rumusan Masalah:
Bagaimana pemajemukan kata, jenis persajakan dan gaya bahasa dalam kumpulan puisi Ma’rifat Bunda Sunyi Karya Handoko F. Zainsam?

Judul yang Saya Pergunakan:
ANALISIS PEMAJEMUKAN KATA, GAYA BAHASA DAN PERSAJAKAN SYAIR LAGU-LAGU AFGAN DALAM ALBUM CONFFESION NO.1

Rumusan Masalah:
Bagaimana pemajemukan kata, gaya bahasa dan persajakan syair lagu-lagu Afgan dalam album Conffesion No.1?

Menyetujui, Palembang, Desember 2011
Ketua Program Studi Mahasiswa yang Mengusulkan


Dra. Hj. Siti Rukiyah, M.Pd. Alvian Kurniawan

Di Usulkan Judul : ……. (……….)
Pembimbing I : Dra. Hj. Siti Rukiyah, M.Pd (…………………)

Pembimbing II : Drs.H. Yuswan, M.Pd. (…………………)


Mengetahui,
Ketua Jurusan


Yusri, M.Pd.

Contoh Proposal Skripsi (pertama) Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

RANCANGAN PENELITIAN
ANALISIS PEMAJEMUKAN KATA DAN JENIS PERSAJAKAN LIRIK LAGU-LAGU YANG DITRANSLITERASIKAN DARI BAHASA INGGRIS DALAM ALBUM CELINE ALL THE WAY (A DECADE OF SONG)

1. Latar Belakang
Bahasa dan sastra merupakan dua komponen yang tidak dapat dipisahkan. Bahasa adalah sarana komunikasi yang mutlak diperlukan oleh setiap anggota masyarakat. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan Keraf (2006:1) sebagai berikut:
Melalui bahasa, kebudayaan suatu bangsa dapat dibentuk, dibina, dikembangkan, dan dapat diturunkan kepada generasi mendatang. Dengan adanya bahasa sebagai alat komunikasi, maka yang ada disekitar manusia mendapat tanggapan dalam pikiran manusia yang disusun dan diungkapkan kembali kepada orang lain sebagai bahan komunikasi.

Demikian juga dengan sastra. Sastra diciptakan untuk dinikmati, dipahami, dirasakan, dan dimanfaatkan oleh masyarakat atau pembaca. Hal tersebut diperkuat oleh pendapat Suharianto (2008:1) yang menyatakan,
Karya sastra adalah kehidupan yang telah diwarnai dengan sikap penulisnya, latar belakang pendidikannya, keyakinannya, dan sebagainya. Dengan demikian, sebuah karya sastra memerlukan imajinasi sastrawan yang dapat memberikan manfaat kepada pembaca atau penikmat sastra.

Bahasa dan sastra dapat memberi manfaat kepada pemakai dan penikmatnya. Dengan adanya bahasa dan sastra, seseorang dapat mengekspresikan perasaan yang dialaminya melalui kreativitas seperti puisi, lagu dan lain sebagainya. Berbicara mengenai sebuah lagu, tentu sebelum manusia menikmati sebuah lagu dengan aliran musik yang digemari, lagu diawali oleh sebuah tulisan yang dikenal dengan istilah lirik. Dalam lirik lagu, terdapat unsur-unsur yang terlibat dalam pembentukannya. Unsur-unsur tersebut dibangun oleh tataran bahasa dan sastra. Salah satu tataran bahasa yang membentuk sebuah lirik lagu adalah kata. Bentuk dan jenis kata sangat beragam, salah satu diantaranya adalah kata majemuk.
Ramlan (2001:76) menyatakan, “Kata majemuk adalah kata yang terdiri dari dua kata sebagai unsurnya,” sehingga dapat diperkirakan bahwa lirik lagu pasti dibangun oleh kumpulan kata, dan tidak menutup kemungkinan diantara kata-kata yang dihimpun tersebut terdapat kata-kata yang berpotensi membentuk makna baru yang telah dikenal dengan istilah kata majemuk.
Selain kata majemuk, lirik lagu juga ditunjang oleh beberapa unsur fisik, diantaranya adalah sajak atau yang sering dikenal dengan istilah rima. Sajak atau rima adalah perpaduan bunyi yang dapat menimbulkan keindahan tersendiri. Jenis sajak atau rima juga beragam. Sehingga, ada keunikan tersendiri ketika meneliti sebuah sajak atau rima.
Dari ragam analisis lirik lagu, baik itu analisis pemajemukan kata atau persajakan pastinya tidak akan luput dari suatu objek. Objek tersebut dipilih dan disesuaikan dengan tumbuh dan berkembangnya kebutuhan dan kegemaran masyarakat pada suatu zaman. Di era modern seperti sekarang, banyak dibicarakan mengenai lagu-lagu yang tidak hanya bersumber dari dalam negeri tetapi juga lagu-lagu yang bersumber dari luar negeri.
Sebuah tantangan untuk melakukan sebuah penelitian tentang sastra atau bahasa Indonesia yang membahas tentang sebuah lirik lagu dalam bahasa asing. Mengingat tinjauan struktur ketatabahasaan antara bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang berbeda, maka alternatif penggunaan analisis yang digunakan harus diawali dengan sebuah langkah penerjemahan atau transliterasi dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia. Dengan cara seperti itu, banyak hal yang dapat diteliti mengenai persamaan antara lirik lagu dalam bahasa Indonesia dengan lirik lagu yang ditransliterasi dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia dalam bidang pemajemukan kata dan persajakan.
Untuk itu, penulis merasa tertarik untuk dapat meneliti pemajemukan kata dan persajakan dalam lirik lagu yang ditransliterasikan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia pada album Celine All the Way (A Decade of Song). Penulis memilih album tersebut untuk diteliti karena beberapa lagu di dalamnya sudah banyak dikenal masyarakat Indonesia. Selain itu, kata-kata yang dituangkan begitu indah dan mempunyai nilai sastra dan bahasa yang baik untuk ukuran dari kumpulan lirik lagu. Hal ini terbukti, karena beberapa buah lagu dalam album tersebut, seperti lagu The Power of Love pernah memasuki tangga lagu teratas di beberapa stasiun radio di Indonesia dan lagu My Heart Will Go menjadi original soundtrack dalam film box office Titanic.




2. Masalah
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pemajemukan kata dan jenis persajakan lirik lagu-lagu yang pernah ditransliterasikan dari bahasa Inggris dalam album Celine All the Way (A Decade of Song).

3. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemajemukan kata dan jenis persajakan lirik lagu-lagu yang pernah ditransliterasikan dari bahasa Inggris dalam album Celine All the Way (A Decade of Song).

4. Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoretis maupun praktis.
1) Secara teoretis, penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat memberikan sumbangan dalam disiplin ilmu linguistik dan sastra, seperti: ilmu morfologi dan metode puisi, khususnya tentang pemajemukan kata dan persajakan.
2) Secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat (1) dijadikan sebagai salah satu referensi bagi mahasiswa yang berminat menganalisis pemajemukan kata dan persajakan dalam penelitian yang serupa serta memberi konstribusi bagi pemahaman dan pengembangan tentang pemakaian kata majemuk dan persajakan; (2) bagi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, agar dapat menjadi penambahan literatur dalam mengiringi perkembangan ilmu bahasa dan sastra yang bersifat dinamis sesuai dengan perkembangan zaman.
5. Tinjauan Pustaka
5.1 Kajian Literatur
5.1.1 Kata Majemuk
“Kata majemuk adalah gabungan dua kata atau lebih yang membentuk makna baru,” (Kosasih, 2002:221). Ramlan, (2001:76) mengemukakan bahwa kata majemuk adalah kata yang terdiri dari dua kata sebagai unsurnya. Ada juga kata majemuk yang terdiri dari satu kata dan satu pokok kata sebagai unsurnya. Menurut Muda (2006:591), “Kata majemuk adalah gabungan dua kata atau lebih yang senyawa dan membentuk sebuah kata baru”. Menurut Muliono (1997:121), “Kata majemuk ialah verba yang dasarnya terbentuk melalui proses pemajemukan dua morfem atau lebih, atau verba yang berafiks yang digabung dengan kata atau morfem terikat, sehingga menjadi satu satuan makna”. Keraf (1994:124) menyatakan, “Kata majemuk ialah gabungan dari dua kata atau lebih yang membentuk suatu kesatuan arti”. Mardiana (dikutip dari Sudaryat 2006:6) menyatakan, “Kata majemuk adalah gabungan dua kata atau lebih yang senyawa dan membentuk sebuah kata baru dan memiliki makna baru”.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan kata majemuk adalah kata yang terdiri dari dua kata yang membentuk verba atas pemajemukan dua morfem atau lebih yang membentuk kata dan kesatuan arti yang baru.”



5.1.2 Ciri-Ciri Kata Majemuk
Menurut Muda (2006:591—592), “Kata majemuk mempunyai ciri-ciri, yaitu: (1) pada umumnya terdiri dari gabungan kata dasar atau kata asal, (2) susunan katanya tidak bisa seenaknya dibalik, (3) susunan unsur-unsurnnya tidak dapat disisipi atau dipisahkan dengan kata yang lain, (4) penulisan awalan ditulis dibagian depan kata pertama, (5) penulisan akhiran ditulis pada bagian akhir kata kedua, (6) jika mengalami pengulangan harus diulang penuh”. Menurut Kosasih (2002:221), “Kata majemuk mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) dibentuk oleh dua kata atau lebih, (2) gabungan kata itu membentuk makna baru yang berbeda dengan makna dari setiap unsurnya, (3) kata majemuk umumnya dibentuk oleh kata dasar, (4) unsur kata majemuk tidak dapat dipisahkan dengan kata lain, (5) kata majemuk tidak bisa diubah-ubah susunannya, (6) kata majemuk mendapat pengimbuhan ataupun pengulangan itu harus meliputi keseluruhan unsurnya.” Kridalaksana (dikutip dari Arifin, 2008:26) menyatakan, “Kata majemuk mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) karena menunjukkan tingkat keeratan yang tinggi dan secara sintaksis berstatus kata, kata majemuk tak mungkin terpisahkan, (2) karena kata majemuk berstatus kata, setiap konstituennya kehilangan otonomi, akibatnya diantara konstituennya itu tidak dapat disisipi kata lain, (3) Keeratan konstruksi majemuk ditentukan oleh setidaknya satu konstituen memperlihatkan gabungan yang konstan, (4) Kata majemuk terdiri atas gabungan pola kombinasi morfem dasar sebagai konstituennya. Untuk itu, setidak-tidaknya satu dari morfem dasar itu: menunjukkan ciri-ciri tidak produktif, merupakan bentuk unik, merupakan morfem terikat tetapi bukan afiks”. “Kata majemuk mempunyai beberapa ciri, yaitu: (1) salah salah atau semua unsurnya berupa pokok kata; (2) unsur-unsurnya tidak mungkin dipisahkan, atau tidak mungkin diubah strukturnya,” (Ramlan, 2001:78—79).
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kata majemuk mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) Dibentuk oleh dua kata yang terdiri atas kata dasar atau kata asal, (2) unsur-unsurnya tidak dapat dipisahkan atau disisipi oleh kata atau morfem lain karena mempunyai keeratan yang tinggi sebagai status kata, (3) susunan dan struktur kata majemuk tidak dapat dibalik atau diubah (4) jika mengalami pengulangan, harus diulang penuh pada setiap unsurnya.

5.1.3 Jenis-Jenis Kata Majemuk
Menurut Muda (2006:592—593), “Kata majemuk dibedakan menjadi dua jenis, yaitu: (1) kata majemuk setara (kata majemuk kompulatif atau kata majemuk gabung), seperti: kata majemuk wakil-wakil keseluruhan, kata majemuk yang berlawanan, kata majemuk yang maknanya hampir sama; dan (2) kata majemuk tak setara (kata majemuk determinatif), seperti: kata majemuk dengan susunan DM dan kata majemuk dengan susunan MD”. Menurut Kosasih (2002:223), “Jenis kata majemuk dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: (1) kata majemuk berdasarkan strukturnya, seperti: kata majemuk berpola DM dan kata majemuk berpola MD serta kata majemuk berpola sejajar (koordinatif); dan (2) kata majemuk berdasarkan jenis kata, seperti: kata kerja, kata benda, dan kata sifat”. Menurut Mardiana (dikutip dari Ambary, 2006:8), “Berdasarkan bentuknya, kata majemuk terdiri atas kata majemuk berangkai, kata majemuk setara atau sejajar, kata majemuk menentukan atau determinatif, dan kata majemuk menggabungkan”.
Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa kata majemuk ada dua macam, yaitu sebagai berikut:
1) Kata Majemuk Setara (Kata Majemuk Kompulatif)
Menurut Muda (2006:592), “Kata majemuk setara (Kata majemuk kompulatif) yaitu kata majemuk yang bagian-bagiannya sederajat”. (Kosasih, 2003:141) menyatakan kata majemuk setara adalah kata majemuk yang tidak ada unsur inti ataupun penerang, dan unsur-unsurnya mempunyai hubungan yang sejajar”.
Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kata majemuk setara (kata majemuk kompulatif) adalah kata majemuk yang tidak mempunyai inti dan keterangan dan bagian-bagian unsurnya.
Contoh:
a. Kata majemuk yang bagian-bagiannya terdiri dari wakil-wakil keseluruhan yang dimaksud. Contoh: kaki tangan, ayam itik, orang tua, sawah ladang, tua bangka, luluh lantak, tikar bantal dan lain sebagainya.
b. Kata majemuk yang bagian-bagiannya terdiri dari kata-kata yang berlawanan.
Contoh: besar kecil, tua muda, naik turun, panas dingin, tinggi rendah, baik buruk, susah senang, pria wanita, kaya miskin.
c. Kata majemuk yang bagian-bagiannya terdiri dari kata-kata yang maknanya hampir sama. Contoh: susah payah, hancur lebur, luluh lantak, remuk redam.
2) Kata Majemuk Tidak Setara (Kata Majemuk Determinatif)
Menuurut Muda (2006:593), “Kata majemuk determinatif adalah kata majemuk yang tidak mempunyai inti”. Mardiana (2006:13) menyatakan, “Kata majemuk determinatif adalah kata pertamanya ditentukan oleh kata yang mengikutinya.”
Berdasarkan pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kata majemuk tidak setara atau kata majemuk determinatif adalah kata majemuk yang tidak mempunyai inti karena hanya ditentukan oleh kata yang mengikutinya. Kata majemuk ini terdiri dari dua jenis, sebagai berikut:
a. Kata Majemuk dengan Susunan DM (Diterangkan Menerangkan)
Kosasih (2003:141) menjelaskan, “Kata majemuk jenis ini dibentuk oleh unsur pusat dan unsur penjelas. Unsur pusat disebut yang diterangkan (D) dan unsur penjelasnya disebut dengan menerangkan (M).
Contoh: raja muda, orang tua, meja makan, air terjun, anak emas, batu api, mata hati, mata angin, dan lain-lain.

b. Kata Majemuk dengan Susunan MD (Menerangkan Diterangkan)
Kosasih, (2003:141) menjelaskan, “Dalam kata majemuk jenis ini, hampir sama dengan kata majemuk pola MD, yakni sama-sama dibentuk oleh unsur pusat dan unsur penjelas. Hanya saja dalam kata majemuk jenis ini, jenis unsur penjelas (M) mendahului unsur inti (D).
Contoh: besar kepala, panjang tangan, tebal muka, ringan mulut, kecil hati, panas hati, besar mulut, dan lain sebagainya.
5.1.4 Persajakan (Rima)
“Persajakan (Rima) adalah pengulangan bunyi dalam puisi untuk membentuk musikalitas atau orkestrasi,” (Waluyo, 1987:90). Pradopo (dikutip dari Slametmuljana, 2005:36) menyatakan, “Sajak ialah pola estetika bahasa yang berdasarkan ulangan suara yang diusahakan dan dialami dengan kesadaran”. Menurut Muda (2006:458), “Rima adalah sebuah persajakan”. Azhari (2011:30) menyatakan, “Rima (sajak) adalah pengulangan bunyi dalam puisi untuk membentuk musikalisasi atau orkestrasi sehingga puisi menjadi menarik untuk dibaca”. Verly (2008:108) menyatakan, “Rima adalah persamaan bunyi pada akhir baris”.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan sajak atau rima adalah pola estetika bahasa yang berdasarkan pengulangan bunyi suara dalam puisi untuk membentuk musikalitas atau orkestrasi sehingga menarik untuk dibaca”.

5.1.4 Macam-Macam Sajak atau Rima
Azhari (2011:30) menyatakan, “Dalam puisi banyak jenis rima yang dapat kita jumpai, yaitu sebagai berikut: (1) rima berdasarkan bunyinya, seperti: rima sempurna, rima tak sempurna, rima mutlak, asonansi, aliterasi, disonansi; (2) rima berdasarkan letaknya, seperti: Rima depan, rima tengah, rima datar”. Waluyo (dikutip dari Azhari, 2008:31) menyatakan, “Berdasarkan letaknya, rima dapat dibedakan menjadi: rima berangkai, rima berselang, rima berpeluk, rima terus, rima patah, rima bebas, efoni, kakafoni”. Pradopo (2005:37) mengemukakan bahwa ada bermacam-macam sajak yang banyak dipergunakan sebagai unsur kepuitisan dalam puisi Indonesia yaitu: sajak akhir, sajak dalam, sajak tengah, aliterasi, dan asonansi. “Dalam puisi kita jumpai banyak jenis rima, antara lain: (1) rima menurut bunyinya, seperti: rima sempurna, rima tak sempurna, asonansi, aliterasi, disonansi, rima mutlak, (2) rima menurut letaknya dalam baris puisi, seperti: rima depan, rima tengah, rima akhir, rima tegak, rima datar, (3) menurut letaknya dalam bait puisi, seperti: rima silang, rima berpeluk, rima terus atau rangkai, rima berpasangan atau rima kembar, rima patah,” (Liberatus, 1988:52-57). Amirin (2006:47) menyatakan, “Macam-macam rima dibedakan menjdi dua, yaitu: (1) rima berdasarkan letaknya pada larik puisi, seperti: rima tegak/vertikal (rima awal, rima tengah, rima akhir), rima akhir dapat dibedakan menjadi, rima sama/lurus/terus, rima silang, rima pasangan, rima genggang/bertaut, berpeluk, rima patah/putus, rima mendatar/horizontal (rima pangkal/aliterasi, rima rangka/disonansi); (2) rima berdasarkan bunyi yang diulang, seperti: rima mutlak/sempurna, rima penuh, dan rima paruh (asonansi)”. Muda (2006:458) menyatakan, “Macam-macam rima adalah rima akhir, rima berpeluk, rima dalam, rima ganda, dan rima tengah.”
Berdasarkan pendapat para pakar di atas, dapat disimpulkan bahwa macam-macam rima dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
1) Sajak atau Rima Berdasarkan Bunyinya
Berdasarkan bunyinya, rima dibedakan menjadi empat, yakni sebagai berikut:

a. Sajak atau Rima Sempurna/Mutlak
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima sempurna/mutlak adalah rima yang terdapat pada kata akhir yang bunyi dan bentuknya sama dengan pola (aa/aaa/aaaa). Liberatus, (1988:52) mengatakan, “Rima sempurna adalah rima yang terjadi bila seluruh suku akhir sama bunyinya.’
Dari pendapat-pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa sajak atau rima sempurna atau rima mutlak adalah rima yang terjadi bila suku kata akhir bunyi dan bentuknya sama dengan pola (aa/aaa/aaaa).
Contoh:
Merdeka! (a)
Sekali Merdeka (a)
Tetap Merdeka (a)

b. Sajak atau Rima Asonansi/Paruh
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa rima paruh/asonansi adalah rima yang terdapat pada suku kata akhir yang bunyinya sama tetapi bentuk berbeda (pola rima: aa/aaa/aaaa). Liberatus, (1988:52) menyatakan, “Rima asonansi adalah perulangan bunyi vokal dalam satu kata”.
Dari pernyataan pakar di atas, dapat disimpulkan bahwa rima atau sajak asonansi adalah rima atau sajak yang terdapat pada kata akhir yang bunyinya sama karena disebabkan oleh perulangan bunyi vokal sama dalam satu kata.


Contoh:
- ...... alun - .... ayun
- ....... benam - .... kelam
- ....... keladi - ..... merapi

c. Sajak atau Rima Aliterasi/Pangkal
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima aliterasi atau pangkal terdapat pada kata-kata dalam sebuah larik puisi yang diawali dengan fonem yang sama. Liberatus (1988:52) menyatakan, “Aliterasi adalah perulangan bunyi konsonan depan setiap kata secara berurutan.”
Dari pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa sajak atau rima aliterasi/pangkal adalah rima yang pada sebuah lariknya diawali oleh kata-kata dengan fonem konsonan yang sama.”
Contoh:
bukan beta bijak berperi
mukanya merah menahan marah

d. Sajak atau Rima Disonansi/Rangka
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima disonansi adalah rima yang terdapat pada kata-kata yang memiliki konsonan sama pada sebuah larik puisi. Liberatus (1988:52) menyatakan, “Sajak atau rima disonansi adalah rima atau sajak yang bila konsonan-konsonan yang membentuk kata itu sama, namun vokalnya berbeda”.
Berdasarkan uraian dari beberapa pakar di atas, dapat disimpulkan bahwa rima atau sajak disonansi adalah sajak yang terdapat kata-kata yang dibentuk dari konsonan yang sama pada larik puisi.
Contoh:
- giling dan gulung
- jinjing dan junjung
- gigis gugus gagas

5.1.4.2 Sajak atau Rima Berdasarkan Letaknya dalam Baris
Berdasarkan letaknya dalam baris, rima dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:
a. Sajak atau Rima Depan/Awal
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa rima depan atau awal adalah rima yang terletak pada awal larik-larik puisi dalam satu bait. Liberatus (1988:52) menyatakan, “Rima depan terjadi bila kata pada permulaan baris sama”.
Dari pendapat-pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa sajak/rima depan/awal adalah sajak atau rima yang terjadi bila awal larik-larik puisi dalam satu bait sama.
Contoh:
Sering saya susah sesaat
sebab madahan tidak nak datang.
Sering saya sulit menekat
sebab tekurung lukisan mamang
b. Sajak atau Rima Tengah
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima tengah adalah rima yang terletak ditengah-tengah larik puisi. Liberatus (1988:52) menyatakan, “Rima tengah adalah rima yang bila kata atau suku kata di tengah baris suatu puisi sama”. Muda (2006:458) menjelaskan, “Rima tengah adalah rima antara suku kata pada posisi yang yang sama yang terdapat pada dua kata dalam satu larik sajak”.
Dari pernyataan-pernyataan di atas, dapat disimpulkan bahwa rima tengah adalah rima yang kata atau suku kata ditengah baris puisi terdapat kesamaan.
Contoh:
Dahulu loyang sekarang besi
Dahulu sayang sekarang benci

c. Sajak atau Rima Akhir
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima akhir adalah rima yang terletak pada akhir larik-larik puisi. Liberatus (1988:52) menyatakan, “Rima akhir adalah rima yang terjadi bila perulangan kata terletak pada akhir baris”. Muda (2006:458) menyatakan, “Rima akhir adalah rima yang terdapat pada larik akhir sebuah sajak.”
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa rima akhir adalah rima yang diakhir setiap larik puisi mengalami pengulangan kata.
Contoh:
di mata air, di dasar kolam
kucari jawab teka-teki alam
5.1.4.3 Sajak atau Rima Berdasarkan Letaknya pada Bait
Berdasarkan letaknya pada bait puisi, sajak atau rima dibedakan menjadi lima, yaitu sebagai berikut:
a. Sajak atau Rima Silang
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima silang adalah rima yang memiliki bunyi yang sama secara bersilang, dengan pola aa/aaa/aaaa. Liberatus (1988:55) menyatakan, “Rima silang adalah rima yang bila baris pertama berirama dengan baris ketiga dan baris kedua berima dengan baris keempat.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa sajak atau rima silang adalah sajak yang mempunyai bunyi bersilang antara baris pertama dan ketiga, serta baris kedua dan keempat (pola abab).
Contoh:
berakit-rakit ke hulu
berenang-renag ketepian
bersakit-sakit dahulu
bersenang-senang kemudian

b. Sajak atau Rima Berpeluk/Genggang/Bertaut
“Rima berpeluk adalah rima yang bila baris pertama berima dengan baris keempat, dan baris kedua berima dengan baris ketiga,” (Liberatus, 1988: 55). Muda (2006:458) menjelaskan bahwa rima berpeluk adalah rima akhir pada bait berlarik genap, yang larik pertamanya berima dengan larik keempat dan larik keduanya berima dengan larik ketiga.
Berdasarkan pengertian dari pakar-pakar di atas, dapat disimpulkan bahwa sajak atau rima berpeluk adalah rima yang berbait genap dan terjadi persamaan pada larik pertama dan keempat serta larik kedua dan ketiga (pola abba).
Contoh:
.... malam (a)
.... sepi (b)
.... sendiri (b)
.... diam (a)

c. Sajak atau Rima Sama/Terus/Rangkai/Lurus
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima sama adalah rima yang terletak pada akhir larik-larik puisi. (Liberatus, 1988:56), “Rima terus adalah rima yang bila baris terakhir puisi itu seluruhnya memiliki rima yang sama”.
Berdasarkan pendapat-pendapat tersebut,dapat disimpulkan bahwa sajak atau rima sama/terus/rangkai/lurus adalah sajak atau rima yang terletak pada akhir larik-larik puisi yang semuanya sama (pola aa/aaa/aaaa).
Contoh:
barang siapa tidak sembahyang
seperti rumah tidak bertiang


d. Sajak atau Rima Berpasangan/Kembar
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima berpasangan adalah rima bunyi yang sama berjumlah sepasang-sepasang. Liberatus (1988:56), “Rima berpasangan adalah yang bila baris yang berima itu berpasang-pasangan”.
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa rima berpasangan adalah rima yang bunyi sama dan berjumlah berpasangan (pola aabb).
Contoh:
pimping, kerap kudengarkan bahana desaumu (a)
bila angin lemah berembus kelilingmu (a)
puncakmu terkulai laku merendahkan diri (b)
engkau tunduk bernyanyikan duka yang menyayat hati (b)

e. Sajak atau Rima Patah/Putus
Amirin (2006:47) menyatakan bahwa sajak atau rima patah/putus adalah rima yang berpola a b c d e/a b c d e. Liberatus (1988: 56), “Rima patah adalah rima yang bila salah satu baris tidak mengikuti rima baris lainnya dalam satu bait”.
Berdasarkan pendapat-pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa rima patah/putus adalah rima yang yang salah satunya atau semua kata akhirnya tidak sama (pola a b c d e).


Contoh:
...... sadar (a)
...... berjuang (b)
...... negeri (c)
....... bersatu (d)

5.2 Kajian Terdahulu yang Relevan
Sehubungan tidak ditemukan penelitian yang membahas pemajemukan kata dan persajakan, maka penulis mempergunakan kajian penelitian yang pernah diteliti oleh Kirana Noviandini Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia yang berjudul “Analisis Lirik Lagu (terjemahan) Jepang dari Sudut Pandang Naturalisme” pada tahun 2009 sebagai referensi terdahulu yang dianggap relevan dengan penelitian ini.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa dalam lirik lagu-lagu Jepang yang telah ditransliterasi ke dalam bahasa Indonesia diketahui banyak mencerminkan kehidupan orang Jepang pada saat ini yang masih menanamkan sifat naturalis.

Di dalam penelitian tersebut terdapat persamaan antara penelitian Kirana Noviandini dengan penelitian ini. Adapun persamaan tersebut adalah sama-sama menganalisis syair atau lirik lagu yang diterjemahkan/ditranliterasi dari bahasa asing pada satu album, Sedangkan perbedaannya terletak pada: (1) objek penelitian penulis yang mempergunakan lirik lagu yang pernah ditransliterasikan dari bahasa Inggris ke dalam bahasa Indonesia pada album Celine All the Way (A Decade of Song), sedangkan Kirana Noviandini mempergunakan objek kumpulan lagu populer yang ditransliterasi dari berbahasa Jepang ke dalam bahasa Indonesia, (2) variabel penelitian penulis berjumlah dua buah, yaitu: Pemajemukan bahasa dan persajakan, sedangkan Kirana Noviandini mempergunakan variabel tunggal, yaitu: naturalisme. (3) Penulis melakukan penelitian ini pada tahun 2011, sedangkan Kirana Noviandini meneliti penelitian tersebut pada tahun 2009.

6. Prosedur Penelitian
6.1 Definisi Operasional Istilah
Kata majemuk adalah kata yang terdiri dari dua kata yang membentuk verba atas pemajemukan dua morfem atau lebih yang membentuk kata dan kesatuan arti yang baru. Sajak atau rima adalah pola estetika bahasa yang berdasarkan pengulangan bunyi suara dalam puisi untuk membentuk musikalitas atau orkestrasi sehingga menarik untuk dibaca. Analisis lagu yang pernah ditransliterasi berarti kegiatan meneliti lagu-lagu yang pernah diterjemahkan dari bahasa asing (bahasa Inggris) ke dalam bahasa yang hendak diteliti (bahasa Indonesia).
Berdasarkan dari pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa analisis pemajemukan kata dan persajakan dalam lirik lagu yang ditransliterasi dari bahasa Inggris pada album Celine All the Way (A Decade of Song) adalah kegiatan atau aktivitas yang mencoba untuk menemukan unsur gabungan dua kata atau lebih yang membentuk arti baru dan pengulangan bunyi yang terjadi pada lirik lagu-lagu dalam album Celine All the Way (A Decade of Song) yang pernah diterjemahkan dari sumber website/blog.

6.2 Sumber Data
Sumber data pada penelitian ini menggunakan situs blog kumpulan lagu-lagu terjemahan Celine Dion dengan alamat http://feriocan.blogspot.com/, media Kaset, MP3 lagu-lagu Celine Dion dalam album Celine All the Way (A Decade of Song) pada tahun 1999 produksi Sony Music Entertainment (Canada) yang berjumlah 16 lagu. Judul lagu-lagu tersebut antara lain:
1) The Power of Love (Kekuatan Cinta);
2) Beauty and the Beast (Keindahan dan Keburukan);
3) Because You Loved Me (Karena Kamu Mencintaiku);
4) It’s All Coming Back to Me Now (Semuanya Datang Kembali Kepadaku Saat
Ini);
5) Immortality (Keabadian);
6) To Love You More (Untuk Lebih Mencintaimu);
7) My Heart Will Go (Hatiku Akan Bertahan);
8) Be the Man (Menjadi Laki-laki);
9) I’m Your Angel (Saya Bidadarimu);
10) That’s the Way It is (Itu Adalah Cara);
11) If Walls Could Talk (Jika Dinding Bisa Bicara);
12) The First Time Ever I Saw Your Face (Saat Pertama Melihat Wajahmu);
13) All The Way (Semua Cara);
14) Then You Look at Me (Kemudian Kau Melihat Kearahku);
15) I Want You to Need Me (Aku Ingin Kau Membutuhkanku);
16) Live for the One You Love (Hidup untuk Orang yang Kamu Cintai)
Berdasarkan tinjauan awal yang dilakukan penulis dari enam belas lagu pada album Celine All The Way (A Decade of Song), Penulis akan melakukan penganalisisan pada delapan lagu saja, yakni sebagai berikut:
1) The Power of Love (Kekuatan Cinta);
2) Because You Loved Me (Karena Kamu Mencintaiku);
3) To Love You More (Untuk Lebih Mencintaimu);
4) My Heart Will Go On (Hatiku akan bertahan);
5) That’s the Way It is (Itu Adalah Cara);
6) The First Time Ever I Saw Your Face (Saat Pertama Melihat Wajahmu);
7) I Want You to Need Me (Aku Ingin Kau Membutuhkanku);
8) Live for the One You Love (Hidup untuk Orang yang Kamu Cintai).
Pemilihan delapan lagu tersebut didasari oleh beberapa alasan, diantaranya: (1) berdasarkan kajian awal, ditemukan beberapa kata majemuk dan persajakan dalam delapan lagu tersebut, (2) delapan lagu tersebut diantaranya pernah diterjemahkan dibeberapa situs internet, (3) lagu-lagu tersebut banyak digemari oleh masyarakat, terbukti dalam sebuah situs internet lagu-lagu tersebut menduduki posisi puncak untuk peringkat lagu yang sering didownload dibandingkan lagu-lagu lainnya pada album Celine All The Way (A Decade of Song).

6.3 Metode Penelitian
“Metode adalah suatu cara utama yang dilakukan atau dipergunakan untuk mencapai suatu tujuan” Mardiana (dikutip dari Arikunto, 2006:19). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis. “Metode deskriptif analisis adalah metode yang membicarakan beberapa kemungkinan untuk memecahkan masalah aktual dengan jalan mengumpulkan data, menyusun atau mengklasifikasikan, menganalisis, dan menginterpretasikannya”. Surakhmad (dikutip Yunita, 2008:11). Artinya penelitian ini memberikan deskripsi yang jelas dan analisis yang akurat mengenai pemajemukan kata dan jenis persajakan lirik lagu-lagu yang ditransliterasikan dari bahasa Inggris pada album Celine All the Way (A Decade of Song).

6.4 Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang Penulis pergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis karya. Sudaryanto (dikutip Yunita 2008:20) menyatakan, “Teknik analisis karya digunakan untuk menganalisis pemajemukan kata dan persajakan lirik lagu-lagu yang ditransliterasikan ke dalam bahasa Inggris dalam album Celine All The Way (A Decade of Song).
Langkah-langkah kerja yang dilakukan untuk menganalisis data dengan menggunakan teknik analisis karya adalah sebagai berikut:


1) Mencari sumber-sumber diinternet mengenai situs yang pernah menerjemahkan lagu-lagu dalam album Celine All the Way (Decade of Song).
2) Melakukan perbandingan hasil terjemahan dari beberapa situs yang ditemukan diinternet dan mengambil salah satu situs yang dianggap lengkap dan sesuai untuk dianalisis lalu mencetaknya/print.
3) Menyederhanakan jumlah sampel sebanyak 50% dari jumlah lagu dalam album Celine All the Way (Decade of Song) dan memberikan penomoran terhadap lagu-lagu tersebut.
4) Mengindentifikasi pemajemukan kata dan persajakan yang terdapat dalam setiap larik syair lagu yang telah ditransliterasi ke dalam bahasa Indonesia.
5) Mengklasifikasikan pemajemukan kata dan persajakan yang telah diidentifikasi pada setiap larik/baris dalam setiap lagu.
6) Mendeskripsikan hasil analisis tentang pemajemukan kata dan persajakan yang telah diklasifikasikan.
7) Membuat rekapitulasi dan menghitung jumlah pemajemukan kata dan persajakan dalam album tersebut agar diketahui pemajemukan kata dan persajakan apa yang dominan dalam album lagu Celine All the Way (a Decade of Song).
8) Membuat kesimpulan dari hasil yang telah diketahui berupa pemajemukan kata dan persajakan apa yang dominan dalam album lagu Celine All the Way (a Decade of Song).


7. Langkah Kerja dan Jadwal Penelitian
7.1 Langkah Kerja
7.1.1 Tahap Persiapan
1) Persetujuan Judul
2) Studi Pustaka
3) Menyusun Proposal
4) Seminar Proposal

7.1.2 Tahap Pengumpulan Data
1) Pengumpulan data dari sumber data
2) Pemeriksaan data yang terkumpul
3) Pengelompokan data yang telah diperiksa dan disusun

7.1.3 Tahap Pengolahan Data
1) Menganalisis data
2) Mengelompokkan data
3) Membuat kesimpulan

7.1.4 Tahap Penyusunan Laporan
1) Menyusun laporan awal
2) Menyusun laporan akhir


7.2 Jadwal Penelitian
Penelitian ini akan dilaksanakan dan diperkirakan berlangsung selama empat bulan. Adapun perkiraan jadwal penelitian sebagai berikut:
TABEL 1
JADWAL PENELITIAN
No Kegiatan
Bulan/Minggu
1 2 3 4
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
1 Tahap Persiapan X X X X
2 Tahap Pengumpulan Data X X X X
3 Tahap Pengolahan Data X X X X X
4 Tahap Penyusunan Data X X X X X X











DAFTAR PUSTAKA

Amirin, Tri dan Agus Hartanto. 2006. Lembar Kerja Siswa Wajar. Jakarta: Graha Pustaka.

Arifin, Zaenal dan Junaiyah. 2008. Sintaksis. Jakarta: Grasindo.

Arifin, Zainal dan Junaiyah. 2009. Morfologi Edisi Kedua. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Azhari, Muhammad dan Muhammad Nasir. 2011. Kaya Dengan Menulis Karya Sastra. Palembang: Dramata Kreasi Media.

http://feriocan.blogspot.com/diakses Jumat, 30 Desember 2011.

http://skripsi-ptk-tesis.blogspot.com/diakses 11 Desember 2011.

http://www.sing365.com/diakses 26 Desember 2011.

http://152.118.80.2/opac/themes/green/detail.jsp?id=123407&lokasi=lokal/diakses25 Desember 2011.

Keraf, Gorys. 2001. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Kosasih. 2002. Kompetensi Ketatabahasaan. Bandung: Yrama Widya.
Kosasih. 2003. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya.
Mardiana. 2006. “Analisis Kontrastif Pemajemukan Bahasa Komering Kabupaten Ogan Komering Ilir dengan Bahasa Indonnesia”. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia.

Muda, Ahmad A. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Jakarta: Reality Publisher.

Noviandini, Kirana. 2009. “Analisis Lirik Lagu Jepang dari Sudut Pandang Naturalisme”. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2005. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ramlan. 2001. Morfologi. Yogyakarta: Karyono.

Tamara, Yunita. 2008. “Analisis Hakikat dan Metode Kumpulan Puisi Parewa Karya Rusly Marzuki Saria”. Skripsi tidak diterbitkan. Palembang: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Persatuan Guru Republik Indonesia.

Tjahjono, Liberatus Tengsoe. 1988. Sastra Indonesia Pengantar Teori dan Apresiasi. Jakarta: Nusa Indah.

Verly, Anita dan Alex Suryanto. 2008. Bahasa Indonesia untuk SMP dan MTS Kelas VIII. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Lirik dan Lagu terjemaahn Celine Dion dalam album Celine All The Way

1. The Power of Love Lyric


The whispers in the morning
Of lovers sleeping tight
Are rolling by like thunder now
As I look in your eyes

I hold on to your body
And feel each move you make
Your voice is warm and tender
A love that I could not forsake

(chorus)
'Cause I'm your lady
And you are my man
Whenever you reach for me
I'll do all that I can

Thust is how I'm feeling
Lying in your arms
when the world sends to much to take
That all ends when I am with you
Even though there may be times
It seems I'm farther away
Never wonder where I am
'Cause I am always by your side

(2nd chorus)
'Cause I am your lady
And you are my man
Whenever you reach for me
I'll do all that I can
We're heading for something
Somewhere I've never been
Sometimes I am frightened
But I'm ready to learn
Of the power of love

The sound of your heart beating
Made it clear suddenly
the feeling that I can't go on
Is a light years away

(back to 2nd chorus)

the power of love

ooh ooh oooh
sometimes i am frightened by im ready to learnt
the power of love


Terjemahan
Lirik Kekuatan Cinta

Bisikan di pagi hari
Dari para kekasih yang tidur lelap
Bergemuruh bagai guntur
Seperti yang kulihat di matamu

Kupeluk tubuhmu
Dan kurasakan tiap gerakanmu
Suaramu hangat dan lembut
cinta yang tak bisa kuabaikan

(Reff)
Karna aku wanitamu
Dan kau lelakiku
Kapanpun kau memelukku
Akan kulakukan yang kumampu

Aku merasa melayang dalam lenganmu
ketika terlalu banyak hal di dunia sana
Yang bisa kuambil
Semua (seakan) berakhir ketika ku bersamamu
Meski kadang ada waktu-waktu
(yang) Sepertinya aku jauh
Jangan kuatirkan di mana aku berada
Karna aku selalu di sisimu

(Reff ke-2)
Karna aku wanitamu
Dan kau lelakiku
Kapanpun kau memelukku
Akan kulakukan yang kumampu
Kita sedang menuju ke sesuatu
Suatu tempat yang tak pernah kukunjungi
Kadang aku takut
Namun aku siap untuk belajar dari kekuatan cinta

Suara detak jantungmu
Memperjelasnya
Tiba-tiba rasa itu tidak bisa kuteruskan
menjauh dariku
(kembali pada reff ke-2)
Kekuatan cinta
ooh ooh oooh
Kadang aku takut
Namun aku siap untuk belajar dari kekuatan cinta

2. Beauty and the Beast Lyric
Tale as old as time
True as it can be
Barely even friends
Then somebody bends
Unexpectedly

Just a little change
Small, to say the least
Both a little scared
Neither one prepared
Beauty and the Beast

Ever just the same
Ever a surprise
Ever as before
Ever just as sure
As the sun will rise (tmes 2)

Tale as old as time
Tune as old as song
Bittersweet and strange
Finding you can change
Learning you were wrong

Certain as the sun
Rising in the east
Tale as old as time
Song as old as rhyme
Beauty and the beast.
Tale as old as time
Song as old as rhyme
Beauty and the beast.

Beauty and the beast





3. Because You Loved Me Lyric

For all those times you stood by me
For all the truth that you made me see
For all the joy you brought to my life
For all the wrong that you made right
For every dream you made come true
For all the love I found in you
I'll be forever thankful baby
You're the one who held me up
And never let me fall
You're the one who saw me through, through it all

You were my strength when I was weak
You were my voice when I couldn't speak
You were my eyes when I couldn't see
You saw the best there was in me
Lifted me up when I couldn't reach
You gave me faith 'cause you believed
I'm everything I am
Because you loved me

You gave me wings and made me fly
You touched my hand I could touch the sky
I lost my faith, you gave it back to me
You said no star was out of reach
You stood by me and I stood tall
I had your love I had it all
I'm grateful for each day you gave me
Maybe I don't know that much
But I know this much is true
I was blessed because I was loved by you

You were my strength when I was weak
You were my voice when I couldn't speak
You were my eyes when I couldn't see
You saw the best there was in me
Lifted me up when I couldn't reach
You gave me faith 'cause you believed
I'm everything I am
Because you loved me

You were always there for me
The tender wind that carried me
The light in the dark shining your love into my life
You've been my inspiration
Through the lies you were the truth
My world is a better place because of you

You were my strength when I was weak
You were my voice when I couldn't speak
You were my eyes when I couldn't see
You saw the best there was in me
Lifted me up when I couldn't reach
You gave me faith 'cause you believed
I'm everything I am
Because you loved me

You were my strength when I was weak
You were my voice when I couldn't speak
You were my eyes when I couldn't see
You saw the best there was in me
Lifted me up when I couldn't reach
You gave me faith 'cause you believed
I'm everything I am
Because you loved me

I'm everything I am
Because you loved me




(Karena kamu mencintaiku)


Untuk semua waktu ketika kau berdiri disampingku
Untuk semua kebenaran yang kulihat karenamu
Untuk semua sukacita yang kau bawa ke kehidupanku
Untuk semua kesalahanku yang tlah kau luruskan
Untuk semua mimpi yang kau wujudkan
Untuk semua cinta yang kutemukan di dirimu
Selamanya aku akan berterima kasih sayang
Kaulah yang mengagkatku
Tak pernah membiarkanku terjatuh
Kaulah yang melihatku melalui semua ini

Engkaulah kekuatanku ketika kulemah
Engkaulah suaraku ketika kutak bisa bicara
Engkaulah mataku saat kutak dapat melihat
Kau melihat yang terbaik di dalam diriku
Mengangkatku saat tak tercapai olehku
Kau beriku keyakinan karna kau percaya
Aku benar-benar menjadi diri sendiri
Karna kau mencintaiku

Kau memberiku sayap dan membuatku terbang
Kau sentuh tanganku hingga aku mampu menyentuh langit
Aku kehilangan keyakinan, kau mengembalikannya
Kau mengatakan tak ada bintang yang tak teraih
Kau berada di sisiku dan aku berdiri tegak
Kumiliki cintamu, kumiliki semuanya
Aku berterima kasih untuk setiap hari yang kau berikan padaku
Mungkin aku tak banyak tahu
Namun aku tahu semua yang kutahu itu nyata
Aku terberkati karena aku dicintai olehmu

Engkaulah kekuatanku ketika kulemah
Engkaulah suaraku ketika kutak bisa bicara
Engkaulah mataku saat kutak dapat melihat
Kau melihat yang terbaik di dalam diriku
Mengangkatku saat tak tercapai olehku
Kau beriku keyakinan karna kau percaya
Aku benar-benar menjadi diri sendiri
Karna kau mencintaiku

Kau selalu ada di sini untukku
Angin lembut yang membawaku
Cahaya dalam gelap yang menyinarkan cintamu ke dalam hidupku
Kaulah inspirasiku
Dalam kebohongan engkaulah kebenaran
Duniaku menjadi tempat yang lebih baik karenamu

Engkaulah kekuatanku ketika kulemah
Engkaulah suaraku ketika kutak bisa bicara
Engkaulah mataku saat kutak dapat melihat
Kau melihat yang terbaik di dalam diriku
Mengangkatku saat tak tercapai olehku
Kau beriku keyakinan karna kau percaya
Aku benar-benar menjadi diri sendiri
Karna kau mencintaiku
Aku benar-benar menjadi diri sendiri
Karna kau mencintaiku

4. Its All Comming Back to Me Now Lyric


There were nights when the wind was so cold
That my body froze in bed
If I just listened to it
Right outside the window

There were days when the sun was so cruel
That all the tears turned to dust
And I just knew my eyes were
Drying up forever

I finished crying in the instant that you left
And I can't remember where or when or how
And I banished every memory you and I had ever made

But when you touch me like this
And you hold me like that
I just have to admit
That it's all coming back to me
When I touch you like this
And I hold you like that
It's so hard to believe but
It's all coming back to me
(It's all coming back, it's all coming back to me now)

There were moments of gold
And there were flashes of light
There were things I'd never do again
But then they'd always seemed right
There were nights of endless pleasure
It was more than any laws allow
Baby Baby

If I kiss you like this
And if you whisper like that
It was lost long ago
But it's all coming back to me
If you want me like this
And if you need me like that
It was dead long ago
But it's all coming back to me
It's so hard to resist
And it's all coming back to me
I can barely recall
But it's all coming back to me now
But it's all coming back

There were those empty threats and hollow lies
And whenever you tried to hurt me
I just hurt you even worse
And so much deeper

There were hours that just went on for days
When alone at last we'd count up all the chances
That were lost to us forever

But you were history with the slamming of the door
And I made myself so strong again somehow
And I never wasted any of my time on you since then

But if I touch you like this
And if you kiss me like that
It was so long ago
But it's all coming back to me
If you touch me like this
And if I kiss you like that
It was gone with the wind
But it's all coming back to me
(It's all coming back, it's all coming back to me now)

There were moments of gold
And there were flashes of light
There were things we'd never do again
But then they'd always seemed right
There were nights of endless pleasure
It was more than all your laws allow
Baby, Baby, Baby

When you touch me like this
And when you hold me like that
It was gone with the wind
But it's all coming back to me
When you see me like this
And when I see you like that
Then we see what we want to see
All coming back to me
The flesh and the fantasies
All coming back to me
I can barely recall
But it's all coming back to me now

If you forgive me all this
If I forgive you all that
We forgive and forget
And it's all coming back to me
When you see me like this
And when I see you like that
We see just what we want to see
All coming back to me
The flesh and the fantasies
All coming back to me
I can barely recall but it's all coming back to me now

(It's all coming back to me now)
And when you kiss me like this
(It's all coming back to me now)
And when I touch you like that
(It's all coming back to me now)
If you do it like this
(It's all coming back to me now)
And if we, , ,

5. Immortality Lyric


So this is who I am
And this is all I know
And I must choose to live
For all that I can give
The spark that makes the power grow

And I will stand for my dream if I can
Symbol of my faith in who I am
But you are my only
And I must follow on the road that lies ahead
And I won't let my heart control my head
But you are my only
And we don't say goodbye
And I know what I've got to be

Immortality
I make my journey through eternity
I keep the memory of you and me inside

Fulfill your destiny
Is there within the child
My storm will never end
My fate is on the wind
The king of hearts, the joker's wild
But we don't say goodbye
I'll make them all remember me

Cos I have found a dream that must come true
Every ounce of me must see it though
But you are my only
I'm sorry I don't have a role for love to play
Hand over my heart I'll find my way
I will make them give to me

Immortality
There is a vision and a fire in me
I keep the memory of you and me, inside
And we don't say goodbye
We don't say goodbye
With all my love for you
And what else we may do
We don't say, goodbye


6. To love you more Lyric
Untuk Lebih Mencintaimu

Take me back into the arms I love
Bawa aku kembali kepelukan cinta
Need me like you did before
Saya perlu seperti apa yang kamu lakukan sebelumnya
Touch me once again
Sentuh aku sekali lagi
And remember
Dan ingat
When there was no one that you wanted more
Ketika tidak ada satupun yang kau ingini lebih banyak
Don't go you know you'll break my heart
Jangan pergi (karena) kau tahu akan mematahkan hatiku
She won't love you like I will
Dia tidak akan mencintai kamu sepertiku
I'm the one who'll stay
Aku adalah seorang yang akan terus bertahan
When she walks away
Ketika ia berjalan pergi
And you know I'll be standing here still
Dan kau tahu bahwa aku akan tetap berdiri di sini
I'll be waiting for you
Aku akan menunggumu
Here inside my heart
Di dalam hatiku ini
I'm the one who wants to love you more
Aku adalah orang yang hanya ingin lebih mencintaimu
You will see I can give you
Kamu akan melihat (bahwa) aku dapat memberimu
Everything you need
Segala yang kamu butuhkan
Let me be the one to love you more
Biarkan aku menjadi orang yang mencintaimu dengan lebih
See me as if you never knew
Lihatlah aku jika kamu tidak pernah tahu
Hold me so you can't let go
Tahan saya sehingga kamu tidak dapat segera pergi
Just believe in me
Percayalah hanya padaku
I will make you see
Aku akan membuatmu melihat
All the things that your heart needs to know
Semua hal yang harus diketahui oleh hatimu
I'll be waiting for you
Aku akan menunggu untukmu
Here inside my heart
Di dalam hatiku ini
I'm the one who wants to love you more
Aku adalah orang yang hanya ingin lebih mencintaimu
You will see I can give you
Kamu akan melihat (bahwa) aku dapat memberimu
Everything you need
Segala yang kamu butuhkan
Let me be the one to love you more
Biarkan aku menjadi orang yang mencintaimu dengan lebih
Some way all the love that we had can be saved
(Dengan) beberapa cara semua cinta dapat kita simpan
Whatever it takes we'll find a way
Apapun yang dibutuhkan, kita akan menemukannya
Believe me
Percayai aku
I will make you see
Aku akan membuat kamu melihat
All the things that your heart needs to know
Semua hal yang harus diketahui oleh hatimu
I'll be waiting for you
Aku akan menunggumu
Here inside my heart
Di dalam hatiku ini
I'm the one who wants to love you more
Aku adalah orang yang hanya ingin lebih mencintaimu
You will see I can give you
Kamu akan melihat (bahwa) aku dapat memberimu
Everything you need
Segala yang kamu butuhkan
Let me be the one to love you more
Biarkan aku menjadi orang yang mencintaimu dengan lebih


My Heart Will Go On Lyric


Every night in my dreams
I see you. I feel you.
That is how I know you go on.

Far across the distance
And spaces between us
You have come to show you go on.

(Chorus) Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on
Once more you open the door
And you're here in my heart, and
My heart will go on and on.

Love can touch us one time
And last for a lifetime
And never let go till we're gone.

Love was when I loved you
One true time I hold you.
In my life we'll always go on

(Chorus)
Near, far, wherever you are
I believe that the heart does go on
Once more you open the door
And you're here in my heart, and
My heart will go on and on.


(Stronger Voice)
You're here there's nothing I fear,
And I know that my heart will go on
We'll stay forever this way
You are safe in my heart, and
My heart will go on and on...mmmmm


(Hatiku akan bertahan)

Setiap malam di dalam mimpiku
Kulihat dirimu, kurasakan dirimu
Begitulah aku tahu kau bertahan

Jarak jauh
Dan ruang yang memisahkan
Kau tlah datang untuk menunjukkan bahwa kau bertahan
(Reff)
Dekat, jauh, dimanapun kau berada
Aku percaya hati kita akan bertahan
Sekali lagi kau buka pintu
Dan kau ada di sini di hatiku
Dan hatiku akan terus bertahan

Cinta bisa sekali menyentuh kita
Dan akan abadi untuk selamanya
Dan jangan pernah menyerah sampai kita bersatu


Cinta adalah ketika aku mencintaimu
ketika aku benar-benar memelukmu
Di dalam hidupku kita akan bertahan

(Reff)
Dekat, jauh, dimanapun kau berada
Aku percaya hati kita akan bertahan
Sekali lagi kau buka pintu
Dan kau ada di sini di hatiku
Dan hatiku akan terus bertahan

(Suara Kuat)
Kau ada di sisiku, tak ada lagi yang kutakutkan,
Dan aku tahu bahwa hatiku akan bertahan
Kita akan selamanya di jalan ini
Engkau kujaga di dalam hatiku
Dan hatiku akan terus bertahan


8. Be The Man Lyric

I would fight not to ever fall too deep
Never sure that love would grow
Now at night as
I lay me down to sleep
I could never let you go
And lying here with you
I still can't believe it's true
Never thought that
I would ever find a love
That lasts forever
Be the man that's mine
Find the love that never goes away
Be the heart
I know will be
The one that beats for me, be the man
Used to be scared if I would ever get this close I'm not afraid to touch you now
Long before
I knew I'd be making love to you
I dreamed that maybe I would one day
Lose myself in someone, someday
Be the man that's mine
I always try to find the love that never goes away
Be the heart I know will be
The one that beats for me, be the man
Take me where
I have never been I will follow you, you'll never be alone
I will run, run to you
I never thought that
I would ever find a love
That lasts forever
Be the man that's mine
I always try to find the love that never goes away
Tell me we will always be together
Make us stay in love this way forever
Be the heart I know will be The one that beats for me
Wherever you may be
Always be with me, be the man


9. Im Your Angle

No Mountains too high, for you to climb
All you have to do, is have some climbing faith, oh yeah
No rivers too wide, for you to make it across
All you have to do, is believe it when you pray

And then you will see, the morning will come
And everyday will be bright as the sun
All of your fears, cast them on me
I just want you to see...

I'll be your cloud up in the sky
I'll be your shoulder when you cry
I'll hear your voices when you call
I am your angel
And when all hope is gone, I'm here
No matter how far you are, I'm near
It makes no difference who you are
I am your angel
I'm your angel..

I saw the teardrops, and I heard you cry
All you need is time, seek me and you shall find
You have everything and you're still lonely
It don't have to be this way, let me show you a better day

And then you will see, the morning will come
And all of your days will be bright as the sun
So all of your fears, just cast them on me
How can I make you see...

I'll be your cloud up in the sky
I'll be your shoulder when you cry
I'll hear your voices when you call me
I am your angel
And when all hope is gone, I'm here
No matter how far you are, I'm near
It makes no difference who you are
I am your angel
I'm your angel

And when it's time to face the storm
I'll be right by your side
Grace will keep us safe and warm
And I know we will survive

And just when it seems as if your end is drawing near
Don't you dare give up the fight
Just put your trust beyond the sky...

I'll be your cloud up in the sky
I'll be your shoulder when you cry
I'll hear your voices when you call me
I am your angel
And when all hope is gone, I'm here
No matter how far you are, I'm near
It makes no difference who you are
I am your angel
I'm your angel

I'll be your cloud up in the sky
I'll be your shoulder when you cry
I'll hear your voices when you call me
I am your angel
And when all hope is gone, I'm here
No matter how far you are, I'm near
It makes no difference who you are
I am your angel
I'm your angel

10. Thats The way It is Lyric
I can read your mind and I know your story
and I see what you're going through yeah
It's an uphill climb, and I'm feeling sorry
But I know it will come to you

don't surrender coz' you can win
In this thing called love
Chorus:
When you want it the most there's no easy way out
When you're ready to go and your heart's left in doubt
Don't give up on your faith
Love comes to those who believe it
And that's the way it is

When you question me for a simple answer
I don't know what to say, (no)
But it's plain to see, if we stick together
You're gonna find the way, yeah

So don't surrender coz' you can win
In this thing called love

Chorus:
When you want it the most there's no easy way out
When you're ready to go and your heart's left in doubt
Don't give up on your faith
Love comes to those who believe it
And that's the way it is

When life is empty with no tomorrow
And loneliness starts to call
Baby don't worry, forget your sorrow
'Cause love's gonna conquer it all, ALL!



Begitulah Jalannya

Aku bisa membaca pikiranmu dan kutahu kisahmu
Aku tahu yang sedang kau lalui
Sungguh suatu jalan yang menanjak mendaki, dan aku turut menyesal
Namun kutahu kan tiba untukmu

Jangan menyerah karna kau bisa menang
Dalam urusan cinta ini
Reff:
Saat kau sangat menginginkannya, tak ada jalan yang mudah
Ketika kau siap pergi dan hatimu masih ragu
Janganlah menyerah pada rasa percayamu
Cinta akan datang bagi mereka yang meyakininya
Dan begitulah jalannya

Ketika kau bertanya padaku tentang hal yang mudah
Aku tak tahu harus menjawab apa, tidak
Namun itu jelas terlihat, jika kita terus bersama
Kan kau temukan jalannya, yeah

Maka jangan menyerah karna kau bisa menang
Dalam urusan cinta ini

Reff:
Saat kau sangat menginginkannya, tak ada jalan yang mudah
Ketika kau siap pergi dan hatimu masih ragu
Janganlah menyerah pada rasa percayamu
Cinta akan datang bagi mereka yang meyakininya
Dan begitulah jalannya

Saat hidup terasa kosong tanpa hari esok
Dan kesepian mulai memanggil
Sayang, jangan khawatir, lupakan lukamu
Karna cinta akan menaklukan semua penyebab itu, semua

Begitulah jalannya

11. If Walls Could Talk Lyric

These walls keep a secret
That only we know
But how long can they keep it?
'Cause we're two lovers, we lose control

We're two shadows
Chasing rainbows
Behind closed windows
Behind closed doors

If walls could talk
Oooh...they would say I want you more
They would say
Hey...ever feel like this before?
That you will always be the one for me

Two people making memories
Just too good to tell
These arms are never empty
When we're lying where we fell

We're painting pictures
Making magic
Taking chances
Making love

If walls could talk
Oooh...they would say I want you more
They would say
Hey...ever feel like this before?
And that you will always be the one for me

If walls had eyes
My...they would see the love inside
They would see
Me...in your arms in ecstasy
And with every move they'd know I love you so

When I'm feeling weak
You give me wings
When the fire has no heat
You light it up again
When I hear no violins
You play my every string
Stop the press
Hold the news
The secret's safe between me and you
Walls: Can you keep a secret?

If walls could talk
Oooh...they would say I want you more
They would say
Hey...ever feel like this before?
And that you will always be the one for me

If walls had eyes
My...they would see the love inside
They would see
Me...in your arms in ecstasy
And with every move they'd know I love you so

Adlib:

I love you so
Ooooh I love you so baby
Ooooh baby
Love you love you love you love you so honey
Love you love you love you so
In your arms in ecstasy
If they could see you and me baby
Just you and me baby
Oooooh
Oooooh baby

12. The First Time Ever I Saw Your Face Lyric

The first time ever I saw your face
(Pertama kalinya aku melihat wajahmu)
I thought the sun rose in your eyes
(Saya fikir (ada) matahari yang terbit di matamu)
And the moon and the stars were the gifts you gave
(serta bulan bintang sebagai kejutan yang kau berikan)
To the night and the endless skies my love
(langit malam tak mengakhiri cintaku)
To the night and the endless skies
(langit malam tak mengakhiri)

The first time ever I kissed your mouth
(Pertama kalinya aku mencium bibirmu)
I felt the earth move through my hand
(Aku merasa bumi bergerak melalui tanganku)
Like the trembling heart of a captive bird
(Jantung bergetar seperti hendak menangkap burung)
That was there at my command my love
(Seolah itu aku perintahkan rasa cintaku)
That was there at my command
(Seolah itu aku perintahkan)

The first time ever I lay with you
(Pertama kalinya aku berbaring denganmu)
I felt your heart so close to mine
(Saya merasa hati saya semakin dekat seperti ditarik)
I though our enjoy would ‘till the earth
(Saya berfikir kita menikmati kenyamanan dunia)
And would last ‘till the end of time
(dan akan bertahan sampai akhir waktu)

The first time ever I saw your face
(Pertama kalinya saya melihat wajahmu)
I though the sun rose in your eyes
(Saya fikir (ada) matahari yang terbit di matamu)
And the moon and the star were the gift you gave
(serta bulan bintang sebagai kejutan yang kau berikan)
To the night and empty skies my love
( langit malam tak mengakhiri cintaku)
To the night and the empty skies
(langit malam tak mengakhiri)
Your face
(wajahmu)
Your face
(wajahmu)
Your face
(wajahmu)

Pertama kalinya aku melihat wajahmu
Saya fikir (ada) matahari terbit dimatamu
Serta bulan bintang merupakan kejutan yang kau berikan

13. All the Way Lyric
(Semua Jalan)
When somebody loves you
(Ketika seseorang mencintaimu)

It's no good unless he loves you, all the way
(Itu tidak berguna kecuali dia mencintaimu dengan segala jalan)

Happy to be near you
(senang berada didekatmu)

When you need someone to cheer you, all the way
(Bila kamu membutuhkan seseorang untuk menghiburmu, semua jalan)

Taller than the tallest tree is
(Itu lebih tinggi dari pohon tertinggi)

That's how it's got to feel
(Bagaimanakah harus merasakan hal itu)

Deeper than the deep blue sea is
(Lebih dalam dari laut biru)

That's how deep it goes, if it's real
(Seberapa dalam ia mampu pergi, jika ini nyata)

When somebody needs you (when somebody needs you)
(ketika orang membutuhkanmu (Ketika orang membutuhkanmu))

It's no good unless he needs you (it's no good unless she needs you), all the way
(Itu tidak berguna kecuali ia membutuhkanmu dengan segala jalan)

Through the good or lean years
(Selama bertahun-tahun yang baik dan kecil)

And for all those in between years (for all those years), come what may (come what may)
Dan untuk semua orang di antara tahun (selama bertahun-tahun), datang apa yang mungkin (datang apa yang mungkin)

Who knows where the road will lead us
(Siapa yang tahu di mana jalan akan membawa kita)

Only a fool would say (only a fool would say)
(Hanya orang bodoh yang akan mengatakan (hanya orang bodoh yang mengatakan))

But if you let me love you
(Tapi jika kamu membiarkan aku mencintaimu)

It's for sure I'm gonna love you all the way, all the way
(Ini untuk meyakini aku bahwa aku akan mencintaimu dengan semua jalan, semua jalan)

Taller than the tallest tree is
(Itu lebih tinggi dari pohon tertinggi)

That's how it's got to feel
(Bagaimanakah harus merasakan hal itu)

Deeper than the deep blue sea is
(Lebih dalam dari laut biru)

That's how deep it goes, if it's real
(Seberapa dalam ia mampu pergi, jika ini nyata)

And When somebody needs you (when somebody)
(ketika orang membutuhkanmu (Ketika orang membutuhkanmu))
It's no good unless she needs you all the way
(Itu tidak berguna kecuali ia membutuhkanmu dengan segala jalan)

Through the good or lean years
(Selama bertahun-tahun yang baik dan kecil)

And for all those in between years, come what may (come what may)
Dan untuk semua orang di antara tahun (selama bertahun-tahun), datang apa yang mungkin (datang apa yang mungkin)

Who knows where the road will lead us
(Siapa yang tahu di mana jalan akan membawa kita)

Only a fool would say (only a fool would say)
(Hanya orang bodoh yang akan mengatakan (hanya orang bodoh yang mengatakan))

But if you let me love you
(Tapi jika kamu membiarkan aku mencintaimu)

It's for sure I'm gonna love you all the way, all the way
(Ini untuk meyakini aku bahwa aku akan mencintaimu dengan semua jalan, semua jalan)

(I'm gonna love you all the way)
(aku akan mencintaimuu dengan semua jalan)

14. Then You Look at me

Laugh and cry..................................(tertawa dan menangis)
Live and die.....................................(hidup dan mati)
Life is a dream.................................(hidup adalah mimpi)
we are dreaming...............................(kita bermimpi)

Day by day.......................................(hari demi hari)
I find my way...................................(aku mencari jalanku)
Look for the soul and the meaning...(untuk mencari jiwa dan arti)

Then you look at me.........................(kemudian kamu melihatku)
And I always see...............................(dan aku selalu melihat)
What I have been searching for........(apa yang telah saya cari)
I'm lost as can be...............................(saya merasa seperti hilang)
Then you look at me..........................(dan kamu melihatku)
And I am not lost anymore................(dan saya tidak hilang lagi)

People run..........................................(orang berlari)
Sun to sun..........................................(di bawah sinar matahari)
Caught in their lives ever flowing.....(mereka terjebak dalam kehidupan yang selalu mengalir)
Once begun........................................(Begitu memulai)
Life goes till it's gone........................(kehidupan pergi sampai lenyap)
We have to go where it's going.........(dan) kita harus pergi kemana hal itu akan pergi)

Chorus............................................(Reff)

And you say you see......................(dan kamu berkata bahwa (sesuatu)telah kau lihat)
When you look at me.....................(ketika kau melihatku)
The reason you love life.................(itu alasan kamu mencintai kehidupan)
So though lost I have been.............(sehingga begitu saya menghilang)
I find love again.............................(saya menemukan cinta lagi)
And life just keeps on running.......(dan hidup hanya terus berjalan)
And life just keeps on running.......(dan hidup hanya terus berjalan)
You look at me and life comes......(kamu melihat saya dan kehidupan mendatang)
From...you.....................................(dari....kamu)

15. I Want You To Need Me Lyric
(Aku ingin kau membutuhkanku)

I wanna be the face you see (Aku ingin memandang wajahmu)
When you close your eyes (Ketika kau menutup matamu)
I wanna be the touch you need (Aku ingin menjadi sentuhan yang kau butuhkan)
Every single night (setiap dikesendirian malam)
I wanna be your fantasy (Aku ingin menjadi fantasimu)
And be your reality (dan menjadi kenyataan bagimu)
And everything between (dan diantara segalanya)

I want you to need me (Aku ingin kau membutuhkanku)
Like the air you breathe (Layaknya udara yang kau hirup)
I want you to feel me (Aku ingin kau merasakan (keberadaan)ku)
In everything (dalam segala hal)
I want you to see me (Aku ingin kau melihatku)
In your every dream (Dalam setiap mimpimu)
The way that I taste you (Caraku merasaimu)
Feel you (merasakan dirimu)
Breathe you (bernafas denganmu)
Need you (memerlukan dirimu)
I want you to need me (Aku ingin kau membutuhkanku)
Like I need you (Seperti aku membutuhkanmu)

I wanna be the eyes (Aku ingin menjadi sebuah mata)
That look deep into your soul (Yang melihat jauh ke dalam jiwamu)
I wanna be the world to you (Aku ingin menjadi dunia untukmu)
I just want it all (Aku hanya ingin semuanya)
I wanna be your deepest kiss (Aku ingin menjadi ciuman terdalammu)
The answer to your every wish (Menjawab setiap keinginanmu)
And all you ever need (Dan semua yang kau perlui)

I want you to need me (Aku ingin kau memerlukanku)
Like the air you breathe (Seperti udara yang kau hirup)
I want you to feel me (Aku ingin kau merasakanku)
In everything (Dalam segala hal)
I want you to see me (Aku ingin kau melihatku)
In your every dream (Disetiap mimpimu)

The way that I taste you (Caraku merasaimu)
Feel you (merasakan dirimu)
Breathe you (bernafas denganmu)
Need you (memerlukan dirimu)
I want you to need me (Aku ingin kau membutuhkanku)

'Cause I need you (Karena aku membutuhkanmu)
More than you could know (Lebih dari yang bisa kau ketahui)
And I need you (Dan aku membutuhkanmu)
To never, never let me go (Untuk tidak pernah, tidak pernah membiarkanku pergi)
And I need to be (dan aku (merasa) perlu)
Deep inside your heart (Jauh di dalam hatimu)
I just want to be (Aku hanya ingin kau membutuhkanku)
Everywhere you are (Di manapun kamu berada)

I wanna be the face you see (Aku ingin memandang wajahmu)
When you close your eyes (Ketika kau menutup matamu)
I wanna be the touch you need (Aku ingin menjadi sentuhan yang kau butuhkan)
Every single night (setiap dikesendirian malam)
I wanna be your fantasy (Aku ingin menjadi fantasimu)
And be your reality (dan menjadi kenyataan bagimu)
And everything between (dan diantara segalanya)

I want you to need me (Aku ingin kau memerlukanku)
Like the air you breathe (Seperti udara yang kau hirup)
I want you to feel me (Aku ingin kau merasakanku)
In everything (Dalam segala hal)
I want you to see me (Aku ingin kau melihatku)
In your every dream (Disetiap mimpimu)
'Cause baby I taste you (Karena sayang aku merasakanmu)
Feel you (Merasakan dirimu)
Breathe you (Bernafas denganmu)
Need you (Memerlukanmu)

I want you to need me (Aku ingin kau memerlukanku)
Like the air you breathe (Seperti udara yang kau hirup)
I want you to feel me (Aku ingin kau merasakanku)
In everything (Dalam segala hal)
I want you to see me (Aku ingin kau melihatku)
In your every dream (Disetiap mimpimu)
'Cause baby I taste you (Karena sayang aku merasakanmu)
Feel you (Merasakan dirimu)
Breathe you (Bernafas denganmu)
Need you (Memerlukanmu)

I want you to need me (Aku ingin kau membutuhkanku)
Like I need you... (Seperti aku membutuhkanmu)
Like I need you...(Seperti aku membutuhkanmu)
Like I need you...(Seperti aku membutuhkanmu)

16. Live for the One You Love Lyric
(Hidup untuk Orang yang Kamu Cintai)

A million stars light
This beautiful night
This is not a night to die
Let me sing and dance
Beneath the sky
I have such love to give... to give
I want a chance to live

Jutaan bintang bersinar
Ini adalah malam yang indah
Ini bukan malam yang mati
Biarkan aku bernyanyi dan menari
Di bawah langit
Aku memiliki cinta yang kuberi ... untuk kuberi
Saya ingin kesempatan untuk hidup

Live
For the one I love
Love
As no one has loved
Give
Asking nothing in return

Hidup
Untuk seorang yang aku cinta
Cinta
Sebagai salah satu yang ada untuk dicintai
memberikan
Bertanya apa pun tanpa imbalan

Free, free to find my way
Free to have my say
Free to see the day

Bebas, bebas untuk menemukan jalanku
Bebas untuk mengatakan milikku
Bebas untuk melihat hari

Be like I used to be
Like a wild bird free
With all of life in me

Bersikaplah seperti dulu lagi
Seperti burung yang bebas
Dalam segala hidup dalam diriku

Live
For the one I love
Love
As no one has loved
Give
Asking nothing in return

Hidup
Untuk seorang yang aku cinta
Cinta
Sebagai salah satu yang ada untuk dicintai
memberikan
Bertanya apa pun tanpa imbalan

Though this world tears us apart
We're still together in my heart
I want the world to hear my cry
And even if I have to die
Love will not die
Love will change the world

Meskipun dunia menangis ketika kita berpisah
Kita masih bersama di dalam hatiku
Aku ingin agar dunia ini mndengarkan tangisanku
Bahkan jika aku harus mati
Cinta tidak akan mati
Cinta akan mengubah dunia


Live
For the one I love
Love
As no one has loved
Give
Asking nothing in return

Hidup
Untuk seorang yang aku cinta
Cinta
Sebagai salah satu yang ada untuk dicintai
memberikan
Bertanya apa pun tanpa imbalan

And love until love wears me away
I'll die and I know my love will stay
And I know, I know my love will stay

Dan cinta sampai ia menjauh
aku akan mati dan aku tahu cinta akan tetap bertahan
dan saya tahu, saya tahu cinta akan tetap bertahan
Terjemahan
Lirik Kekuatan Cinta

Bisikan di pagi hari
Dari para kekasih yang tidur lelap
Bergemuruh bagai guntur
Seperti yang kulihat di matamu

Kupeluk tubuhmu
Dan kurasakan tiap gerakanmu
Suaramu hangat dan lembut
cinta yang tak bisa kuabaikan

(Reff)
Karna aku wanitamu
Dan kau lelakiku
Kapanpun kau memelukku
Akan kulakukan yang kumampu

Aku merasa melayang dalam lenganmu
ketika terlalu banyak hal di dunia sana
Yang bisa kuambil
Semua (seakan) berakhir ketika ku bersamamu
Meski kadang ada waktu-waktu
(yang) Sepertinya aku jauh
Jangan kuatirkan di mana aku berada
Karna aku selalu di sisimu

(Reff ke-2)
Karna aku wanitamu
Dan kau lelakiku
Kapanpun kau memelukku
Akan kulakukan yang kumampu
Kita sedang menuju ke sesuatu
Suatu tempat yang tak pernah kukunjungi
Kadang aku takut
Namun aku siap untuk belajar dari kekuatan cinta

Suara detak jantungmu
Memperjelasnya
Tiba-tiba rasa itu tidak bisa kuteruskan
menjauh dariku
(kembali pada reff ke-2)
Kekuatan cinta
ooh ooh oooh
Kadang aku takut
Namun aku siap untuk belajar dari kekuatan cinta