LKS Materi Teks Eksposisi Kelas 8 SMP Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

BAB VI
Teks Eksposisi


1. Dasar-Dasar Teks Eksposisi
A. Pengertian Eksposisi
Eksposisi atau ekspositoris adalah suatu karangan yang berisi tentang suatu pemaparan atau penjelasan yang pengembangan paragrafisinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang singkat, akurat, dan padat. Tulisan eksposisi sejenis ini biasanya diteemukan pada berita di koran dan petunjuk penggunaan.
Eksposisi lebih mempersoalkan tahap-tahap terjadinya suatu kejadian dan rangkaian perbuatan kepada para pembaca atau pendengar. Runtut kejadian atau peristiwa yang disajikan itu dimaksudkan untuk menyampaikan informasi dan memperluas pengetahuan atau pengertian pembaca, baik disampaikan secara tertulis maupun lisan.

B. Jenis-Jenis Eksposisi
Terdapat dua jenis karangan eksposisi atau ekspositoris, yaitu sebagai berikut.
• Karangan eksposisi bersifat khas
Karangan ini berusaha menceritakan suatu peristiwa khas yang terjadi hanya satu kali. Peristiwa khas tidak dapat diulang kembali karena merupakan pengalaman atau kejadian pada suatu waktu tertentu saja.
Contoh:

Sewaktu aku lulus SD satu tahun yang lalu. Aku merasa senang sekali. Pertama, aku dapat diterima di SMP Mawar yang merupakan sekolah favorit di kotaku. Kedua, untuk masuk menjadi siswa di SMP ini tidak mudah sama sekali di mana pendaftar mencapai dua ribu orang sedang yang diterima hanya dua ratus saja. Ketiga, banyak teman-teman dekatku sewaktu di SD juga masuk ke sekolah ini.


• Karangan eksposisi generalisasi
Karangan jenis ini menyampaikan suatu proses umum yang dapat dilakukan oleh siapa saja dan dapat dilakukan secara berulang-ulang. Karangan ini bisa dibuat dalam bentuk berurutan dengan penyusunan yang beraturan. Setiap tahapan dijelaskan secara runtut.
Contoh:

Petunjuk Mencuci Baju Secara Tradisional

1. Pisahkan antara baju kotor yang mudah luntur dengan baju kotor lainnya.
2. Celupkan baju kotor tadi ke dalam air deterjen.
3. Rendam sekitar beberapa menit.
4. Kucek dan sikat pada bagian yang kotor.
5. Bilas dengan air bersih.
6. Peras dan baju siap dijemur.


C. Membedakan Teks Diskusi dengan Teks Eksposisi
Setiap jenis teks dalam bahasa Indonesia memiliki ciri tersendiri yang menjadikan corak atau ciri khusus. Pada pertemuan sebelumnya telah dibahas tentang teks diskusi. Teks tersebut pasti memiliki ciri yang berbeda dengan teks eksposisi. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
No Aspek Eksposisi Teks Diskusi
1. Tujuan Untuk mendapat pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya atau memaparkan/ men-jelaskan sesuatu agar pengeta-huan pembaca bertambah.
Untuk menemukan jalan keluar dalam menyelesaikan suatu kasus atau permasalahan.
2. Struktur a. Pernyataan pengantar: penulis
menyajikan titik pandang dan
alasan yang akan disajikan.

b. Serangkaian argumen: penulis
memaparkan serangkaian ar-
gumen yang disertai dengan
bukti-bukti atau fakta-fakta
untuk memperkuat argumen.

c. Penulis meringkas argumen-
argumen disertai dengan
saran-saran. a.Paragraf pendahuluan yang
memuat pertanyaan atau
pernyataan untuk didiskusikan.

b.Rangkaian paragraf yang memuat
bukti, alasan, argumen yang
mendukung atau menolak
pernyataan terkait dengan topik
diskusi.

c.Simpulan yang memuat
pandangan akhir yang mendukung
atau menolak pernyataan tentang
topik diskusi.


D. Membedakan Teks Ulasan dengan Teks Eksposisi
Setelah kita mempelajari tentang perbedaan teks diskusi dengan teks eksposisi, sekarang kita akan mempelajari tentang perbedaan teks ulasan dengan teks eksposisi. Adapun perbedaan tersebut dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
No Aspek Teks Ulasan Teks Eksposisi
1. Tujuan Untuk menyampaikan tanggapan atas sebuah objek atau topik tertentu agar pembaca dapat menentukan sikap atas topik yang diangkat.
Untuk mendapatkan pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya atau memaparkan/menjelaskan sesuatu agar pengetahuan pembaca bertambah.
2. Struktur a.Pernyataan pengantar penulis
menjelaskan tentang topik atau
objek yang diulas.

b.Pernyataan persetujuan/peno-
lakan/ keterpihakan penulis.

c.Kesimpulan: Penulis menarik
kesimpulan akhir atas objek
atau tema yang diangkat dalam
teks ulasan. a.Pernyataan pengantar: penulis
menyajikan titik pandang dan
argumen yang akan disajikan.

b.Serangkaian argumen: penulis
memaparkan serangkaian
argumen yang disertai bukti-bukti
atau fakta-fakta untuk memperkuat
argumen.

c.Penulis meringkas argumen-
argumen disertai alaan-alasan.


2. Memaparkan/Menjelaskan Denah dan Bahasa Petunjuk
A. Denah
Denah adalah gambar yang menunjukkan letak kota, jalan, dan sebagainya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, denah juga diartikan peta.
Perhatikan langkah menemukan tempat atau arah dalam denah berikut ini:
a) Menemukan tulisan atau keterangan tempat/lokasi yang ingin dicari.
b) Melihat petunjuk mata angin.
c) Melihat alur jalan-jalan yang menuju lokasi atau tempat yang dicari.
d) Melihat juga tempat-tempat yang dekat dengan lokasi yang dicari.

B. Bahasa Petunjuk
Secara umum, petunjuk diartikan sebagai ketentuan yang member arah atau bimbingan untuk menggunakan atau melakukan sesuatu.Petunjuk yang baik mengungkapkan alur kegiatan yang tersusun dengan rapi, sistematis, urutannya tepat, serta menggunakan bahasa yang lugas, mudah dipahami, dan efektif.
Contoh bahasa petunjuk yaitu petunjuk memasak mi instan, meminum obat, menggunakan peralatan rumah tangga, dan sebagainya.
Berikut contoh petunjuk membuat mi instan yang baik dan benar
1) Rebus mi dalam air mendidih 400cc (2 gelas).
2) Aduk pelan-pelan selama tiga menit sampai mi terlihat matang.
3) Tuangkan bumbu, minyak bumbu, dan bubuk cabai ke dalam magkuk, selama mi dima-
sak.
4) Tuangkan mi beserta kuahnya ke dalam mangkuk yang sudah berisi bumbunya.
5) Mie siap utuk disajikan.

Contoh soal:
1. Pada intinya karangan eksposisi adalah karangan yang bersifat ....
a. Mengambarkan c. Menceritakan
b. Mempengaruhi d. Memaparkan
Jawaban : D
Pembahasan :
Ada lima jenis karangan berdasarkan sifatnya, yaitu: karangan narasi (menceritakan), karangan deskripsi (penggambaran), karangan persuasi (pengaruh), karangan argumentasi (alasan) dan karangan eksposisi (pemaparan).

2. Berdasarkan cara penyajian bentuk pemaparannya, ekpositoris dibedakan menjadi 2, yaitu ....
a. Ekspositoris radikal dan bebas.
b. Ekspositoris statis dan dinamis.
c. Ekspositoris vertikal dan horizontal.
d. Ekspositoris modern dan klasik.
Jawaban : C
Pembahasan :
Ekpsositoris dapat disajikan dalam bentuk menyamping/horizontal dan kebawah/vertikal.







Berilah tanda silang (X) pada salah satu huruf a, b, c dan d sebagai jawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Hal yang harus diperhatikan dalam membaca denah adalah ….
a. Arah mata angin.
b. Tempat mengakhiri.
c. Tempat memulai.
d. Penanda denah.

2. Perhatikan kutipan petunjuk berikut!
Jika anda berada pada bangunan bertingkat setelah terjadi gempa dan masih sadar:
1) jangan panik berlebihan
2) …..
3) Jauhi bangunan agar terhindar dari bahaya runtuhan
4) Mintalah pertolongan pertama.
Bagian petunjuk tersebut dapat dilengkapi dengan kalimat ….
a. Carilah jalan untuk keluar secepatnya dan amankan dari bahaya.
b. Jangan menggunakan tangga berjalan atau lift, gunakan tangga biasa.
c. Cari pertolongan dengan cepat agar tidak terjebak di dalam gedung.
d. Cari pintu keluar, gunakan tangga untuk mempercepat waktu keluar ruangan.

3. Perhatikan denah berikut!


Berdasarkan denah tersebut, kalimat berikut yang tepat adalah ….
a. Pasar Baru berda berdampingan dengan jalan Kapuas dan jalan Indah
b. Penghuni kompleks Melati Permai jika berbelanja harus melewati jalan Indah.
c. Jalan Diponegoro berada di sebelah utara Pasar Baru dan kompleks Indah Melati
d. Kompleks Melati Permai berada di sebelah selatan jalan Kapuas.

4. Bacalah petunjuk pembersih wajah berikut!
1) Bersihkan wajah dari sisa-sisa kotoran dengan sabun yang mengandung minyak tumbuhan.
2) Terakhir oleskan wajah dengan pelembab.
3) Bilas dengan air hangat, lalu segarkan dengan air mawar atau air dingin.
4) Kemudian pijat wajah dengan gerakan rotasi menggunakan campuran minyak esensial dan minyak zaitun.
Urutan kalimat petunjuk membersihkan wajah yang tepat adalah ….
a. 1-4-2-3 c. 1-4-3-2
b. 3-1-4-2 d. 4-2-1-3

5. a.Sertakan gambar-gambar untuk memperjelas petun-
juk tersebut
b. Tentukan jenis resep yang akan disusun.
c. Susunlah secara sistematis dengan logis.
d. Kumpulkan berbagai bahan dan informasi.
Langkah-langkah penyusunan resep yang benar adalah ….
a. d, c, b, a, c. c, b, d, a
b. b, c, d, a d. b, d, c, a

6. (1) Tulislah tulisan yang akan kamu posting;
(2) Klik menu new entri;
(3) Ketik dan masukan alamat ke www.blogger.com;
(4) Klik mozilla firefox/internet explorer/ google chrome;
(5) Klik file posting;
(6) Koreksi kembali tulisan yang kamu tulis tersebut;
(7) Klik file lihat blog untuk mengetahui apakah postinganmu sudah benar-benar muncul atau belum.
(8) Tunggu sampai ada pemberitahuan bahwa postingan kamu berhasil;
(9) Tunggu hingga laman beranda blog terbuka;
(10)Masukan alamat email dan kode sandi pada kolom yang muncul;
Urutan yang tepat untuk petunjuk membuat tulisan di blog adalah ....
a. (4)-(3)-(10)-(9)-(2)-(1)-(6)-(5)-(8)-(7).
b. (4)-(3)-(10)-(9)-(2)-(1)-(5)-(6)-(8)-(7).
c. (4)-(3)-(10)-(9)-(2)-(6)-(1)-(5)-(8)-(7).
d. (4)-(3)-(10)-(9)-(2)-(1)-(6)-(8)-(5)-(7).

7. Sudah seminggu terakhir aku mengikuti ulangan semesteran. Ada empat pelajaran yang menurutku sulit, yaitu: bahasa Inggris, matematika, sejarah dan fisika.
Berdasarkan cara penyajian pemaparannya, teks di atas tergolong ke dalam ...
a. Eksposisi vertikal.
b. Eksposisi horizontal.
c. Eksposisi generalisasi.
d. Eksposisi khusus/khas.

8. (1) Berlatih bercerita.
(2) Membaca cerita yang menarik itu.
(3) Berdiskusi untuk menentukan pokok- pokok cerita.
(4) Menentukan cerita yang menarik berdasarkan persediaan buku.
(5) Bercerita dengan urutan yang baik, lafal, intonasi, gestur dan mimik yang tepat.
(6) Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang baik dan menarik.
Urutan yang tepat untuk menyampaikan suatu cerita adalah ....
a. (4), (2), (3), (1), (6), (5).
b. (4), (2), (1), (3), (6), (5).
c. (4), (2), (6), (3), (1), (5).
d. (4), (2), (3), (6), (1), (5).

9. Perhatikan denah di bawah ini!


Jika Kevin hendak pergi ke SMAN 5 Kediri, dan saat ini ia berada di SMAN 1 Kediri, maka petunjuk arah yang harus dilalui Kevin adalah ....
a. Dari SMAN 1 Kediri, Kevin berjalan ke arah timur, lalu bergerak ke utara hingga bertemu simpang tiga dan ia berbelok ke barat hingga bertemu dengan jalan Veteran, kemudian berbelok ke arah utara melewati jalan Kawi.
b. Dari SMAN 1 Kediri, Kevin berjalan ke arah utara melewati jalan Veteran, lalu berbelok ke arah barat melewati jalan Veteran dan ketika bertemu dengan perempatan Sukorame, ia harus berjalan ke arah selatan.
c. Dari SMAN 1 Kediri, Kevin berjalan ke arah barat mengikuti jalan Veteran dan jalan Mastrip. Sesampainya diujung, ia akan bertemu dengan simpang tiga dan ia harus berbelok ke arah utara mengikuti jalan tersebut.
d. Dari SMAN 1 Kediri, Kevin harus berjalan ke arah barat mengikuti jalan Veteran dan berbelok ke arah utara pada saat bertemu perempatan Sukorame.

10. (1) Ketik nominal uang yang akan diambil.
(2) Tunggu hingga uang keluar dari mesin
(3) Pilih menu penarikan tunai.
(4) Cetak resi transaksi.
(5) Masukan pin yang sudah kamu pilih.
(6) Ambil kartu ATM yang sudah keluar.
(7) Masukan kartu ATM ke dalam mesin.
(8) Masukan ATM ke dalam dompet.
Urutan yang tepat untuk petunjuk melakukan transaksi penarikan uang di mesin ATM adalah ...
a. (7)-(5)-(3)-(2)-(1)-(4)-(6)-(8).
b. (7)-(5)-(3)-(1)-(2)-(6)-(4)-(8).
c. (7)-(5)-(3)-(1)-(4)-(2)-(6)-(8).
d. (7)-(5)-(3)-(1)-(2)-(4)-(6)-(8).

11. (1) Ambil selembar sapu tangan dan bentangkan secara
lebar.
(2) Celupkan Amplop yang telah ditempel perangko ke
dalam segelas air,
(3) Perangko siap ditempel pada album.
(4) Keringkan perangko yang basah dengan sapu
tangan yang sudah disiapkan,
(5) Ambil amplop yang telah ditempelperangko,
(6) Setelah dicelupkan amplop yang telah tertempel perangko tersebut diangkat
(7) Lepaskan perangko dengan perlahan supaya tidak sobek.
Urutan yang tepat dari cara pengambilan perangko yang tertempel pada sebuah amplop adalah .....
a. (5), (1), (2), (6), (7), (4), (3)
b. (5), (1), (6), (2), (7), (4), (3)
c. (5), (2), (6), (7), (1), (4), (3)
d. (5), (2), (1), (6), (7), (4), (3)

12. Service dalam bermain tenis lapangan dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut. Pertama, ambillah posisi di luar garis belakang dan agak ke tengah. Kedua, lakukan konsentrasi untuk beberapa detik dan aturlah posisi kaki. Ketiga, bungkukkan badan ke depan sedikit sambil melempar bola ke atas, raket diayunkan ke belakang dan dengan cepat pukullah bola dengan kekuatan maksimal, bola akan melayang dengan cepat.
Paragraf di atas termasuk ke dalam jenis
a. Eksposisi
b. Argumentasi
c. Deskripsi
d. Narasi

13. Ciri pengembangan karangan eksposisi adalah ....
a. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar atau statistik untuk memperjelas informasi.
b. Mengungkapkan fakta yang diperjelas dengan grafik, gambar, atau statsistik untuk membuktikan atau mempengaruhi pembaca,
c. Menceritakan urutan peristiwa secara kronologis.
d. Mengajak pembaca mengikuti anjuran penulis.

14. Setiap orang mempunyai hobi atau kegemaran, namun tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya dengan baik. Banyak faktor yang menyebabkan orang tidak dapat mengembangkan hobinya. Pertama, kemungkinan lingkungan tidak mendukung. Sebagai contoh, kita memiliki hobi melukis, namun orang tua tidak menginginkan kita mengembangkan hobi kita itu. Faktor kedua, adalah dana atau fasilitas pendukung. Kita mempunyai hobi beternak ayam, namun kita tinggal di perkotaan yang padat penduduk. Faktor lain yang lebih penting adalah kemauan kita. Apapun kendala yang kita hadapi, apabila kita memiliki kemauan yang kuat, tidak setengah hati, kita dapat mengatasi masalah-masalah yang menghambat pengembangan hobi kita.
Teks eksposisi di atas memiliki ide pokok ...
a. Semua orang memiliki hobi atau kegemaran.
b. Tidak setiap orang dapat mengembangkan hobinya
dengan baik.
c. Faktor yang menyebabkan seseorang tidak dapat
mengembangkan hobinya.
d. Lingkungan dapat menjadi penyebab orang tidak
mengembangkan hobinya

15. Berikut ini merupakan hal-hal yang tepat untuk dikembangkan ke dalam karangan eksposisi yang bersifat khas, kecuali ...
a. Saat pertama kali diterima di tempat kerja.
b. Saat pertama kali mengarungi Samudra yang luas.
c. Saat pertama kali kegiatan MOS di SMP.
d. Saat pertama kali makan nasi.

16. Yang bukan termasuk ciri struktur teks eksposisi adalah ....
a. Pernyataan pengantar: penulis menyajikan titik
pandang dan alasan yang akan disa-jikan.
b. Serangkaian argumen: penulis memaparkan
serangkaian argumen yang disertai dengan bukti-
bukti atau fakta-fakta untuk memperkuat argumen.
c. Penulis meringkas arggumen-argumen disertai
dengan saran-saran.
d. Paragraf pendahuluan yang memuat pertanyaan
atau pernyataan untuk didiskusikan.

17. Dana Fly Over Simpang Jakabaring
Telan Rp 100 Miliar

Dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Propinsi Sumatera Selatan tahun 2013 ini, DPRD bersama Pemprov Sumsel telah sepakat akan mengalokasikan dana Rp 100 miliar. Dan itu untuk menyelesaikan pembangunan jembatan layang (fly over) di Simpang Jakabaring. Diharapkan, keberadaan jembatan layang ini dapat mengurangi kemacetan di Palembang yang semakin parah.
Anggota Badan Anggaran DPRD Sumsel, Yuswar Hidayatullah menyatakan, “Dana yang lumayan besar tersebut sebelumnya akan dialokasikan untuk pembebasan lahan jalan tol Palembang-Indralaya. Akan tetapi karena jalan tersebut masih dalam studi kelayakan dan posisinya belum jelas. Maka dananya dialihkan ke penyelesaian pembangunan Fly Over di Simpang Jakabaring.

(Dikutip: Postingan FB Seputar Palembang
edisi 13 November 2012)

Berdasarkan teks di atas, hal-hal pokok yang terdapat pada teks penjelasan di atas adalah, kecuali...
a. DPRD bersama Pemprov Sumsel telah mengalokasikan dana Rp 100 miliar.
b. Keberadaan jembatan layang di Jakabaring ini diharapkan bisa mengurangi kemacetan di Palembang yang semakin parah.
c. Dana pembangunan jembatan itu sebelumnya akan dialokasikan untuk pembebasan lahan jalan tol Palembang-Indralaya.
d. Pengalihan dana penyelesaian pembangunan Fly Over di simpang Jakabaring dikarenakan jalan tol Palembang-Indralaya masih dalam studi kelayakan dan posisinya belum jelas.

18. Menurut pemantauan dan data yang dihimpun WWF Indonesia, sebuah LSM lingkungan hidup, dalam dua tahun terakhir tercatat 66 harimau sumatera terbunuh, ekuivalen dengan dua puluh persen populasi dengan harimau sumatera. Jumlah satwa liar yang terbunuh saat itu diperincinya sebagai berikut. Di Sumatera Barat 9 ekor, di Jambi 5 ekor, di Riau 13 ekor, di Bengkulu 9 ekor, dan di Lampung 30 ekor. Dalam jumlah ini belum termasuk lima kepala harimau yang diawetkan di Pekan Baru, ungkap kepala lingkungan hidup.
Gagasan utama dari paragraph ekpositoris di atas
adalah ....
a. Pencatatan semua jenis harimau yang dibunuh.
b. Pengawetan kepala harimau sumatera.
c. Penghimpunan data pembunuhan harimau
sumatera.
d. Pencatatan dua tahun terakhir populasi harimau
sumatera.

19. Pernyataan berikut yang menunjukkan ciri-ciri kebahasaan sebagai teks ulasan dan teks eksposisi adalah ...

Teks Ulasan Teks Eksposisi
a. Jika sejak kecil dibiasakan untuk mengapresiasi karya seni, kelak anak-anak akan berkembang menjadi sosok pribadi yang beradab dan berbudaya. Namun seniman di Indonesia mulai dikenal di dunia internasional seiring dengan kemajuan dunia pariwisata.
Sebagai generasi muda, kita perlu meneladani sikap generasi tua yang sangat menghargai seni tradisional. Banyak faktor yang memengaruhi tingkat apresiasi seseorang terhadap karya seni. Selain minat, juga dipengaruhi faktor lingkungan.
Musik Indonesia sangat beragam karena banyak jumlah suku di Indonesia. Cerpen karya Siska sebenarnya cukup bagus, sayangnya rimanya terkesan kurang diperhatikan.
Puisi karya Feri Nainggolan cukup menarik. Selain menggunakan rima yang indah, diksinya juga dipilih dengan cermat. Musik bisa merangsang syaraf otak menjadi lebih segar sehingga mampu meningkatkan kecerdasan emosional.

20. Manakah dari pernyataan berikut yang sesuai dengan fungsi teks eksposisi adalah ...
a. Menyajikan isu yang ditinjau dari dua sudut pandang, yaitu pro dan kontra.
b. Menyajikan pendapat atau gagasan yang netral.
c. Berguna untuk mendorong pembaca agar menimbang-nimbang sudut pandang mana yang diikuti.
d. Berguna untuk menyakinkan pihak lain bahwa apa yang disampaikan benar berdasarkan argumentasi yang diajukan.








1. Apa yang kamu ketahui tentang karangan eksposisi?

2. Sebutkan ciri-ciri karangan eksposisi!

3. Buatlah gambar denah tentang perjalananmu dari rumah ke Budiwijaya cabangmu!

4. Buatlah langkah-langkah mengerjakan soal dengan Lembar Jawaban Komputer (LJK)!

5. Apa perbedaan teks eksposisi dengan teks ulasan dan teks diskusi?

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan