Analisis Keputusan Desain Oleh Alvian Kurniawan S.Pd.


1. Analisis Kebutuhan
Di ruang kantor, terdapat tiga orang guru yang membahas tentang kegiatan belajar mengajar di kelas 12 SMA. Kompetensi dasar yang sedang dibahas adalah memproduksi teks berita. Di dalam kelas, ternyata siswa mengalami:
a. kesulitan untuk menemukan dan menuangkan ide-ide ke dalam bentuk tulisan berita;
b. kebingungan menentukan struktur teks berita;
c. krisis percaya diri karena tidak ada contoh atau panduan untuk menulis teks berita dengan pedoman ejaan yang disempurnakan;
d. kurangnya bahan ajar yang berisi uraian lengkap mengenai kegiatan menulis teks berita.

2. Tujuan Intruksional dan Kaitan Dagang Kebutuhan
Guru memutuskan untuk merancang pembelajaran khusus agar siswa terfokus:
a. menulis teks berita berdasarkan ide-ide dan gagasan yang dimiliki;
b. menulis teks berita berdasarkan strukturnya;
c. menulis teks berita berdasarkan ejaan yang disempurnakan.

3. Memperjelas Tujuan Pembelajaran
Guru memutuskan untuk menciptakan dua unit pembelajaran dengan tujuan sebagai berikut.
a. Menulis teks berita berdasarkan ide-ide dan gagasan yang dimilikinya sesuai struktur penulisan;
b. Menulis teks berita berdasarkan ide-ide dan gagasan yang dimilikinya sesuai ejaan yang disempurnakan.

4. Deskripsi Umum Tentang Siswa
Pembelajaran komposisi ini cocok untuk siswa kelas XII yang telah mencapai tingkat kemampuan berekpresi bahasa rata-rata atau di atas rata-rata. Kelompok ini heterogen dalam kemampuan menulis, oleh karena itu pengajaran menulis teks berita dengan kesesuaian struktur dan ejaan yang disempurnakan tersebut dalam komposisi harus dimasukkan dalam materi-materi.

5. Deskripsi Umum Tentang Konteks Umum Performansi
Konteks performansinya adalah seluruh lingkungan di sekolah, masyarakat atau organisasi di manapun tempat siswa perlu menyampaikan tulisan mereka, dan pekerjaan mereka.

6. Deskripsi Umum Konteks Belajar Jika Berbeda
Konteks/tempat belajar adalah ruang kelas, Pembelajaran berbasis teks yang dapat dijadikan sebagai pedoman kerja di kelas, di pusat atau perpustakaan, serta di rumah.

7. Deskripsi Peralatan yang Diperlukan Siswa untuk Mencapai Tujuan
Siswa membutuhkan bahan ajar untuk melatih keterampilan menulis mereka dan mereka membutuhkan sistem instrumen (seperti papan tulis) yang menyajikan dan mengelola pembelajaran dan penilaian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan