Soal UTS/MID Genap Bahasa Indonesia Kelas XI SMA BSI dan Sumsel Jaya Palembang 2017 KTSP

Naskah Ujian Tengah Semester Genap Bahasa Indonesia Kelas 11 SMA
1. Pilih dan tuliskan 3 (tiga) definisi dari 10 (sepuluh) istilah di bawah ini!
(a) diskusi (b) editorial (c) opini (d) membaca cepat (e) rangkuman
(f) karya tulis ilmiah (g) seminar (h) presentasi (i) notulen (j) fakta

2.Dengarkan pembicaraan diskusi atau seminar di bawah ini!
Narasumber 1:
“Denganbahasa, kitadapatmengomunikasipengetahuankitakepada orang lain. Hal inijelasmenyumbangpemikiranterhadapperkembanganilmudankebudayaan. Sebagaicontoh: belajardanmengajar di sekolahmerupakankegiatan yang berhubungandenganpengembanganilmudankebudayaan. Dalamduniabelajardanmengajar, banyakbuahpemikiran, ide, informasi yang dikomunikasikanmelaluibahasa.”
Narasumber II:
“Jikadikaitkandalambidangstudibahasadansastra Indonesia, serangkaianmaterimengenaisenisastra, seperti: puisi, ceritarakyat, drama, dan lain-lain, dapatkitapelajaridenganbahasa. Saatmempelajariseni-senisastratersebut, secaratidaklangsungkegiatanpengembanganilmudankebudayaannasional pun juga berjalanseiringpolapemikiranmanusia.“
Rangkumlah isi pembicaraan seminar di atas ke dalam 2 kalimat!

3. Peserta diskusi: “Kasus pembunuhan Mirna karena meminum kopi yang bercampur dengan cairan
sianida merupakan tindakan kriminal yang merugikan. Pihak kepolisian harus
segera mengusut pekara ini, lalu menghukum pelakunya agar jera.”
Komentarilah pendapat peserta diskusi tersebut dalam bentuk persetujuan!

4. Setelah dilakukan penelitian tentang kegemaran siswa kelas XI SMA BSI Palembang ternyata
diperoleh data secara acak bahwa 32% siswa lebih gemar bermain internet, 13% gemar membaca
buku, 17% gemar melukis, 2% gemar menulis puisi, dan 31% gemar jalan-jalan.
Berdasarkan data di atas, tulislah kalimat yang kamu pergunakan untuk mempresentasikan hasil
penelitian tersebut!

5. Komentator : “Setelah saya mencermati presentasi hasil penelitian Anda, menurut saya hasil
penelitian ini kurang menarik, sebab penelitian Anda memuat tentang solusi
mengurangi maraknya kasus narkoba saat ini. Sehingga, seolah-olah kelompok
Anda menggurui pembaca.”
Tulislah komentar penolakanmu terhadap tanggapan komentator di atas!
Bacalah teks di bawah ini dengan teknik membaca cepat 300 kpm!

Mekanisme Ujian Nasional
Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat SMA/SMK 2016

Berdasarkan peraturan BSNP nomor 0034 bagian V mengenai pelaksanaan Ujian Nasional 2016, UN untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan selama empat hari, yaitu tanggal 4 sampai dengan 7 April 2016. Mata pelajaran bahasa Indonesia sendiri akan diujikan secara nasional pada hari pertama UN, yaitu hari Senin, tanggal 4 April 2016, pukul 07.30—09.30 WIB. Sedangkan, UN susulan mata pelajaran bahasa Indonesia dilaksanakan pada hari Senin, 11 Januari 2016, pukul 07.30—09.30 WIB.
Dikutip dari http://www.kemendikbud.go.id, Ujian Nasional mata pelajaran bahasa Indonesia tahun ini mempergunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang juga disebut dengan Computer Based Test (CBT) yang merupakan sistem pelaksanaan ujian nasional yang mempergunakan komputer sebagai media ujiannya. Meskipun demikian Ujian Nasional Berbasis Kertas atau Paper Based Test (PBT) juga masih dipergunakan.
(disarikan dari makalah ilmiah “Perubahan SKL pada UN
bahasa Indonesia 2016, oleh: Alvian Kurniawan, S.Pd.)

6. Jawablah pokok-pokok bacaan di atas sesuai dengan data pertanyaan di bawah ini!
a) Apakah judul bacaan di atas?
b) Kapan jadwal UN bahasa Indonesia dilaksanakan?
c) Bagaimanakah sistem yang dipergunakan pada UN bahasa Indonesia tahun ini?


7. Tulislah ilustrasi notulen rapat sederhana yang memuat: tema, hari tanggal pelaksanaan, waktu,
tempat, pemimpin rapat, peserta, hasil rapat, hingga tanda tangan notulis, dan moderator!

8. Tuliskan urutan yang tepat tentang sistematika karya tulis ilmiah!







Bacalahpenggalan editorial di bawahini dengan teknik membaca intensif!

PendidikanRendah :KodratiatauParadigma

Rendahnyapendidikan Indonesia saatinimenjadibomerang disegalaaspek, sebutsajabahwabanyaknyalahan yang berpotensisebagaisumberdevisaakhirnyadieksploitasiolehkalangan investor yang menanamkan modal di Indonesia lantaran Indonesia belummampumemanfaatkankekayaanalamnyasecaramandiri. Justrudengankondisiini Indonesia malahmenjadilahansuburbagikaum investor yang secaraterang-teranganmemanfaatkanmasyarakat yang rendahpendidikansebagaitenagakerja-buruhkasar. Indikasiterbesarnyaadalahsumberdayamanusia yang sangatrendah.
Sumberdayamanusia yang kaya haruslahmenjadikuncikesuksesanbaginegara di segalaaspek. Tidakkah sang Pemberijagatrayatelahmemberikanalam yang kaya inisebagaiwarisanluhurbangsa? Ketikawarisanitudiberikandandiamanatkankepadabangsa Indonesia, seyogianyasumberdayamanusianyaharusmemilikiinisiatifdengancaraapamaka Indonesia sebagai “Taman Eden” nyaduniainidifungsikandenganbaik. Bilakahdenganmeningkatkanilmupengetahuanataujustrumalahberfikirmenciptakancara-carakreatifbaru demi memperolehhasil yang memuaskandanmenguntungkanbangsa. Kondisisumberdayamanusiasaatinimalahsemakinsuram.
Rendahnyapendidikaniniberujungkepadakemiskinan. Dikarenakantidakmempunyaisumberdayamanusiabersaingdanmenciptakanwadahkerjadenganmemanfaatkansumberdayaalam yang telahtersedia. Wajarsajaeksploitasisemakinmerajaleladanakhirnya lama-kelamaan Indonesia akankembalidalamgenggamanpenjajahannegara-negaraadikuasa. Bertolakdarihaltersebut, jikaadamasalahpastiada pula pihakyagbertanggungjawabdalammemberisolusi. Siapalagikalaubukanpemerintahsebagaipemimpin yang seharusnyaberlakupemimpin. Yang menjadipertanyaan, sudahkahkenyataaninimenjadikegelisahanbersama? Upayaapauntukmengatasimasalahrendahnyapendidikan?

(dikutipdariHarianAnalisis, 3 Agustus 2011, denganpengubahanseperlunya)

9. Tuliskan satu buah kalimat yang tergolong fakta, dan satu buah kalimat yang tergolong opini dari
penggalan editorial di atas!

10. Ringkaslah teks editorial di atas minimal menjadi 5 (lima) baris!


*** Selamat Mengerjakan***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan