Soal Prediksi UN 2015-2016 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMK

Naskah Soal Try Out Persiapan UN 2015 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
SMK Bina Sriwijaya Indonesia (BSI) Palembang
Berdasarkan Badan Standar Nasional Pendidikan
Nomor: 0027/P/BSNP/IX/2014
Oleh: Alvian Kurniawan, S.Pd.


SK: Menentukan gagasan pokok, simpulan, makna
istilah, kalimat penjelas, pernyataan yang
sesuai dengan isi paragraf

1. Bacalah paragraf di bawah ini dengan seksama!
Belum lama ini pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Permendikbud No.144 Tahun 2014 berkenaan kriteria kelulusan UN atau peserta didik dari satuan pendidikan dan peraturan lain yang berkenaan dengan penyelenggaraan UN 2014—2015 mendatang. Dalam hal ini, syarat kelulusan untuk tingkat SMK adalah harus menyelesaikan pembelajaran dari kelas X hingga kelas XII. Selain itu, siswa harus tuntas nilai sekolah (NS) dengan perhitungan bobot 70% dari total nilai rata-rata rapor semester kesatu hingga kelima ditambah dengan 30% nilai Ujian Sekolah (US). Lalu, siswa juga harus lulus Ujian Nasional (UN) dengan syarat nilai akhir semua pelajaran UN minimal 4,0 dan nilai akhir rata-rata semua pelajaran minimal 5,5. Sedangkan, untuk nilai akhir (NA) setiap pelajaran yang di UN kan dihitung dengan rumus 50% nilai sekolah ditambah dengan 50% nilai UN.
Dikutip dari: http://www.abimuda.com/
dengan sedikit perubahan
oleh: Alvian Kurniawan

Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah ....
a. Belum lama ini pemerintah melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah mengeluarkan Permendikbud No.144 Tahun 2014 berkenaan kriteria kelulusan UN atau peserta didik dari satuan pendidikan dan peraturan lain yang berkenaan dengan pe- nyelenggaraan UN 2014—2015 mendatang.
b. Untuk nilai akhir (NA) setiap pelajaran
yang di UN kan dihitung dengan rumus 50% nilai sekolah ditambah dengan 50% nilai UN.
c. Permendikbud berkenaan penyelengga-
raan dan kelulusan UN 2014--2015.
d. Perhitungan nilai akhir setiap pelajaran yang di UN kan.
e. Cara perhitungan penetapan kelulusan siswa
SMK pada Ujian Nasional tahun 2014—2015
nanti.

2. Meskipun perekonomian mulai membaik, jumlah pekerja kategori anak pada sektor formal di Jateng pada tahun 2002 tercatat 22.578 orang di 1.293 perusahaan. Jumlah tersebut lebih tinggi dibandingkan tahun 1999 ketika perekonomian masih berantakan. Saat itu, jumlah pekerja anak 21.000 orang.
Kesimpulan isi paragraf tersebut adalah...
a. Perusahaan merupakan sektor formal para pekerja anak.
b. Jumlah pekerja anak di Jateng mengalami kenaikan.
c. Ekonomi berantakan yang menyebabkan anak bekerja.
d. Jumlah pekerja dengan jumalah perusahaan tidak seimbang.
e. Keadaan perekonomian di Jateng semakin meningkat.

3. Kehadiran Rido Prakata di kampung ini menjadi buah bibir masyarakat sekitar. Setelah bertahun- tahun menjadi tukang parkir, kini ia menjadi bintang sinetron yang dipuja masyarakat luas.
Makna ungkapan atau idiom dari istilah yang bercetak miring di atas adalah ....
a. pembuahan d. kesenangan
b. sindiran e. pembicaraan
c. keributan

4. (1) Berakhirnya ujian sekolah berarti petanda mulainya ujian praktik bagi siswa kelas XII SMK BSI Palembang. (2) Hampir setiap guru yang mengajar di kelas XII secara bergilir memberikan tugas kepada siswa untuk dipraktikan. (3) Pada tahun ini, ujian praktik bahasa Indonesia untuk kelas XII AP adalah membuat dan mempresentasikan karya tulis ilmiah. (4) Mereka berkunjung ke rumah guru hingga larut malam. (5) Bagi banyak siswa menganggap ujian praktik KTI ini terlalu sulit bagi mereka.
Kalimat penjelas yang sumbang pada penggalan paragraf di atas ditandai dengan nomor ...
a. (5) b. (4) c. (3) d. (2) e. (1)

5. Bacalah wacana di bawah ini dengan seksama!
Prestasi Puteri Indonesia di Panggung
Miss Universe 2013

Meskipun masih menuai pro dan kontra mengenai keikutsertaan wanita Indonesia di ajang kontes pemilihan ratu sejagat. Namun, pada tahun ini Indonesia seolah mendapat angin segar setelah tujuh tahun berturut-turut wakil dari Indonsia gagal mencetak prestasi di ajang pemilihan Miss Universe.
Putri Indonesia 2013, Whulandary Herman (26) berhasil membawa nama harum bangsa Indonesia dengan memeroleh prestasi sebagai finalis yang lolos ke babak 16 besar di panggung grand final Pemilihan Miss Universe yang diselenggarakan di Crocuss Moscow, Rusia pada tanggal 9 November 2013 lalu.
Kemenangan ini jelas sangat membanggakan bagi para penggemar kontes kecantikan di Indonesia. Pasalnya, prestasi tertinggi negara Indonesia di ajang tersebut, terakhir kali diperoleh oleh Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004 yang berhasil menduduki posisi 15 besar saat berkompetisi di Thailand pada tahun 2005 yang lalu.
Selain berhasil mendapat kesempatan melaju di panggung 16 besar, Whulan juga terpilih menjadi kontestan dengan busana nasional terbaik ke-4. Kala itu, ia memergunakan kostum bertema reog ponorogo dari Solo Batik Carnival. Selain itu, dara manis kelahiran Pariaman Padang Sumatera Barat ini juga berhasil memeroleh predikat Best National Gift termahal ke-2 di panggung lelang amal yang diikuti oleh 86 kontestan Miss Universe 2013 dari seluruh belahan dunia. Dalam acara lelang tersebut, sauvenir berbentuk topeng tradisional dari kota Yogyakarta berhasil dilelang dengan harga 8 ribu dolar Amerika atau berkisar sekitar 90 juta rupiah.
Pernyataan yang sesuai berdasarkan wacana di atas adalah ...
a. Putri Indonesia 2013, Whulandary Herman (26) mengharumkan nama bangsa Indonesia dengan memeroleh prestasi sebagai finalis yang lolos ke babak 16 besar di panggung grand final Pemilihan Miss Universe yang diselenggarakan di Crocuss Moscow, Rusia. Sehingga Indonesia seolah mendapat angin segar setelah kurang dari tujuh tahun berturut-turut wakil dari Indonsia gagal mencetak prestasi di ajang pemilihan Miss Universe.
b. Prestasi tertinggi negara Indonesia di ajang Miss Universe, terakhir kali diperoleh oleh Artika Sari Devi, Puteri Indonesia 2004 yang berhasil menduduki posisi 15 besar bersama Thailand saat berkompetisi pada tahun 2005 yang lalu.
c. Dengan kostum bertema reog Ponorogo dari Solo Batik Carnival, Whulan terpilih menjadi kontestan dengan busana nasional terbaik ke-4 se-Indonesia.
d. Dara manis kelahiran Pariaman Padang Sumatera Barat itu, belum berhasil me-meroleh predikat Best National Gift termahal ke-1, karena Whuland hanya memeroleh Best National Gift termahal ke-2 di panggung lelang amal yang diikuti oleh 80 an kontestan Miss Universe 2013 dari seluruh belahan dunia.
e. Dalam acara lelang, Puteri Indonesia 2004 membawa sauvenir berbentuk topeng tradisional dari kota Yogyakarta yang berhasil dilelang dengan harga 8 ribu dolar Amerika atau berkisar sekitar 90 juta rupiah.

SK: Menentukan jenis laporan, isi petunjuk kerja,
riwayat hidup/biografi, grafik/matriks,
tanggapan logis dan tanggapan yang sesuai
dengan isi paragraf.

6. Akhir pekan lalu aku ke pusat perbelanjaan Dusit Manggadua Jakarta. Di lantai satu sayap timur aku melintasi toko penjualan komputer dan aksesoris. Deretan pertokoan di sana banyak memajang peranti lunak. Mulai dari peranti pendidikan, permainan, perensiklopedian, dan lain-lain.
Paragraf tersebut merupakan ….
a. laporan perjalanan
b. laporan keadaan
c. laporan permasalahan
d. laporan pertanggungjawaban
e. laporan karya tulis ilmiah

7. Petunjuk Mengenali Pensil 2 B Asli dan Palsu

(1) Lihat pada bagian kayu, pastikan berwarna kemerahan atau kecoklatan.
(2) Kayu juga terlihat rapi dan tidak berkerut.
(3) Jika dicium, aroma kayunya khas.
(4) Ketika diketuk, pensil terlihat padat dan keras.
(5) Saat bagian arang digoyang, bagian tersebut tidak bergoyang dan tidak mudah patah.
(6) Jika dipergunakan untuk menghitamkan, warnanya hitam pekat dan berkilau.
Pernyataan yang sesuai berdasarkan petunjuk di atas adalah ...
a. Aroma kayu khas berbau amis.
b. Warna merah dan bercampur coklat tua.
c. Pensil tidak mudah patah pada bagian isi.
d. Warnanya hitam dan tidak berkilau.
e. Harganya mahal sekali.

8. Bacalah penggalan biografi berikut ini!
Randi Putra Wangsa lahir pada tanggal 7 September 1997 dan bertempat tinggal di Jalan Ki Marogan Lorong Porka 1. Pada tahun 2003 penulis menamatkan pendidikan di SDN 222 dan tamat pada tahun 2009, lalu bersekolah di Sekolah Menengah Pertama YWKA tahun 2009 sampai dengan tahun 2012. Pada tahun 2012 sampai dengan 2015 penulis menjalani pendidikan di SMK Bina Sriwijaya Indonesia (BSI) Palembang.
Saat penulis ingin menyelesaikan pendidikan di SMK Bina Sriwijaya Indonesia penulis diberi kegiataan untuk membuat karya tulis ilmiah. Penulis akhirnya mendapatkan materi yang bermanfaat bagi para pembaca yaitu, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa Kelas XII (AP) Memilih Program Administrasi Perkantoran di SMK Bina Sriwijaya Indonesia (BSI) Palembang pada Tahun Ajaran 2014—2015“. Pada proses penyelesaian karya tulis ilmiah ini penulis melakukan wawancara terhadap murid yang berada di kelas XII (AP). Penulis harap dari karya tulis ilmiah ini para pembaca dapat mendapatkan informasi yang bermanfaat dalam program Administrasi Perkantoran.

Berdasarkan kutipan riwayat hidup di atas, berikut merupakan pernyataan yang sesuai adalah ...
a. Randi memulai sekolah di SMP YWKA pada tahun 2012.
b. Alamat penulis adalah di Jalan Ki Arogan Lorong Porka 1.
c. Penulis memberikan tugas membuat karya tulis ilmiah pada saat hendak lulus dari bangku SMK. d. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa Kelas XII (AP) Memilih Program Administrasi
Perkantoran di SMK Bina Sriwijaya Indonesia (BSI) Palembang pada Tahun Ajaran 2014— 2015 adalah judul buku yang ditulis Randi.
e. 7 September 1997 merupakan hari lahir Randi
Putra Wangsa.

9. Perhatikan gambar grafik di bawah ini!

Simpulan grafik tersebut adalah....
a. Giro masyarakat bulan Januari berada pada posisi paling rendah.
b. Posisi giro masyarakat mengalami penurunan pada bulan April.
c. Giro masyarakat mengalami peningkatan sekitar 2 miliar rupiah dari bulan Maret.
d. Posisi giro masyarakat mengalami peningkatan tajam pada bulan Mei.
e. Giro masarakat bulan Januari dan Februari sama.

10. Perhatikan matriks di bawah ini!

Hasil Nilai Praktik Menulis Karya Tulis Ilmiah
Siswa Kelas XII AP SMK BSI Palembang

No Nama Siswa Halam-
an Judul Kata Peng-antar Daftar Isi Ikhti-sar

1 Aditya Jaya 2 1,8 1,5 3
2 Citra Dwi PS 1,6 2,6 1,5 3,8
3 Devi Safitri 1 1,3 1 2
4 Erinda Nur P 1,5 2,9 1,4 3
5 Harudin Fajri 2 1 1 1
Pernyataan yang sesuai berdasarkan matrik di atas adalah, kecuali ....
a. Nilai kata pengantar Citra lebih tinggi dibandingkan nilai kata pengantar Devi, namun lebih kecil daripada nilai kata pengantar Erinda.
b. Nilai tertinggi pada halaman judul diperoleh Adit dan Harudin, sedangkan nilai tertinggi pada daftar isi diperoleh oleh Adit dan Citra.
c. Nilai selisih antara nilai ikhtisar Devi dan Erinda adalah 1 dan selisih antara nilai ikhtisar antara Erinda dan Harudin adalah 2.
d. Pada nilai daftar isi, nilai terendah diperoleh Devi dan Harudin, sedangkan nilai tertinggi pada ikhtisar diperoleh oleh Adit dan Erinda.
e. Nilai karya tulis Devi tidak ada yang bernilai 2, semua di bawah nilai 2.

11. Tentara Nasional indonesia berulang tahun ke-68. Dengan usia 68 ini, TNI telah menunjukan sumbangsihnya menjaga keamanan bangsa dan negara. Pengabdian TNI terutama mereka yang bertugas di daerah perbatasan, tak perlu diragukan. Tegaknya NKRI bukti bahwa TNI tetap menjaga keutuhannya.
Tanggapan logis terhadap pernyataan tersebut adalah ....
a. Tentara Nasional Indonesia senantiasa menjaga keutuhan NKRI.
b. Ulang tahun TNI memang selalu dilaksanakan.
c. TNI perlu mendapatkan tambahan pendapatan.
d. Rakyat tidak perlu campur tangan terhadap TNI.
e. Masyarakat selalu ikut serta dalam ulang tahun TNI.

12. Bacalah kutipan berita berikut dengan teliti!
Pemerintah bersedia membeli hak cipta buku teks pelajaran untuk tahun anggaran 2008. Namun, pemerintah belum dapat menyebutkan harga beli secara pasti jika seorang siswa hendak mendapatkan buku pelajaran tersebut.
Tanggapan positif terhadap kutipan berita tersebut yang tepat adalah ....
a. Hal ini sudah menjadi tanggung jawab pemerintah.
b. Rencana hanya rencana tanpa realisasi.
c. Kita perlu menyambut rencana pemerintah itu.
d. Memikirkan pendidikan tidak pernah selesai.
e. Pemerintah sudah lama memikirkan bantuan ini.

SK: Menentukan kata baku/tidak baku, kata
bersinonim/berantonim, kata bermakna
konotasi, kata bermakna proses/hasil, dan
perubahan makna kata.

13. Ribuan kaum pria di kota Bandung memadati Masjid Al Akbar untuk menunaikan ibadah Salat Jum’at. Para Jamaah melakukan rutinitas ini sejak pukul 11.00 WIB. Kepadatan ini mengisi se- luruh ruang di kawasan Masjid tersebut, seperti: ru- ang tengah, atas, tempat wudu, parkir dan lain- lain. Turut hadir sebagai pengkhotbah saat itu ialah H. Herman Sawiran, S.Ag.
Kata yang tidak baku pada penggalan teks di atas adalah ....
a. Masjid d. Pukul
b. Salat e. Wudu
c. Jum’at

14. Kalimat di bawah ini yang menggunakan kata baku adalah …
a. Akhir-akhir ini, fikiran Neni terganggu.
b. Menurut Aguscik barang produksi dalam negeri itu berkualitas tinggi.
c. Problim yang dihadapi Jupri cukup rumit.
d. Sandra tidak faham, sehingga tidak trampil menggunakan alat itu.
e. Devi makan sate tadi malam.

15. Novi memiliki kegemaran yang menarik. Ia sangat rajin menari tarian daerah. Setiap hari ia berlatih bersama guru tarinya yang bernama ibu Sela. Berbeda dengan adik Novi yang bernama Riza. Ia lebih suka olahraga keras setiap hari. Jika ditanya mengenai kegemaran saudaranya, ia justru mengaku malas sekali kalau disuruh orang tuanya ikut berlatih menari.
Kata berantonim terdapat pada kalimat ke- ...
a. (1) dan (2) d. (2) dan (6)
b. (5) dan (6) e. (4) dan (5)
c. (3) dan (6)

16. Harudin dan Fajri memiliki wajah yang mirip.
Kata yang bersinonim dengan kata yang bercetak miring di atas adalah ...
a. membeli d. mempunyai
b. menyamakan e. memasang
c. melakukan

17. Berikut ini adalah kalimat yang mengandung kata bermakna proses adalah ....
a. Pak Bambang duduk di kursi paling depan.
b. Ibu Dian memasak nasi di dapur.
c. Pak Madi sudah selesai mencuci motor.
d. Ibu Sherly tidak mengajar tadi pagi.
e. Pak Agus memiliki tinggi badan 170 cm.

18. Orde baru tumbang, namun hal ini ternyata tidak serta merta menunjukan bahwa kebenaran telah datang. Reformasi yang bergerak dari nurani murni mahasiswa dengan cepat mengalami pergeseran makna dan fungsi. Tiba di tangan elit politik dan penguasa baru, refolusi menjadi jargon politik. Maknanya pun luas. Semakin lama kata itu semakin kehilangan darah.
Kata yang menyatakan “hasil” adalah ....
a. menunjukan d. penguasa
b. bergerak e. maknanya
c. mahasiswa

SK: Menentukan kalimat tanya yang sesuai
dengan konteks dan kalimat yang berbentuk
opini/fakta dalam paragraf

19. Perhatikan teks bacaan berikut!
Wilayah kota Pagaralam tiba-tiba diselimuti kabut asap. Kabut yang semula tipis hingga berangsur-angsur menebal itu diduga berasal dari wilayah yang lain yang mengalami kebakaran hutan dan lahan. Saking tebalnya kabut asap, Gunung Dempo yang menjulang tinggi itu sampai menghilang.
Pengamatan di lapangan, sepanjang Senin (1/10) jarak pandang di wilayah Kota Pagaralam hanya berkisar 100-an meter. Kondisi ini membuat warga yang melakukan aktivitas yang menggunakan kendaraan wajib menyalakan lampu utama kendaraannya. Saat keluar rumah bau asap sangat terasa. Mata pun sampai berair dan perih.
(Sumber: Sripo, 2 Oktober 2012)

Pertanyaan yang tersurat dalam teks bacaan tersebut, kecuali ….
a. Dari manakah dugaan asap tebal itu
berasal?
b. Bagaimanakah dampak yang terjadi
pada gunung Dempo dari kete-
balan asap tersebut?
c. Kapankah kabut asap itu dipastikan
bermula?
d. Mengapa warga yang menggunakan
kendaraan wajib menyalakan lampu
utama kendaraannya?
e. Berapa lama bau asap itu terasa?

20. (1) Luar biasa presiden pertama Indonesia. (2) Beliaulah Ir. Soekarno. (3) Ia telah melahirkan nilai dasar bangsa yang dinamakan pancasila. (4) Secara artikulatif, Soekarno mampu menjelaskan antara nasionalisme dan internasionalisme, antara demokrasi dan kesejahteraan sosial, antara negara dan agama, serta bagaimana bangsa Indonesia sebaiknya menempatkan diri di antara itu semua.
. Dua kalimat yang menyatakan fakta dalam kutipan
tajuk tersebut adalah...
a. 1 dan 2 d. 3 dan 4
b. 2 dan 3 e. 1 dan 4
c. 2 dan 4

21. Cermati paragraf berikut ini!
(1) Anda memang harus menguasai teknologi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. (2) Hal ini harus Anda dukung dengan budi pekerti yang baik. (3) Budipekerti itu termaniestasi dalam bentuk tutur kata dan sikap Anda terhadap orang lain. (4) Termasuk bagaimana Anda memperlakukan orang lain. (5) Jika semua itu Anda lakukan, bukan tidak mungkin Anda akan menuai kesuksesan.
Kalimat yang menyatakan opini dan alasan logis pada paragraf tersebut terdapat pada nomor ...
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)

SK: Menentukan makna ungkapan/peribahasa,
tema dan majas dalam puisi, amanat
cerpen/novel, latar dan tahapan alur
novel/roman, Menentukan unsur ekstrinsik
novel

22. Sebagai seseorang yang berkecukupan, Pak Jaya selalu saja mengahmbur-hamburkan uang untuk pergi ke luar negeri. Kebiasaan itulah yang menyebabkan kondisi perekonomian keluarganya menjadi terpuruk. Hutang Pak Jaya cukup bertumpuk bahkan beberapa aset kekayaannya harus disita pihak bank karena tidak mampu membayar hutang-hutangnya. Di sinilah ia mulai menyesal. Namun, ia sendiri tidak bisa mengembalikan kehidupannya yang dulu lagi.
Berdasarkan ilustrasi cerita di atas, pribahasa yang sesuai untuk melambangkan kehidupan Pak Jaya sekarang adalah ....
a. Nasi sudah menjadi bubur.
b. Karena nila setitik, rusak susu sebelanga.
c. Menang jadi arang, kalah jadi abu.
d. Sedia payung sebelum hujan.
e. Bagai katak dalam tempurung.

23. Bacalah teks puisi di bawah ini dengan seksama!

Pemuda Kini

Darah itu bercucuran,
Membanjiri ibu pertiwi
Luka dan bisa dari pemuda harapan bangsa

Mereka menyerang....
Mereka saling menyerang
Mati atau hidup,
Kalah atau menang
Semua tertutup pada dendam yang tak terbalas

Di sini ibu pertiwi menangis dengan derunya
Mengubur mimpi,
Dari balik angan-angan kemajuan negeri

Pemudaku kini sedang berdiri
Lalu berlari bukan pada tempatnya
Mengacuhkan hukum,
Melebarkan kebebasan
Penuh sesak dadaku dibuatnya

Kini...
Negeriku tidak lagi seperti dulu
Yang penuh cinta dan kasih
Oleh: Alvian Kurniawan, S.Pd (2015)

Tema dari puisi di atas adalah ....
a. Pembunuhan seorang ibu.
b. Pemuda masa kini yang anarkis.
c. Pemuda harapan bangsa.
d. Rindu terhadap cinta dan kasih.
e. Harapan para pemuda kini.

24. Meski kini,
Mampu aku berdiri sendiri, berjalan sendiri
Tetapi aku anakmu, butuh kasihmu
Ibu…
Puisi di atas mengandung majas….
a. asosiasi
b. paradoks
c. metafora
d. hiperbola

25. Bacalah penggalan cerpen di bawah ini!
.....
Waktu itu, Yanto banyak bercerita denganku tentang bagaimana besarnya keinginannya untuk mengangkat keluarganya ke jenjang ekonomi yang lebih mapan.
“Bermula dari sebuah mimpi, Sir. Saya berjuang dan bekerja. Dari seorang pengangkat kayu, guru ngaji sampai kuli bangunan pun saya jalani guna bekal saya meraih sarjana.”
Kalimat itu masih terniang di telingaku. Aku berfikir, mungkin seribu satu macam remaja di sini, hanya secuil saja remaja-remaja yang berfikiran sama dengannya. Ku ingat remaja-remaja sebayaku banyak sekali yang hanya kuliah, jalan-jalan, senang-senang dan lain sebagainya. Aku mulai mengoreksi diri dan perlahan memulai membuat pertanyaan-pertanyaan yang mengena ke pribadiku.
Selama ini aku sering mengeluh tentang rasa lelahku yang kerap kali ku rasai. Ternyata semua aktivitasku selama ini hanya biasa saja. Ternyata benar, di atas langit masih ada langit. Kesibukanku kuliah di pagi hari, mengajar di siang hari, mengerjakan tugas kampus atau membuat soal-soal modul di malam hari serta ikut lomba-lomba yang selalu menggangu jadwal liburku setiap hampir hari minggu dan tanggal merah. Namun, ternyata sekali lagi, kesibukan itu menurutku masih jauh lebih ringan dari pada kesibukannya sebagai seorang yang harus bekerja dengan fisik dan stamina yang kuat, tanpa kendaraan sepertiku, tanpa uang bantuan dari orang tua dan lain sebagainya.

Dikutip dari: Cerpen “Cermin Sindiran”,
oleh: Alvian Kurniawan (2010)

Amanat dari nukilan cerpen di atas adalah ....
a. Hidup harus penuh dengan mimpi agar dapat termotivasi.
b. Jangan suka menyepelekan orang lain, karena ia
terkadang melebihi kita dalam bentuk keahlian.
c. Bekerja tidak boleh mengeluh agar mendapatkan
penghasilan uang yang besar.
d. Dibalik dari kesulitan kita dalam bekerja, masih
ada orang yang lebih sulit lagi, jadi jalanilah!
e. Tidak boleh memaksakan orang tua untuk membelikan kendaraan atau memberikan uang.

26. Bacalah penggalan novel di bawah ini dengan seksama!
Suatu ketika di suatu hari yang tak pernah aku duga. Ketika aku mulai merasa ada hal lain yang mulai datang pada hidupku. Kakakku Kiki pulang dengan keadaan malu untuk dilihat, wajahnya mirip sekali dengan ikan mas. Aku sempat membuat lelucon akan sakit mata yang dialami oleh kakakku. Usut punya usut. Terjadi kehebohan di kelas kakakku. Beberapa siswa mengalami sakit mata memerah. Dan salah satunya adalah kakakku.
Ku perhatikan wajah kakakku ketika makan malam bersama. Kami sempat bercanda ria dan ku katakan pendapatku tentang sakit mata itu. Ada mitos yang mengatakan itu akibat mengintip. Dan kakakku terlihat malu, namun dia tidak marah karena itu hanya percandaan di meja makan.
(Sumber: Novel Surat Kecil
Untuk Tuhan karya Agnez
Davonar)
Amanat dari penggalan novel di atas adalah ....
a. Jangan mudah untuk marah ketika sedang bercanda.
b. Sesuatu yang berhubungan dengan mitos tidak harus kita percayai.
c. Harus berbagi pendapat apabila kita dalam keadaan sakit.
d. Jangan suka mengintip, karena akan menyebabkan mata sakit.
e. Selalulah buat lelucon agar hidup kita selalu ceria.

SK: Menentukan isi naskah drama, dan
perwatakan tokoh, penulisan kata, pilihan
kata, dan ungkapan.

27. Perhatikan naskah drama di bawah ini!
Suatu hari di ruang kelas sebuah SMK. Terlihat ada empat siswa yang sedang terlihat duduk-duduk sambil ngobrol. Tiba-tiba masuklah seorang siswa bernama Aliando.

Aliando : “Teman-teman gimana nanti kalau
kita berfoto buat kenang-kenangan
kita waktu kelulusan nanti.”
Rafly : “Boleh juga tuh, bagaimana Al, Sas,
Nik?” (sambil melihat ke arah
Algazali, Saskia dan Nikita).
Algazali : “Tapi, pakai kamera siapa?”
Aliando : “Pakai kamera aku saja!” (sambil
memasukan tangan ke kantong
baju).
Saskia : (mendorong tangan Aliando) “Tidak
usah pakai kamera Aliando! Pakai
kamera aku saja, lebih bagus!”

Dikutip dari naskah film dokumenter “Misteri Foto Bertiga” karya siswa kelas XII SMK BSI Palembang.
Watak Saskia dalam penggalan nukilan drama di atas adalah ....
a. jujur d. pembohong
b. malas e. pelit
c. congkak

28. Bacalah penggalan naskah drama di bawah ini!
.....
Mulan : “Buat apa uang itu?”
Dhani : “Sudah tidak usah banyak tanya,
tidur saja kamu!” (sambil meme-
gang uang 200 ribu rupiah).
Mulan : “Tapi itukan uang ibu buat bayar
rumah!”
Dhani : “Sudah, tidak usah banyak tanya!”
(sambil berjalan keluar kamar).
Tiba-tiba Bu Maia keluar dan mendekati Dhani, anaknya.
Ibu Maia : “Eh, Nak buat apa uang ini. Uang
ini buat bayar rumah.”
Dhani : “Sudah tidak usah banyak tanya!”
(sambil mendorong ibu Maia
hingga jatuh).
Dalam posisi terjatuh ibu Maia menangis sembari berdoa,

Ibu Maia : “Ya Allah, kenapa anakku se-
perti ini, ya Allah? Apa
salahnya? Ampuni anakku ya,
Allah! Ampuni anakku ya
Allah!” (sambil memeluk
Mulan).
.....
Dikutip dari naskah film dokumenter “Preman
Tobat” karya siswa kelas XII SMK BSI
Palembang.
Isi dari cuplikan naskah drama di atas adalah ....
a. Seorang anak yang suka memukuli ibunya hingga babak belur.
b. Seorang anak yang membela ibunya karena kejahatan saudara tirinya.
c. Seorang anak yang durhaka kepada ibunya yang sedang hamil.
d. Seorang anak yang semena-mena kepada keluarganya yang juga semena-mena terhadapnya.
e. Seorang anak yang kasar dan suka menggambil uang ibunya.

29. Koprasi didirikan atas asas kekeluagaan. Prinsip dasar organisasi ini tertuang pada
salah satu butir pada pasal 33 UUD 1945.
Dalam hal ini, siapapun dapat bergabung di
dalamnya.
Penulisan kata yang bercetak miring di atas yang tidak sesuai dengan kaidah EYD adalah ...
a. koprasi d. organisasi
b. asas e. butir
c. prinsip

30. Aksi kekerasan dan tawuran kini semakin marak dan memprihatinkan berbagai pihak. Untuk mencegah tindak kekerasan ini berbagai kalangan mendesak perlunya (...........) komunikasi di kalangan masyarakat dan juga penanaman nilai-nilai agama dan keimanan secara terus-menerus. Pengasuh pondok pesantren Al Istishom, Marzuki Annam Abdul mengutarakan aksi kekerasan dan tawuran dapat dihindari jika pendidikan agama dan nilai keimanan ditanamkan sejak dini pada anak-anak.
Pilihan kata atau diksi yang tepat untuk mengisi bagian yang dirumpangkan adalah ...
a. adanya d. sarana
b. peningkatan e. perhubungan
c. antara

31. Anak yang besar kepala itu tidak disukai teman-temannya. Ungkapan yang semakna dengan ungkapan yang digunakan dalam kalimat di atas adalah ....
a. Ibu Nur menjadi stres karena ditinggal buah hatinya.
b. Hati-hati duduk dengan orang yang panjang tangan.
c. Orang tua itu senang sekali karena jantung hatinya berhasil.
d. Anak yang bermuka dua itu dibenci teman- temannya.
e. Orang kaya baru biasanya bersifat tinggi hati.

SK : Menentukan pikiran penjelas, kalimat efektif,
kalimat yang menyatakan hubungan
perbandingan dan susunan topik karangan.

32. Topik : Kebakaran hutan
Kalimat penjelas:
(1) Dampak kebakaran hutan
(2) Defenisi kebakaran hutan
(3) Manfaat kebakaran hutan
(4) Hukuman buat si pembakar hutan
(5) Hewan yang mati karena kebakarann hutan
Kalimat penjelas berdasarkan kerangka di atas ditandai dengan nomor ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. (5)

33. Berikut merupakan kalimat yang tergolong efektif adalah ....
a. Safitri sangat malas sekali untuk belajar.
b. Saya bertiga bernama Aditya, Dewo dan Jaya.
c. Guru matematika punya nama Erni.
d. Pak Iwan memancing di kolam.
e. Nenek tua itu menyebrang di jalan.

34. (1) Hair gel adalah produk penata rambut pria yang lebih kasar, kaku dan keras dibanding pomade karena produk ini membuat rambut t ampak keras, berminyak dan mengkilap. (2) Peng- gunaan gel yang berlebihan bisa membuat rambut berminyak daripada pomade. (3) Untuk membuat rambut tetap teratur dan mengkilap lebih direkomendasikan dengan pomade karena pomade tidak mengandung alkohol dan gel lebih cenderung menggunakan alkohol. (4) Tetapi gel tidak sulit untuk dihilangkandari rambut dan cukup menggunakan air untuk dihilangkannya.
Kalimat yang tergolong ke dalam kalimat perbandingan yang tidak disertai alasan ditunjukan oleh kalimat bernomor ....
a. (1) b. (2) c. (3) d. (4) e. semua salah

35. (1) Kemampuan ini berhubungan dengan kemampuan di bidang akademik.
(2) Kemampuan ini lebih mengarahi kepada kemampuan interpersonal, komunikasi, sosialisasi dan kemampuan yang melibatkan pembawaan diri.
(3) Kesuksesan seseorang ditentukan oleh dua kemampuan.
(4) Selain itu, ada juga yang disebut kemampuan lunak atau softskill.
(5) Kemampuan pertama adalah kemampuan keras atau disebut juga dengan hardskill.
Urutan yang sesuai untuk membentuk suatu paragraf deduktif adalah ....
a. (3), (5), (1), (4), (2)
b. (3), (5), (2), (4), (1)
c. (3), (5), (4), (2), (1)
d. (3), (5), (4), (1), (2)
e. (3), (5), (2), (1), (4)


SK: Menentukan tujuan, jenis kegiatan, dan
sistematika penulisan proposal.

36. Latar Belakang
......
Meningkatnya angka penggunaan narkoba pada tahun ini dikalangan remaja disebabkan karena faktor kurangnya sosialisasi mengenai dampak negatif dari penggunaan narkoba. Oleh sebab itu, perlu adanya suatu kegiatan penyuluhan yang mendatangkan para pakar agar peserta didik mampu mengetahui dampak negatif dari narkoba itu sendiri.
Tujuan dari penggalan latar belakang proposal di atas adalah ...
a. Mengundang para pakar yang dapat mengajarkan hal-hal negatif, seperti cara menggunakan narkoba.
b. Mengadakan penyuluhan narkoba bagi para penyuluh oleh peserta didik.
c. Merencanakan penjelasan tentang pengertian narkoba dan dampaknya kepada pengguna narkoba.
d. Menciptakan remaja yang mengetahui semua pakar yang mengerti tentang dampak negatif penggunaan narkoba.
e. Mengadakan kegiatan penyuluhan dan menghadirkan pakar yang mengerti tentang dampak negatif narkoba bagi peserta didik.

37. Judul : Seminar tentang persiapan UN 2015.
Jenis kegiatan:
(1) Mengerjakan soal UN yang akan keluar.
(2) Cara belajar yang efektif menjelang UN.
(3) Berlatih kisi-kisi UN.
(4) Menanyakan prosedur pengawasan UN.
(5) Memilih jurusan setelah lulus UN.
Jenis kegiatan yang sesuai berdasarkan judul kegiatan pada proposal di atas ditunjukan dengan nomor ...
a. (1) dan (2) d. (1) dan (3)
b. (2) dan (3) e. (2) dan (5)
c. (3) dan (4)

38. Judul : Proposal Kegiatan Lomba Futsal
Tingkat SMA-SMK se-Kota Palem-
bang
Sistematika penyusunan:
(1) Susunan Kepanitiaan
(2) Landasan Pemikiran
(3) Waktu Pelaksanaan
(4) Tujuan Kegiatan
(5) Penutup
Urutan yang tepat berdasarkan kerangka proposal di atas adalah ....
a. (2), (3), (4), (1), (5)
b. (2), (4), (1). (5), (3)
c. (2), (1), (4), (3), (5)
d. (2), (4), (3), (1), (5)
e. (2), (4), (1), (3), (5)

SK: Penulisan bagian-bagian surat, kalimat
pembuka, kalimat penutup, kalimat surat
balasan yang santun.

39. Penulisan yang benar untuk bagian alamat surat yang dituju adalah ...
a. Kepada Yth. Ibu Putri Nur, S.H.
Jl. Cempaka No. 13
Bogor.
b. Yth. Ibu Putri Nur, S.H.
Jalan Cempaka 13
Bogor
c. Yth: Ibu Putri Nur, S.H.
Jalan Cempaka No. 13
Bogor
d. Kepada Ibu Putri Nur, S.H.
Jalan Cempaka 13
Bogor
e. Yth. Ibu Putri Nur, S.H.
Jalan Cempaka No. 13
Bogor

40. Penulisan pembuka surat yang benar adalah ....
a. Bersama surat ini, saya informasikan bahwa ....
b. Dengan surat ini, saya informasikan bahwa ....
c. Sehubungan dengan ini, saya informasikan bahwa ...
d. Dengan ini, saya informasikan bahwa ...
e. Bersama dengan ini, saya sampaikan bahwa ....

41. Kalimat penutup surat balasan lamaran pekerjaan yang santun adalah ...
a. Atas kesediaan dan kehadirannya, kami ucapkan terima kasih.
b. Atas kesediaan Saudara untuk memenuhi panggilan kami, kami ucapkan terima kasih.
c. Untuk keperluan tes dan wawancara, Saudara diharap datang. Terima kasih banyak.
d. Kami sampaikan terima kasih atas kesediaannya hadir tepat pada waktunya.
e. Hadirlah tepat pada waktunya agar Saudara berhasil.

SK: Menentukan kalimat memo dan isi surat berita
Keluarga

42. Seorang Kepala cabang meminta skretarisnya untuk membuat laporan hasil rapat. Ia meminta agar laporan itu dibuat dan segera dikumpulkan karena laporan tersebut dianggap sangat penting.
Penulisan pesan singkat/ memo yang tepat berdasarkan ilustrasi cerita di atas adalah ....
a.
PT. Tanah Emas
Jalan Putih Abu-Abu 3 Surabaya
Surabaya, 1 Mei 2008

Dari : Kepala Cabang
Kepada : Skretaris
Segera buat laporan rapat nanti
sore! Terima kasih.

Kepala Cabang,

Cik Agus Safitri

b.
PT. Tanah Emas
Jalan Putih Abu-Abu 3 Surabaya
Surabaya, 1 Mei 2008

MEMO

Dari : Kepala Cabang
Kepada : Skretaris
Segera buat laporan hasil rapat tadi! Terima kasih.

Kepala Cabang,

Cik Agus Safitri

c.
PT. Tanah Emas
Jalan Putih Abu-Abu 3 Surabaya
Surabaya, 1 Mei 2008

Memorandum

Dari : Kepala Cabang
Kepada : Skretaris

Buatlah laporan hasil rapat, setelah dibuat segera dilaporkan karena ini adalah suatu keperluan yang dianggap penting! Terima kasih.

Kepala Cabang,

Cik Agus Safitri

d.
PT. Tanah Emas
Jalan Putih Abu-Abu 3 Surabaya
Surabaya, 1 Mei 2008

MEMO

Dari : Skretaris
Kepada : Kepala Cabang
Segera buat laporan rapat tadi pagi! Terima kasih.

Kepala Cabang,

Cik Agus Safitri


e.
PT. Tanah Emas
Jalan Putih Abu-Abu 3 Surabaya
Surabaya, 1 Mei 2008

Memorandum

Dari : Kepala Cabang
Kepada : Skretaris

Buatlah rapat, setelah dibuat segera dilaporkan karena ini adalah suatu keperluan yang dianggap penting! Terima kasih.

Kepala Cabang,

Cik Agus Safitri


43. Ayah, bulan depan ananda ingin pulang ke kampung. Sehubungan dengan itu, ananda minta agar sekiranya ayah dapat mengirimkan uang tiga ratus ribu rupiah untuk transportasi ananda pulang.
Isi surat keluarga di atas adalah ....
a. Permohonan pulang ke kampung.
b. Informasi pulang ke kampung.
c. Permintaan untuk pulang ke kampung.
d. Informasi pulang dan permohonan dikirimi uang.
e. Permintaan dikirimi uang untuk pulang dari kampung.

SK: Melengkapi paragraf sesuai dengan jenisnya.
dan bagian-bagian surat kuasa

44 Cermati paragraf rumpang di bawah ini!
Kesadaran akan bahaya narkoba sangat dibutuhkan karena penting untuk pembinaan generasi muda. Semakin menyadari akan pentingnya bahaya narkoba bagi generasi muda dalam kehidupan masyarakat adalah baik. Oleh karena itu, agar masyarakat khususnya
remaja sadar akan hal itu, .....
Pikiran penjelas yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah ....
a. Kesadaran akan bahaya narkoba sangat baik diterapkan.
b. Remaja perlu menyadari pentingnya bahaya narkoba.
c. Peningkatan pengetahuan tentang bahaya narkoba perlu diadakan.
d. Remaja perlu diberi penyuluhan tentang bahaya narkoba.
e. Perlu cara-cara meningkatkan kesadaran akan bahaya narkoba.

45. Perhatikan penggalan isi surat kuasa di bawah ini!
.....
Untuk mengambil gaji rapelan selama empat bulan terhitung bulan Desember 2014 s.d Maret 2015 di PT Bina Sriwijaya Indonesia. Batas akhir pengambilan adalah tanggal 31 Maret 2015. (.....)
Kalimat yang sesuai untuk melanjutkan bagian surat kuasa yang dirumpangkan tersebut adalah ...
a. Sampai dengan 31 April 2015 pada bagian keuangan.
b. Pukul 09.00 s.d 15.00 WIB.
c. Pengambilan gaji rapel harus disertai surat kuasan ini agar menjadi bukti bahwa yang bersangkutan benar yang menerima kuasa.
d. Jika sampai batas waktu yang ditentukan belum diambil, maka surat kuasa ini dinyatakan tidak berlaku.
e. Surat kuasa ini saya sampaikan dengan semestinya agar sekiranya dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

SK: Menentukan isi surat perjanjian jual beli,
kalimat pengumuman,

46. Pasal 3

Rumah dan pekarangan tersebut dibeli dengan harga sebesar Rp150.000.000,00. Jumlah tersebut akan dibayar PEMBELI kepada PENJUAL pada waktu penandatanganan perjanjian ini dengan diberi tanda terima penerima sendiri.
Pernyataan yang sesuai dengan isi penggalan surat perjanjian jual beli di atas adalah ...
a. Uang pembelian akan dibayarkan oleh penjual kepada pembeli.
b. Harga rumah belum termasuk pekarangan adalah Rp150.000.000,00.
c. Pembayaran akan diberikan tanda terima sendiri.
d. Ukuran pekarangan rumah adalah 150 x 100 m2.
e. Pembayaran dilakukan setelah penandatanganan surat perjanjian.

47. Bacalah pengumuman berikut!

PENGUMUMAN

Telah hilang surat perintah menerima uang/kuitansi milik Markas Pusat Palang Merah Indonesia sebanyak dua bundel dengan nomor seri 1801 s.d. 1850 dan 1901 s.d. 1950 dan sebanyak empat lembar dengan nomor seri 1754,1755, 2062, dan 2073.
Bagi yang menemukan atau menerima kuitansi dengan nomor seri tersebut agar menghubungi K.A.P. Haryanto Sahari & Rekan (Pricewaterhouse Coopers), Jln. H.R. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6 Jakarta 12940, telp. 021-5212901, 021-52890713, Faks. 021-52905555 52905050 (Kontak: Eddy Indradi).
Dengan ini kami menyatakan bahwa surat perintah menerima uang/kuitansi dengan nomor seri tersebut tidak berlaku.

Ttd.
Pengurus Pusat Palang Merah Indonesia

isi pengumuman di atas adalah ....
a. berita penerimaan kuitansi
b. berita Palang Merah Indonesia
c. berita penemuan kuitansi
d. berita kehilangan kuitansi
e. berita ketidakberlakuan kuitansi

SK: Menyusun catatan kaki, daftar pustaka dan
petunjuk
Data berikut untuk menjawab soal nomor 48 dan 49!
Pengarang : Nando Tri Ridho
Buku/sumber kutipan : Menulis Prakata
Penerbit : PT Administrasi Kantor
Kota : Lampung
Tahun : 2015
Halaman : 38

48. Penulisan daftar pustaka pada identitas buku di atas adalah ....
a. Nando, Tri Ridho. 2015. Menulis Prakata.
Lampung: PT Admistrasi Kantor.
b. Tri, Nando Ridho. 2015. Menulis Prakata.
Lampung: PT Admistrasi Kantor.
c. Nando, Ridho Tri. 2015. Menulis Prakata.
Lampung: PT Admistrasi Kantor.
d. Nando, Tri Ridho. 2015. Menulis Prakata.
PT Admistrasi Kantor: Lampung.
e. Nando, Ridho Tri. 2015. Menulis Prakata.
PT Admistrasi Kantor: Lampung.

49. Penulisan catatan kaki yang benar pada buku di atas adalah ....
a. Nando, Ridho Tri, Menulis Prakata (Jakarta:
PT Administrasi Kantor, 2015), hlm. 38
b. Ridho Tri Nando, Menulis Prakata (Jakarta: PT Administrasi Kantor, 2015), hlm. 38
c. Nando Ridho Tri, Menulis Prakata (Jakarta:
PT Administrasi Kantor, 2015), hlm. 38
d. Ridho, Tri Nando, Menulis Prakata (Jakarta: PT Administrasi Kantor, 2015), hlm. 38
e. Tri Ridho Nando, Menulis Prakata (Jakarta: PT Administrasi Kantor, 2015), hlm. 38

50. (1) Ambil selembar sapu tangan dan bentangkan
secara lebar.
(2) Celupkan Amplop yang telah ditempel perangko
ke dalam segelas air,
(3) Perangko siap ditempel pada album.
(4) Keringkan perangko yang basah dengan sapu
tangan yang sudah disiapkan,
(5) Ambil amplop yang telah ditempel perangko,
(6) Setelah dicelupkan amplop yang telah tertempel perangko tersebut diangkat
(7) Lepaskan perangko dengan perlahan supaya tidak sobek.
Urutan yang tepat dari cara pengambilan perangko yang tertempel pada sebuah amplop adalah .....
a. (5), (1), (2), (6), (7), (4), (3)
b. (5), (1), (6), (2), (7), (4), (3)
c. (5), (2), (6), (7), (1), (4), (3)
d. (5), (2), (1), (6), (7), (4), (3)
e. (5), (1), (6), (7), (1), (4), (3)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan