Ringkasan dan contoh soal Materi Biografi, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan

B. Biografi Tokoh
1. Sekilas tentang Biografi
Jika kita mempunyai sebuah buku, baik fiksi ataupun non fiksi. Sering sekali kita menemukan sebuah riwayat hidup atau perjalanan hidup seseorang tokoh yang tertulis disampul atau halaman akhir dalam buku tersebut. Riwayat hidup itulah yang disebut dengan biografi. Menurut Ahmad A.K. Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia halaman 125, dijelaskan bahwa biografi adalah riwayat hidup, buku yang menulis atau yang menggambarkan tentang riwayat hidup seseorang.

Contoh Biografi
Biografi Grup Nasyid Edcoustic

Edcoustic merupakan band duo asal Bandung yang mengusung konsep musik pop inspiratif. Lahir sejak 25 Mei 2002, dengan dua personilnya yakni Aden (Vokalis) dan Eggie (Gitaris). Album perdana “Masa Muda” dirilis Oktober 2004, telah menjadi satu fenomena diblantika musik religi Indonesia. Sejak kemunculannya yang menawarkan keunikkan tersendiri Edcoustic berhasil menarik perhatian pendengar pop religi. Keunikkannya dapat terlihat dari formasi duo personilnya, karakter vokal yang khas, warna musik, juga didukung lagu yang tematik & easy listening. Album pertama Edc telah terjual hampir 20.000 keping. Sebuah pencapaian luar biasa bagi album sekelas indie, yang hanya mengandalkan promo melalui radio segmentif diseluruh Indonesia. Agustus 2008 Edcoustic meluncurkan album keduanya bertajuk Sepotong Episode. Single “Muhasabah Cinta” semakin melesatkan popularitas Edcoustic hingga mancanegara. Nama Edcoustic kian menggaung saat Aden sukses berkolaborasi dengan Melly Goeslaw dalam menciptakan ost. Ketika Cinta Bertasbih.
Sumber: www.Google.com

2. Mengungkapkan Hal-hal yang dapat diteladani dari Biografi
Dari sebuah biografi, kita dapat meneladani atau mencontoh kisah dari tokoh yang diceritakan. Hal-hal yang dapat diteladani adalah hal-hal yang berkenaan dengan kiat sukses tokoh, dan hal-hal positif lainnya.
Contoh:
Dari Biografi Edcoustic di atas, yang dapat kita teladani adalah:
a. Kita dapat membuat musik pop bukan hanya sebagai sarana musik hiburan tetapi
juga menjadi inspirasi dalam hidup,
b. Sesuatu yang unik dapat menarik perhatian orang banyak,
c. Keberhasilan itu dimulai dari satu langkah yang kecil, meskipun dari band indie
namun dapat menjadi duoband ternama.

Contoh Soal:
1. Yang bukan termasuk ciri-ciri biografi adalah....
a. Menceritakan riwayat hidup seorang tokoh.
b. Tokoh yang terdapat dalam biografi adalah tokoh penting yang berjasa pada
kehidupan manusia.
c. Biografi bersifat teoritis.
d. Biografi ditulis oleh seorang penulis dan penulisan biografi harus objektif.
Jawaban: C
Pembahasan:
ciri-ciri biografi adalah....
a. Menceritakan riwayat hidup seorang tokoh.
b. Tokoh yang terdapat dalam biografi adalah tokoh penting yang berjasa pada
kehidupan manusia.
c. Biografi bersifat realita.
d. Biografi ditulis oleh seorang penulis dan penulisan biografi harus objektif.

2. Sebuah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri disebut dengan.....
a. Biografi c. Catatan kaki
b. Riwayat Hidup d. Otobiografi
Jawaban: D
Pembahasan:
Otobiografi adalah sebuah catatan riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri, perbedaannya dengan biografi adalah jika biografi ditulis oleh orang lain.









Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Berikut ini yang termasuk ciri-ciri cerita tokoh idola adalah....
a. Ditulis dengan sambil berekspresi.
b. Mempergunakan tokoh orang pertama untuk si tokoh yang diidolakan, dan tokoh orang ketiga sebagai pencerita.
c. Bersifat naratif-deskriptif atau cerita yang memberikan suatu gambaran.
d. Tidak mengandung hubungan kausalitas atau sebab-akibat.

2. Bacalah biografi di bawah ini!

Kapitan Patimura

Pattimura, memiliki nama asli Thomas Matulessy (lahir di Hualoy, Hualoy,Seram Selatan, Maluku, 8 Juni 1783 – meninggal di Ambon, Maluku, 16 Desember 1817 pada umur 34 tahun).Ia adalah putra Frans Matulesi dengan Fransina Silahoi. Adapun dalam buku biografi Pattimura versi pemerintah yang pertama kali terbit, M Sapija menulis, "Bahwa pahlawan Pattimura tergolong turunan bangsawan dan berasal dari Nusa Ina (Seram). Ayah beliau yang bernama Antoni Mattulessy adalah anak dari Kasimiliali Pattimura Mattulessy. Yang terakhir ini adalah putra raja Sahulau. Sahulau merupakan nama orang di negeri yang terletak dalam sebuah teluk di Seram Selatan".

(Sumber:http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/08/biografi-kapitan-pattimura pahlawan.html)

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada biografi di atas adalah.....
a. Siapa nama asli Patimura?
b. Hari apa Patimuura lahir?
c. Apa yang dikatakan Presiden RI terhadap Patimura?
d. Apa penyebab kematian Patimura?
3. Bacalah biografi di bawah ini!
Chairil Anwar
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Dia dibesarkan dalam keluarga yang cukup berantakan. Kedua ibu bapaknya bercerai, dan ayahnya menikah lagi. Selepas perceraian itu, saat habis SMA, Chairil mengikut ibunya ke Jakarta. Semasa kecil di Medan, Chairil sangat rapat dengan neneknya. Keakraban ini begitu memberi kesan.
Dalam hidupnya yang amat jarang berduka, salah satu kepedihan terhebat adalah saat neneknya meninggal dunia. Chairil melukiskan kedukaan itu dalam sajak yang luar biasa pedih. Bukan kematian benar yang menusuk kalbu/ Keridlaanmu menerima segala tiba/ Tak kutahu setinggi itu atas debu/ Dan duka maha tuan bertahta. Sesudah nenek, ibu adalah wanita kedua yang paling Chairil puja. Dia bahkan terbiasa membilang nama ayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagai tanda menyebelahi nasib si ibu. Dan di depan ibunya, Chairil acapkali kehilangan sisinya yang liar. Beberapa puisi Chairil juga menunjukkan kecintaannya pada ibunya.
(Sumber:http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/02/biografi-chairil-anwar-1922-1949.html)
Hal penting yang diperoleh dari biografi di atas adalah...
a. Penyebab kematian Chairil Anwar.
b. Sikap Chairil kepada ibu tirinya.
c. Kehidupan Chairil Anwar sewaktu kecil.
d. Kehidupan Chairil Anwar semasa orang tuanya belum
bercerai.

4. Bacalah biografi di bawah ini!


Agnes Monica

Bernama lengkap Agnes Monica Muljoto atau biasa di sapa Agnes monica, dilahirkan di Jakarta pada tanggal 1 Juli 1986. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan Jenny Siswono dan Ricky Suprapto. Ia memiliki seorang kakak laki-laki bernama Steve Muljoto yang kemudian menjadi manajernya. Agnes menyelesaikan pendidikan dasarnya di SD Tarakanita Jakarta, kemudian melanjutkan pendidikannya ke SLTP Pelita Harapan. Di sekolahnya, Agnes merupakan siswi yang berprestasi di bidang akademik dan sering menerima beasiswa, meskipun ia juga disibukan dengan aktivitas luar sekolah seperti kursus piano, bahasa Inggris, seluncur es, dan bulu tangkis.
Bakat Agnes di bidang seni sudah telihat sejak ia masih kanak-kanak, khususnya bidang tarik suara. Selain ditempa di gereja, Agnes juga ikut kursus vokal di beberapa tempat. Saat menginjak usia enam tahun, Agnes memulai kariernya sebagai penyanyi cilik dan merekam album anak-anak pertamanya yang diberi judul Si Meong. Nama Agnes melambung sebagai penyanyi cilik saat ia merilis album keduanya pada tahun 1995 yaitu Yess!, yang merupakan album duet bersama Eza Yayang. Album tersebut dinobatkan sebagai "Album Anak-Anak Terbaik" pada tahun 1999. Album lain yang telah dirilis Agnes yaitu Bala-Bala. Ketiga album tersebut berhasil melejitkan Agnes ke jajaran penyanyi cilik terpopuler di era 1990-an. Selain bernyanyi dan merilis album, Agnes juga menjadi presenter acara anak-anak yaitu Video Anak Anteve (VAN) di Anteve,Tralala-Trilili diRCTI, dan Diva Romeo di Trans TV.
Agnes berhasil meraih penghargaan Panasonic Awards untuk "Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit selama dua tahun berturut, 1999 dan 2000. Menginjak usia remaja, Agnes mulai terjun ke dunia seni peran, dimulai dengan penampilannya di sinetron Lupus Millenia dan Mr. Hologram pada tahun 1999. Pada tahun itu, Agnes berhasil menempati urutan pertama jajak pendapat artis beranjak remaja terbaik versi artiscilik.com. Pada tahun 2000, Agnes menjadi pemeran utama di sinetron Pernikahan Dini bersama Sahrul Gunawan. Sinetron inilah yang berhasil melambungkan nama Agnes dan menghapus citranya sebagai seorang artis cilik. Akting Agnes di sinetron tersebut berhasil meraih penghargaan "Aktris Terfavorit" pada Panasonic Awards pada tahun 2001 dan 2002, serta SCTV Awards sebagai "Aktris Ngetop" pada tahun 2002. Selain itu, Agnes juga menyanyikan dua lagu ciptaan Melly Goeslaw berjudul "Pernikahan Dini" dan "Seputih Hati" sebagai lagu tema sinetron Pernikahan Dini. Kedua lagu tersebut merupakan penampilan pertama Agnes sejak kemunculannya sebagai penyanyi cilik beberapa tahun silam. Kedua lagu tersebut telah dirilis dalam album kompilasi bertajuk Love Theme (2001). Sepanjang tahun 2002, Agnes telah membintangi tiga judul sinetron. Ia juga berkolaborasi dengan penyanyi Yana Julio dalam lagu "Awan dan Ombak" dalam album Jumpa Lagi. Seiring dengan popularitasnya, Agnes berhasil menjadi artis remaja dengan bayaran termahal.
Pada tahun 2003, Agnes merilis album dewasa pertamanya yang berjudul And the Story Goes, yang kembali melejitkan namanya di industri musik Indonesia. Kesuksesannya di tanah air mendorong Agnes memasang target untuk bisa berkarier di kancah internasional. Pada album keduanya yang dirilis pada tahun 2005, Whaddup A, ia menggandeng penyanyi asal Amerika Serikat Keith Martin untuk berkolaborasi. Agnes juga terlibat dalam syuting dua serial drama Asia, The Hospital dan Romance In the White House di Taiwan.

(Sumber: http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/09/biografi-agnes-monica.html)

Hal yang dapat diteladani dari biografi di atas adalah, kecuali....
a. Agnes Monica sudah merilis karirnya dari kecil.
b. Agnes Monica teramsuk siswa berprestasi disekolahnya.
c. Agnes Monica mendapatkan banyak penghargaan dari bakatnya tersebut.
d. Agnes Monica mempunyai cita-cita yang belum tercapai semuanya.

5. Bacalah biografi di bawah ini!


AA Gym

Yan Gymnastiar lahir di Bandung, Jawa Barat, 29 Januari 1962, atau biasa di kenal sebagai Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym, Lahir sebagai salah satu anak dari empat bersaudara Aa Gym telah menekuni banyak hal mulai dari menjual koran hingga menyetir angkutan umum untuk membiayai dirinya saat dan setelah bersekolah di teknik elektro sebelum berubah haluan menjadi wirausahwan. Kemampuannya tampil di depan publik juga diasah saat menjadi pendebat di universitasnya.
Pada tahun 1980an, di bawah bimbingan ajengan Junaedi di Garut, Jawa Barat mendalami pemahaman spiritual ilmu laduni (ilmu tanpa melalui proses belajar). Pada 1982, ia menjadi Komandan Resimen Mahasiswa di Akademi Teknik Jenderal Achmad Yani. Pada tahun 1987, ia bersama teman-temannya melalui lembaga Keluarga Mahasiswa Islam Wiraswasta (KMIW) merintis usaha wiraswasta pada bidang usaha kecil seperti pembuatan stiker, kaos, gantungan kunci, dan peralatan tulis kantor dengan slogan-slogan religius.
(Sumber:http://kolombiografi.blogspot.com/2011/09/biografi-aa-gym.html)

Berdasarkan biografi di atas, pernyataan yang tepat adalah....
a. Aa Gym bernama lengkap Yan Gymnastiar, yang
pernah menjadi Komandan Resimen Mahasiswa di
Akedemi Teknik Jenderal Achmad Yani.
b. Aa Gym merupakan putra kelahiran Jawa Barat yang
dari kecilnya sudah pandai berdakwah dan berdebat,
pernah merintis bidang tambang dan lain-lain.
c. Aa Gym mempunyai 4 orang anak. Ia pernah
mendalami ilmu spiritual laduni. Pada tahun ia merintis
wirausaha besar-besaran.
d. Aa Gym merupakan mahasiswa teknik elektro. Ia
pernah mengajar pemahaman spiritual ilmu laduni dan
membimbing ajengan Junaidi di Garut.

6. Bacalah biografi di bawah ini!


Mario Teguh

Mario Teguh adalah seorang muslim yang menjadi motivator dan konsultan bisnis dan kepribadian asal Indonesia. Nama aslinya adalah Sis Maryono Teguh, namun saat tampil di depan publik, ia menggunakan nama Mario Teguh. Ia meraih gelar Sarjana Pendidikan dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Malang. Mario Teguh sempat bekerja di Citibank, kemudian mendirikan Bussiness Effectiveness Consultant, Exnal Corp. menjabat sebagai CEO (Chief Executive Officer) dan Senior Consultan. Beliau juga membentuk komunnitas Mario Teguh Super Club (MTSC). Pak Mario lahir di Makasar, 5 Maret 1956.

Bagian yang tidak terdapat dalam biografi di atas adalah...
a. Nama asli tokoh
b. Pekerjaan sang tokoh
c. Tempat dan tanggal lahir tokoh
d. Riwayat pendidikan dari kecil-sekarang

7. Bacalah biografi di bawah ini!


Sultan Mahmud Badaruddin II

Sultan Mahmud Badaruddin adalah nama gelar Raja Palembang VII. Sedangkan nama aslinya adalah Raden Hasan. Lahir di Palembang 1 Rajab 1181.
Pada tanggal 14 September 1811, empat hari sebelum terjadi penyerahan di Tuntang, ia telah mengakhiri pengaruh kekuasaan Belanda di Palembang. Dalam peristiwa ini, ia telah membuktikan bahwa dirinya sebagai seorang pemimpin yang mempunyai pandangan jauh ke depan dan dapat mempergunakan kesempatan yang tepat untuk membebaskan kesultanan dan rakyat Palembang dari pengaruh kekuasaanasing.
Berdasarkan perjanjian Tuntang 18 September 1811 Belanda menyerahkan Palembang pada Inggris karena Palembang oleh Belanda dihitung sebagai daerah takluk Pulau Jawa. Ketika utusan Inggris datang, dengan tegas ditolak. Rafles memaksakan kehendaknya dengan mengirim ekspedisi militer pada tanggal 26 Maret 1812. Meski dengan segala kekuatan melakukan perlawanan, akhirnya Sultan menyingkir ke daerah pedalaman untuk mengatur perang gerilya bersama rakyat. Akhirnya perlawanannya ini mampu memaksa Inggris untuk mengakui raja.
Berdasarkan perjanjian Inggris-Belanda 13 Agustus 1814, dibenarkan mengambil kembali daerah-daerah yang pernah didudukinya dari Inggris. Perlawanan Belanda yang ketiga yang baru berhasil dengan mengerahkan angkatan perangnya yang dipimpin Jenderal Baron de Kock. Dengan tipu dayanya, Jenderal de Kock menembus garis pertahanan Sultan Mahmud Badaruddin II. Tanggal 24 Juni 1821, dini hari, Angkatan Perang Belanda bergerak lagi dengan dahsyatnya hingga menduduki benteng pertahanan Sultan Mahmud. Sebenarnya Sultan tidak kalah perang namun diperdaya oleh Jenderal de Kock. Ia tak pernah menyerah dan tidak pernah membuat suatuperjanjian.
Tanggal 24 Juni 1821 Keraton Kuto Besak diduduki oleh angkatan perang Jenderl de Kock, ia dan Pangeran Ratu serta keluarga yang lainnya diberangkatkan ke Betawi 3 Juli 1821, kemudian diasingkan ke Ternate. Kurang lebih 32 tahun hidup dalam pengasingan, ia senantiasa menunjukkan sifat keagungannya yang antara lain dinyatakan oleh Gubernur Jenderal Barron van der Capelen dalam buku hariannya, "Sama sekali tidak biadab, dalam peperangan ia tahu mempertahankan kedudukannya, orang ini betul-betul memperlihatkan sifat-sifat sebagai Raja".
Meski dipisahkan dari rakyatnya, namun semangat perjuangan yang diwariskan pada rakyatnya tidak dapat dikekang. Ini dirasakan Belanda di Palembang dengan adanya pemberontakan Prabu Anom tahun 1824, perlawanan dilakukan secara terus menerus dan secara diam-diam oleh Pangeran Kramo Jaya sampai tahun 1851, perlawanan rakyat di Komering Ulu tahun 1854, perlawanan rakyat di dusun Jati tahun 1856, disusul perlawanan rakyat Pasemah, Empat Lawang dan Empat Petulai.
Tahun 1881 Belanda mengeluarkan berpuluh-puluh kaum kerabat Sultan dari Palembang karena memberontak terhadap kekuasaan Belanda, untuk kemudian diasingkan secara terpencar-pencar di Kepulauan Maluku. Sultan sendiri meninggal di Ternate, 26-11-1852.
Sultan Mahmud Badaruddin II adalah seorang pejuang yang bertahun-tahun berjuang untuk kemerdekaan rakyatnya dan pemimpin yang telah berhasil menanamkan semangat perjuangan untuk merdeka kepada rakyatnya. Berkat perjuangannya ini, pemerintah RI memberinya gelas pahlawan Nasional.
Memang, ikatan kekerabatan kerab menumbuhkan ikatan emosional terhadap sesuatu, apalagi ketika itu Sultan dipisahkan dengan rakyat dan kerabatnya secara geografis! Kita pun kini tak asing lagi bukan melihat sosok pemimpin dengan kerabatisasi atau lebih sarkas lagi kroni-kroninya!

(Sumber: http://id.shvoong.com/books/biography/2128921-biografi-sultan-mahmud-badaruddin-ii/#ixzz1d2RJXpO9)

Pernyataan yang menjelaskan bahwa Sultan Mahmud Badaruddin II pernah diasingkan di Ternate selama kurang lebih 32 tahun terletak pada paragraf ke-........
a. Paragraf ke-3 c. Paragraf ke-5
b. Paragraf ke-4 d. Paragraf ke-6
8. Bacalah biografi di bawah ini!
Barack Obama
Barack Hussein Obama lahir 4 Agustus 1961 adalah Presiden ke 44 Amerika Serikat. Dia adalah orang African American pertama yang memegang jabatan penting sebagai presiden Amerika Serikat. Obama adalah Senator dari Illinois Amerika yang menjabat dari 3 Januari 2005 hingga 16 November 2008, setelah itu maju ke pemilihan presiden Amerika Serikat. Dia di ambil sumpah sebagai Presiden pada tanggal 20 Januari 2009 dalam sebuah upacara perdana di US Capitol. Obama adalah lulusan Columbia University dan Harvard Law School, di mana dia adalah yang orang pertama keturunan Afrika-Amerika yang menjadi presiden AS dari Harvard Law (Fakultas Hukum Harvard University). Dia bekerja sebagai organizer masyarakat, dan juga berkerja sebagai pengacara hak-hak sipil di Chicago sebelum melayani tiga istilah dalam Senat Illinois dari tahun 1997 hingga 2004. Dia juga mengajar Hukum Konstitusi di University of Chicago Law School dari 1992 sampai 2004. Setelah gagal membuat tawaran untuk kursi di DPR AS pada tahun 2000, Obama terpilih ke Senat pada November 2004. Obama menyampaikan intisari alamat di dalam Konvensi Nasional Demokrat Juli 2004.
Dikutip dari: http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-barack-obama.html

Hal menarik yang dapat diteladani dari biografi tokoh di atas adalah....
a. Obama lahir 4 Agustus 1961.
b. Obama di ambil sumpah sebagai Presiden pada tanggal
20 Januari 2009 dalam sebuah upacara perdana di US
Capitol.
c. Obama merupakan orang African-American pertama
yang sukses mmenjadi presiden Amerika.
d. Obama Presiden ke-44 di Amerika Serikat.

9. Bacalah biografi di bawah ini!


Albert Einstein

Einstein lahir di Ulm, Wurttemberg kurang lebih 100 km sebelah timur Stutgart Jerman, 14 Maret 1879 dan meninggal 18 April 1955 pada umur 76 tahun di Princeton, New Jersey, Amerika Serikat. Ia berasal dari keturunan Yahudi dari pasangan Hermann Einstein dan Paulline. Ayahnya berprofesi sebagai penjual ranjang bulu yang kemudian berganti pekerjaan dalam bisnis elektrokimia. Albert disekolahkan di sekolah Katholik. Naluri Ilmuwan Einstein dimulai sejak umur lima tahun saat ayahnya menunjukkan kompas kantung. Ia menganggap ada sesuatu di ruang yang "kosong" bereaksi terhadap jarum di kompas tersebut. Einstein kemudian menjelaskan pengalamannya ini sebagai momen paling menggugah dalam hidupnya. Sebagai seorang pelajar, Einstein dianggap sebagai pelajar yang lambat dalam mengikuti pelajaran, sifatnya pemalu. Namun kelambatanya berfikir tidak menghalangi minat, semangat, dan kerja kerasnya untuk belajar terus menerus, bereksperimen, dan menggali pengetahuan sampai akhirnya Ia berhasil menghasilkan karya spektakuler dan belum bisa ditandingi ilmuan lainnya. Ia menjungkirbalikkan fakta dan teori-teori psikologi tentang kejeniusan. Setelah itu para psikolog meredefinisi makna jenius, dan pada perkembangan ilmu psikologi modern akhirnya diketahui bahwa kecerdasan manusia itu sangat beragam, dan kecerdasan paling penting mempengaruhi kehidupan sesorang adalah kecerdasan emosi. Eisntein mendapat nobel fisika tahun 1921 justru karena kelambatanya. Dia kemudian diberikan penghargaan untuk teori relativitasnya karena kelambatannya ini. Setelah diadakan penelitian mengenai struktur otak Einstein (setelah ia meninggal) para ahli neuroologi berpendapat bahwa lambatnya perkembangan mental Eisntein diwaktu kecil disebabkan dia menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi yang berhubungan dengan autisme.

Dikutip dari: http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/01/biografi-barack-obama.html

Berikut ini merupakan kelebihan dari tokoh biografi di atas adalah....
a. Albert Einstein Ia berhasil menghasilkan karya spektakuler dan belum bisa ditandingi ilmuan lainnya.
b. Albert Einstein menderita Sindrom Asperger, sebuah kondisi
yang berhubungan dengan autisme.
c. Albert Einstein dianggap sebagai pelajar yang lambat dalam mengikuti pelajaran.
d. Albert Einstein berasal dari keturunan Yahudi.

10. Bacalah biografi di bawah ini!

Andrea Hirata
Andrea Hirata Seman Said Harun lahir di pulau Belitung 24 Oktober 1982, Andrea Hirata sendiri merupakan anak keempat dari pasangan Seman Said Harunayah dan NA Masturah. Ia dilahirkan di sebuah desa yang termasuk desa miskin dan letaknya yang cukup terpelosok di pulau Belitong. Tinggal di sebuah desa dengan segala keterbatasan memang cukup mempengaruhi pribadi Andrea sedari kecil. Ia mengaku lebih banyak mendapatkan motivasi dari keadaan di sekelilingnya yang banyak memperlihatkan keperihatinan. Nama Andrea Hirata sebenarnya bukanlah nama pemberian dari kedua orang tuanya. Sejak lahir ia diberi nama Aqil Barraq Badruddin. Merasa tak cocok dengan nama tersebut, Andrea pun menggantinya dengan Wadhud. Akan tetapi, ia masih merasa terbebani dengan nama itu. Alhasil, ia kembali mengganti namanya dengan Andrea Hirata Seman Said Harun sejak ia remaja
http://kolom-biografi.blogspot.com/2011/10/biografi-andrea-hirata.html

Jika kamu mengenal tokoh di atas, ia berprofesi sebagai....
a. Pencipta lagu c. Penulis
b. Sastrawan d. Atlet

Benar = ......... Salah = ............... Nama Pengoreksi = ....................................







1. Setelah mempelajari materi biografi, coba kamu tulis lima hal yang kamu ketahui tentang
biografi!

2. Buatlah 10 pertanyaan tentang biodata dan riwayat hidup salah seorang temanmu!

3. Buatlah 5 pertanyaan tentang pengalaman menarik seorang temanmu itu!

4. Dari 15 pertanyaanmu tersebut, coba kamu wawancarai temanmu itu dan catat
jawabannya!

5. Dari jawaban tersebut, buatlah sebuah biografi singkat dari hasil wawancaramu itu!

Komentar

  1. Informasi yg menginsipirasi.... izin brbagi y mas... sy syafrizal di Sumatera Utara.......

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan