Ringkasan dan contoh soal Materi Menemukan informosi dalam tabel, grafik dan diagram dengan Membaca Ekstensif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan
B. Membaca memindai (Scanning)
1. Pengertian Membaca memindai (Scanning)
Membaca Scanning atau membaca memindai adalah teknik membaca cepat dengan cara menyapa halaman per halaman secara merata, selanjutnya ketika sampai pada bagian yang diperlukan, mata terhenti. Seterusnya informasi yang dikehendaki itu diangkat. Contoh membaca yang selalu menggunakan teknik memindai adalah menemukan informasi pada halaman buku telepon. Cara memindai adalah:
- Menggerakan mata seperti anak panah, langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan.
- Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan kutipan lengkap dari informasi yang dicari.
2. Menemukan informasi secara dari tabel/diagam yang dibaca
Menurut Ahmad A.K. Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, tabel adalah daftar berisi data informasi yang berupa kata-kata dan angka-angka berlajur ke bawah. Sedangkan diagram adalah gambaran sketsa untuk menunjukkan tentang sesuatu.
Di dalam tabel dan diagram kita dapat menemukan informasi dengan cara membaca memindai. Cara ini dapa dilihat dari contoh di bawah ini!
Contoh Tabel
Hasil Try Out Bulan Januari 2012
Kelas 7 / 1 / 4 dan 7 / 1 / 5 Budiwijaya Cabang Parameswara
No Nama Matematika IPA Bahasa Indonesia Jumlah
1. Syihabbudin 85 60 60 205
2. Anita 50 65 80 195
3. Niken 15 75 100 190
4. Anggi 50 65 65 180
5. Shelva 70 35 70 175
Dengan teknik membaca memindai, diperoleh data bahwa:
1. Syihabbudin memperoleh nilai tertinggi dengan jumlah 205,
2. Niken mempunyai selisih jumlah nilai sebanyak 5 dibandingkan Anita,
3. Anggi mendapatkan peringkat dibawah Niken dan di ata Shelva,
4. Shelva berada diurutan terakhir dibandingkan 4 temannya dengan jumlah 175.
Contoh Diagram
Soal 1: Perhatikan diagram berikut:
Dengan teknik membaca memindai, diperoleh data bahwa:
1. Ekstrakulikuler yang paling banyak diminati adalah pramuka,
2. Ektrakulikuler PMI, volly dan bahasa Inggris mempunyai persentase yang sama,
3. Seperempat jumlah siswa mengikuti ekstrakulikuler kesenian.
Contoh Soal:
1. Yang termasuk bagian dalam tabel adalah.....
a. Isi tabel c. Bentuk tabel
b. Data tabel d. Judul tabel
Jawaban: D
Pembahasan:
Tabel mempunyai beberapa bagian, yaitu:
- Judul tabel yaitu bagian yang terletak di atas tabel yang memuuat informasi tentang isi tabel;
- Kolom yaitu bagian tabel yang dapat diamati secara vertikal;
- Lajur yaitu bagian tabel yang dapat diamati secara horizontal;
- Sumber tabel yaitu bagian yang terletak dibawah tabel dan memuat informasi tentang asal tabel.
2. (1) Perhatikan bagian-bagian tabel atau diagram
(2) Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tabel atau diagram
(3) Pahami judul tabel atau diagram
(4) Catatlah informasi yang dibutuhkan
(5) Perhatikan setiap informasi yang terdapat pada bagian-bagian tabel atau diagram
Berikut ini merupakan susunan yang tepat dalam memahami langkah-langkah menemukan informasi dalam tabel atau diagram adalah....
a. (3), (5), (1), (2), (4)
b. (3), (1), (5), (2), (4)
c. (3), (1), (2), (5), (4)
d. (3), (5), (2), (1), (4)
Jawaban: B
Pembahasan:
(3) Pahami judul tabel atau diagram
(1) Perhatikan bagian-bagian tabel atau diagram
(5) Perhatikan setiap informasi yang terdapat pada bagian-bagian tabel atau diagram
(2) Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tabel atau diagram
(4) Catatlah informasi yang dibutuhkan
Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Perhatikan tabel di bawah ini!
Daftar Nilai rata-rata siswa kelas 7
SMP Budiwijaya selama 4 tahun terakhir
Tahun Ajaran 1997/
1998 1998/
1999 1999/
2000 2000/
2001
Nilai tertinggi 8,6 7,9 9,1 9,0
Nilai terendah 4,2 3,2 3,1 3,9
Perbedaan nilai tertinggi dan terendah secara mendasar terlihat pada tahun pelajaran .....
a. 1997/1998 c. 1999/2000
b. 1998/1999 d. 2000/2001
2. Perhatikan Tabel di bawah ini!
Tabel Jumlah Siswa SMP Budi dan SMP Wijaya
selama dua tahun terakhir
Nama Sekolah Jumlah Siswa tahun 2010/2011 Jumlah siswa tahun 2011/2012
SMP Budi 745 312
SMP Wijaya 725 304
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel adalah....
a. Berapa jumlah SMP yang jumlah siswanya paling
banyak?
b. Mengapa SMP Wijaya memperoleh siswa sebanyak
725 orang?
c. Di mana letak persaingan antara SMP Budi dengan
SMP Wijaya?
d. Seberapa besar selisih jumlah siswa SMP Budi dengan
SMP Wijaya?
3. Perhatikan tabel di bawah ini!
Tabel Data Umur, Tinggi Badan dan Berat Badan Siswa SMP Wijaya Palembang
No. Nama Siswa Umur Tinggi Badan Berat Badan
1. Arif 14 tahun 153 cm 49 kg
2. Anggi 14 tahun 150 cm 45 kg
3. Elsa 15 tahun 151 cm 48 kg
4. Fadli 15 tahun 154 cm 52 kg
5. Sonia 14 tahun 152 cm 46 kg
Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah.....
a. Usia Arif lebih muda daripada Fadli, namun ia lebih tinggi daripada Fadli.
b. Jika dibuat rata-rata, Anggi adalah siswa yang mempunyai umur, tinggi dan berat paling kecil.
c. Sonia lebih tua daripada Elsa namun lebih muda daripada Fadli.
d. Fadli adalah siswa yang memiliki berat badan terberat namun untuk tinggi badannya paling pendek.
4. Perhatikan tabel di bawah ini!
Tabel Nilai Rapor 3 Mata Pelajaran
di SMPN Budiwijaya Palembang
No Nama Siswa Nilai Matematika Nilai
IPA Nilai
Bahasa Indonesia
1. Kevin 40 73 87
2. Dandy 46 69 86
3. Shanaz 47 66 79
4. Daeng 50 61 80
5. Widya 51 60 77
6. Reza 52 63 78
7. Novri 52 61 76
Jika nilai di atas diakumulasikan, maka urutan nama siswa yang memperoleh niai terendah hingga tertinggi adalah....
a. Novri, Widya, Daeng, Shanaz, Reza, Kevin, Dandy.
b. Widya, Novri, Daeng, Shanaz, Kevin, Reza, Dandy.
c. Widya, Novri, Daeng, Shanaz, Reza, Kevin, Dandy.
d. Widya, Novri, Shanaz, Daeng, Reza, Kevin, Dandy.
5. Perhatikan ilustrasi cerita di bawah ini!
Dari dua belas cabang Budiwijaya diadakan pengundian hadiah lewat acara Lucky Nine Star. Dari jumlah siswa yang mengikuti progam tersebut, diperoleh data jumlah siswa yang memperoleh undian adalah sebagai berikut: Parameswara 13 orang, Bungaran 20 orang, 16 Ulu 23 orang, Lemabang 17 orang, M Isa 9 orang, Plaju ilir 11 orang, Kenten 19 orang, KM6 15 orang, KM9 10 orang, Kertapati 12 orang, Indralaya 4 Orang, dan Prabumulih 7 orang.
Tabel yang sesuai dengan data ilustrasi cerita di atas adalah....
a.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 15
9. KM9 12
10. Kertapati 10
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
b.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 10
9. KM9 15
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
c.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 19
7. Kenten 11
8. KM6 15
9. KM9 10
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
d.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 15
9. KM9 10
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
6. Perhatikan diagram di bawah ini!
Diagram Data Jumlah Penerima Beasiswa
SMP Budiwijaya Semester Ganjil
Pernyataan yang tepat berdasarkan diagram batang di atas adalah....
a. Penerima beasiswa tertinggi pada semester ganjil diraih oleh kelas 9 pada bulan Agustus.
b. Penerima beasiswa tertinggi untuk bulan November diraih oleh kelas 9.
c. Jumlah penerima beasiswa kelas 7 pada bulan Desember mencapai 20 siswa.
d. Setelah bulan Agustus, 2 bulan berturut-turut penerima beasiswa kelas 7 mengalami penurunan.
7. Perhatikan diagram di bawah ini!
Berdasarkan diagram lingkaran di atas, pernyataan yang tidak sesuai adalah....
a. Sektor primer menduduki presentasi terbesar.
b. Sektor tersier berada ditengah antara primer dan
sekunder.
c. Sektor sekunder mencapai 7,42%.
d. Sektoral PDRB mempunyai 2 sektor saja.
8. Perhatikan diagram di bawah ini!
34 9 21
Bermain Belajar
Berdasarkan diagram venn di atas, jumlah siswa yang gemar belajar adalah......
a. 34 b. 9 c. 21 d. 30
9. Perhatikan diagram di bawah ini!
Diagram Pelajaran Kegemaran Siswa
Berdasarkan urutan persentase kegemaran pelajaran di atas, urutan terbesar hingga terkecil yang tepat adalah....
a. PPKN, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika.
b. PPKN, IPS, IPA, Bahasa Indonesia, Matematika.
c. Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, PPKN.
d.Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PPKN.
10. Perhatikan diagram di bawah ini!
Nilai Rata-rata Ulangan Bulanan
Kelas 7.B SMP Budiwijaya
Pernyataan yang sesuai dari diagram di atas adalah......
a.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni.
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-3 setelah bulan April dan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
b.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih rendah daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
c.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penaikan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
d.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
Benar = ......... Salah = ............... Nama Pengoreksi = ....................................
1. Sebutkan 5 hal yang kamu ketahui setelah mempelajari materi membaca memindai!
2. Apa yang dimaksud dengan tabel?
3. Apa yang dimaksud dengan diagram?
Bacalah ilustrasi cerita di bawah ini!
Di SMP Negeri Budiwijaya Indralaya, terdapat enam kelas 7 yang sedang mengikuti
MOS,kelas terdiri atas kelas 7.A. hingga 7F. Semua kelas 7 diadakan lomba kebersihan
kelas. Berdasarkan hasil penjurian antara tiga juri diperoleh:
a. Kelas 7.A. mendapatkan nilai 65, 71, dan 64;
b. Kelas 7.B. mendapatkan nilai 66, 80, dan 63;
c. Kelas 7.C. mendapatkan nilai 60, 69, dan 74;
d. Kelas 7.D mendapatkan nilai 69, 70, dan 71;
e. Kelas 7.E. mendapatkan nilai 63, 66, dan 67;
f. Kelas 7.F. mendapatkan nilai 65,66, dan 71.
4.Buatlah sebuah tabel dengan urutan kelas yang memperoleh nilai tertinggi hingga
terendah!
5. Buatlah sebuah diagram batang dan lingkaran dari ilustrasi cerita tersebut!
1. Pengertian Membaca memindai (Scanning)
Membaca Scanning atau membaca memindai adalah teknik membaca cepat dengan cara menyapa halaman per halaman secara merata, selanjutnya ketika sampai pada bagian yang diperlukan, mata terhenti. Seterusnya informasi yang dikehendaki itu diangkat. Contoh membaca yang selalu menggunakan teknik memindai adalah menemukan informasi pada halaman buku telepon. Cara memindai adalah:
- Menggerakan mata seperti anak panah, langsung meluncur ke bawah menemukan informasi yang telah ditetapkan.
- Setelah ditemukan kecepatan diperlambat untuk menemukan kutipan lengkap dari informasi yang dicari.
2. Menemukan informasi secara dari tabel/diagam yang dibaca
Menurut Ahmad A.K. Muda dalam Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, tabel adalah daftar berisi data informasi yang berupa kata-kata dan angka-angka berlajur ke bawah. Sedangkan diagram adalah gambaran sketsa untuk menunjukkan tentang sesuatu.
Di dalam tabel dan diagram kita dapat menemukan informasi dengan cara membaca memindai. Cara ini dapa dilihat dari contoh di bawah ini!
Contoh Tabel
Hasil Try Out Bulan Januari 2012
Kelas 7 / 1 / 4 dan 7 / 1 / 5 Budiwijaya Cabang Parameswara
No Nama Matematika IPA Bahasa Indonesia Jumlah
1. Syihabbudin 85 60 60 205
2. Anita 50 65 80 195
3. Niken 15 75 100 190
4. Anggi 50 65 65 180
5. Shelva 70 35 70 175
Dengan teknik membaca memindai, diperoleh data bahwa:
1. Syihabbudin memperoleh nilai tertinggi dengan jumlah 205,
2. Niken mempunyai selisih jumlah nilai sebanyak 5 dibandingkan Anita,
3. Anggi mendapatkan peringkat dibawah Niken dan di ata Shelva,
4. Shelva berada diurutan terakhir dibandingkan 4 temannya dengan jumlah 175.
Contoh Diagram
Soal 1: Perhatikan diagram berikut:
Dengan teknik membaca memindai, diperoleh data bahwa:
1. Ekstrakulikuler yang paling banyak diminati adalah pramuka,
2. Ektrakulikuler PMI, volly dan bahasa Inggris mempunyai persentase yang sama,
3. Seperempat jumlah siswa mengikuti ekstrakulikuler kesenian.
Contoh Soal:
1. Yang termasuk bagian dalam tabel adalah.....
a. Isi tabel c. Bentuk tabel
b. Data tabel d. Judul tabel
Jawaban: D
Pembahasan:
Tabel mempunyai beberapa bagian, yaitu:
- Judul tabel yaitu bagian yang terletak di atas tabel yang memuuat informasi tentang isi tabel;
- Kolom yaitu bagian tabel yang dapat diamati secara vertikal;
- Lajur yaitu bagian tabel yang dapat diamati secara horizontal;
- Sumber tabel yaitu bagian yang terletak dibawah tabel dan memuat informasi tentang asal tabel.
2. (1) Perhatikan bagian-bagian tabel atau diagram
(2) Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tabel atau diagram
(3) Pahami judul tabel atau diagram
(4) Catatlah informasi yang dibutuhkan
(5) Perhatikan setiap informasi yang terdapat pada bagian-bagian tabel atau diagram
Berikut ini merupakan susunan yang tepat dalam memahami langkah-langkah menemukan informasi dalam tabel atau diagram adalah....
a. (3), (5), (1), (2), (4)
b. (3), (1), (5), (2), (4)
c. (3), (1), (2), (5), (4)
d. (3), (5), (2), (1), (4)
Jawaban: B
Pembahasan:
(3) Pahami judul tabel atau diagram
(1) Perhatikan bagian-bagian tabel atau diagram
(5) Perhatikan setiap informasi yang terdapat pada bagian-bagian tabel atau diagram
(2) Buatlah pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan tabel atau diagram
(4) Catatlah informasi yang dibutuhkan
Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Perhatikan tabel di bawah ini!
Daftar Nilai rata-rata siswa kelas 7
SMP Budiwijaya selama 4 tahun terakhir
Tahun Ajaran 1997/
1998 1998/
1999 1999/
2000 2000/
2001
Nilai tertinggi 8,6 7,9 9,1 9,0
Nilai terendah 4,2 3,2 3,1 3,9
Perbedaan nilai tertinggi dan terendah secara mendasar terlihat pada tahun pelajaran .....
a. 1997/1998 c. 1999/2000
b. 1998/1999 d. 2000/2001
2. Perhatikan Tabel di bawah ini!
Tabel Jumlah Siswa SMP Budi dan SMP Wijaya
selama dua tahun terakhir
Nama Sekolah Jumlah Siswa tahun 2010/2011 Jumlah siswa tahun 2011/2012
SMP Budi 745 312
SMP Wijaya 725 304
Pertanyaan yang sesuai dengan tabel adalah....
a. Berapa jumlah SMP yang jumlah siswanya paling
banyak?
b. Mengapa SMP Wijaya memperoleh siswa sebanyak
725 orang?
c. Di mana letak persaingan antara SMP Budi dengan
SMP Wijaya?
d. Seberapa besar selisih jumlah siswa SMP Budi dengan
SMP Wijaya?
3. Perhatikan tabel di bawah ini!
Tabel Data Umur, Tinggi Badan dan Berat Badan Siswa SMP Wijaya Palembang
No. Nama Siswa Umur Tinggi Badan Berat Badan
1. Arif 14 tahun 153 cm 49 kg
2. Anggi 14 tahun 150 cm 45 kg
3. Elsa 15 tahun 151 cm 48 kg
4. Fadli 15 tahun 154 cm 52 kg
5. Sonia 14 tahun 152 cm 46 kg
Pernyataan yang sesuai dengan tabel di atas adalah.....
a. Usia Arif lebih muda daripada Fadli, namun ia lebih tinggi daripada Fadli.
b. Jika dibuat rata-rata, Anggi adalah siswa yang mempunyai umur, tinggi dan berat paling kecil.
c. Sonia lebih tua daripada Elsa namun lebih muda daripada Fadli.
d. Fadli adalah siswa yang memiliki berat badan terberat namun untuk tinggi badannya paling pendek.
4. Perhatikan tabel di bawah ini!
Tabel Nilai Rapor 3 Mata Pelajaran
di SMPN Budiwijaya Palembang
No Nama Siswa Nilai Matematika Nilai
IPA Nilai
Bahasa Indonesia
1. Kevin 40 73 87
2. Dandy 46 69 86
3. Shanaz 47 66 79
4. Daeng 50 61 80
5. Widya 51 60 77
6. Reza 52 63 78
7. Novri 52 61 76
Jika nilai di atas diakumulasikan, maka urutan nama siswa yang memperoleh niai terendah hingga tertinggi adalah....
a. Novri, Widya, Daeng, Shanaz, Reza, Kevin, Dandy.
b. Widya, Novri, Daeng, Shanaz, Kevin, Reza, Dandy.
c. Widya, Novri, Daeng, Shanaz, Reza, Kevin, Dandy.
d. Widya, Novri, Shanaz, Daeng, Reza, Kevin, Dandy.
5. Perhatikan ilustrasi cerita di bawah ini!
Dari dua belas cabang Budiwijaya diadakan pengundian hadiah lewat acara Lucky Nine Star. Dari jumlah siswa yang mengikuti progam tersebut, diperoleh data jumlah siswa yang memperoleh undian adalah sebagai berikut: Parameswara 13 orang, Bungaran 20 orang, 16 Ulu 23 orang, Lemabang 17 orang, M Isa 9 orang, Plaju ilir 11 orang, Kenten 19 orang, KM6 15 orang, KM9 10 orang, Kertapati 12 orang, Indralaya 4 Orang, dan Prabumulih 7 orang.
Tabel yang sesuai dengan data ilustrasi cerita di atas adalah....
a.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 15
9. KM9 12
10. Kertapati 10
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
b.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 10
9. KM9 15
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
c.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 19
7. Kenten 11
8. KM6 15
9. KM9 10
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
d.
No Budiwijaya Cabang Jumlah Siswa
1. Parameswara 13
2. Bungaran 20
3. 16 Ulu 23
4. Lemabang 17
5. M Isa 9
6. Plaju Ilir 11
7. Kenten 19
8. KM6 15
9. KM9 10
10. Kertapati 12
11. Indralaya 4
12. Prabumulih 7
6. Perhatikan diagram di bawah ini!
Diagram Data Jumlah Penerima Beasiswa
SMP Budiwijaya Semester Ganjil
Pernyataan yang tepat berdasarkan diagram batang di atas adalah....
a. Penerima beasiswa tertinggi pada semester ganjil diraih oleh kelas 9 pada bulan Agustus.
b. Penerima beasiswa tertinggi untuk bulan November diraih oleh kelas 9.
c. Jumlah penerima beasiswa kelas 7 pada bulan Desember mencapai 20 siswa.
d. Setelah bulan Agustus, 2 bulan berturut-turut penerima beasiswa kelas 7 mengalami penurunan.
7. Perhatikan diagram di bawah ini!
Berdasarkan diagram lingkaran di atas, pernyataan yang tidak sesuai adalah....
a. Sektor primer menduduki presentasi terbesar.
b. Sektor tersier berada ditengah antara primer dan
sekunder.
c. Sektor sekunder mencapai 7,42%.
d. Sektoral PDRB mempunyai 2 sektor saja.
8. Perhatikan diagram di bawah ini!
34 9 21
Bermain Belajar
Berdasarkan diagram venn di atas, jumlah siswa yang gemar belajar adalah......
a. 34 b. 9 c. 21 d. 30
9. Perhatikan diagram di bawah ini!
Diagram Pelajaran Kegemaran Siswa
Berdasarkan urutan persentase kegemaran pelajaran di atas, urutan terbesar hingga terkecil yang tepat adalah....
a. PPKN, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, Matematika.
b. PPKN, IPS, IPA, Bahasa Indonesia, Matematika.
c. Matematika, IPA, Bahasa Indonesia, IPS, PPKN.
d.Matematika, IPS, Bahasa Indonesia, IPA, PPKN.
10. Perhatikan diagram di bawah ini!
Nilai Rata-rata Ulangan Bulanan
Kelas 7.B SMP Budiwijaya
Pernyataan yang sesuai dari diagram di atas adalah......
a.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni.
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-3 setelah bulan April dan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
b.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih rendah daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
c.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penaikan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
d.
Bulan Pernyataan
Januari Nilai rata-rata siswa bulan ini jauh lebih tinggi daripada bulan Februari, namun lebih rendah dibandingkan bulan Maret hingga Juni.
Februari Nilai rata-rata siswa pada bulan ini dinyatakan paling rendah dibandingkan nilai rata-rata dari lima bulan lainnya.
Maret Nilai rata-rata siswa pada bulan ini lebih tinggi daripada bulan Januari, Februari dan April serta lebih rendah daripada bulan Mei hingga ke Juni..
April Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa mengalami penurunan dibandingkan bulan sebelumnya.
Mei Pada bulan ini, nilai rata-rata siswa menduduki posisi tertinggi ke-2 setelah bulan Juni, dan nilai pada bulan ini mampu mengungguli empat bulan sebelumnya.
Juni Nilai rata-rata siswa pada bulan ini mencapai puncak tertinggi dibandingkan lima bulan sebelumnya.
Benar = ......... Salah = ............... Nama Pengoreksi = ....................................
1. Sebutkan 5 hal yang kamu ketahui setelah mempelajari materi membaca memindai!
2. Apa yang dimaksud dengan tabel?
3. Apa yang dimaksud dengan diagram?
Bacalah ilustrasi cerita di bawah ini!
Di SMP Negeri Budiwijaya Indralaya, terdapat enam kelas 7 yang sedang mengikuti
MOS,kelas terdiri atas kelas 7.A. hingga 7F. Semua kelas 7 diadakan lomba kebersihan
kelas. Berdasarkan hasil penjurian antara tiga juri diperoleh:
a. Kelas 7.A. mendapatkan nilai 65, 71, dan 64;
b. Kelas 7.B. mendapatkan nilai 66, 80, dan 63;
c. Kelas 7.C. mendapatkan nilai 60, 69, dan 74;
d. Kelas 7.D mendapatkan nilai 69, 70, dan 71;
e. Kelas 7.E. mendapatkan nilai 63, 66, dan 67;
f. Kelas 7.F. mendapatkan nilai 65,66, dan 71.
4.Buatlah sebuah tabel dengan urutan kelas yang memperoleh nilai tertinggi hingga
terendah!
5. Buatlah sebuah diagram batang dan lingkaran dari ilustrasi cerita tersebut!
Komentar
Posting Komentar