Soal UTS/MID Bahasa Indonesia Ganjil Kelas XII SMK BSI Palembang 2015 KTSP

1) Tuliskan pengertian puisi dengan kalimatmu sendiri!
2) Tuliskan makna idiom-idiom di bawah ini secara denotasi dan konotasi!
No Idiomatik Makna Denotatif Makna Konotatif
1. jago merah .... ....
2. kebakaran jenggot .... ....
3. meja hijau .... ....
2. gulung tikar .... ....
2. anak emas .... ....

3) Tuliskan sinonim dari kata-kata di bawah ini!
a) sudah = ... b) letih = ... c) wangi = ... d) umum = ...

4) Tuliskan antonim dari kata-kata di bawah ini!
a) pulang x ... b) tunggal x ... c) lapar x ... d) terang x ...

5) Tuliskan arti dari empat pribahasa di bawah ini!
a) Menang jadi arang, kalah jadi abu. c) Bagai kacang lupa pada kulitnya.
b) Bagai punguk merindukan bulan. d) Nasi telah menjadi bubur.

6) Bacalah puisi ode di bawah ini dengan seksama!
Diponegoro

Kau bagaikan racun bagi para penjajah
Semua lintah negeri kau tumpas
Tak peduli peluru menamparmu
....

Tuliskan dan jelaskan majas apa saja yang terdapat pada baris ke-1, 2, dan 3 pada penggalan puisi di atas! Berikan pula alasan Anda!

7) Bacalah penggalan cerpen di bawah ini dengan seksama!

Adikku dan Guruku

Matahari menyinar dengan begitu menerik. Butir-butir keringat seolah tak kuasa tertahan oleh tebalnya kulitku ini. Aku segera bergegas mengendarai motorku dengan kecepatan tinggi. Ingin rasanya aku segera sampai ke rumah dan segera ku rebahkan badanku ini di ranjang tidurku yang selalu tak pernah terlihat rapi. Di sepanjang jalan, aku merasa kesal kepada guru-guru di sekolahku hari ini. Aku berfikir, kalau guru-guru di sekolahku adalah sekelompok makhluk yang bisa marah-marah saja termasuk rajin sekali kalau memberiku hukuman.
Bayangkan saja! gara-gara aku cuma terlambat sepuluh menit, aku harus diberdirikan Pak Madi di depan kelas. Tidak tanggung-tanggung pula. Aku harus berdiri selama dua jam pelajaran. Ugh, pokoknya guru yang satu ini paling menyebalkan buatku. Tidak hanya itu, sewaktu istirahat, aku ketahuan ngerokok di belakang sekolah. Ya, terpaksa aku harus diseret guru piketku ke kantor. Aku lupa, kalau hari ini yang piket adalah Miss Dwi guru bahasa Inggrisku. Kalau aku ingat Miss Dwi yang piket hari ini, mending aku ngak ngerokok di belakang sekolah, karena aku tahu kalau beliau piket pasti jeli sekali menggrebek sindikat siswa-siswa bermasalah yang sedang beraksi saat itu. Terpaksa deh aku harus berbaris di depan kantor sembari mendengar ceramah singkat dari Ibu Putu selaku wakil kepala sekolah di SMK BSI ini.
Aku berfikir, mengapa mereka sampai begitu ketatnya memberikan peraturan dan larangan buatku? Lagi pula aku beli rokok kan bukan dari uang mereka, melainkan uang jajan pemberian orang tuaku sendiri. Aku terus terniang dengan rokokku yang disita pihak sekolah. Padahal rokok tersebut masih ada sekitar sebelas batang lagi.
Tak lama kemudian, aku pun sampai di rumah. Baru saja mau menyetandarkan motor. Tiba-tiba adik ku yang bernama Saki berlari keluar dengan membawa pisau. Dia keluar dengan senangnya sambil mengayunkan pisau itu berulang kali. Yah, namanya juga anak usia 1,5 tahun. Mana mungkin ia dapat berfikir kalau pisau itu akan membahayakannya.
Melihat Saki yang berlari kecil di depan rumah sambil menuju ke jalan besar. Aku segera berlari mengejarnya.
“Aduh Saki, kamu nakal sekali!” gertakku kepada Saki sembari membopongnya kembali ke rumah. Aku mulai mengambil paksa pisau yang ada di tangan Saki. Tentunya, mengambil barang demikian dari tangan anak usia 2,5 tahun tidaklah susah bagiku. Saki pun menangis dengan kencang,
“Kakak jahat! Kakak jahat! Kakak tidak sayang Saki! Kakak ambil mainan Saki!” teriak adikku sembari mencakar-cakar wajahku.
“Saki, ini pisau dek. Barang ini berbahaya! Nanti tangan Saki terluka kalau bermain dengan barang ini!” teriakku meyakinkan Saki yang masih berusaha keras memintaku untuk mengembalikan pisau itu ke dia.
“Tidak! Kakak jahat, Saki mau main dengan mainan itu. Itu mainan Saki!” kali ini Saki menangis dengan menjadi-jadi. Tangannya berusaha mengambil pisau tersebut dari tanganku. Berulang kali pula Saki memukul mukaku dengan tangan kecilnya. Sepertinya, ia mulai merasa kesal kepadaku, karena aku tidak mau mengembalikan benda yang dianggapnya mainan. Hentakan tangan kecil Saki tidak serta merta mengenai pipiku saja. Kali ini pukulan kecilnya mengenai mata kananku. Serentak aku pun dibuat marah kala itu.
“Saki, kamu ini nakal sekali ya!” Aku membentak Saki dengan begitu kerasnya sembari memukul pantat adik kecilku itu. Merasa sakit dengan pukulan itu, Saki pun berhenti memukuli wajahku dan ia menangis semakin menjadi sembari menempelkan wajahnya kebagian pundak kananku. Sejenak pundak kananku terasa basah kala itu oleh air mata Saki. Aku mulai merasa bersalah kepada adik kecilku itu. Ku dekap ia dengan penuh kasih sayang.
“Ssst.. Saki sayang! Jangan nangis lagi ya dek. Nanti Kakak beliin Saki balon. Tapi Saki jangan nangis lagi ya?” ucapku meyakinkan adikku agar ia tidak menangis lagi. Aku kembali mendekap adikku itu semakin erat. Aku melakukan ini karena aku sayang kepada adikku. Aku mengambil pisau dari tangan adikku, lalu memukul pantat adikku itu karena aku tidak mau adikku mengalami suatu petaka.
Sejenak pikiranku mulai tertuju dengan guru-guruku di sekolah. Aku mulai berfikir bahwa apa yang dilakukan guru-guruku di sekolah kepadaku sama halnya dengan apa yang ku lakukan untuk adikku, Saki. Aku mulai melihat Saki sebagai sudut pandang diriku. Rasanya Tuhan begitu adil menegurku sebagai umpan balik rasa kesalku kepada guruku hari ini.
“Tuhan, terima kasih Kau telah menegurku hari ini. Aku tahu, Engkau sedang memperlihatkan suatu maksud dari kesalah pahamanku terhadap guru-guruku. Aku berjanji bahwa aku tidak akan mengulangi kesalahanku hari ini. Aku tidak akan datang terlambat lagi dan aku tidak akan merokok di belakang sekolah lagi.”

Oleh: Alvian Kurniawan, S.Pd.


Berdasarkan cerpen di atas, analisislah unsur intrinsik pada bagian latar dan amanat!

8. Tuliskan kembali paragraf yang tergolong dalam tahapan resolusi/antiklimaks!

9. Nilai-nilai apa saja yang terkandung pada cerpen di atas!

10. Tuliskan lima informasi yang kamu ingat dari hasil belajarmu selama belajar bahasa Indonesia di kelas 12 ini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan