Contoh RPP Bahasa Indonesia Kelas X SMA Materi Teks Prosedur Kompleks

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah : SMA Bina Sriwijaya Indonesia (BSI)Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 2
Materi Pokok : Teks Prosedur Kompleks
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit

A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anegerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
2.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat anekdot mengenai permasalahan sosial, lingkungan, dan kebijakan publik.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks prosedur kompleks baik melalui lisan maupun tulisan.
1. Menjelaskan isi teks prosedur kompleks.
2. Menjelaskan stuktur teks prosedur kompleks.
3. Menjelaskan kaidah teks prosedur kompleks.
4.1 Menginterpretasi makna teks prosedur kompleks baik secara lisan maupun tulisan
1. Menentukan makna kata teks prosedur kompleks.
2. Menentukan makna istilah teks prosedur kompleks.
3. Menentukan makna ungkapan teks prosedur kompleks.
4. Menentukan makna teks prosedur kompleks

C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah membaca beberapa contoh teks prosedur kompleks, mendiskusikannya dan berlatih, siswa diharapkan dapat ;
1. Menjelaskan isi teks prosedur kompleks.
2. Menjelaskan stuktur teks prosedur kompleks.
3. Menjelaskan kaidah teks prosedur kompleks.
4. Menentukan makna kata teks prosedur kompleks.
5. Menentukan makna istilah teks prosedur kompleks.
6. Menentukan makna ungkapan teks prosedur kompleks.
7. Menentukan makna teks prosedur kompleks.

D. Materi Ajar :
• Teks Prosedur Komplek
Teks prosedur komplek adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap dan jelas tentang cara melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.
• Struktur Teks Prosedur Komplek
1. Pendahuluan.
2. Pembahasan
3. Penutup

• Kaidah Teks Prosedur Komplek
1. Banyak dijumpai kalimat perintah
2. Banyak pemakaian kata kerja imperative
3. Konjungsi/kata penghubung
4. Kata penunjuk waktu

E. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi : Cooperative learning
3. Model : Discovery learning
4. Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan

F. Media/ Alat / Sumber belajar
1. Media : Media elektronik (internet), media cetak lainnya
2. Alat/Bahan : Papan tulis, wacana teks.
3. Sumber Belajar : 1. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Buku SiswaBahasa Indonesia Eksperesi dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Guru Bahasa
Indonesia Eksperesi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik
Negeri Media Kreatif.
3. Buku Bahasa Indonesia, Erlangga, Engkos Kosasih.

F. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu

Pendahuluan • Sebelum pembelajaran dimulai, ketua kelas menyiapkan kelas dan berdoa bersama.
• Guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dalam materi pelajaran teks prosedur kompleks. Teks yang akan dipelajari adalah teks prosedur kompleks.
• Guru mengarahkan siswa didik agar pelajaran prosedur kompleks dapat mengembangkan sikap santun, jujur, tanggung jawab, cinta damai melalui kegiatan belajar teks prosedur kompleks.
• Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai melalui tema “teks prosedur kompleks”. Guru juga membangkitkan minat baca siswa dengan memberikan tugas tambahan membaca buku tentang topik pelajaran ini. 10 menit
Inti a. Mengamati
• Membaca contoh teks prosedur kompleks
• Mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur isi teks prosedur kompleks
• Membaca contoh teks prosedur kompleks yang lain
b. Menanya
• Mempertanyakan struktur isi teks prosedur kompleks
• Membuat pertanyaan yang berhubungan dengan isi teks prosedur kompleks
c. Mengeksplorasi
• Menemukan struktur isi teks prosedur kompleks
• Menemukan ciri bahasa teks prosedur kompleks
• Menjelaskan makna kata, istilah, ungkapan dalam teks prosedur kompleks.
d. Mengasosiasi
• Mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan terkait dengan struktur isi dan ciri bahasa teks prosedur kompleks
• Mendiskusikan dan menyimpulkan makna kata, istilah, ungkapan teks prosedur kompleks dalam diskusi kelas dengan saling menghargai.
e. Mengomunikasikan
• Mengomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antarkelompok.
• Mempresentasikan makna kata, istilah, ungkapan teks prosedur kompleks dengan rasa percaya diri.
• Menanggapi presentasi teman/kelompok lain secara santun. 155 menit
Penutup Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru kemudian guru menyampaikan tugas-tugas untuk pertemuan berikutnya.
15 menit

E. Penilaian
1. Penilaian Proses
Lembar Pengamatan Sikap

No

Nama Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama Tanggung
Jawab Santun Disiplin Menghargai
Orang Lain
1
2
3
4
5



Pedoman Penilaian
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka:
1. Sangat kurang 4. Baik Nilai Akhir Siswa
2. Kurang 5. Amat baik = Skor Capaian X 100%
3. Cukup Skor Maksimal

2. Penilaian Keterampilan
1. Uraikanlah struktur teks prosedur komplek “Terkena tilang” yang telah Anda baca.
2. Selain dibahas di dalam kelas bersama guru dan teman-teman Anda, laporkan hasil pekerjaan Anda dengan ditulis rapi.

Teks Struktur Kaidah
Pendahuluan Isi Penutup Perintah Imperatif Konjungsi Penunjuk wkt
1
2
Aspek yang dinilai:
Aspek Nilai (1 – 10) Penjelasan
a. Kelengkapan jawaban
b. Ketepatan isi laporan
c. Kejelasan Penyampaian

KOMENTAR

..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
JUMLAH:

PENILAI:

3. Penilaian Pengetahuan
Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen penilaian Skor
Menjelaskan pengertian teks prosedur kompleks. Tes Isian Jelaskan pengertian teks prosedur kompleks. 10
Menjelaskan 3 struktur teks prosedur kompleks Jelaskan 3 struktur teks prosedur kompleks 30
Menjelaskan 4 kaidah teks prosedur kompleks Jelaskan 4 kaidah teks prosedur kompleks. 40
Menjelaskan makna teks prosedur kompleks “Terkena tilang”.
Jelaskan makna teks prosedur kompleks “Terkena tilang” 20


Kunci Jawaban
1. Teks Prosedur Komplek
Teks prosedur komplek adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah secara lengkap dan jelas tentang cara melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan.
2. Struktur Teks Prosedur Komplek
1. Pendahuluan.
2. Pembahasan
3. Penutup
3. Kaidah Teks Prosedur Komplek
1. Banyak dijumpai kalimat perintah
2. Banyak pemakaian kata kerja imperative
3. Konjungsi/kata penghubung
4. Kata penunjuk waktu
4. Makna apabila terkena tilang kita tahu apa yang akan kita lakukan.



Mengetahui/menyetujui Palembang, 20Agustus 2014
Kepala SMA BSI Palembang, Guru Mata pelajaran,




Hj. Asmawaty, S.H., M.M. Alvian Kurniawan, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan