Contoh Esai oleh Alvian Kurniawan, S.Pd.

MENINGKATNYA HARAPAN HIDUP

Setiap orang mengingini hidup bahagia dan sehat. Hidup bahagia adalah hidup yang memiliki kegembiraan, contohnya adalah hidup bersama orang-orang yang membuat nyaman. Sedangkan, hidup sehat adalah hidup yang terhindar dari penyakit. Kedua pola ini menjadikan seseorang dapat menjalankan aktivitasnya dengan normal. Namun, sebagian orang tidak memiliki kesempatan itu. Coba Anda bayangkan apabila Anda bertemu dengan seorang dokter yang menyatakan bahwa Anda menyidap penyakit yang mematikan! Anda akan merasakan suatu kesedihan yang membuat putus asa. Dalam hal ini, Anda jangan khawatir, karena berdasarkan data Survey Penduduk Antar Sensus (SUSPAS) yang dikutip dari http://sirusa.bps.go.id/index.php?r=indikator/view&id=48 menyatakan bahwa peningkatan harapan hidup seseorang yang hidup pada tahun 2000an meningkat menjadi 65,5%, setelah pada tahun 1990an dinyatakan bahwa harapan hidup seseorang adalah 59,8%. Data ini mengisyaratkan bahwa banyak faktor yang dapat menunjang peningkatan harapan hidup. Untuk itu, tulisan ini akan membicarakan tentang faktor-faktor pengaruh yang meningkatkan harapan hidup dan implementasinya.
Harapan hidup dipengaruhi oleh faktor makanan. Makanan yang sehat dapat menurunkan resiko terjangkitnya suatu penyakit. Anda harus membiasakan makan makanan yang menyehatkan, seperti empat sehat lima sempurna. Jenis makanan yang termasuk empat sehat lima sempurna adalah sayur. Sayur memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satu kandungan tersebut adalah phytocemicals. Kandungan ini ditemukan pada sayur tumbuhan, seperti: bayam, kangkung, dan lain-lain. Sayur tumbuhan itu memiliki manfaat mengurangi resiko tumor dan kanker sebesar 20 persen. Dalam hal ini, seseorang perlu mengonsumsi sayur tersebut secara rutin, sehingga seseorang tersebut memiliki harapan hidup yang lebih tinggi.
Faktor lain yang mempengaruhi peningkatan harapan hidup adalah lingkungan. Lingkungan yang sehat berkaitan dengan lingkungan yang bebas polusi, misalnya bebas polusi udara. Udara mengandung oksigen dan nitrogen yang bermanfaat bagi seseorang. Manfaat tersebut dapat dirasakan saat bernafas. Saat seseorang melakukan kegiatan bernafas, seseorang itu mengambil zat oksigen dari udara bebas. Zat ini akan dihantar menuju paru-paru oleh alat pernafasan. Sehingga, paru-paru menjadi sehat apabila menghirup oksigen yang menyehatkan pula. Untuk itu, seseorang dilarang melakukan kegiatan yang dapat mencemari lingkungan udara. Kita dapat melakukan penanaman pohon serta mendukung program filterisasi asap pabrik dan rokok.
Faktor olahraga juga memiliki pengaruh terhadap peningkatan harapan hidup. Olahraga adalah salah satu aktivitas fisik ataupun psikis seseorang yang berguna untuk menjaga kesehatan. Beberapa ahli berpendapat bahwa olahraga memiliki peranan sebesar 45 persen untuk membentuk badan yang sehat. Olahraga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Kebutuhan seseorang untuk olahraga dianjurkan untuk dilakukan minimal sepuluh menit setiap hari. Waktu tersebut disesuaikan dengan jenis olahraga. Jika Anda termasuk pekerja yang sibuk, Anda dapat memilih olahraga yang tidak memerlukan waktu yang lama, seperti: senam, push up, sheet up dan lain-lain.
Kesimpulan yang dapat diperoleh untuk meningkatkan harapan hidup adalah dengan melakukan aktivitas yang membuat seseorang itu bahagia dan sehat. Aktivitas tersebut diperoleh dengan cara yang mudah. Jadi, Seseorang tidak perlu ragu untuk mengonsumsi makanan yang sehat, menjaga lingkungan dari polusi, berolahraga yang teratur dan sebagainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan