RPP Bahasa Indonesia KD 3.18 dan 4.18 Kelas XI Semester Genap


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                        : SMA Negeri 2 Penukal Utara
Mata Pelajaran                             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester                             : XI/Genap
Materi Pokok                               : Teks Drama
Alokasi Waktu                             : 120 menit (2 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
·       
       KI  1:  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. 
KI 2: Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli
           (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
           responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
           perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan
           lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
           kawasan internasional”.
KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, kon-
           septual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya
           tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
           dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
           terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
            pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
            spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
        KI 4:  Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
                  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
                  mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
                  metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator

Kompetensi Dasar


Indikator Pencapaian Kompetensi
3.18 Mengidentifikasi alur cerita dan
        konflik dalam drama yang
        dibaca atau ditonton
3.18.1    Menuliskan pengertian alur drama
3.18.2    Menentukan tahapan pada alur drama
3.18.3    Menganalisis alur cerita dalam teks drama berdasarkan aspek kebahasaan
3.18.4    Menjelaskan alur cerita dalam teks drama
3.18.5    Menuliskan pengertian konflik dalam teks drama
3.18.6    Mengklasifikasi jenis konflik pada teks drama
3.18.7    Menganalisis konfliks dalam teks drama
3.18.9  Menjelaskan konflik dalam
            teks drama
4.18 Mempertunjukkan salah satu
          tokoh dalam drama yang di-
          baca atau ditonton secara lisan
4.18.1 Menirukan dialog berdasarkan
            watak tokoh dalam naskah
            drama
4.18.2 Memerankan salah seorang to-
            koh dalam penggalan dialog
            naskah drama

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, peserta didik dapat menganalisis dan menjelaskan tahapan alur dalam drama yang dipentaskan serta memerankan salah satu tokoh dalam naskah drama yang dibaca sesuai dengan watak tokoh tersebut dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawab, bersikap bersahabat/komunikatif, serta dapat bekerja sama.

Melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan role play, peserta didik dapat menirukan dan memerankan dialog salah seorang tokoh dalam teks drama yang dipentaskan dengan rasa syukur, ingin tahu, percaya diri, tanggung jawab, bersikap bersahabat/ komunikatif, serta dapat bekerja sama.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Pengertian alur dalam teks drama
2.    Jenis alur dalam teks drama
3.    Tahapan alur dalam drama
4.    Pengertian konflik dalam teks drama
5.    Konfliks dalam teks drama
6.    Jenis tokoh dalam teks drama
7.    Persiapan bermain drama
8.    Bermain drama

E.   Metode Pembelajaran
 Pendekatan                  : Scientific Learning
 Model Pembelajaran   : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Role
                                       Play

F.     Media Pembelajaran
       Media/Alat:
1.              Worksheet atau lembar kerja peserta didik
2.              Lembar penilaian
3.              Penggaris, spidol, papan tulis
4.              Laptop & infocus
5.              Cetak: buku dan modul
 6.       Spidol

G.    Sumber Belajar
        Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa  
         SMA/ MA/ SMK
. Bandung: Yrama Widya

        Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. 
        Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

        Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta:   
       Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

H.    Kegiatan Pembelajaran
     
      Pertemuan I
Tahapan
Langkah-langkah
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
Orientasi

















 

Apersepsi
1.    Peserta didik memberikan salam dan pendidik menjawab salam.
2.     Peserta didik bersama-sama mengambil sampah dan merapikan bangku.
3.    Peserta didik berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.    Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza
5.    Peserta didik merespons pendidik yang melakukan pengecekan kehadiran.
6.    Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.

1.      Peserta didik mengaitkan materi 
 yang akan dipelajari dengan 
 pengalaman yang dipunyainya.
2.      Peserta didik menjawab pertanyaan
 yang diajukan pendidik terkait
 materi yang akan dipelajari.

PPK:
Religiositas

PPK:
Gotong royong

4C: Comunicative

PPK:
Nasionalis












Berfikir Kritis


4C:
Comunicative

5 menit


















5 menit
Inti
1.    Stimulasi
a.   Peserta didik bersama-sama
  mengamati teks drama yang ada
  dalam buku cetak.
b.  Beberapa peserta didik diminta 
  memerankan tokoh yang terdapat
  dalam buku cetak tersebut.

2.    Mengidentifikasi Masalah
a.      Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan.
b.      Peserta didik mengajukan pertanyaan.
c.       Peserta didik mendata pertanyaan yang diajukan.

2.    Mengumpulkan Data
a.      Peserta didik membaca berbagai sumber untuk menemukan konsep-konsep untuk menjawab perma-salahan.
b.      Peserta didik melakukan tanya jawab antarpeserta kelompok dalam timnya.
c.       Peserta didik mencatat hasil temuan kelompoknya.

3.    Memproses Data
a.      Peserta didik secara bersama-sama melakukan diskusi berdasarkan hasil temuannya.
b.      Peserta didik mengerjakan soal yang berhubungan dengan alur dan konfliks dalam drama.

4.    Memverifikasi
a.       Peserta didik menyampaikan hasil diskusi secara lisan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, dan mengungkapkan informasi dengan sopan
b.      Peserta didik yang lainnya memberikan pertanyaan atau tang-gapan terhadap hasil presentasi yang dilakukan kelompok penyaji.
c.       Peserta didik yang berperan sebagai tim penyaji menjawab per-tanyaan atau tanggapan yang diberikan oleh peserta didik lainnya.
d.      Peserta didik dipersilakan untuk bertanya mengenai materi alur dan konflik yang masih sulit dipahami.
e.       Peserta didik yang lain berusaha menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul.
f.       Peserta didik menyelesaikan uji kompetisi pada LKPD yang di-berikan pendidik.
g.      Peserta didik dengan di-
dampingi pendidik melakukan evaluasi dari LKPD yang telah dikerjakan.

5.    Menyimpulkan
   a.  Peserta didik membuat resume ter-
        hadap materi yang diperolehnya
        dalam pembelajaran ini.
   b.  Peserta didik mengemukakan hasil
        kesimpulan dengan bahasa yang
        sopan.



Literasi

4C:
Creative




Berpikir Kritis






Literasi



PPK: Gotong Royong


Literasi



4C: Colaborative




Berpikir Kritis





PPK:
Integritas



4 C: Communicative












Tanggung Jawab






Literasi





70 menit
Penutup
a.   Peserta didik mengagendakan ma-
        teri yang akan dipelajari pada per-
        temuan selanjutnya.
b.  Peserta didik kembali merapikan
        bangku dan membersihkan kelas
        secara bersama-sama.
c.     Peserta didik memberikan salam ke-
       pada pendidik.



Religiositas
10 menit
Pertemuan II
Tahapan
Langkah-langkah
Nilai Karakter
Alokasi Waktu
Orientasi
1.    Peserta didik memberikan salam dan pendidik menjawab salam.
2.    Peserta didik bersama-sama mengambil sampah dan merapikan bangku.
3.    Peserta didik berdoa  untuk  memulai pembelajaran.
4.    Peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza
5.    Peserta didik merespons pendidik yang melakukan pengecekan kehadiran.
6.    Peserta didik menyiapkan fisik dan psikis untuk mengawali kegiatan pembelajaran.


PPK:
Religiositas

PPK:
Gotong royong

4C: Comunicative

PPK:
Nasionalis

Responsif





10 menit
Apersepsi
1.     Peserta didik mengaitkan materi 
 yang akan dipelajari dengan 
 pengalaman yang dipunyainya.
2. Peserta didik menjawab pertanya-
      an  yang diajukan pendidik terkait
      materi yang akan dipelajari.


Berfikir Kritis

4C:
Comunicative


70 Menit
Inti
1.. Stimulasi
a.       Peserta didik menjawab pertanyaan yang diajukan pendidik terkait materi yang akan dipelajari.
b.      Peserta didik bersama-sama mengamati teks drama yang ada dalam buku cetak.
c.       Beberapa peserta didik diminta  memerankan tokoh yang terdapat dalam buku cetak tersebut.

1.    Mengidentifikasi Masalah
a.       Peserta didik mengidentifikasi perta-nyaan.
b.      Peserta didik mengajukan perta-nyaan.
c.       Peserta didik mendata pertanyaan yang diajukan.

2.    Mengumpulkan Data
a.       Peserta didik membaca berbagai sumber untuk menemukan konsep-konsep cara memerankan peran yang baik.
b.      Peserta didik melakukan tanya jawab antarpeserta kelompok dalam timnya.
d.      Peserta didik mencatat hasil temuan kelompoknya.

4. Memproses Data
a.       Peserta didik secara bersama-sama melakukan diskusi berdasarkan hasil temuannya.
b.      Peserta didik berlatih memerankan tokoh sesuai naskah dialog yang dibaca.
c.       Peserta didik saling memberikan komentar terhadap cara bermain peran yang dilakukan teman dalam kelompok.

5. Memverifikasi
  1. Peserta didik secara berkelompok bermain peran di depan kelas.
  2. Peserta didik lainnya memperhatikan cara tim penyaji dalam bermain peran.
  3. Peserta didik memberikan tanggapan terhadap penampilan temannya tersebut.
  4. Peserta didik dari tim penyaji berusaha menanggapi kembali komentar yang disampaikan kepada kelompoknya.

6. Menyimpulkan
    a.  Peserta didik membuat resume ter-
         hadap materi yang diperolehnya
         dalam pembelajaran ini.
    b.  Peserta didik mengagendakan materi
         yang akan dipelajari pada pertemuan
         selanjutnya.








4 C : Creative


Berpikir Kritis






Literasi



Kolaborasi


Literasi



Kolaborasi



Kreasi



Komunikasi






Kreasi

Peduli

Komunikasi








Literasi


Responsif


10 menit
Penutup
a.   Peserta didik mengagendakan ma-
        teri yang akan dipelajari pada per-
        temuan selanjutnya.
b.  Peserta didik kembali merapikan
        bangku dan membersihkan kelas
        secara bersama-sama.
c.     Peserta didik memberikan salam ke-
       pada pendidik.





Religio-sitas


I. Penilaian
1.        Penilaian Sikap
a.         Teknik penilaian             : Observasi : sikap religiius dan sikap
                                                     sosial
b.        Bentuk penilaian                        : lembar pengamatan
c.         Instrumen penilaian                   : jurnal

2.        Pengetahuan
Jenis/Teknik tes         :  tertulis
Bentuk tes                 :  uraian
   
Instrumen Penilaian

  1. Keterampilan
Teknik/Bentuk Penilaian :  Praktik/Performence
Instrumen Penilaian (terlampir)

Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas.
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali ters remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.      Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.      


Mengetahui                                                     Palembang 25 Mei 2019
Kepala SMA Negeri 2 Penukal Utara,            Guru Mata Pelajaran,



Rupiyanti, S.Pd.                                             Alvian Kurniawan, M.Pd.

Lampiran:
Materi Pembelajaran

PUASA DAN MENYONTEK

Pagi itu, ulangan Bahasa Indonesia akan dimulai. Siswa-siswi terlihat sudah menempati bangkunya masing-masing.
Joni      : “Halo, Za. Apakah kamu sudah belajar untuk ujian hari ini?”
Reza    : “Tentu sudah, aku kan anak rajin. Kalau kamu Zah?”
Azizah : “Aku belajar juga, tapi sebentar.”
Joni      : “Wah, kalian hebat. Meski bulan puasa, tapi kalian tetap tidak 
      meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
Reza    :  “Iya dong. Target aku kan harus rangking satu semester ini.”
Azizah :  “Oh, tidak bisa. Aku pasti rangking satu semester ini.”
Joni      :  “Sudahlah, kita buktikan saja nanti. Siapa yang akan jadi bintang kelas
      semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
Azizah :  “Ah, tidak mungkin kalian. Pasti akulah yang juara.” (Sambil melempar
     pena ke meja Reza).
Reza    :  “Lho, kok kamu kok melempar pena di meja aku sih?”
Azizah :  “Kenapa? Kamu tidak suka ya?”
Reza    :  “Jelas aku tidak suka. Caramu ini kasar.”
Azizah : “Hari ini sudah terbongkar semua niat burukmu untuk menggeser aku
     sebagai juara kelas.”
Reza    :  “Lha, memangnya sekolah ini punya nenek moyang kamu, sehingga yang
     layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
Azizah : “Meski sekolah ini bukan punya nenek moyang aku. Tapi semua isi
     sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
Reza    :  “Ah, kamu jangan takabur. Di atas langit masih ada langit.”
Azizah :  “Ini bukan takabur, tapi ini fakta bahwa akulah bintang kelas bertahan
      untuk selamanya.”
Joni      : “Ah sudah-sudah. Kalian ini kan lagi berpuasa. Tapi kok malah
     bertengkar?”
Azizah :  “Habisnya Reza buat ulah duluan.”
Reza    :  “Hei, siapa yang buat ulah duluan. Aku kan dari tadi cuma bilang kalau 
     aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
     malah melempar pena di atas mejaku.”
Joni      :  “Sudah.. sudah.. Jangan dilanjutkan lagi. Siapapun di antara kita, semua
      berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
      kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
Reza    :  “Betul perkataanmu itu, Jon. Yang penting kita harus terus belajar sampai
     kapan pun nanti.”
Azizah :  “Setelah aku pikir-pikir, aku juga salah sudah langsung emosi ke kamu,
     Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
     menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Joni      :  “Syukurlah jika kalian sudah sadar. Intinya kita harus terus berusaha dan
     berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
     perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
Reza    :  “Iya, Jon. Kamu benar. Zah, aku minta maaf ke kamu.”
Azizah :  “Sama-sama, Za. Maafin aku juga ya!” 
            Akhirnya mereka bertiga pun kembali tertib menunggu pengawas ujian masuk ke kelas mereka.

Lampiran Instrumen Penilaian:
A.  ISTRUMEN PENILAIAN SIKAP

JURNAL SIKAP SPIRITUAL/SOSIAL

Nama Satuan pendidikan        : SMA Negeri 2 Penukal Utara
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : XI / Genap
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

NO
TANGGAL
NAMA SISWA
CATATAN PERILAKU SAAT PEMBELAJARAN
BUTIR SIKAP
TINDAK LANJUT
1





2





3





4





5






B. INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

Bacalah teks drama berikut ini dengan saksama!

PUASA DAN MENYONTEK

Pagi itu, ulangan Bahasa Indonesia akan dimulai. Siswa-siswi terlihat sudah menempati bangkunya masing-masing.

Joni      : “Halo, Za. Apakah kamu sudah belajar untuk ujian hari ini?”
Reza    : “Tentu sudah, aku kan anak rajin. Kalau kamu Zah?”
Azizah : “Aku belajar juga, tapi sebentar.”
Joni      : “Wah, kalian hebat. Meski bulan puasa, tapi kalian tetap tidak 
      meninggalkan kewajiban sebagai pelajar.”
Reza    :  “Iya dong. Target aku kan harus rangking satu semester ini.”
Azizah :  “Oh, tidak bisa. Aku pasti rangking satu semester ini.”
Joni      :  “Sudahlah, kita buktikan saja nanti. Siapa yang akan jadi bintang kelas
      semester ini. Apakah Reza, Azizah atau aku?”
Azizah :  “Ah, tidak mungkin kalian. Pasti akulah yang juara.” (Sambil melempar
     pena ke meja Reza).
Reza    :  “Lho, kok kamu kok melempar pena di meja aku sih?”
Azizah :  “Kenapa? Kamu tidak suka ya?”
Reza    :  “Jelas aku tidak suka. Caramu ini kasar.”
Azizah : “Hari ini sudah terbongkar semua niat burukmu untuk menggeser aku
     sebagai juara kelas.”
Reza    :  “Lha, memangnya sekolah ini punya nenek moyang kamu, sehingga yang
     layak sebagai juara satu hanya kamu saja?”
Azizah : “Meski sekolah ini bukan punya nenek moyang aku. Tapi semua isi
     sekolah ini tahu bahwa aku adalah juara kelas bertahan di kelas ini.”
Reza    :  “Ah, kamu jangan takabur. Di atas langit masih ada langit.”
Azizah :  “Ini bukan takabur, tapi ini fakta bahwa akulah bintang kelas bertahan
      untuk selamanya.”
Joni      : “Ah sudah-sudah. Kalian ini kan lagi berpuasa. Tapi kok malah
     bertengkar?”
Azizah :  “Habisnya Reza buat ulah duluan.”
Reza    :  “Hei, siapa yang buat ulah duluan. Aku kan dari tadi cuma bilang kalau 
     aku ingin jadi juara kelas di semester ini, tapi kamu
     malah melempar pena di atas mejaku.”
Joni      :  “Sudah.. sudah.. Jangan dilanjutkan lagi. Siapapun di antara kita, semua
      berhak memiliki peluang sebagai juara satu di semester ini. Dari pada
      kita berdebat, mendingan kita tingkatkan belajar kita lagi.”
Reza    :  “Betul perkataanmu itu, Jon. Yang penting kita harus terus belajar sampai
     kapan pun nanti.”
Azizah :  “Setelah aku pikir-pikir, aku juga salah sudah langsung emosi ke kamu,
     Za. Aku sadar bahwa kita semua memiliki peluang yang sama untuk
     menjadi juara, tergantung sama usaha kita masing-masing.”
Joni      :  “Syukurlah jika kalian sudah sadar. Intinya kita harus terus berusaha dan
     berdoa agar bisa memperoleh semua yang kita inginkan. Jadi, tidaklah
     perlu kalian bertengkar lagi. Apalagi ini bulan suci Ramadhan.”
Reza    :  “Iya, Jon. Kamu benar. Zah, aku minta maaf ke kamu.”
Azizah :  “Sama-sama, Za. Maafin aku juga ya!” 
           
Akhirnya mereka bertiga pun kembali tertib menunggu pengawas ujian masuk ke kelas mereka.





Lembar Kerja 1
Setelah kalian membaca teks drama di atas, isilah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar melalui diskusi kelompok, lalu jelaskanlah hasil diskusi kelompok kalian di depan kelas!
1.      Tuliskanlah pengertian alur drama!
2.      Analisislah tahapan alur pada teks drama tersebut!
3.      Tuliskanlah pengertian konflik menurut pemahamanmu sendiri!
4.      Analisislah konfliks berjalan dalam teks drama tersebut berdasarkan aspek kebahasaan!

KUNCI JAWABAN DAN PENILAIAN
1.    Alur adalah rangkaian jalannya suatu cerita.   (10)
2.    Alur dalam teks drama di atas meliputi orientasi, komplikasi, dan resolusi, sehingga disimpulkan bahwa teks drama di atas menggunakan alur maju. Secara rinci dapat dijelaskan sebagai berikut. (50)
a)      Orientasi   :  Berawal dari Joni yang menanyakan kabar kepada Azizah dan
                     Reza tentang persiapan ujian.
b)      Komplikasi: Berawal dari Reza yang menyatakan keoptimisan dirinya
                     sebagai calon juara yang kemudian Azizah memperdebat-
                     kannya.
c)      Resolusi    :  Joni melerai pertikaian Azizah dan Reza hingga akhirnya
                     mereka berdamai.
3.        Konfliks adalah suatu permasalahan yang timbul antartokoh di dalam sebuah cerita. (10)
4.        Adapun beberapa konflik berjalan yang terjadi dari teks drama di atas adalah sebagai berikut. (30)
b.      Reza dengan optimisnya menyatakan dirinya yang akan menjadi juara kelas.
c.       Azizah tersinggung karena dia yakin akan menjadi juara kelas, lalu melemparkan pena ke meja Reza.
d.      Reza merasa tersinggung kepada Azizah dan bertengkar dengannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan