Contoh RPP Bahasa Indonesia Teks Laporan Observasi Kelas X SMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Bina Sriwwijaya Indonesia (BSI)Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pelajaran : Teks Observasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anegerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat laporan hasil observasi.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan.
1. Menentukan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
2. Menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil obsevasi.
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
1. Menentukan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa diharapkan dapat;
1. menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
2. menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil obsevasi.
3. membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas.
4. menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
D. Materi Ajar :
• Memahami Struktur Laporan Hasil Observasi
Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, siswa diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.
Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, dapat dimulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri-ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.
Teks deskripsi menitikberatkan pada urutan bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Sementara itu, teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
Laporan hasil observasi merupakan produk akhir yang telah melalui proses penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian ilmiah sehingga menghasilkan laporan berupa laporan penelitian atau karya ilmiah. Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang berkesinambungan, berakumulasi, dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena. Penelitian ilmiah juga menjadi salah satu cara untuk menjelaskan gejala-gejala alam. Adanya penelitian ilmiah membuat ilmu berkembang, karena hipotesis-hipotesis yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah seringkali mengalami perubahan.
Berikut struktur laporan penelitian ilmiah.
1. Judul laporan penelitian ilmiah
2. Bab I Pendahuluan
a. Latar belakang, yaitu penjelasan mengenai masalah yang akan diteliti.
b. Rumusan masalah, yaitu permasalahan penelitian atau suatu pertanyaan yang ditarik dari adanya kesenjangan (gap) antara das sollen dan das sein, kesenjangan antara ide dan kenyataan, antara konsep lama dan konsep baru, atau antara keinginan dan kenyataan yang ditemui di lapangan.
c. Tujuan penelitian, yaitu hasil yang ingin dicapai setelah penelitian.
d. Manfaat, yaitu hasil positif dari penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
e. Metode penelitian, yaitu teknik atau cara dalam melakukan penelitian.
f. Waktu dan tempat, yaitu lokasi konkret yang digunakan ketika penelitian dilakukan.
3. Bab II Landasan Teori
Pada unit ini, peneliti akan menguraikan beberapa teori yang mendasari penelitian.
4. Bab III Pembahasan
Dalam unit ini, peneliti menjelaskan hasil penelitian yang sudah dikorelasikan Bab I dan Bab II.
5. Bab IV Simpulan dan Saran
Pada bagian ini, peneliti menjelaskan bagian akhir dari laporan penelitian ilmiah yang bertujuan memberikan saran terhadap objek yang diteliti.
6. Daftar Pustaka
Pada bagian ini, peneliti harus mencantumkan daftar referensi atau sumber bacaan yang digunakan dalam penelitian. Daftar pustaka tidak hanya berupa sumber bacaan yang diperoleh dari media cetak (buku dan surat kabar) tetapi dapat juga berupa sumber dari media elektronik (siaran televisi, radio, dan internet).
Ciri laporan yang baik adalah sebagai berikut.
1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, tidak menimbulkan salah pengertian bagi pembacanya.
2. Disertai fakta yang akurat dan meyakinkan.
3. Informasi yang disajikan lengkap.
4. Menarik untuk dibaca.
• Menginterpretasikan Laporan Hasil Observasi
Analisis dan interpretasi data diperlukan untuk merangkum apa yang telah diperoleh, menilai apakah data tersebut berbasis kenyataan, teliti, ajeg, dan benar. Analisis dan interpretasi data juga diperlukan untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Hasil analisis dan interpretasi data akhirnya digunakan untuk memberikan masukan bagi perbaikan kegiatan baik bagi kegiatan peneliti sendiri maupun teman satu tim. Pada akhir kegiatan penelitian, hasil analisis dan interpretasi data digunakan untuk menarik kesimpulan dalam laporan.
Menafsirkan atau menginterpretasikan laporan hasil observasi tidaklah sulit karena sesungguhnya laporan hasil observasi adalah tulisan objektif yang menghimpun hasil penelitian yang di dalamnya dan tidak memuat makna konotasi yang menimbulkan tafsiran berbeda-beda.
Dari penggalan laporan hasil observasi tersebut dapat dikatakan bahwa kebiasaan bahwa kebiasan buruk tidur di kelas terjadi juga di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Padahal sekolah tersebut sangat menjaga masalah kedisiplinan siswa. Dari data dan bukti yang telah dihimpun penulis dan semua pihak yang terkait, yaitu siswa dan guru dapat mengevaluasi agar kebiasaan yang tidak mendukung proses belajar mengajar tersebut bisa diatasi. Dengan demikian, baik siswa maupun guru memiliki tanggung jawab untuk mengurangi bahkkan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.
E. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi : Cooperative learning
3. Model : Discovery learning
4. Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan
F. Media/ Alat / Sumber belajar
1. Media : Media elektronik (internet), media cetak lainnya
2. Alat/Bahan : Papan tulis, wacana teks.
3. Sumber Belajar : 1. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Buku SiswaBahasa Indonesia Eksperesi dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Guru Bahasa
Indonesia Eksperesi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik
Negeri Media Kreatif.
3. Buku Bahasa Indonesia, Erlangga, Engkos Kosasih.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
Pendahuluan • Sebelum pembelajaran dimulai, ketua kelas menyiapkan kelas dan berdoa bersama.
• Guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran teks laporan observasi.
• Guru mengarahkan siswa agar pelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, ramah lingkungan melalui kegiatan belajar teks laporan observasi.
• Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengantopik “Gemar Meneroka Alam Semesta”.
• Guru juga membangkitkan minat baca siswa dengan memberikan tugas tambahan membaca buku tentang topik pelajaran ini.
• Guru meminta siswa untuk membaca puisi yang berjudul “Burung-burung Enggan Bernyanyi lagi” dengan penuh penghayatan untuk membangkitkan minat dan membangun pengetahuan siswa.
• Guru menjelaskan perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi.
10 menit
Inti Mengamati:
• membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
• bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
• Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
• mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
• menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan
• menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
75 menit
Penutup Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi
H. Penilaian
1. Penilaian Proses
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama Tanggung
Jawab Santun Disiplin Menghargai
Orang Lain
1
2
3
4
5
Pedoman Penilaian
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka:
1. Sangat kurang 4. Baik Nilai Akhir Siswa
2. Kurang 5. Amat baik = Skor Capaian X 100%
3. Cukup Skor Maksimal
2. Penilaian Keterampilan
1. Uraikanlah struktur teks observasi yang telah Anda baca.
2. Selain dibahas di dalam kelas bersama guru dan teman-teman Anda, laporkan hasil pekerjaan Anda dengan ditulis rapi.
Teks Struktur Kaidah
Pendahuluan Pembahasan Simpulan Fakta Pengetahuan
1
2
Aspek yang dinilai:
Aspek Nilai (1 – 10) Penjelasan
a. Kelengkapan jawaban
b. Ketepatan isi laporan
c. Kejelasan Penyampaian
KOMENTAR
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
JUMLAH:
PENILAI:
3. Penilaian Pengetahuan
Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen penilaian Skor
Menjelaskan pengertian teks observasi. Tes Isian Jelaskan pengertian teks observasi. 25
Menjelaskan 3 struktur teks observasi Jelaskan 3 struktur teks observasi 30
Menjelaskan 2 kaidah teks observasi Jelaskan 2 kaidah teks observasi. 20
Menjelaskan makna teks observasi Jelaskan makna teks observasi 25
Kunci Jawaban
1. Teks observasi adalah teks yang menyajikan sejumlah fakta
2. Struktur teks observasi, yaitu sebagai berikut.pendahuluan, pembahasan, simpulan
3. Kaidah teks anekdot:
a. Berupa fakta
b. Didalamnya terdapat manfaat/pelajaran
4. Kebijaksanaan guru
Mengetahui/menyetujui Palembang, 20 Agustus 2014
Kepala SMA BSI Palembang, Guru Mata pelajaran,
Hj. Asmawaty, S.H., M.M. Alvian Kurniawan, S.Pd.
(RPP)
Sekolah : SMA Bina Sriwwijaya Indonesia (BSI)Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1
Materi Pelajaran : Teks Observasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Kompetensi Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anegerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.1 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsif, dan santun, dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat laporan hasil observasi.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi baik melalui lisan maupun tulisan.
1. Menentukan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
2. Menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil obsevasi.
4.1 Menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
1. Menentukan makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
C. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran berlangsung siswa diharapkan dapat;
1. menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi.
2. menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil obsevasi.
3. membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas.
4. menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan.
D. Materi Ajar :
• Memahami Struktur Laporan Hasil Observasi
Teks laporan juga disebut teks klasifikasi karena teks tersebut memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Setelah menyelesaikan pelajaran ini, siswa diharapkan dapat membangun teks laporan yang benar.
Teks laporan sering dianggap sama dengan teks deskripsi. Sebenarnya, teks laporan dan teks deskripsi berbeda. Perbedaan yang paling menonjol di antara keduanya terletak pada sifatnya, yaitu bahwa teks laporan bersifat global dan universal, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Untuk melaporkan kehidupan harimau, misalnya, dapat dimulai dengan membuat klasifikasi jenis-jenis harimau, kemudian memaparkan bentuk fisik, ciri-ciri, habitat, dan kebiasaan hidup harimau itu.
Teks deskripsi menitikberatkan pada urutan bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Sementara itu, teks laporan lebih menekankan pada pengelompokan berbagai hal ke dalam jenis-jenis sesuai dengan hubungan antara keseluruhan dan bagian-bagiannya, sedangkan teks laporan berkaitan dengan hubungan berjenjang antara sebuah kelas dan sub-subkelas yang ada di dalamnya.
Laporan hasil observasi merupakan produk akhir yang telah melalui proses penelitian. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian ilmiah sehingga menghasilkan laporan berupa laporan penelitian atau karya ilmiah. Penelitian ilmiah adalah rangkaian pengamatan yang berkesinambungan, berakumulasi, dan melahirkan teori-teori yang mampu menjelaskan dan meramalkan fenomena-fenomena. Penelitian ilmiah juga menjadi salah satu cara untuk menjelaskan gejala-gejala alam. Adanya penelitian ilmiah membuat ilmu berkembang, karena hipotesis-hipotesis yang dihasilkan oleh penelitian ilmiah seringkali mengalami perubahan.
Berikut struktur laporan penelitian ilmiah.
1. Judul laporan penelitian ilmiah
2. Bab I Pendahuluan
a. Latar belakang, yaitu penjelasan mengenai masalah yang akan diteliti.
b. Rumusan masalah, yaitu permasalahan penelitian atau suatu pertanyaan yang ditarik dari adanya kesenjangan (gap) antara das sollen dan das sein, kesenjangan antara ide dan kenyataan, antara konsep lama dan konsep baru, atau antara keinginan dan kenyataan yang ditemui di lapangan.
c. Tujuan penelitian, yaitu hasil yang ingin dicapai setelah penelitian.
d. Manfaat, yaitu hasil positif dari penelitian yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.
e. Metode penelitian, yaitu teknik atau cara dalam melakukan penelitian.
f. Waktu dan tempat, yaitu lokasi konkret yang digunakan ketika penelitian dilakukan.
3. Bab II Landasan Teori
Pada unit ini, peneliti akan menguraikan beberapa teori yang mendasari penelitian.
4. Bab III Pembahasan
Dalam unit ini, peneliti menjelaskan hasil penelitian yang sudah dikorelasikan Bab I dan Bab II.
5. Bab IV Simpulan dan Saran
Pada bagian ini, peneliti menjelaskan bagian akhir dari laporan penelitian ilmiah yang bertujuan memberikan saran terhadap objek yang diteliti.
6. Daftar Pustaka
Pada bagian ini, peneliti harus mencantumkan daftar referensi atau sumber bacaan yang digunakan dalam penelitian. Daftar pustaka tidak hanya berupa sumber bacaan yang diperoleh dari media cetak (buku dan surat kabar) tetapi dapat juga berupa sumber dari media elektronik (siaran televisi, radio, dan internet).
Ciri laporan yang baik adalah sebagai berikut.
1. Ditulis dalam bahasa yang baik dan jelas, tidak menimbulkan salah pengertian bagi pembacanya.
2. Disertai fakta yang akurat dan meyakinkan.
3. Informasi yang disajikan lengkap.
4. Menarik untuk dibaca.
• Menginterpretasikan Laporan Hasil Observasi
Analisis dan interpretasi data diperlukan untuk merangkum apa yang telah diperoleh, menilai apakah data tersebut berbasis kenyataan, teliti, ajeg, dan benar. Analisis dan interpretasi data juga diperlukan untuk memberi jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan yang diajukan. Hasil analisis dan interpretasi data akhirnya digunakan untuk memberikan masukan bagi perbaikan kegiatan baik bagi kegiatan peneliti sendiri maupun teman satu tim. Pada akhir kegiatan penelitian, hasil analisis dan interpretasi data digunakan untuk menarik kesimpulan dalam laporan.
Menafsirkan atau menginterpretasikan laporan hasil observasi tidaklah sulit karena sesungguhnya laporan hasil observasi adalah tulisan objektif yang menghimpun hasil penelitian yang di dalamnya dan tidak memuat makna konotasi yang menimbulkan tafsiran berbeda-beda.
Dari penggalan laporan hasil observasi tersebut dapat dikatakan bahwa kebiasaan bahwa kebiasan buruk tidur di kelas terjadi juga di SMA Negeri 12 Pekanbaru. Padahal sekolah tersebut sangat menjaga masalah kedisiplinan siswa. Dari data dan bukti yang telah dihimpun penulis dan semua pihak yang terkait, yaitu siswa dan guru dapat mengevaluasi agar kebiasaan yang tidak mendukung proses belajar mengajar tersebut bisa diatasi. Dengan demikian, baik siswa maupun guru memiliki tanggung jawab untuk mengurangi bahkkan menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.
E. Metode Pembelajaran :
1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi : Cooperative learning
3. Model : Discovery learning
4. Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan
F. Media/ Alat / Sumber belajar
1. Media : Media elektronik (internet), media cetak lainnya
2. Alat/Bahan : Papan tulis, wacana teks.
3. Sumber Belajar : 1. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Buku SiswaBahasa Indonesia Eksperesi dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Guru Bahasa
Indonesia Eksperesi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik
Negeri Media Kreatif.
3. Buku Bahasa Indonesia, Erlangga, Engkos Kosasih.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
Pendahuluan • Sebelum pembelajaran dimulai, ketua kelas menyiapkan kelas dan berdoa bersama.
• Guru menjelaskan tema dan tujuan pembelajaran teks laporan observasi.
• Guru mengarahkan siswa agar pelajaran Gemar Meneroka Alam Semesta dapat mengembangkan sikap jujur, tanggung jawab, ramah lingkungan melalui kegiatan belajar teks laporan observasi.
• Guru melakukan apersepsi sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dengantopik “Gemar Meneroka Alam Semesta”.
• Guru juga membangkitkan minat baca siswa dengan memberikan tugas tambahan membaca buku tentang topik pelajaran ini.
• Guru meminta siswa untuk membaca puisi yang berjudul “Burung-burung Enggan Bernyanyi lagi” dengan penuh penghayatan untuk membangkitkan minat dan membangun pengetahuan siswa.
• Guru menjelaskan perbedaan antara teks deskripsi dan teks laporan hasil observasi.
10 menit
Inti Mengamati:
• membaca teks tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mempertanyakan
• bertanya jawabtentang hal-hal yang berhubungan dengan isi bacaan.
Mengeksplorasi:
• Mencari dari berbagai sumber informasi tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengasosiasikan:
• mendiskusikan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• menyimpulkan hal-hal terpenting dalam struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
Mengomunikasikan:
• menuliskan laporan kerja kelompok tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil observasi
• membacakan hasil kerja kelompok di depan kelas,
siswa lain memberikan tanggapan
• menginterpretasi makna teks laporan hasil observasi baik secara lisan maupun tulisan
75 menit
Penutup Siswa dengan bimbingan guru melakukan refleksi
H. Penilaian
1. Penilaian Proses
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama Tanggung
Jawab Santun Disiplin Menghargai
Orang Lain
1
2
3
4
5
Pedoman Penilaian
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka:
1. Sangat kurang 4. Baik Nilai Akhir Siswa
2. Kurang 5. Amat baik = Skor Capaian X 100%
3. Cukup Skor Maksimal
2. Penilaian Keterampilan
1. Uraikanlah struktur teks observasi yang telah Anda baca.
2. Selain dibahas di dalam kelas bersama guru dan teman-teman Anda, laporkan hasil pekerjaan Anda dengan ditulis rapi.
Teks Struktur Kaidah
Pendahuluan Pembahasan Simpulan Fakta Pengetahuan
1
2
Aspek yang dinilai:
Aspek Nilai (1 – 10) Penjelasan
a. Kelengkapan jawaban
b. Ketepatan isi laporan
c. Kejelasan Penyampaian
KOMENTAR
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
JUMLAH:
PENILAI:
3. Penilaian Pengetahuan
Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen penilaian Skor
Menjelaskan pengertian teks observasi. Tes Isian Jelaskan pengertian teks observasi. 25
Menjelaskan 3 struktur teks observasi Jelaskan 3 struktur teks observasi 30
Menjelaskan 2 kaidah teks observasi Jelaskan 2 kaidah teks observasi. 20
Menjelaskan makna teks observasi Jelaskan makna teks observasi 25
Kunci Jawaban
1. Teks observasi adalah teks yang menyajikan sejumlah fakta
2. Struktur teks observasi, yaitu sebagai berikut.pendahuluan, pembahasan, simpulan
3. Kaidah teks anekdot:
a. Berupa fakta
b. Didalamnya terdapat manfaat/pelajaran
4. Kebijaksanaan guru
Mengetahui/menyetujui Palembang, 20 Agustus 2014
Kepala SMA BSI Palembang, Guru Mata pelajaran,
Hj. Asmawaty, S.H., M.M. Alvian Kurniawan, S.Pd.
Komentar
Posting Komentar