PREDIKSI SOAL UNBK DAN USBN BAHASA INDONESIA KELAS XII KTSP
1. “Setelah
menyimak pembacaan novel Anda tadi, menurut pendapat saya Anda kurang terlampau
tinggi meneriakkan suara saat di bagian tokoh A berteriak copet”.
Tanggapan
di atas lebih mengomentari pembacaan novel dari segi ....
A. ekspresi
B. jeda
C. penghayatan
D. vokal
E. Intonasi
2. Saat
membacakan penggalan novel, kamu merasa bahwa Budi tidak terlampau menjiwai
teks yang ia baca. Kalimat tanggapan yang tepat untuk kamu berikan kepada Budi
adalah ....
A. “Setelah saya menyimak pembacaan novel
tadi, saya berpendapat bahwa kamu membaca kurang baik. Karena tidak jelas dalam
pengucapan”.
B. “Pembacaan novelmu tadi tidak menarik,
dikarenakan terlalu cepat. Coba diperhatikan kembali jeda yang kamu pergunakan
tadi!”
C. “Menurut pendapat saya, kamu harus
berusaha berlatih mengucapkan kata jiwa. Sebab berulang kali kamu salah
mengucapkan kata Jiwa”.
D. “Mencermati pembacaan novel tadi, menurut
pendapat saya, kamu kurang menguasai teknik penghayatan dengan baik. Sebaiknya
hayatilah pembacaanmu tadi!”
E. “Tokoh dalam novel tadi kurang menjiwai
dalam setiap adegan. Seharusnya penulis lebih dapat mendeskripsikan penjiwaan
tokoh dengan baik”.
3. Berikut ini merupakan tanggapan pembacaan
kutipan novel dari aspek penghayatan adalah ...
A. “Menurut
pendapat Anda, bagaiamanakah penghayatan saya saat membaca penggalan novel
tadi?”
B. “Saya
menghayati cerita dalam novel tadi, seperti saya membayangkan bahwa saya berada
di dalam cerita tersebut.”
C. “Menurut
pendapat saya, pembacaan penggalan novelmu tadi kurang kamu jiwai. Jadi, kami
merasa kurang tertarik.”
D. “Saya
suka intonasi saat kamu membaca penggalan novel itu. Karena saya memiliki jiwa
yang akan menghayati cerita jika intonasinya tepat.”
E. “Penghayatan
merupakan permainan jiwa yang menyentuh di setiap bagian cerita dari teks novel
yang kita baca.”
4. “Vokalmu tadi saat membacakan novel sangat
tidak jelas. Sehingga kami kurang mampu mendengarkan dengan jelas”. Perbaikan
kata untuk tanggapan tersebut agar menjadi tanggapan yang sopan ialah ...
A. mengganti
kata ‘vokalmu’ menjadi ‘vokal kamu’.
B. mengganti
kata ‘tidak jelas’ menjadi ‘sangat jelas’.
C. mengganti
kata ‘kurang mampu’ mejadi ‘tidak mampu’.
D. mengganti
kata‘sangat tidak jelas’ menjadi ‘kurang jelas’
E. mengganti
kata ‘mendengarkan’ menjadi .menyimak’.
5. Berikut merupakan pernyataan yang mengugkapkan
tanggapan terhadap pembacaan novel ....
A. Novel
tersebut layak untuk dibaca para pelajar, terutama yang mulai kehilangan
semangatnya dalam membaca buku-buku ilmu pengetahuan populer.
B. Lafal
dan intonasi pembacaan novel tadi sudah bagus, hanya saja penjiwaan terhadap
tokohnya masih kurang, sehingga karakter dari tokoh-tokohnya itu tidak begitu
keluar.
C. Akan
lebih baik apabila fakta yang dibacakan tadi diberi penekanan berupa intonasi
yang lebih kuat, sehingga penyimak dapat membedakannya dengan pendapat
penulisnya.
D. Novel
yang kami baca tadi sudah berkali-kali kami saksikan pula melalui layar kaca
sehingga kami tidak aneh lagi dengan alur yang dibentuknya.
E. Banyak
konflik yang mengharukan dari cerita itu. Oleh karena itu, saya menghentikan
kegiatan membacanya untuk menyeka air mata yang tidak kuasa untuk saya bendung.
6. Bahkan bantuan cobaan
terhadap petani Kerangkeng dalam bercocok tanam. Padahal ini sudah terjadi saat
baru dalam persemaian bibit. Bibit baru disemaikan, banjir pun datang, hingga
habis terbawa banjir. Pergantian persemaian ini tetap terjadi lebih dari satu
kali.
Tahapan
alur atau plot pada penggalan novel di atas adalah ....
A. pengenalan situasi
B. mulai
muncul masalah/konfliks
C. terjadinya masalah lain
D. puncak ketegangan terjadi
E. peleraian cerita
7. “Apakah peranku bagimu, silumankah aku?” tak ada jawabanmu,
hanya angin berdesir di sekeliling kita. Bulan pucat tak bisa menyembunyikan
senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. Biarlah menjadi rahasia alam akan
apa yang kita rasakan ini. Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau
mengharapkannya esok hari. Padahal dulu siapa yang membuatmu menjadi besar
seperti sekarang? Tapi apa yang kau perbuat untukku?
Amanat cerita di atas
adalah ...
A. kita tidak boleh menunjukan kerutan di
dahi!
B. jangan menyebarluaskan aib kepada orang
lain!
C. apabila kita pernah ditolong seseorang, maka janganlah kau
menghianatinya!
D. jangan mudah percaya dengan orang yang belum kita kenal!
E. suka membantu meskipun nantinya kita tidak boleh meminta
balasan!
8. Astaga,
siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti orang-orang kriminal. Namun, hak
mereka sama dengan penumpang yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan
mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu. Meskipun banyak juga yang aku tahu
sebagai sopir taksi. Demikian kata Pak Marwan di dalam hati.
Tema pennggalan cerita di atas adalah ....
A. kekhawatiran D.
dendam
B. Pengetahuan E.
pelajaran
C. Pekerjaan
9. Perhatikan nukilan novel berikut ini dengan
saksama!
“Kalau mau, tinggallah sementara di rumahku,” kata Utari
dengan wajah lugu.
dengan wajah lugu.
“Aku hidup sendiri, orang tuaku sedang liburan ke
Amsterdam, dan aku tak bersaudara,” tambahnya.
Amsterdam, dan aku tak bersaudara,” tambahnya.
Watak tokoh Utari adalah ...
A.
suka menolong dan jujur
B.
penyabar dan hemat
C.
disiplin dan jujur
D.
suka menolong dan bersahabat
E.
bersahabat dan disiplin
10. Kini
yang tertinggal hanya kertas, buku, dan alat tulis yang berserakan. Sebagian
basah karena hujan selama tiga hari ini. Rupanya belum ada pemulung yang
memungutinya. Dinda masih berharap ada anak yang datang. Namun, satu
bayangannya pun tidak ditemuinya. Letak gerbong itu memang sedikit tersembunyi.
Sengaja dipilih agar kebisingan tidak menggangu anak-anak belajar. Siang itu,
mendung semakin pekat, awan tak kuasa lagi menahan air hujan. Satu-satu noktah
air menodai tanah dan hujan pun turun dengan derasnya. Mahasuci Allah yang
telah menurunkan air dan kala hujan turun adalah waktu yang tepat untuk
memanjatkan doa.
Cuplikan
tersebut lebih banyak menggambarkan unsur ....
A. penokohan B. tema
C. latar D. amanat
E. alur
11. Dalam menaggapi pembacaan puisi lama, kita dapat menanggapi
pembacaan metrum. Yang dimaksud dengan metrum adalah ....
A. Satuan
irama yang ditentukan oleh tekanan kata atau suku kata tertentu.
B. Takaran
pemberhentian baca pada setiap baris ataupun larik puisi.
C. Kejelasan
dalam melafalkan setiap bunyi dari tiap larik puisi.
D. Permainan
tinggi rendah suara yang disesuaikan dengan jenis kata.
E. Variasi
warna suara yang disesuaikan dengan pengejaan kata-kata.
12. “Pembacaan pantun tadi jauh dari kata bagus,
sebaiknya kamu dapat berlatih pada bagian kejelasan artikulasi.”
Kata yang perlu diganti dari tanggapan
di atas adalah ....
A.
pembacaaa
pantun tadi
B.
kamu dapat
berlatih
C.
Jauh dari kata
D.
bagian
kejelasan artikulasi
E.
Pantun tadi
jauh
13. Tanggapan yang berkenaan dengan kegiatan
membaca karmina adalah ....
A. Karmina
merupakan karya luhur bangsa kita yang harus kita lestarikan.
B. Sebenarnya
karmina masih relevan pada zaman sekarang, terutama untuk kegiatan-kegiatan
seremonial, seperti dalam akad pernikahan.
C. Ekspresi
pembacaan karmina yang mereka lakukan tadi sangat bagus sehingga hampir semua
orang terpikat karenanya.
D. Pembacaan
karmina itu ada bedanya dengan berdeklamasi puisi, pembacaan karmina tidak
memerlukan ekspresi yang berlebihan.
E. Sebelum
karmina ini kita utarakan, perlulah kita baca agar semua katanya dapat
terpahami dengan baik dan ekspresif pula di dalam penyampaiannya nanti.
14. Kembang gula dimakan Cici
Tidak suka janganlah dicaci
Berdasarkan karakternya, puisi lama
tersebut tergolong ke dalam jenis ....
A. pantun B.
seloka C. karmina D. gurindam
E. syair
15. buah
labu dibeli Amin
Saat membaca puisi lama tersebut,
penurunan metrum terjadi di belakang kata ....
A. buah dan dibeli D. labu dan Amin
B. labu dan dibeli E. buah dan labu
C. buah dan Amin
16. Yang bukan termasuk tanggapan pembacaan
puisi baru pada aspek lafal adalah ....
A. “Menurut pendapat saya pengucapan huruf
‘r’ Anda kurang jelas, sebaiknya Anda perjelas lagi pengucapan huruf tersebut!”
B. “Pada dua baris terakhir, saya kurang
menangkap bunyi kata yang Anda ucapkan, sebaiknya dapat Anda perjelas lagi
pengucapan itu!”
C. “Saat membaca puisi, sebaiknya pengucapan
disesuaikan dengan cara orang Indonesia. Jangan kita tiru pengucapan orang
asing!”
D. “Pada pengucapan kata yang diakhiri fonem
‘a’ banyak sekali terdengar seperti penyebutan fonem ‘o’. Coba berlatih untuk
mengubahnya!”
E. “Pada bagian kata ‘pergi’ sebaiknya bibir
Anda jangan tersenyum seperti tadi. Karena kata tersebut menyuruh musuh untuk
meninggalkan tempat dengan marah.”
17. Ayah ...
Kau bekerja
membanting tulang
Tak pernah
kau mengeluh akan lelahmu
Saat membaca puisi di atas, Ibnu
menggunakan ekspresi dengan mata melotot dan intonasi suara sangat tinggi.
Tanggapan yang sesuai untuk Ibnu adalah ...
A. “Menurut pendapat saya, ekspresi mata Ibnu seharusnya
jangan melotot, karena ini bukan puisi kemarahan. Selain itu, intonasi
disampaikan dengan agak rendah!”
B. “Menurut pendapat saya, tidak ada yang salah dari
ekspresi mata Ibnu sebab ia menunjukkan kebanggaannya terhadap sang ayah yang
begitu hebat dalam hidupnya”.
C. “Menurut pendapat saya, intonasi Ibnu perlu diubah.
Tetapi intonasi pembacaannya sudah cukup baik dan menandakan semangat dirinya
untuk membacakan puisi”.
D. “Puisi ini menandakan kebanggaan seorang anak terhadap
ayahnya. Jadi wajar saja jika Ibnu membacakannya dengan mata melotot dan
intonasi tinggi.”
E. “Jika kita membaca puisi tentang pengorbanan seorang
ayah, sebaiknya intonasi dibacakan dengan suara rendah, namun mata boleh kita buka
selebar-lebarnya”.
18. Aku bersajak di atas pasir yang berbulir
Menghempas nafas di ujung sesak
Mendawaikan penatnya petikan nada
problema
Untuk mewakili setiap jarak antara
zenit dunia
Bilakah aku berhenti di atas bulir
Lantas di sanalah akan ada ufuk untuk
menenggelamkan
Pada-Nya pula munajat itu
disenandungkan
Atas-Mu birama ini, syairku
(Alvian Kurniawan)
Berdasarkan jumlah lariknya, puisi baru tersebut
tergolong ke dalam ....
A. tersina B.
kuint
C. stanza D. septima E. soneta
19. Untukmu sahabat ...
Pegang pundakku, dan kita akan taklukan
dunia
Tak usah risau, kita akan mampu
mengubah peradaan!
Berdasarkan
isinya, puisi baru tersebut tergolong ke dalam ....
A. elegi
B. romansa C. satire D. ode E. epigram
20. Cara menyampaikan puisi dengan cara dihapal
tanpa menggunakan teks disebut ....
A. orasi B. deklamasi
C. asonansi D. kolaborasi E.
persuasi
21. Wahai
pemuda harapan negeri
Marka yang tepat untuk pembacaan kata ‘wahai’ adalah ....
A.
B. C. D. // E.
22. Ketika dalam teks puisi terdapat kata ‘manusia’, cara penjedaan pengejaan yang
tepat saat membacakannya adalah ....
A. ma-nu-sia D. ma-nus-sia
B. ma-nu-si-a E. man-nu-si-a
C. manu-sia
23. meski kini mampu aku berdiri sendiri
berjalan sendiri
Marka (/) untuk
membaca larik puisi di atas berada di belakang kata ....
A.
kini dan sendiri D. kini dan berdiri
B.
aku dan berjalan E. berjalan
dan sendiri
C.
mampu dan sendiri
24. Kemarin saya bertamasya ke Taman Safari. Di
sana saya melihat beberapa binatang yang dilepas ke tempat terbuka. Dari dalam
mobil saya melihat dari dekat beberapa anak harimau sedang bersenda gurau di
bawah pohon rindang. Pemandangan itu sangat menarik sekali.
Sudut
pandang atau point of view pada
penggalan cerita di atas adalah ...
A. sudut pandang orang pertama pelaku utama.
B. sudut pandang orang pertama pelaku
sampingan.
C. sudut pandang orang kedua pelaku utama.
D. sudut pandang orang ketiga pelaku utama.
E. sudut pandang orang ketiga pelaku
sampingan.
25. Teman-teman
Azel bersorak gembira. Apek terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Senja
pun tiba. Ketika terdengar suara azan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk
pergi ke masjid. Berita kemenangan Azel atas Apek semakin menambah keyakinan
anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Azel memang sakti. Azel semakin
tinggi hati.
Unsur
intrinsik yang tidak terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah ....
A. latar D. alur
B.
tokoh E. sosial
C.
sudut pandang
26. Double date pun terjadi antara Baby dan
Bram serta Rayhan dan Emi. Sesampainya di taman, ternyata mereka telah diintai
oleh seseorang yang sering meneror Baby dari via ponsel.
Latar
yang menonjol dalam penggalan cerita tersebut adalah ....
A.
tempat dan suasana D. waktu
B.
waktu dan suasana E.
suasana
C.
tempat
27. Sungguh amatlah sedih hati Amel memperoleh
nilai 99 dalam ulangan itu. Padahal nilai tersebut palinglah tinggi di antara
kawan-kawannya. Ia telah menargetkan bahwa jawabannya akan benar semuanya.
Majas yang terindikasi dari penggalan
cerita di atas adalah ....
A. personifikasi B. litotes
C. paradoks D. hiperbola D. ironi
28. Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan
alur cerita sebuah buku kumpulan cerpen adalah ...
A. Buku ini dikemas dengan gaya bahasa yang
santai dan tidak terlampau sulit untuk dipahami pembaca.
B. Penulis mampu menghidupkan imajinasi
pembaca, sehingga pembaca seolah-olah bisa melihat kejadian dalam cerita.
C. Rangkaian peristiwa ditata secara tepat,
sehingga pembaca mampu menikmati serangkaian jalan cerita tersebut.
D. Buku ini menyajikan beragam pesan moral
yang baik, sehingga pembaca akan dapat memetik banyak hikmah dari buku ini.
E. Penulis buku berhasil menyajikan penokohan
secara dramatik, hal ini menjadikan pembaca untuk paham karakter tokoh dengan
interpretasi sendiri.
29. (1)
identitas buku
(2)
sinopsis
(3) penutup
(4) evaluasi
(5) judul resensi
Urutan yang tepat untuk menyusun sebuah
resensi buku kumpulan cerpen adalah ....
A.
(5),
(1), (4), (2), (3)
B.
(5),
(2), (1), (4), (3)
C.
(5),
(1), (2), (3), (4)
D.
(5),
(1), (2), (4), (3)
E.
(1),
(5), (2), (4), (3)
30. Yang bukan termasuk bagian tulisan dalam resensi adalah ....
A. Buku
ini dikemas dengan alur cerita yang menarik. Gaya bahasa yang dipilih penulis
cenderung cukup berani dan gamblang.
B. Buku
ini saya beli sewaktu saya liburan di Jogja. Saat itu saya tidak sengaja
melihat buku ini di toko buku. Karena sampulnya menarik, lantas aku beli saja
buku tersebut.
C. Sebagai
buku dengan predikat best seller, buku ini masih perlu banyak perevisian
terutama pada bagian editingnya. Karena banyak sekali kesalahan tulisan yang
masih sering muncul.
D. Buku “Mari Berlatih Membaca” merupakan
buku saku yang ditulis untuk membantu anak-anak usia 3-5 tahun dalam berlatih
membaca. Buku ini ditulis dengan beragam trik dan tips yang bisa membantu orang
tua dalam mengajari buah hatinya dalam membaca.
E. Buku
ini merupakan terbitan ke empat. Saat diterbitkan pada cetakan ketiga. Banyak
yang tertarik dengan buku ini.
31. Dyah Menur berbalik dengan memejamkan mata.
Ia menggendong anaknya dan Pradhabasu yang juga menggendong anaknya, berjalan
makin jauh dan makin jauh ke arah surya ke langit barat. Dan sewaktu
sebagaimana kodratnya akan menghantarkan ke mana pun mereka melangkah. Sang
waktu pula yang mengilas peristiwa menjadi masa lalu.
Nukilan resensi tersebut merupakan
bagian dari struktur resensi berupa ....
A. Identitas
B. sinopsis C. evaluasi D. deskripsi E. evaluasi
32. Berikut
ini merupakan penggalan cerpen yang terindikasi berdasarkan kehidupan orang
lain adalah ...
A. Tiba-tiba
seekor naga emas muncul dari dalam goa dan menyemburkan api yang sangat panas.
B. Waktu
aku kecil, ayah sukan menghantarkan aku pergi ke sekolah dengan mengayuh
sepeda.
C. Hamba
adalah kaum yang lemah. Tak secuil pun keberanian hamba untuk melawan pasukan
itu.
D. Diana
menulis kertas ulangan. Dia tidak tahu dengan sebagian besar jawaban soal
karena tidak belajar.
E. Tiba-tiba
di suatu hari, Baginda raja turun dari tahtanya. Sang patih yang
mengkhianatinya naik jabatan.
33. Penulisan dialog percakapan yang benar dalam
sebuah cerpen adalah ....
A. “Apakah mereka semuanya orang baik?” Kakak
bertanya.
B. “Jangan kau bunuh semut itu,” demikian penjelasan
Kakak.
C. “saya berasal dari kota surabaya,” jawab
Andi kepada bu Nuri.
D. “Mereka mencurigai kau sebagai pencuri,”
kata Budi kepada Badu.
E. “kami akan pergi ke rumahmu!” jelas Rini
kepada Rina.
34. Salah satu
ciri cerpen yang bersumber dari pengalaman orang lain adalah ....
A. bersifat nonfiksi
B. menggunakan sudut pandang orang ketiga
C. hindari penggunaan dialog-dialog yang
panjang
D. terdapat sumber-sumber kutipan
E. wajib menggunakan majas
35. Cerpen
yang bersumber dari pengalaman orang lain tergolong ke dalam prosa berjenis
....
A. imajinatif B. fiksi
C. nonfiksi D. komik E. tendens
Soal Esai
1. Saat
kamu menyimak pembacaan penggalan novel yang dibaca Eri, kamu mendengar bahwa
lafal pengucapannya cenderung salah. Sebagai penyimak yang baik, tuliskan
sebuah tanggapan berupa kritikan yang disertai dengan alasan dan saran
berdasarkan ilustrasi permasalahan ini!
(Nilai = 8)
2. Seluruh isi rumah menyalahkan Rahmi atas dugaan asal muasal penyebab
perceraian Johan dan Mike. Malam itu, Ia disidang oleh seisi rumah lantaran
Mirna, kakak Rahmi, yang tengah memergoki Johan dan Rahmi yang sedang duduk
bermesraan di kamar. Banyak yang menyayangkan sikap Rahmi yang tak mengacuhkan
Mike yang notabennya adalah kakak kandung Rahmi sendiri. Rahmi justru menjadi
pengkhianat dengan memiliki hubungan dengan kakak iparnya sendiri, Johan. Tak
lama dari itu, siraman air dingin diperolehnya dari Mike dan Mirna. Sepertinya
kedua kakak Rahmi benar-benar geram dengan tingkah laku adiknya tersebut. Rahmi
hanya duduk terdiam seolah menyeka air mata yang tak berkesudahan keluar dari
matanya itu.
Siapa
sajakah tokoh-tokoh dalam cerita tersebut? lalu bagaimana watak setiap tokoh
itu?
(Nilai = 4)
3. Ibu
Andai ada ucapan di atas kata terima
kasih
Ingin aku menggunakan kata itu untukmu
Karena berkatmulah hidup ini terjadi
Salinlah kembali teks puisi di atas, lalu
berikan marka di
setiap kata untuk membantumu dalam membaca puisi itu!
setiap kata untuk membantumu dalam membaca puisi itu!
(Nilai
= 6)
4. Kamu
membaca buku kumpulan cerpen, lalu kamu menemukan bahwa cerpen yang kamu baca
rata-rata memiliki beberapa kelemahan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, tulislah
minimal empat baris sebuah evaluasi untuk resensi buku tersebut!
(Nilai = 5)
5. David
mendekati Laras. Ia berusaha mencari tahu perihal Minarti yang jarang masuk
sekolah akhir-akhir ini. Tapi Laras tak mudah membongkarkan rahasiannya dengan
Minarti. Satu kata pun tak diceritakannya kepada David yang berusaha menanyai
Laras. Mengetahui Laras tak mau bercerita kepadanya, David pun
................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Cerpen tersebut belumlah selesai. Melalui
imajinasimu, lanjutkan cerpen tersebut minimal sepuluh baris!
(Nilai = 7)
Selamat
mengerjakan
Komentar
Posting Komentar