Kesimpulan dan Refleksi terhadap Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
Kesimpulan dan Refleksi
terhadap Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
(Tagihan Tugas 1.1.a.8 Koneksi Antar Materi)
Oleh:
Alvian Kurniawan, M.Pd., Gr.
Calon Guru Penggerak Angkatan 10
Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir
1. Hal yang Saya
Percayai tentang Murid dan Pembelajaran di Kelas Sebelum Saya Mempelajari
Modul 1.1
Selama ini
secara dominan, saya memposisikan murid berada dalam kontrol guru. Artinya
bahwa guru memiliki posisi tinggi yang dapat mengatur murid sesuai dengan yang
diinginkan. Dengan asumsi bahwa hal yang dilakukan guru memang sesuai dengan
peran dan tugasnya, maka sah saja guru memberlakukan siswa di bawah
perintahnya. Selain itu, saya juga menyajikan pembelajaran yang cenderung berpusat
kepada guru. Saya juga selalu meminta murid untuk paham dan menginguti semua
skenario pembelajaran yang saya lakukan di kelas, tanpa memperhatikan
karakteristik murid yang beragam.
2. Hal yang Berubah
dari Pemikiran atau Perilaku Saya Setelah Mempelajari Modul Ini
Seiring
proses belajar memaknai pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai konsep pendidikan,
ada beberapa pemikiran dan perilaku saya yang mulai berubah, diantaranya saya
mulai menyadari bahwa guru sejatinya menghamba kepada murid. Dalam hal ini,
salah apabila saya berpikir selama ini bahwa kedudukan saya selalu lebih tinggi
dari mereka. Sehingga, saya mulai menurunkan ego diri saat ini. Selain itu,
saya mulai merubah cara saya menjalankan pembelajaran. Saya mulai menerapkan
pembelajaran yang berpusat kepada murid. Saya juga mulai mencoba untuk
menciptakan pembelajaran yang membuat murid bahagia dengan tidak terlalu sering
memarahi atau menekan mereka saat belajar.
3. Hal yang Dapat
Segera Saya Terapkan Lebih Baik Agar Kelas Saya Mencerminkan Pemikiran KHD
Saya akan
mencoba mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi
perbedaan karakteristik murid. Segala aspek diferensiasi, seperti konten, proses,
dan produk akan saya terapkan guna menciptakan pembelajaran yang berpihak
kepada murid. Saya juga akan menggali lagi pemahaman aplikatif untuk
menciptakan pembelajaran yang berinovasi agar murid yang saya ajar semakin
tertarik untuk belajar.
Komentar
Posting Komentar