Ringkasan dan contoh soal Materi Tokoh Idola, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan

A. Menceritakan Tokoh Idola
1. Pengertian Tokoh Idola
Tokoh Idola adalah sesosok orang, kelompok orang yang karena suatu kelebihan yang dimilikinya sehingga dapat menarik perhatian seseorang. Tentunya kita mempunyai sesosok tokoh idola yang kita puji-puji saat ini. Tokoh idola itu bisa jadi seorang bintang film, penyanyi, orang tua, guru, grup band, tokoh politik, tokoh masyarakat dan lain-lain.

2. Mengidentifikasi identitas dan keunggulan tokoh idola serta alasannya
Ketika kita telah mengidolakan seseorang, tentunya ada suatu keingintahuan kita untuk dapat mengenal identitas tokoh yang dimaksud. Identitas itu dapat diperoleh dari berbagai macam sumber. Selain itu, kita juga biasanya mengetahui keunggulan apa yang dimiliki tokoh idola tersebut, mungkin dari segi keahliannya dalam bernyanyi, sifatnya yang baik hati, wajah yang menarik dan lain sebagainya. Untuk dapat mengidentifikasi tokoh idolamu, coba baca dan perhatikan contoh naskah dibawah ini.

Tokoh Idola

Jika ditanya mengenai tokoh idola, Saya cenderung mengidolakan kelompok musik nasyid Edcoustic. Grup nasyid ini digawangi oleh dua orang, yakni Aden sebagai Vokalis dan Eggie sebagai gitaris. Meskipun aliran musik nasyid yang mereka bawakan bergenree akustik, namun saya merasakan ada sentuhan yang sangat dalam ketika saya mendengarkan lagu-lagunya.
Lagu yang paling saya suka adalah lagu yang berjudul Muhasabah Cinta, lagu ini berisi tentang pengakuan seseorang yang kurang menyukuri suatu nikmat yang diberikan Allah SWT, Apalagi aku sangat menyukai salah satu liriknya yang berbunyi, “Butir-butir cinta air mataku, teringat semua yang Kau beri untukku. Ampuni khilaf dan salah selama ini ya Illahi, Muhasabah cintaku.”
Nah, bahkan lirik-lirik lagu Edcoustic sering saya update di dalam status facebook saya. Dan tak sedikit teman di facebookku yang memberikan jempolnya pada statusku. Pokoknya, Edcoustic itu top banget deh!
(Alvian Kurniawan)


3. Ciri-ciri Cerita Tokoh Idola
Dilihat dari contoh cerita di atas, diketahui bahwa ketika bercerita tentang tokoh idola terdapat beberapa ciri, yaitu:
a. Ditulis dengan bahasa yang ekspresif,
b. Mempergunakan tokoh orang pertama untuk si pencerita, dan tokoh orang ketiga sebagai tokoh yang diidolakan.
c. Bersifat naratif-deskriptif atau cerita yang memberikan suatu gambaran,
d. Mengandung hubungan kausalitas atau sebab-akibat.

Contoh Soal:
1. Seorang yang sungguh-sungguh mengidolakan seorang tokoh, biasanya mengetahui seluk beluk dari tokoh tersebut, kecuali....
a. Identitasnya c. Hobinya
b. Riwayat karirnya d. Rahasianya
Jawaban: D
Pembahasan:
Seorang yang sungguh-sungguh mengidolakan seorang tokoh, biasanya mengetahui seluk beluk dari tokoh tersebut seperti: identitasnya, riwayat hidupnya, riwayat karirnya, hobinya, kehidupan keluarganya dan lain-lain.

2. Alasan logis mengidolakan Taufik hidayat adalah....
a. Memiliki puisi untuk dinyanyikan
b. Memiliki keterampilan dalam dunia bulu tangkis
c. Memiliki kecerdasan dalam bidang berfikir
d. Mempunyai banyak karya yang tak terhitung lagi
Jawaban: B
Pembahasan:
Taufik hidayat adalah salah seorang atlet bulu tangkis kebanggaan Indonesia. Jadi wajar apabila seseorang mengidolakan tokoh ini karena memiliki keterampilan dalam dunia bulu tangkis.





Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Pernyataan yang tepat tentang tokoh idola adalah...
a. tokoh idola dijuluki tersebut karena tokoh tersebut
mengidolakanmu.
b. tokoh idola selalu ditujukan kepada artis terkenal.
c. tokoh idola adalah seorang tokoh yang disenangi karena
suatu kelebihan yang ia miliki.
d. tokoh idola dapat kita idolakan karena selalu mendengar
cerita teman kita selama ini.

2. Saya sangat mengidolakan tokoh ini, selain karena tokoh ini juga terkenal sebagai Bapak pendidikan nasional. Tanggal kelahirannyapun dijadikan sebagai hari pendidikan nasional (Hardiknas).
Berdasarkan cerita di atas,siapakah tokoh yang dimaksud dengan si penulis?
a. Ki Hajar Dewantara c. R.A. Kartini
b. Ir. Soekarno d. Menteri Pendidikan RI

3. Cerita tokoh idola yang tepat tentang Megawati Soekarnoo Putri adalah.....
a. Aku mengidolakan beliau, selain sebagai wanita terpelajar, beliau juga sebagai tokoh yang mengemban tugas wanita Indonesia. Dengan bukunya yang berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” mampu memberikan inspirasi wanita Indonesia untuk berkarya.
b. Tokoh ini adalah tokoh idolaku, ia adalah seorang pahlawan dari Aceh, meskipun seorang wanita, namun itu bukan suatu halangan baginya untuk menumpas penjajah di tanah air tercinta ini. Ia memang pahlawan wanita Indonesia.
c. Satu-satunya dan pertama kalinya Presiden RI oleh seorang wanita. Sikap kepemimpinan itu sepertinya ditularkan oleh ayahnya yang merupakan mantan Presiden RI yang pertama.
d. Penyanyi muuda berbakat yang satu ini mempunyai warna suara yang unik, kepiawaiannya dalam dunia vokal menghantarkannya menuju gerbang kesuksesan yang ia rengkuh dengan susah payah. Tak heran jika hingga saat ini dara cantik ini bak bintang yang tak pernah padam cahayanya.

4. Yang bukan termasuk ke dalam alasan mengidolakan tokoh idola adalah.....
a. Karena ketampanan atau kecantikannya.
b. Karena kepandaiannya.
c. Karena kemampuannya bersilat lidah.
d. Karena keberaniannya dalam melakukan suatu hal yang
luar biasa.

5. Tokoh yang satu ini adalah seorang guru pada masa lampau, ia selalu saja menjadi panutan dari guru lainnya. Ia mempunyai dedikasi yang tinggi tentang dunia pendidikan. Karena dengan segala kerendahan hatinya ia mengabdikan diri seutuhnya demi segenap kehidupan bangsa dan pendidikan di Indonesia. Ia berani melawan arus hujan dan terik demi mengajar. Dengan sepeda ontel kesayangannya, ia bagikan ilmu kepada anak didiknya. Hingga kini jasanya dikenang banyak orang dan bahkan namanya sempat didedikasikan pada sebuah lagu.
Tokoh yang dimaksudkan dalam penggalan cerita di atas adalah.....
a. Sultan Hasanudin
b. Oemar Bakrie
c. R.A. Kartini
d. Ki Hajar Dewantara

6. Penulis novel ini sangat ternama, puluhan karyanya telah banyak menghasilkan rupiah. Dengan tema religi, ia mampu menyihir pembacanya dalam balutan cerita yang ia kemas dengan sangat apik. Salah satu karya yang paling popular adalah Ayat-ayat Cinta yang meraih Best Seller. Selain itu, beberapa karyanya berulang kali diangkat dalam sebuah film bioskop, seperti Ketika Cinta Bertasbih dan lainnya.
Berdasarkan ilustrasi di atas, tokoh idola yang diceritakan adalah....
a. Habiburrahman El-Sirazi.
b. Nh Dinni
c. Subagyo Sastrowardoyo
d. Andrea Hinata

7. Berikut ini adalah tokoh idola yang pantas diidolakan karena prestasinya dalam dunia ilmiah adalah.....
a. Barack Obama c. Galileo Galeli
b. Artika Sari Devi d. Susi Susanti

8. Bacalah cerita tokoh idola di bawah ini!
Stevani Nepa, nga mau diam. Wajahnya boleh terlihat seperti bule. Tapi, ternyata Stevani Nepa benar-benar 100% asli Indonesia! Cewek berdarah Manado-Kupang ini juga ternyata nggak pendiam, seperti yang kita lihat.
Pemeran Michel dalam sinetron “Sumpah i love u” ini senang banget dengan buku teka-teki. Apalagi saat menunggu syuting yang kadang-kadang suka nggak jelas waktunya. “Mengisi buku teka-teki itu seru banget. Aku suka asyik sampai binggung sendirian kalau sudah baca buku teka-teki,” kata cewek yang biasa dipanggil Vani ini.
Cewek yang biasa dipanggil Vani ini ternyata paling ngak boleh kalau disuruh diam dan paling nggak mengerjakan apapun. Ada saja yang dilakukannya biar nggak diam. Soalnya kalau diam, cewek kelahiran Manado, 7 Mei 1992 ini malah sakit. “Waktu itu aku malah nggak ngelakuin apapun selama seminggu. Eh, aku malah sakit sampai dibawa ke rumah sakit segala.” Cerita cewek yang sering jadi panitia di berbagai acara sekolahnya di Manado.
Vani memang suka bingung kalau punya waktu luang. Cewek bertinggi badan 169cm dan berat 44kg ini suka nggak tahu apa yang harus dilakukannya kalau punya waktu luang. “Saking bingungnya kalau nggak ada kerjaan, aku suka menyapu atau beres-beres rumah. Apa saja deh, yang penting nggak diam.” Kata pengagum Agnes Monica ini sambil tertawa.
(Gadis, 27 Maret-6 April 2009)
Stevani Nepa dapat dijadikan figur idola karena....
a. Stevani Neva berdarah Manado-Kupang.
b. Stevani Neva senang mengisi teka-teki.
c. Stevani Neva selalu berusaha mengisi waktu luangnya
dengan aktifitas positif meskipun menjadi seorang artis.
d. Stevani Neva harus masuk rumah sakit karena tidak
melakukan apapun selama seminggu.

9. Ibu Nelya Herawati, ya itulah namanya. Beliau adalah guru Fisikaku ketika aku duduk di kelas 3 SMP (Sekarang kelas 9). Jujur saja, dahulu kala ketika bertemu dengan pelajaran fisika rasanya pengen tidur. Namun, hal itu malah beralih dari hal sebelumnya, setelah saya diajar oleh beliau. Awal bertemu, saya merasa takut karena melihat fisiknya yang gemuk dan alisnya yang agak tebal. Saya fikir beliau itu killer, namun ketika ia memberikan salam ketika pertama kali pertemuan, aku merasakan nyaman mendengar tutur sapanya yang lembut. Sejenak, aku mulai tertarik dengan materi yang disampaikan. Aku teringat, diawal pergantian materi baru, ia memberikan catatan yang amat banyak. Setelah itu, ia berikan beberapa model contoh soal termasuk pembahasan, nah tidak tanggung-tanggung lagi, beliau juga mengajarkan bagaimana mengerjakan soal dengan trik yangg sangat mudah dan cepat. Saya teringat hingga kini, beliau selalu menggunakan metode segitiga ajaib. Bahkan sampai saat inipun aku masih ingat kalau, V = I x t, Kuat arus = muatan : waktu dan lain sebagainya. Tidak hanya sampai di situ, setiap kali saya ada masalah tentang PR Fisika, saya tidak segan datang keruangannya bahkan sampai curhat segala. Nah, dari sanalah saya pernah berniat jika kelak nanti aku menjadi seorang guru, saya ingin meniru caranya mengajar agar siswa-siswaku juga merasakan nyaman. Dan ketika kini saya telah menjadi guru, saya terus mengingat cara itu dan saya terapkan dalam mengajar meskipun saya bukan guru fisika.
(Sir Ian, guru bahasa Indonesia Budiwijaya)
Pesan tersirat yang terdapat dalam cerita di atas adalah....
a. Guru harus membuat siswanya pintar.
b. Guru yang baik dapat menjadi contoh bagi siswanya.
c. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.
d. Guru merupakan pengantar kesuksesan.

10. Nah selain Ibu Nelya Herawati, saya juga mengidolakan seorang guru lain. Namanya Ibu Mursidah. Dulu, ketika saya bersekolah di SMP Negeri 7 Palembang, rasanya hampir semua guru yang mengajarku di kelas 3 SMP itu menyenangkan, termasuk Ibu Mursidah. Beliau adalah guru kesenian dan sekaligus guru mata pelajaran Baca Tulis Al Quran (BTA) pada saat itu. Berbeda dengan Ibu Nelya Herawati, kalau Ibu Nelya saya idolakan karena metode mengajarnya yang luar biasa. Namun, kalau ibu Mursidah saya idolakan karena nasihatnya yang menyentuh hati, maka tidak heran kalau saya memanggilnya dengan panggilan Ibu Peri. Saya masih ingat, setiap ada masalah saya selalu mampir ke ruang BK untuk menemui beliau untuk meminta nasihat. Kebiasaan itu bukan hanya saya lakukan pada saat SMP saja, tetapi juga ketika SMA pun saya masih sering menemui beliau diruangannya. Kebiasaan itu sudah jarang lagi saya lakukan ketika beliau pindah tugas mengajar di SMP Negeri 10 Palembang, dan terakhir bertemu ketika saya membawakan acara di acara Kemah Bhakti PMR-Pramuka se kota Palembang di Bumi Perkemahan Candika pada tahun 2007 yang lalu. Wah, rasanya kangen sama beliau nih!
Hal yang tidak terdapat dari penggalan cerita di atas adalah....
a. Nama tokoh yang diidolakan penulis adalah Ibu
Mursidah.
b. Ibu Mursidah adalah guru si penulis ketika SMP.
c. Sudah lebih dari 30 tahun penulis tidak bertemu lagi
dengan gurunya tersebut.
d. Penulis masih sering menemui gurunya tersebut sampai
ia duduk dibangku SMA.

Benar = ......... Salah = ............... Nama Pengoreksi = ....................................





1. Jelaskan dengan kalimatmu sendiri tentang apa yang dimaksud dengan tokoh idola?

2. Sebutkan alasan mengidolakan seorang tokoh idola!

3. Sebutkan ciri-ciri cerita tokoh idola!

4. Tulislah sebuah cerita tentang tokoh yang kamu idolakan!

5. Sebutkan hal-hal pokok yang menjadi keunggulan dari tokoh idola yang kamu tulis!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan