Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

OSIS SMA BINA SRIWIJAYA INDONESIA
Jalan Ryacudu 24 Kelurahan 8 Ulu Pangkal Jembatan Ampera
Telp. (0711) 567890 Palembang
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

5 Oktober 2016

Nomor : 018/OSIS-BSI/X/2016
Lampiran : 1 Lembar
Perihal : Proposal Kegiatan Lomba Bulan Bahasa dan Sastra

Yth. Kepala SMA BSI Palembang
ditempat

PROPOSAL KEGIATAN
LOMBA MEMPERINGATI BULAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
DI SMA BINA SRIWIJAYA INDONESIA
TAHUN 2016

I. DASAR PEMIKIRAN
Bulan Oktober merupakan bulan yang bersejarah bagi bangsa Indonesia. Hal ini dikarenakan terdapat satu momen bersejarah, yaitu peringatan Sumpah Pemuda yang dicetuskan pada tanggal 28 Oktober 1928. Melalui sumpah pemuda, para pemuda bangsa saat itu mengikrarkan sebanyak tiga butir sumpah. Pada butir ketiga berbunyi, “Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Dari sumpah tersebut, maka bulan Oktober dijadikan sebagai bulan lahirnya bahasa Indonesia. Selain bahasa Indonesia, bulan tersebut juga dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan sastra Indonesia.
Sebagai bangsa Indonesia, setiap warga seharusnya dapat menghargai bahasa dan sastra Indonesia. Salah satu bentuk penghargaan tersebut seperti bangga mempergunakan bahasa Indonesia serta turut serta memelihara sastra yang merupakan warisan nenek moyang kita. Apabila bahasa dan sastra Indonesia ini dapat kita pelihara dan dipergunakan sebaik mungkin, maka tidak mustahil bahwa bangsa kita akan memiliki suatu identitas bangsa yang akan dibanggakan ke kancah internasional.
Dalam kenyataannya, bangsa Indonesia belum terlalu maksimal menumbuhkan rasa bangga terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Termasuk di dalamnya adalah lingkungan di sekolah. Banyak siswa yang sangat minim mempergunakan bahasa Indonesia. Mereka bangga saat mempergunakan bahasa lain, seperti bahasa asing bahasa daerah, dan bahasa gaul. Selain itu, dapat pula kita nilai bahwa siswa-siswi juga kurang memaksimalkan memelihara sastra Indonesia, salah satunya adalah kegiatan menulis cerpen atau membaca puisi.
Berdasarkan uraian di atas, maka dalam hal ini, OSIS SMA Bina Sriwijaya Indonesia menganggap perlu mengadakan kegiatan “Lomba Memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia” dalam bentuk tri lomba yang meliputi lomba berpidato, membaca puisi, dan menulis cerpen. Lomba-lomba ini diharapkan dapat menumbuhkembangkan rasa bangga siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

II. TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan dalam kegiatan ini agar dapat menumbuhkembangkan rasa bangga siswa terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

III. MANFAAT KEGIATAN
Adapun manfaat dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
3.1 Bagi siswa dapat menumbuhkan jiwa berkompetisi secara positif, melatih percaya diri, dan mencintai bahasa dan sastra Indonesia.
3.2 Bagi guru dapat membantu pengajaran siswa di luar kelas tentang pengetahuan yang berhubungan dengan bahasa dan sastra Indonesia.

IV. RUANG LINGKUP PESERTA
Adapun ruang lingkup dalam kegiatan ini melibatkan siswa-siswi, beserta staf pengajar di SMA Bina Sriwijaya Indonesia.

V. PELAKSANAAN KEGIATAN
Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:
hari, tanggal : Senin, 31 Oktober 2016
waktu : pukul 08.00 WIB s.d. selesai
tempat : Lapangan dan Aula SMA Bina Sriwijaya Indonesia.

VI. SUSUNAN KEPANITIAAN
Adapun susunan kepanitian dalam kegiatan ini adalah sebagai berikut.
6.1 Penasehat : Ketua Yayasan Bina Sriwiijaya
6.2 Pelindung : Kepala SMA Bina Sriwijaya Indonesia
6.3 Ketua Pelaksana : Nuraini Yopita
6.4 Wakil Ketua Pelaksana : Muhammad Joan Anggara
6.5 Sekretaris : Susi Widya Joko
6.6 Bendahara : Tiwik Merichi
6.7 Seksi-Seksi
Seksi Akomodasi
Koordinator : Desalda Kesuma
Anggota : 1. Yuli Nofianti
2. Ari Safitri
Seksi Dokumentasi
Koordinator : Rico Patu Nisa
Anggota : 1. Irfan Prameisela
2. Rendi Risa
Seksi Konsumsi
Koordinator : Rendi Septian
Anggota : 1. Rina Febriansyah
2. Niken Tamala
Seksi Perlengkapan
Koordinator : Okta Ronaldo
Anggoota : 1. Ahmad Paulin
2. Rully Dwi Ramadanti

VII. ESTIMASI DANA
Adapun estimasi dana yang dibutuhkan pada kegiatan ini adalah sebagai berikut.
7.1 Kertas HVS 2 rim (Rp 35.000,00 x 2) = Rp 70.000,00
7.2 Tinta Printer = Rp 40.000,00
7.3 ATK = Rp 80.000,00
7.4 Honor Juri Lomba (Rp 100.000,00 x 6) = Rp 600.000,00
7.5 Piala 3 set (Rp 200.000,00 x 3) = Rp 600.000,00
7.6 Fotokopi Undangan = Rp 30.000,00
7.7 Konsumsi Juri dan Panitia (Rp 10.000,00 x 50) = Rp 500.000,00
7.8 Dokumentasi = Rp 400.000,00
7.9 Pengeluaran Tak Terduga = Rp 200.000,00
------------------------------------------------------------------------------------ +
Jumlah = Rp 2.520.000,00

Terbilang: “dua juta lima ratus dua puluh ribu rupiah”

VIII.SUMBER BIAYA
Adapun sumber biaya dalam kegiatan ini diperoleh dari:
8.1 uang KAS OSIS = Rp 500.000,00
8.2 registrasi peserta (Rp 20.000,00 x 48) = Rp 960.000,00
------------------------------------------------------------------------------------- + Jumlah = Rp1.460.000,00
Terbilang: “satu juta empat ratus enam puluh ribu rupiah”

Jadi, dana yang masih dibutuhkan sebesar = Rp 2.520.000,00 – Rp 1.460.000,00 = Rp 1.060.000,00
Terbilang: “satu juta enam puluh ribu rupiah”

IX. PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan ini dibuat. Atas perhatian dan kerjasama Ibu, kami ucapkan terima kasih.



Mengetahui:
Ketua Pelaksana, Skretaris,


Nuraini Yopita Susi Widya Joko



Komentar

  1. Penguji ..... jayachandra fadhlan
    Negara ...... Bahasa Indonesia
    W / S ......... + 62821-3272-6591
    Facebook ..... jayachandra fadhlan
    email ...... (jayachandrafadhlan@gmail.com)

    Nama saya jayachandra fadhlan,
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, ada banyak pemberi pinjaman di sini untuk mempercayai orang. Terima kasih atas hasil kerja keras Anda, saya meminta pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak dapat pinjaman dan bisnis saya tentang menjadi buruk karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan peminjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah PERUSAHAAN PINJAMAN EKSPLISIT. Saya kehilangan 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya ajukan. Teman baik saya yang disetujui oleh pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana MRS. KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya meminta pinjaman Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai meminta persetujuan saya, pinjaman yang disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya diperbolehkan, dan diizinkan ini membuat saya kehilangan uang, tapi saya tertegun. Saat saya mendapatkan pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam dengan bunga 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. membahas tentang mode perusahaan. Jadi saya membutuhkan setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau lainnya untuk membeli MRS. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya whatsapp +1(585)708-3478 .... Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda meminta informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) atau whatsapp + 62 821-3272-6591, Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan kemakmuran.

    Perusahaan ..... Karina Elena Roland perusahaan pinjaman
    W / S .......... + 1 (585) -708-3478
    Facebook .... Elena karina Roland
    email ......... (karinarolandloancompany@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Ini dari perusahaan yang telah dapat membantu begitu banyak orang baik dari Indonesia maupun Malaysia dan di luarnya Kami telah dapat membantu berbagai orang dari berbagai pekerjaan kehidupan dan juga berbagai kategori pekerjaan Kami telah dapat memberikan pinjaman untuk hampir semua pemohon pinjaman di perusahaan ini dan jika dengan cara apa pun Anda meragukan kami, kami akan merujuk Anda ke banyak dan banyak pelanggan yang telah mendapatkan pinjaman dari kami sehingga Anda dapat menghapus keraguan keraguan dari pikiran Anda Kami telah dapat membantu baik yang bangkrut maupun mereka yang mencari modal tambahan untuk mendanai bisnis mereka dalam bentuk apa pun Di perusahaan ini, prioritas utama kami sejak hari pertama hingga sekarang adalah memastikan semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka dan kami sangat berkomitmen untuk ini dengan memastikan hampir 100% dari semua pencari pinjaman di perusahaan ini mendapatkan pinjaman mereka Jika dengan cara apa pun Anda masih ragu, silakan hubungi kesaksian terbaru kami di t dia menghubungi detail di bawah ini untuk menghapus segala bentuk keraguan dari pikiran Anda_________[WhatsApp: +6287818697754]

    Company___[ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY]
    e_mail_________[iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]
    WhatsApp___[+6282274045059]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan