Contoh Soal MID atau UTS Bahasa Indonesia semester ganjil (materi laporan hasil observasi) kurikulum 2013


Petunjuk teknis pengerjaan:
1.Kerjakan soal berdasarkan kode paket yang diperoleh!
2.Jawaban boleh diacak!
3.Coretan, singkatan, salah tanda baca, salah huruf kapital
dan kecil dalam menjawab akan mengurangi penilaian!
4.Jawaban yang sama persis dengan siswa lain bernilai nol!

1. Jelaskan definisi dari istilah-istilah di bawah ini!
a) Laporan hasil observasi, interpersonal, latar belakang dan saran.
b) Ikhtisar, menyunting, karangan deskriptif dan ambigu.
c) Kata Pengantar, nomina, abstraksi dan fitur bahasa.

2. Jelaskan maksud dari fitur bahasa laporan hasil observasi berikut ini!
a) Mengenalkan kelompok atau aspek-aspek umum.
b) Memiliki hubungan logis yang kondisional.
c) Memiliki bahasa yang umum digunakan dalam teks.

3. Tuliskan kembali abstraksi/ikhtisar laporan hasil observasi kelompokmu!

4. Buatlah kata pengantar pada bagian:
a) Awal (Ucapan puji syukur dan tujuan pembuatan laporan).
b) Tengah (Ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat).
c) Akhir (Penyampaian harapan dan permohonan kritik dan saran)

5. Buatlah daftar pustaka dari data buku di bawah ini!
Identitas Buku Paket A Paket B Paket C
Judul Buku Belajar Membaca Negara Indonesia Birama Nada
Penerbit PT Sumsel Jaya PT Bina Bangsa PT Anugrah Musik
Pengarang Johanes Adam Firdaus Susilawati Ratih Sintia
Kota Terbit Palembang Bandung Makasar
Tahun Terbit 2011 2012 2013

6. Bacalah penggalan laporan hasil observasi di bawah ini!
Berdasarkan hasil obseravasi yang penulis lakukan di Pasar Kuto pada tanggal 12 Oktober 2014 diperoleh data sebagai berikut.
1. Kondisi keamanan pasar cukup baik karena terdapat petugas parkir yang cukup siaga.
2. Masih banyak ditemukan genangan air di beberapa sudut wilayah.
3. Jumlah pengunjung di pagi hari lebih banyak daripada pengunjung di siang hari.
4. Pengunjung dikenakan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000,00.
5. Banyak pedagang dan pembeli membuang sampah sembarangan sehingga terlihat
sampah berserakan di beberapa sudut di wilayah pasar.
Berdasarkan penggalan teks laporan hasil observasi di atas, buatlah pertanyaan dan jawaban yang diawali dengan kata tanya:
a) Apa dan di mana. b) Kapan dan berapa. c) Siapa dan bagaimana.

7. Apakah rumusan masalah yang tepat dari laporan hasil observasi yang berjudul:
a) Tingkat Korupsi di Indonesia.
b) Pertumbuhan Kasus Kriminalitas di Kawasan Desa Rambutan.
c) Perkembangan Nilai Bahasa Indonesia kelas X SMA Sumsel Jaya Tahun 2014.

8. Suntinglah penggalan laporan hasil observasi di bawah ini ke dalam tulisan yang
benar!
a. Banyak anak-anak usia 10-17 tahun telah mengkonsumsi narkoba hal ini di
karenakan faxtor usia yang labil atau mereka ingin sekali mencobana.
b. kami mencatat bahwa pertumbuhan pohon 1 tergolong sangat lambat sekali di
sebabkan adanya ke-tidakcocokan antara jenis pohon dengan pupuk.
c. Meski pun tlah ditertipkan oleh Polisi Pamong Praja. Namun. Para pedagang-
pedagang tetap saja berdagang secara semerawut di pinggir pasar?

9. Tulislah sebuah pembahasan singkat mengenai observasimu tentang kegiatan MID
semester bahasa Indonesia yang sedang berlangsung sekarang!

10. Perhatikan kedua penggalan teks di bawah ini!
Teks Hasil Observasi Teks Deskriptif

Potongan kertas-kertas tersebut terlihat bergerak dikarenakan adanya gaya
magnetik yang terjadi pada mistar yang telah digosok-gosokan ke rambut. Gerakan
tersebut berlangsung selama kurang lebih 3-5 detik.


Guru favoritku di SMA Sumsel Jaya Palembang adalah Bapak Tavip Gunawicara.
Beliau memiliki badan yang gemuk, tinggi sekitar 165 cm, sering terlihat
memergunakan kopiah dan berbaju muslim.
Berdasarkan kedua penggalan teks di atas, tuliskanlahmasing-masing dua
perbedaan dan persamaan baik dalam segi struktur, fitur bahasa dan cara
penulisan dan lain-lain!










“Tiadalah hasil yang mengkhianati usaha”
Selamat mengerjakan!
***

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan