SOAL PTS GANJIL BAHASA INDONESIA KELAS X SMA


Bacalah teks laporan observasi di bawah ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Faktor Perkembangan Biji Kacang Hijau

Kacang hijau merupakan jenis polong-polongan yang mampu tumbuh dengan pengaruh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut akan menghasilkan perbedaan ciri atau karakteristik tertentu dari tanaman biji kacang hijau. Hal ini dapat dilihat setelah dilakukan pengamatan kepada biji kacang hijau yang ditanam di tempat yang terkena sinar matahari dan tempat yang tidak terkena sinar matahari. Berikut ini hasil pengamatan perbedaan keduanya.

Biji kacang hijau yang ditanam di tempat yang terkena sinar matahari cenderung memiliki batang yang agak kuat. Di sisi lain, batang tanamannya tidak terlampau panjang. Namun, karena memiliki pengaruh dari klorofil dan proses fotosintesis, warna daun yang dihasilkan terlihat berwarna hijau.

Biji kacang hijau yang ditanam di tempat yang tidak terkena sinar matahari cenderung memiliki batang yang agak lemah. Batang tanamannya lebih panjang jika dibandingkan dengan pertumbuhan di tempat yang terang. Namun, karena tidak memiliki pengaruh dari klorofil dan proses fotosintesis, warna daun yang dihasilkan terlihat berwarna kuning pucat dan lebih mengarah ke warna putih.

Dari penelitian tersebut, jelaslah bahwa dapat diketahui matahari memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan biji kacang hijau. Pengaruh-pengaruh tersebut terlihat dari struktur batang maupun warna.

1. Berdasarkan teks di atas, identifikasilah pengertian teks laporan hasil observasi berdasarkan kalimatmu sendiri! (KD 3.1, C2, Soal MOTS)

2.   Interpretasikanlah isi teks laporan tersebut dengan kalimatmu sendiri! (KD 4.1, C4, Soal HOTS)

Untuk menjawab soal nomor 3 dan 4, bacalah kedua teks di bawah ini dengan saksama!
Teks 1
Teks 2
Otak kanan berfugsi dalam perkembangan emotional questient (EQ). Misalnya: sosialisasi dan komunikasi dengan manusia lain serta pengendalian emosi. Hal ini mengindikasikan bahwa orang yang didominasi dengan otak kanan akan jauh lebih mudah dalam bergaul dengan berbagai lingkungan, termasuk di dalamnya lingkungan yang dianggapnya masih baru.
Otak kiri berfungsi dalam hal-hal yang berhubungan dengan intellegence quotient (IQ), sehingga orang yang didominasi dengan otak ini, memiliki logika, rasio, kemampuan menulis dan mengolah angka-angka dengan baik. Sehingga tidak heran jika orang-orang yang menonjol pada bagian otak ini, terlihat lebih menonjol di berbagai pelajaran yang bersifat eksak.

3. Melalui interpretasimu, analisislah persamaan dan perbedaan isi kedua teks laporan observasi di
       atas! (KD 3.2, C4, Soal HOTS)

4.   Teks tersebut sama-sama tergolong ke dalam teks laporan hasil observasi, lantas analisislah 2 persamaan kaidah kebahasaan dari dua teks tersebut! (KD 4.2, C4, Soal HOTS)

5.   Tulislah sebuah paragraf laporan hasil observasi yang merupakan struktur deskripsi bagian berhubungan dengan keadaan kantin di sekolah kita (minimal lima baris)! (KD 4.2, C6, Soal HOTS)

6.   Saat kita mengidentifikasi struktur teks pada eksposisi analitik dan hortatoris, ternyata kedua jenis teks ini memiliki perbedaan struktur. Tuliskan dan jelaskan perbedaan struktur pada eksposisi analitik dan hortatoris! (KD 3.3, C1, Soal LOTS)

7.   Perhatikan kerangka karangan (outline) di bawah ini dengan saksama!


Mengenali Rokok dan Bahaya yang Ditimbulkan

Paragraf 1 (Tesis)
1.       Pengertian rokok
2.       Peredaran rokok di Indonesia
3.       Tingkat pengonsumsian rokok di Indonesia
4.       Masalah yang ditimbulkan karena rokok

      Kembangkanlah kerangka karangan di atas menjadi satu buah paragraf teks eksposisi dengan struktur tesis! (KD 4.3, C6, Soal HOTS)

8.   Bacalah penggalan teks berikut ini dengan cermat lalu analisislah struktur dan kaidah kebahasaannya!

Pendidikan Penguatan Karakter

Di era abad ke-21, pendidikan mulai terintegrasi dengan pendidikan penguatan karakter (PPK). Tujuannya adalah agar orientasi pendidikan tidak semata pada teoretis belaka, melainkan memberikan pembiasaan karakter kepada peserta didik. PPK pada kurikulum 2013 diorientasikan kepada sikap religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Untuk itu pembiasaan membaca kitab suci, menyanyikan lagu wajib nasional, konsep belajar dengan pola penemuan dan diskusi, serta pembiasaan integritas harus dilaksanakan di dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan uraian penjelasan tersebut, nampaklah bahwa peranan guru sangat diperlukan untuk mengintegrasikan PPK pada pembelajaran abad 21 ini.

      Setelah kamu menganalisis teks di atas, tuliskan penggalan teks tersebut yang tergolong ke dalam struktur retesis! (KD 3.4, C4, Soal HOTS)

9.   Tuliskan dua kaidah kebahasaan beserta contoh penggalan kata/kalimat yang terdapat pada  teks eksposisi berjudul “Pendidikan Penguatan Karakter”! (KD 3.4, C4, Soal HOTS)

10. Berikut ini adalah penggalan teks eksposisi pada struktur argumentasi. Tugasmu adalah
        menuliskan kelanjutan teks tersebut sebanyak tiga kalimat lagi! (KD 4.4, C6, Soal HOTS)
Menurut pendapat beberapa orang, olahraga di pagi hari dapat menjadikan badan kita menjadi sehat. Hal ini dikarenakan gerakan-gerakan saat berjalan membuat otot-otot kita menjadi tidak kaku. Selain itu, .............................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................
......................................................................................................................................................



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan