RPP Bahasa Indonesia KD 3.18 dan 4.18 Kelas XI Semester Genap
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA
Negeri 2 Penukal Utara
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/Genap
Materi Pokok : Teks Drama
Alokasi Waktu : 120 menit (2 x
pertemuan)
A. Kompetensi
Inti
·
KI
1: Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, santun, peduli
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
(gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, kon-
septual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
septual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4: Mengolah, menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.18
Mengidentifikasi alur cerita dan
konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton |
3.18.1
Menuliskan pengertian alur drama
3.18.2
Menentukan tahapan pada alur drama
3.18.3
Menganalisis alur cerita dalam teks drama berdasarkan aspek kebahasaan
3.18.4
Menjelaskan alur cerita dalam teks drama
3.18.5 Menuliskan pengertian konflik dalam teks
drama
3.18.6
Mengklasifikasi jenis konflik pada teks
drama
3.18.7 Menganalisis konfliks dalam teks drama
3.18.9 Menjelaskan konflik dalam
teks drama |
4.18
Mempertunjukkan salah satu
tokoh dalam drama yang di- baca atau ditonton secara lisan |
4.18.1
Menirukan dialog berdasarkan
watak tokoh dalam naskah drama
4.18.2
Memerankan salah seorang to-
koh dalam penggalan dialog naskah drama |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat menganalisis dan
menjelaskan tahapan alur dalam drama yang dipentaskan serta memerankan salah
satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh
tersebut dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab,
bersikap bersahabat/komunikatif, serta dapat bekerja sama.
Melalui
pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning
dan role play, peserta didik dapat menirukan dan memerankan
dialog salah seorang tokoh dalam teks drama yang dipentaskan dengan rasa
syukur, ingin tahu, percaya diri, tanggung jawab, bersikap bersahabat/
komunikatif, serta dapat bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
alur dalam teks drama
2.
Jenis
alur dalam teks drama
3.
Tahapan
alur dalam drama
4.
Pengertian
konflik dalam teks drama
5.
Konfliks
dalam teks drama
6.
Jenis
tokoh dalam teks drama
7.
Persiapan
bermain drama
8.
Bermain
drama
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan
: Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran
Penemuan) dan Role
Play
Play
F. Media Pembelajaran
Media/Alat:
1.
Worksheet atau lembar kerja peserta didik
2.
Lembar penilaian
3.
Penggaris, spidol,
papan tulis
4.
Laptop & infocus
5.
Cetak: buku dan modul
6. Spidol
G. Sumber Belajar
Kosasih,
E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa
SMA/ MA/ SMK. Bandung: Yrama Widya
SMA/ MA/ SMK. Bandung: Yrama Widya
Suherli,
dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Suherli,
dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun
2017. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
Tahapan
|
Langkah-langkah
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Orientasi
Apersepsi
|
1.
Peserta didik memberikan salam dan pendidik menjawab salam.
2.
Peserta didik
bersama-sama mengambil sampah dan merapikan bangku.
3.
Peserta didik
berdoa untuk memulai pembelajaran.
4.
Peserta didik
menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza
5.
Peserta didik
merespons pendidik yang melakukan pengecekan kehadiran.
6.
Peserta didik
menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
1.
Peserta didik mengaitkan materi
yang akan dipelajari dengan pengalaman yang dipunyainya.
2.
Peserta didik menjawab pertanyaan
yang diajukan pendidik terkait materi yang akan dipelajari. |
PPK:
Religiositas
PPK:
Gotong royong
4C: Comunicative
PPK:
Nasionalis
Berfikir Kritis
4C: Comunicative |
5 menit
5 menit
|
Inti
|
1.
Stimulasi
a. Peserta didik bersama-sama
mengamati teks drama yang ada dalam buku cetak.
b. Beberapa peserta didik diminta
memerankan tokoh yang terdapat dalam buku cetak tersebut.
2.
Mengidentifikasi
Masalah
a.
Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan.
b.
Peserta didik mengajukan pertanyaan.
c.
Peserta didik mendata pertanyaan yang
diajukan.
2.
Mengumpulkan
Data
a.
Peserta didik membaca berbagai sumber untuk
menemukan konsep-konsep untuk menjawab perma-salahan.
b.
Peserta didik melakukan tanya jawab
antarpeserta kelompok dalam timnya.
c.
Peserta didik mencatat hasil temuan
kelompoknya.
3. Memproses Data
a.
Peserta didik secara bersama-sama melakukan
diskusi berdasarkan hasil temuannya.
b.
Peserta didik mengerjakan soal yang
berhubungan dengan alur dan konfliks dalam drama.
4.
Memverifikasi
a.
Peserta didik menyampaikan hasil diskusi
secara lisan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, dan mengungkapkan informasi dengan sopan
b.
Peserta didik yang lainnya memberikan
pertanyaan atau tang-gapan terhadap hasil presentasi yang dilakukan kelompok
penyaji.
c.
Peserta didik yang berperan sebagai tim
penyaji menjawab per-tanyaan atau tanggapan yang diberikan oleh peserta didik
lainnya.
d.
Peserta didik dipersilakan untuk bertanya
mengenai materi alur dan konflik yang masih sulit dipahami.
e.
Peserta didik yang lain berusaha menjawab
pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
f.
Peserta didik menyelesaikan uji kompetisi
pada LKPD yang di-berikan pendidik.
g.
Peserta didik dengan di-
dampingi pendidik melakukan evaluasi dari LKPD yang telah dikerjakan.
5. Menyimpulkan
a.
Peserta didik membuat resume ter-
hadap materi yang diperolehnya dalam pembelajaran ini.
b.
Peserta didik mengemukakan hasil
kesimpulan dengan bahasa yang sopan. |
Literasi
4C: Creative
Berpikir Kritis
Literasi
PPK: Gotong Royong
Literasi
4C: Colaborative
Berpikir Kritis
PPK:
Integritas
4 C: Communicative
Tanggung Jawab
Literasi
|
70 menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik
mengagendakan ma-
teri yang akan dipelajari pada per- temuan selanjutnya.
b. Peserta didik kembali merapikan
bangku dan membersihkan kelas secara bersama-sama.
c. Peserta didik memberikan salam ke-
pada pendidik. |
Religiositas
|
10 menit
|
Pertemuan
II
Tahapan
|
Langkah-langkah
|
Nilai Karakter
|
Alokasi Waktu
|
Orientasi
|
1. Peserta didik
memberikan salam dan pendidik menjawab salam.
2. Peserta didik bersama-sama mengambil sampah
dan merapikan bangku.
3. Peserta didik
berdoa untuk memulai pembelajaran.
4. Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya
3 Stanza
5. Peserta didik merespons pendidik yang
melakukan pengecekan kehadiran.
6. Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis
untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
|
PPK:
Religiositas
PPK:
Gotong royong
4C: Comunicative
PPK:
Nasionalis
Responsif
|
10 menit
|
Apersepsi
|
1.
Peserta
didik mengaitkan materi
yang akan dipelajari dengan pengalaman yang dipunyainya.
2. Peserta
didik menjawab pertanya-
an yang diajukan pendidik terkait materi yang akan dipelajari. |
Berfikir Kritis
4C: Comunicative |
70 Menit
|
Inti
|
1.. Stimulasi
a.
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik terkait materi yang akan
dipelajari.
b.
Peserta
didik bersama-sama mengamati teks drama yang ada dalam buku cetak.
c.
Beberapa
peserta didik diminta memerankan tokoh
yang terdapat dalam buku cetak tersebut.
1.
Mengidentifikasi Masalah
a. Peserta didik mengidentifikasi perta-nyaan.
b. Peserta didik mengajukan perta-nyaan.
c. Peserta didik mendata pertanyaan yang diajukan.
2.
Mengumpulkan Data
a. Peserta didik membaca berbagai sumber untuk menemukan konsep-konsep
cara memerankan peran yang baik.
b. Peserta didik melakukan tanya jawab antarpeserta kelompok dalam
timnya.
d.
Peserta
didik mencatat hasil temuan kelompoknya.
4. Memproses Data
a. Peserta didik secara bersama-sama melakukan diskusi berdasarkan hasil
temuannya.
b. Peserta didik berlatih memerankan tokoh sesuai naskah dialog yang
dibaca.
c. Peserta didik saling memberikan komentar terhadap cara bermain peran
yang dilakukan teman dalam kelompok.
5. Memverifikasi
6. Menyimpulkan
a.
Peserta didik membuat resume ter-
hadap materi yang diperolehnya dalam pembelajaran ini.
b.
Peserta didik mengagendakan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya. |
4 C : Creative
Berpikir
Kritis
Literasi
Kolaborasi
Literasi
Kolaborasi
Kreasi
Komunikasi
Kreasi
Peduli
Komunikasi
Literasi
Responsif
|
10 menit
|
Penutup
|
a. Peserta didik mengagendakan ma-
teri yang akan dipelajari pada per- temuan selanjutnya.
b. Peserta
didik kembali merapikan
bangku dan membersihkan kelas secara bersama-sama.
c. Peserta didik memberikan
salam ke-
pada pendidik. |
Religio-sitas
|
|
I.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Teknik penilaian :
Observasi : sikap religiius dan sikap
sosial
sosial
b.
Bentuk penilaian :
lembar pengamatan
c.
Instrumen penilaian :
jurnal
2.
Pengetahuan
Jenis/Teknik tes : tertulis
Bentuk tes : uraian
Instrumen Penilaian
- Keterampilan
Teknik/Bentuk
Penilaian : Praktik/Performence
Instrumen
Penilaian (terlampir)
Remedial
a.
Pembelajaran
remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
b.
Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c.
Tes
remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai
ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.
Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.
Siwa
yang mencapai nilai diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Mengetahui Palembang
25 Mei 2019
Kepala
SMA Negeri 2 Penukal Utara, Guru
Mata Pelajaran,
Rupiyanti,
S.Pd. Alvian Kurniawan, M.Pd.
Lampiran:
Materi
Pembelajaran
PUASA DAN MENYONTEK
Pagi itu, ulangan Bahasa Indonesia
akan dimulai. Siswa-siswi terlihat sudah menempati bangkunya masing-masing.
Joni :
“Halo, Za. Apakah kamu sudah belajar untuk ujian hari ini?”
Reza :
“Tentu sudah, aku kan anak rajin. Kalau kamu Zah?”
Azizah : “Aku belajar juga, tapi sebentar.”
Joni :
“Wah, kalian hebat. Meski bulan puasa, tapi kalian tetap tidak
meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
Reza : “Iya dong. Target aku kan harus rangking satu
semester ini.”
Azizah : “Oh, tidak bisa. Aku pasti
rangking satu semester ini.”
Joni : “Sudahlah, kita buktikan saja nanti. Siapa
yang akan jadi bintang kelas
semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
Azizah : “Ah, tidak mungkin kalian.
Pasti akulah yang juara.” (Sambil melempar
pena ke meja Reza).
pena ke meja Reza).
Reza : “Lho, kok kamu kok melempar pena di meja aku
sih?”
Azizah : “Kenapa? Kamu tidak suka
ya?”
Reza : “Jelas aku tidak suka. Caramu ini kasar.”
Azizah : “Hari ini sudah terbongkar semua niat burukmu untuk menggeser aku
sebagai juara kelas.”
sebagai juara kelas.”
Reza : “Lha, memangnya sekolah ini punya nenek
moyang kamu, sehingga yang
layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
Azizah : “Meski sekolah ini bukan punya nenek moyang aku. Tapi semua isi
sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
Reza : “Ah, kamu jangan takabur. Di atas langit
masih ada langit.”
Azizah : “Ini bukan takabur, tapi
ini fakta bahwa akulah bintang kelas bertahan
untuk selamanya.”
untuk selamanya.”
Joni :
“Ah sudah-sudah. Kalian ini kan lagi berpuasa. Tapi kok malah
bertengkar?”
bertengkar?”
Azizah : “Habisnya Reza buat ulah
duluan.”
Reza : “Hei, siapa yang buat ulah duluan. Aku kan
dari tadi cuma bilang kalau
aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
malah melempar pena di atas mejaku.”
aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
malah melempar pena di atas mejaku.”
Joni : “Sudah.. sudah.. Jangan dilanjutkan lagi.
Siapapun di antara kita, semua
berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
Reza : “Betul perkataanmu itu, Jon. Yang penting
kita harus terus belajar sampai
kapan pun nanti.”
kapan pun nanti.”
Azizah : “Setelah aku pikir-pikir,
aku juga salah sudah langsung emosi ke kamu,
Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Joni : “Syukurlah jika kalian sudah sadar. Intinya
kita harus terus berusaha dan
berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
Reza : “Iya, Jon. Kamu benar. Zah, aku minta maaf ke
kamu.”
Azizah : “Sama-sama, Za. Maafin aku
juga ya!”
Akhirnya mereka bertiga pun kembali
tertib menunggu pengawas ujian masuk ke kelas mereka.
Lampiran
Instrumen Penilaian:
A. ISTRUMEN
PENILAIAN SIKAP
JURNAL SIKAP SPIRITUAL/SOSIAL
Nama
Satuan pendidikan : SMA Negeri 2
Penukal Utara
Tahun
pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester :
XI / Genap
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
NO
|
TANGGAL
|
NAMA
SISWA
|
CATATAN
PERILAKU SAAT PEMBELAJARAN
|
BUTIR
SIKAP
|
TINDAK
LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
B. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
Bacalah teks drama berikut ini dengan saksama!
PUASA DAN MENYONTEK
Pagi itu, ulangan Bahasa Indonesia akan
dimulai. Siswa-siswi terlihat sudah menempati bangkunya masing-masing.
Joni :
“Halo, Za. Apakah kamu sudah belajar untuk ujian hari ini?”
Reza :
“Tentu sudah, aku kan anak rajin. Kalau kamu Zah?”
Azizah : “Aku belajar juga, tapi sebentar.”
Joni :
“Wah, kalian hebat. Meski bulan puasa, tapi kalian tetap tidak
meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
Reza : “Iya dong. Target aku kan harus rangking satu
semester ini.”
Azizah : “Oh, tidak bisa. Aku pasti
rangking satu semester ini.”
Joni : “Sudahlah, kita buktikan saja nanti. Siapa
yang akan jadi bintang kelas
semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
Azizah : “Ah, tidak mungkin kalian.
Pasti akulah yang juara.” (Sambil melempar
pena ke meja Reza).
pena ke meja Reza).
Reza : “Lho, kok kamu kok melempar pena di meja aku
sih?”
Azizah : “Kenapa? Kamu tidak suka
ya?”
Reza : “Jelas aku tidak suka. Caramu ini kasar.”
Azizah : “Hari ini sudah terbongkar semua niat burukmu untuk menggeser aku
sebagai juara kelas.”
sebagai juara kelas.”
Reza : “Lha, memangnya sekolah ini punya nenek
moyang kamu, sehingga yang
layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
Azizah : “Meski sekolah ini bukan punya nenek moyang aku. Tapi semua isi
sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
Reza : “Ah, kamu jangan takabur. Di atas langit
masih ada langit.”
Azizah : “Ini bukan takabur, tapi
ini fakta bahwa akulah bintang kelas bertahan
untuk selamanya.”
untuk selamanya.”
Joni :
“Ah sudah-sudah. Kalian ini kan lagi berpuasa. Tapi kok malah
bertengkar?”
bertengkar?”
Azizah : “Habisnya Reza buat ulah
duluan.”
Reza : “Hei, siapa yang buat ulah duluan. Aku kan
dari tadi cuma bilang kalau
aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
malah melempar pena di atas mejaku.”
aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
malah melempar pena di atas mejaku.”
Joni : “Sudah.. sudah.. Jangan dilanjutkan lagi.
Siapapun di antara kita, semua
berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
Reza : “Betul perkataanmu itu, Jon. Yang penting
kita harus terus belajar sampai
kapan pun nanti.”
kapan pun nanti.”
Azizah : “Setelah aku pikir-pikir,
aku juga salah sudah langsung emosi ke kamu,
Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Joni : “Syukurlah jika kalian sudah sadar. Intinya
kita harus terus berusaha dan
berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
Reza : “Iya, Jon. Kamu benar. Zah, aku minta maaf ke
kamu.”
Azizah : “Sama-sama, Za. Maafin aku
juga ya!”
Akhirnya
mereka bertiga pun kembali tertib menunggu pengawas ujian masuk ke kelas
mereka.
Lembar Kerja 1
Setelah kalian membaca teks drama di
atas, isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar melalui diskusi
kelompok, lalu jelaskanlah hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas!
1.
Tuliskanlah pengertian alur drama!
2.
Analisislah tahapan alur pada teks drama
tersebut!
3.
Tuliskanlah
pengertian konflik menurut pemahamanmu sendiri!
4.
Analisislah
konfliks berjalan dalam teks drama tersebut berdasarkan aspek kebahasaan!
KUNCI JAWABAN DAN PENILAIAN
1. Alur adalah rangkaian jalannya suatu
cerita. (10)
2. Alur dalam teks drama di atas meliputi
orientasi, komplikasi, dan resolusi, sehingga disimpulkan bahwa teks drama di
atas menggunakan alur maju. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut. (50)
a) Orientasi
: Berawal dari Joni yang
menanyakan kabar kepada Azizah dan
Reza tentang persiapan ujian.
Reza tentang persiapan ujian.
b) Komplikasi: Berawal dari Reza yang menyatakan
keoptimisan dirinya
sebagai calon juara yang kemudian Azizah memperdebat-
kannya.
sebagai calon juara yang kemudian Azizah memperdebat-
kannya.
c) Resolusi
: Joni melerai pertikaian Azizah
dan Reza hingga akhirnya
mereka berdamai.
mereka berdamai.
3.
Konfliks
adalah suatu permasalahan yang timbul antartokoh di dalam sebuah cerita. (10)
4.
Adapun
beberapa konflik berjalan yang terjadi dari teks drama di atas adalah sebagai
berikut. (30)
b. Reza dengan optimisnya menyatakan dirinya yang
akan menjadi juara kelas.
c. Azizah tersinggung karena dia yakin akan
menjadi juara kelas, lalu melemparkan pena ke meja Reza.
d. Reza merasa tersinggung kepada Azizah dan
bertengkar dengannya.
Komentar
Posting Komentar