BUKU AGENDA GURU 4 EVALUASI DIRI GURU


Format 1
EVALUASI DIRI GURU

Nama Sekolah: …………………..…………………………………………..
Nomor Statistik Sekolah:
…………………………………
Alamat: ………………....................
……………………………………...
…………………………………….
……………………………………..
Kecamatan: ………………………
……………………………………..
……………………………………..
………………………………………
Kota/Kabupaten: …………………
……………………………………..
……………………………………..
……………………………………..
Nama Guru:
……………………………………..
Tahun Ajaran:
……………………………………..
Tanggal:
……………………………………...

A.      Dimensi Tugas Utama/Indikator Kinerja Guru
Evaluasi diri tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki guru terhadap kompetensi terkait dengan pelaksanaan tugas utama dan jika ada eviden (bukti) terhadap kekuatan dan kelemahan tersebut.
I.        Perencanaan Pembelajaran
1.       Kemampuan memformulasikan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan kurikulum/silabus dan memperhatikan karakteristik peserta didik.

2.       Kemampuan menyusun bahan ajar secara turut, logis, kontekstual, dan mutakhir.


3.       Kemampuan merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif.


4.       Pemilihan sumber belajar/ media pembelajaran sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran.


II.      Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran yang Aktif dan Efektif

Kegiatan Pendahuluan

1.       Keterampilan memulai pembelajaran dengan efektif.




Kegiatan Pendahuluan


1.       Kemampuan penguasaan materi pelajaran.



2.       Kemampuan penerapan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif.


3.       Pemanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran.


4.       Kemampuan memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran.


5.       Kemampuan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran.



Kegiatan Penutup


1.       Keterampilan mengakhiri pembelajaran dengan efektif.


III.   Penilaian Pembelajaran
1.    Perancangan alat evaluasi untuk mengukur kemajuan dan keberhasilan belajar peserta didik.


2.     Penerapan berbagai strategi dan metode penilaian untuk memantau kemajuan dan hasil belajar peserta didik dalam mencapai kompetensi tertentu sebagaimana yang tertulis dalam RPP.

3.    Pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran selanjutnya.


B.    Berbagai hal terkait dengan pemenuhan dan peningkatan kompetensi inti tersebut


1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama) guru tersebut.

2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi inti tersebut.


3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama guru) tersebut.

4.     Pengembangan keprofesian berkelanjutan yang masih saya butuhkan dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi (tugas utama) guru tersebut.


C.    Kompetensi Menghasilkan Publikasi Ilmiah


1.     Usaha-usaha yang telah saya lakukan untuk memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.

2.     Kendala yang saya hadapi dalam memenuhi dan mengembangkan kompetensi untuk menghasilkan publikasi ilmiah.

3.     Keberhasilan yang saya capai setelah mengikuti pengembangan keprofesian berkelanjutan untuk




















































                                                                                                                           Prabumenang,                                                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran,


                                                                                                                              .....................................
                          


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan