Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan

C. Bertelepon dengan Kalimat Efektif
1. Sekilas tentang telepon
Saat ini telepon bukanlah hal yang baru dan asing lagi, kehadirannya yang mempunyai manfaat besar ini membuat jarak jauh semakin tidak terasa. Namun, ketika kita bertelepon kita juga harus memperhatikan beberapa hal yang menjadi norma kesopanan dan kaidah keefektifan suatu kalimat yang dipergunakan.

2. Kesantunan bahasa telepon
Ada beberapa bahasa yang dianggap santun dan tidak santun dalam bertelepon, sebagai contoh:
a. Bahasa yang Kurang Santun
- “Kan saya sudah bilang, kalau saya tidak mau berbicara denganmu lagi!”
- “Masaksih kamu tidak ingat dengan suaraku ini, apa kamu udah pikun?”
b. Bahasa yang Santun
- “Mohon maaf, untuk sementara waktu saya belum bisa diajak berbicara dulu.”
- “Maaf, apakah Anda masih ingat dengan suara saya?”

3. Keefektifan bahasa telepon
Ada beberapa bahasa yang dianggap efektif dan kurang efektif saat bertelepon, sebagai contohnya:
a. Bahasa yang Efektif ditelepon
- “Maka daripada itu, saya sampaikan bahwa saya akan terlambat.”
- “Saya punya nama Eka Syafda.”
b. Bahasa yang Kurang Efektif dalam Telepon
- “Maka, saya sampaikan bahwa saya akan terlambat.”
- “Nama saya Eka Syafda.”

4. Etika dalam bertelepon
Meskipun telepon merupakan media perantara komunikasi jarak jauh, namun dalam bertelepon pun kita harus memperhatikan etika dalam bertelepon yaitu mempergunakan kalimat efektif. Kalimat efektif adalah kalimat yang singkat, jelas dan santun. Ringkas berarti dalam kegiatan bertelepon kosakata yang dipergunakan relatif tidak bertele-tele. Jelas berarti kalimat bertelepon tidak boleh mengandung makna ambigu (bermakna ganda) yang menyebabkan lawan bicara kita sulit menangkap makna pesan yang disampaikan. Santun berarti kalimat yang dipergunakan disesuaikan dengan norma atau aturan yang berlaku pada masyarakat sekitar. Jika tiga komponen itu digabungkan, maka bertelepon pun akan menjadi kegiatan yang lancar dan menyenangkan.

5. Langkah-langkah bertelepon
Agar dalam bertelepon menjadi lancar, maka kita harus dapat melakukan bertelepon dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a. Mengucapkan salam;
b. Menyebutkan identitas diri dan tujuan bertelepon;
c. Berbicaralah seefektif mungkin;
d. Akhiri pembicaaan dengan sopan, seperti ucapan terima kasih dan salam.

6. Cara menggunakan telepon
Untuk dapat mempergunakan telepon, cara yang dapat digunakan adalah:
a. Mengangkat ganggang telepon;
b. Menekan nomor telepon;
c. Melakukan percakapan sesuai langkah-langkah di atas;
d. Meletakkan ganggang telepon pada posisi semula.

7. Contoh percakapan dalam telepon

Hadid : “Assalamualaikum.”
Sonia : “Waalaikumsalam.”
Hadid : “Saya Hadid, dapat berbicaa dengan Sonia?”
Sonia : “Oh, saya sendiri, Did. Ada apa ya?”
Hadid : “Oh, begini lho, akukan sudah seminggu tidak masuk sekolah. Jadi
banyak sekali Materi pelajaan yang tertinggal. Kalau tidak keberatan,
besok tolong bawakan catatan semua mata pelajaran selama satu
minggu kemarin.”
Sonia : “Oh begitu, baiklah. Besok aku bawakan semua.”
Hadid : “Wah kalau begitu terima kasih ya, maaf nih jadi ngerepotin kamu.”
Sonia : “Ah tidak masalah kok.”
Hadid : “Ya sudah, besok jangan lupa dibawa ya!”
Sonia : “Baiklah, nani akan aku siapkan.”
Hadid : “Sekali lagi terima kasih ya, dan maaf mengganggu.”
Sonia : “Tidak apa-apa kok.”
Hadid : “Wasalamualaikum.”
Sonia : “Waalaikumsalam”

Contoh Soal:
1. Syarat bahasa yang digunakan dalam bertelepon adalah....
a. Sopan dan kalimatnya panjang
b. Jelas dan diulang-ulang
c. Singkat, jelas dan sopan
d. Diulang-ulang dan keras
Jawaban: C
Pembahasan:
Dalam bertelepon bahasa yang kita gunakan haruslah:
- Singkat : tidak terlalu panjang,
- Jelas : Sesuai dengan apa yang dimaksud,
- Sopan : tidak menyinggung perasaan orang lain.

2. Katemi : “Halo, bisa bicara dengan Suzana?”
Suketi : “Suzana? Dari mana? Di sini tidak ada yang namanya Suzana.”
Katemi : “.........................”
Jawaban yang santun untuk melengkapi dialog dari telepon tersebut adalah.....
a. “Ya sudah, terima kasih!”
b. “Salah sambung, maaf!”
c. “Maaf, Bu. Saya salah sambung!”
d. “Terima kasih!”
Jawaban: C
Pembahasan:
Ketika kita salah sambung saat menelpon, maka jangan lupa sampaikan permohonan maafmu pada orang yang dituju dan jelaskan jika kamu salah sambung.











Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. (1) : “Halo, bisa bicara dengan Alvi?”
(2) : “Saya sendiri, ini siapa ya ?”
(3) : “Saya Alvi, jangan lupa ya nanti bawakan buku PR Bahasa Indonesiaku.”
(4) : “Baiklah, nanti kita ketemuan di kantin saja.”
(5) : “Okey, nanti kutunggu di perpustakaan ya.“
Kalimat percakapan yang salah dari dialog penelpon di atas adalah …
a. (1) dan (2) c. (4) dan (5)
b. (3) dan (4) d. (3) dan (5)
(Soal siswa berprestasi tingkat Sumsel 2011)

2. Bacalah percakapan telepon di bawah ini!
Selvya : “Halo... Assalamualaikum.”
Andika : “Waalaikumsalalam.”
Selvya : “Benar ini rumahnya Andika?”
Andika : “Ya benar, saya Andika. Ini siapa ya?”
Selvya : “............................”
Andika : “Oh Selvya, ada apa?”
Kalimat yang tepat untuk mengisi titik-titik di atas adalah.....
a. Oh, saya Andika temannya Selvya.
b. Oh andika ya, aku Selvya, ka.
c. Oh, saya Selvya. Ada apa ya ?
d. Oh, saya Andika. Apakabarmu?

3. Perhatikan dialog dalam telepon di bawah ini!
Meki : “Halo, selamat siang!”
Ibu : “Selamat siang!”
Meki : “Ini Meki, tante. Ada Ian?”
Ibu : “Oh, Meki, Iannya belum pulang?, ada pesan?”
Meki : “Ya sudah tante, sampaikan ke Ian kalau buku
Bahasa Indonesianya masih aku pinjam. Jadi,
mungkin besok belum sempat aku pulangi,
karena besok aku tidak masuk sekolah.”
Ibu : “Oh, baiklah. Nanti akan tante sampaikan ke
Ian.”
Meki : “Baik tante, terimakasih ya, Assalamualaikum.”
Ibu : “Waalaikumsalam.”
Pernyataan yang disampaikan ibu kepada Ian adalah.....
a. Yan, tadi Meki nelp, kalau besok ia tidak masuk sekolah dan buku bahasa Indonesiamu akan ia titipkan saja.
b. Yan, tadi Meki titip pesan. Kalau buku bahasa Indonesiamu itu belum sempat ia kembalikan karena besok ia tidak masuk sekolah.
c. Yan, tadi Meki menelponmu, dan ia menitip pesan agar kamu membawa buku bahasa Indonesianya, karena besok ia tidak masuk sekolah.
d. Yan, tadi Meki menelpon dan ibu bilang kamu tidak ada di rumah. Tapi ia tadi sempat menitip pesan ke kamu.

4. Bacalah dialog bertelepon di bawah ini!
Leni : “Halo, Ca lagi apa?”
Aca : “Siapa ya?”
Leni : “Ya Ampun, masak kamu lupa?”
Aca : “Ini siapa?”
Leni : “Ah, kamu payah. Ya sudahlah kalau begitu.”
Berdasarkan dialog di atas, percakapan tersebut tergolong....
a. tidak efektif karena kurang sopan.
b. efektif karena telah memperhatikan kaidah-kaidah
bertelepon.
c. Kurang efektif karena hanya terdiri atas dua orang saja.
d. tidak efektif karena menggunakan kalimat langsung.

5. Perhatikan dialog percakapan di bawah ini!
(1) Janna: “Aku mau main ke rumahmu nih. Boleh tidak?”
(2) Arinah: “O... Jana , ya. Aku di rumah. Ada apa, na?”
(3) Janna: “Hallo, ada Arinah?”
(4) Arinah: “Ya, boleh dong. Mainlah kesini sekarang!”
(5) Janna: “Baiklah, aku berangkat. Wassalamualaikum.”
(6) Arinah: “Ya, Saya sendiri. Ini siapa ya?”
(7) Janna: “Oh, ini Janna, nah. Kamu di mana?”
(8) Arinah: “Ya, aku tunggu. Walaikumsalam.”
Urutan yang tepat dari penggalan dialog acak di atas adalah....
a. (3), (6), (7), (2), (4), (1), (5), (8).
b. (3), (6), (7), (4), (2), (1), (5), (8)
c. (3), (6), (1), (4), (7), (2), (5), (8).
d. (3), (6), (7), (2), (1), (4), (5), (8).

6. Perhatikan dialog percakapan telepon di bawah ini!
Lisma : “Hallo, Sari!”
Sari : “Halo juga, Lis. Tumben kamu menelpon, ada apa
ya?”
Lisma : “Iya nih, Sar. Aku mau nanya nomor telepon
Habibah Rani.”
Sari : “Habibah Rani yang temen kita waktu SD itu
bukan?”
Lisma : “Iya, Sar. Dengar-dengar dia sekolah di Jakarta.
Nah kebetulan Minggu depan aku juga mau ke
Jakarta. Jadi aku punya rencana mau mampir ke
rumahnya.”
Sari : “Oh, begitu. Baiklah nanti aku cari dulu di buku
telepon.”
Lisma : “Baik, tapi kira-kira lama tidak ya, Sar?”
Sari : “Wah, aku juga kurang tahu, karena buku telepon
itu masih harus kucari dulu.”
Lisma : “Ya sudahlah, kalau begitu nanti kalau sudah
ketemu, sms aku saja ya.”
Sari : “Baiklah kalau begitu, nanti aku sms kamu.”
Lisma : “Kalau begitu sudah dulu ya, Sar. Terima kasih
sebelumnya. Wassalam.”
Sari : “Ya, sama-sama. Walaikumsalam.”
Pernyataan yang tidak tepat dari percakapan telepon di
atas adalah.....
a. Lisma menghubungi Sari dan ia menanyakan nomor Nurhabibah Rani kepadanya.
b. Sari, Lisma dan Nurhabibah Rani merupakan teman lama waktu di SD.
c. Nurhabibah Rani pindah ke Jakarta dan Lisma ingin menyusulnya juga pindah ke Jakarta.
d. Lisma jarang menelpon Sari, kali ini ia menelpon untuk
menanyakan nomor telepon Nurhabibah.

7. Perhatikan percakapan telepon di bawah ini!
Alwi : “Halo, benar ini nomor telepon Anita?”
Nita : “Ya, benar. Ini siapa ya?
Alwi : “Aku Alwi, Ta!”
Nita : “Oh, Alwi, ada apa?”
Alwi : “Aku mau tanya nih, kan kemarin aku tidak masuk
sekolah, jadi ..............”
Nita : “Ada Wi, di buku matematika halaman 30 nomor 1-
10.”
Kalimat lisan yang baik untuk mengisi titik-titik di atas
adalah.....
a. “Aku hendak bertanya padamu, apakah tadi ada PR yang di berikan guru kepada kita?”
b. “Aku mau tanya ada PR tidak untuk besok?”
c. “Aku akan bertanya, apa benar tadi ada PR?”
d. “Aku ingin bertanya tentang PR yang diberikan Pak
Febri kepadamu?”

8.` Bacalah ilustrasi cerita di bawah ini!
“Febri hendak menanyakan dompet Yoga yang hilang di rumahnya, dan Yoga pun menjawab kalau dompetnya belum ketemu.”
Kalimat percakapan telepon yang sesuai dengan ilustrasi cerita di atas adalah.....
a. Febri : “Halo Ga, dompetku yang hilang di rumahmu
sudah ketemu?”
Yoga : “Belum ketemu, Feb. Padahal sudah kucari di
mana-mana.”
b. Yoga : “Halo Feb, dompetmu yang hilang dirumahmu
sudah ketemu?”
Febri : “Belum Ga, biarlah aku pasrah saja.”
c. Febri : “Halo Ga, dompetmu yang hilang di rumahnya
sudah ketemu belum?”
Yoga : “Belum, Feb. Aku juga bingung nih mau cari ke
mana lagi?”
d. Febri : “Halo Ga, Bagaimana tentang dompetmu, yang
hilang di rumahmu itu?
Yoga : “Oh, belum ketemu Feb.”

9. Perhatikan dialog telepon di bawah ini!
Arifin : “Halo, selamat sore!”
Agnes : “Selamat sore, ini siapa ya?”
Arifin : “Arifin, Nes!”
Agnes : “Arifin?, ada apa, Fin?”
Arifin : “Anu Nes, hari ini aku tidak masuk les.”
Agnes : “Lho, kok kamu ngak masuk les sih?”
Arifin : “Iya nih, aku lagi sakit perut. Jadi tolong
sampaikan ke guru yang mengajar hari
Ini kalau aku izin ngak bisa ikut pelajaran hari
ini.”
Agnes : “Oh, begitu. Baiklah nanti aku sampaikan. Dan
aku doakan semoga kamu lekas sembuh.”
Arifin : “Amin, terima kasih ya, Nes. Salam juga buat
teman-teman ya. Sudah dulu ya, aku mau ke
dokter nih!”
Agnes : “Ya, hati-hati ya!”
Inti percakapan dalam telepon di atas membicarakan tentang.....
a. Arifin yang sedang sakit perut dan hendak pergi ke
dokter.
b. Kabar dari Arifin yang menyatakan ia tidak masuk les
karena sakit perut.
c. Permintaan doa untuk Arifin agar lekas sembuh.
d. Rasa terkejutnya Agnes karena Arifin meneleponnya.

10. Cermatilah!

(1)
Penelpon : “Bisa bicara dengan Amin?”
Penerima : “Ini siapa?”
Penelpon : “Ini temannya.”
Penerima : “Temannya yang mana?
Penelpon : “Amin sudah tahu kok. Ada Aminnya?”
(2)
Penelpon : “Assalamualaikum”
Penerima : “Waalaikumsalam.”
Penelpon : “Saleha ada, Bu?”
Penerima : “Saleha sedang keluar.”
Penelpon : “Kalau sudah pulang telepon saya,awas
Ya kalau tidak disampaikan!”
(3)
Penelpon : “Halo selamat malam!”
Penerima : “Selamat malam!”
Penelpon : “Bisa bicara dengan Panji, Pak?”
Penerima : “Wah, Panji sedang mengantar adiknya ke
toko buku. Ini siapa? Ada pesan?”
Penelpon : “Ini Rama, teman sekolah Panji, besok ada
rapat OSIS sepulang sekolah.”
(4)
Penelpon : “Halo selamat pagi.”
Penerima : “Selamat pagi.”
Penelpon : “Bisa berbicara dengan Kartina?”
Penelpon : “Dari siapa ini?”
Penerima : “Dari Elvira, teman sekolah Kartina.”
Penelpon : “Tunggu sebentar ya!”
Penerima : “Terima kasih.”

Percakapan melalui telepon di atas yang kurang santun adalah....
a. (1), dan (2) c. (2), dan (4)
b. (1), dan (3) d. (2), dan (3)

Benar = ......... Salah = ............... Nama Pengoreksi = ....................................






1. Sebutkan langkah-langkah bertelepon!

2. Tuliskan 5 kalimat yang santun dan 5 kalimat yang tidak santun dalam bertelepon!

3. Tuliskan 5 kalimat yang efektif dan 5 kalimat yang tidak efektif dalam bertelepon!

4. Buatlah sebuah percakapan telepon dengan ilustrasi kamu sebagai penelepon yang
hendak meminjam buku IPA kepada temanmu, namun yang mengangkat telponmu itu
adalah ibu dari temanmu dan sampaikanlah dalam telepon tersebut dengan sebuah
pesan yang dititipkan untuk temanmu tersebut!

5. Buatlah dialog antara kamu dan ibumu mengenai pesan yang disampaikan temanmu
tersebut (soal nomor 4) kepadamu!


Berita Lebah



Ayo, perluas jaringan sosialmu dan rasa cintamu terhadap bahasa dan sastra Indonesia, untuk bergabung ke komunitas IGBI-BW (Ikatan Guru Bahasa Indonesia-Budiwijaya) melalui facebook di:

alamat email: Bahasa_Indonesiaku@mail.com atau klik langsung di Budiwijaya Kreatif

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah