Kesimpulan dan Refleksi terhadap Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara

 

Kesimpulan dan Refleksi terhadap Pemikiran-Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
(Tagihan Tugas 1.1.a.8 Koneksi Antar Materi)
Oleh:
Alvian Kurniawan, M.Pd., Gr.
 Calon Guru Penggerak Angkatan 10 Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir

 

1.   Hal yang Saya Percayai tentang Murid dan Pembelajaran di Kelas Sebelum Saya  Mempelajari Modul 1.1

Selama ini secara dominan, saya memposisikan murid berada dalam kontrol guru. Artinya bahwa guru memiliki posisi tinggi yang dapat mengatur murid sesuai dengan yang diinginkan. Dengan asumsi bahwa hal yang dilakukan guru memang sesuai dengan peran dan tugasnya, maka sah saja guru memberlakukan siswa di bawah perintahnya. Selain itu, saya juga menyajikan pembelajaran yang cenderung berpusat kepada guru. Saya juga selalu meminta murid untuk paham dan menginguti semua skenario pembelajaran yang saya lakukan di kelas, tanpa memperhatikan karakteristik murid yang beragam.

2.   Hal yang Berubah dari Pemikiran atau Perilaku Saya Setelah Mempelajari Modul Ini

Seiring proses belajar memaknai pandangan Ki Hadjar Dewantara mengenai konsep pendidikan, ada beberapa pemikiran dan perilaku saya yang mulai berubah, diantaranya saya mulai menyadari bahwa guru sejatinya menghamba kepada murid. Dalam hal ini, salah apabila saya berpikir selama ini bahwa kedudukan saya selalu lebih tinggi dari mereka. Sehingga, saya mulai menurunkan ego diri saat ini. Selain itu, saya mulai merubah cara saya menjalankan pembelajaran. Saya mulai menerapkan pembelajaran yang berpusat kepada murid. Saya juga mulai mencoba untuk menciptakan pembelajaran yang membuat murid bahagia dengan tidak terlalu sering memarahi atau menekan mereka saat belajar.

3.   Hal yang Dapat Segera Saya Terapkan Lebih Baik Agar Kelas Saya Mencerminkan Pemikiran KHD

Saya akan mencoba mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi perbedaan karakteristik murid. Segala aspek diferensiasi, seperti konten, proses, dan produk akan saya terapkan guna menciptakan pembelajaran yang berpihak kepada murid. Saya juga akan menggali lagi pemahaman aplikatif untuk menciptakan pembelajaran yang berinovasi agar murid yang saya ajar semakin tertarik untuk belajar.

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan