Contoh Soal Semseter Ganjil Bahasa Indonesia Kelas X SMA BSI Palembang (Materi Laporan Hasil Observasi dan Anekdot)
PETUNJUK TEKNIS PENGERJAAN
1. Kerjakan sesuai kode paket yang diperoleh dan dilarang melakukan
pergantian kode paket tanpa seizin guru mata pelajaran.
2. Soal boleh diacak sesuai dengan tingkat pemahaman. Jika tidak bisa
menjawab usahakan jangan dikosongkan agar tidak bernilai 0.
3. Coretan, tipe x, singkatan, salah tanda baca, dan ejaan akan
mengurangi nilai.
4. Terjadi kesamaan jawaban dengan peserta lain, maka bernilai 0,
meskipun jawaban tersebut benar.
1. Definisikan istilah-istilah di bawah ini!
a) laporan hasil observasi, ambigu, fiktif, krisis
b) fitur bahasa, latar belakang, teks anekdot, orientasi
c) ikhtisar, kohesif, koda, kelakar
d) menyunting, daftar pustaka, tamsil, reaksi
2. Tuliskan maksud dari pernyataan berikut ini!
a) Laporan hasil observasi ditulis dengan bahasa yang baku dan ilmiah.
b) Laporan hasil observasi lebih banyak menampilkan fakta daripada opini.
c) Laporan hasil observasi perlu dilakukan penyuntingan.
d) Laporan hasil observasi memiliki rumusan masalah yang jelas.
3. Tuliskan maksud dari pernyataan berikut ini!
a) Teks anekdot mengandung pernyataan sindiran secara alami.
b) Teks anekdot dekat dengan tradisi tamsil.
c) Teks anekdot terilhami dari kejadian nyata yang diprovokasi ke dalam bentuk
kelakar.
d) Teks anekdot bertujuan menghibur dan mengungkapkan suatu kebenaran secara
umum.
4. Tulislah contoh paragraf pembahasan minimal 5 baris dari hasil laporan
observasi yang berjudul:
a) Kedisiplinan Siswa di SMA BSI Palembang
b) Tingkat Keamanan Parkir di SMA BSI Palembang
c) Kebersihan Kelas di SMA BSI Palembang
d) Kelengkapan Fasilitas di SMA BSI Palembang
5. Tuliskan sebuah anekdot dengan tema bebas yang menyatakan bagian dari struktur:
a) abstrak dan orientasi
b) orientasi dan krisis
c) krisis dan reaksi
d) reaksi dan koda
6. Perhatikan dua teks di bawah ini!
TEKS LAPORAN NHASIL OBSERVASI
Berdasarkan hasil pengamatan di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, penulis menemukan adanya beragam flora dan fauna yang masih terawat baik di sana. Selain itu, kondisi kebersihan juga terlihat indah dan tertata rapi.
TEKS ANEKDOT
Gusdur menghampiri penjual itu sembari bertanya,
“Barang dagangan apa yang kau jual? Saya mendengar kalau beli satu bisa dapat dua.”
“Oh, anu Pak. Saya jualan sepatu,” jawab sang penjual dengan menyodorkan sepasang sepatu.
Berdasarkan dua contoh teks di atas, tuliskan dua perbedaan dan dua persamaan yang kamu temui dari kedua naskah tersebut!
7. Bacalah penggalan teks anekdot di bawah ini dengan seksama!
(1) tidak lama kemudian datang lah lima orang anak yg terlihat membawa sapu. (2) Mereka menyodorkan sapu tersebut kepada Nazarudin yang terlihatt sdg menagis?
(3) “Ambil sapuh yang kami pegang dengan tangann ini,” kata salah seorang anak kepada Nazarudin.
(4)“Lho, untuk apah sapu itu?” pinta Nazarudin dengan penuh penasaran! (5) Sambil menyerahkan sapu itu kepada Nazarudin, salah seorang anak berkata:
(6) “Untuk menghapus airmatamu. Kata ibu kami, kalo ada orang menangis, maka harus diusap dengan sapu dari tangan.”
Berdasarkan penggalan cerita anekdot di atas, suntinglah kesalahan dan kekeliruan penulisan pada kalimat ke:
a) (1) dan (2) b) (2) dan (3) c) (4) dan (5) d) (5) dan (6)
8. Tulislah sebuah teks anekdot dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidah penulisan!
9. Berdasarkan cerita anekdot dalam film yang kalian buat bersama kelompok kalian, tuliskan secara
singkat bagian:
a) Orientasi dalam cerita tersebut. c) Koda dalam cerita tersebut.
b) Reaksi dalam cerita tersebut. d) Abstrak dalam cerita tersebut.
10. Apa sajakah yang dinilai pada saat menceritakan anekdot di depan kelas?
“Sebaik-baiknya nilai, paling baik adalah nilai kejujuran”
*** Selamat mengerjakan ***
1. Kerjakan sesuai kode paket yang diperoleh dan dilarang melakukan
pergantian kode paket tanpa seizin guru mata pelajaran.
2. Soal boleh diacak sesuai dengan tingkat pemahaman. Jika tidak bisa
menjawab usahakan jangan dikosongkan agar tidak bernilai 0.
3. Coretan, tipe x, singkatan, salah tanda baca, dan ejaan akan
mengurangi nilai.
4. Terjadi kesamaan jawaban dengan peserta lain, maka bernilai 0,
meskipun jawaban tersebut benar.
1. Definisikan istilah-istilah di bawah ini!
a) laporan hasil observasi, ambigu, fiktif, krisis
b) fitur bahasa, latar belakang, teks anekdot, orientasi
c) ikhtisar, kohesif, koda, kelakar
d) menyunting, daftar pustaka, tamsil, reaksi
2. Tuliskan maksud dari pernyataan berikut ini!
a) Laporan hasil observasi ditulis dengan bahasa yang baku dan ilmiah.
b) Laporan hasil observasi lebih banyak menampilkan fakta daripada opini.
c) Laporan hasil observasi perlu dilakukan penyuntingan.
d) Laporan hasil observasi memiliki rumusan masalah yang jelas.
3. Tuliskan maksud dari pernyataan berikut ini!
a) Teks anekdot mengandung pernyataan sindiran secara alami.
b) Teks anekdot dekat dengan tradisi tamsil.
c) Teks anekdot terilhami dari kejadian nyata yang diprovokasi ke dalam bentuk
kelakar.
d) Teks anekdot bertujuan menghibur dan mengungkapkan suatu kebenaran secara
umum.
4. Tulislah contoh paragraf pembahasan minimal 5 baris dari hasil laporan
observasi yang berjudul:
a) Kedisiplinan Siswa di SMA BSI Palembang
b) Tingkat Keamanan Parkir di SMA BSI Palembang
c) Kebersihan Kelas di SMA BSI Palembang
d) Kelengkapan Fasilitas di SMA BSI Palembang
5. Tuliskan sebuah anekdot dengan tema bebas yang menyatakan bagian dari struktur:
a) abstrak dan orientasi
b) orientasi dan krisis
c) krisis dan reaksi
d) reaksi dan koda
6. Perhatikan dua teks di bawah ini!
TEKS LAPORAN NHASIL OBSERVASI
Berdasarkan hasil pengamatan di Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang, penulis menemukan adanya beragam flora dan fauna yang masih terawat baik di sana. Selain itu, kondisi kebersihan juga terlihat indah dan tertata rapi.
TEKS ANEKDOT
Gusdur menghampiri penjual itu sembari bertanya,
“Barang dagangan apa yang kau jual? Saya mendengar kalau beli satu bisa dapat dua.”
“Oh, anu Pak. Saya jualan sepatu,” jawab sang penjual dengan menyodorkan sepasang sepatu.
Berdasarkan dua contoh teks di atas, tuliskan dua perbedaan dan dua persamaan yang kamu temui dari kedua naskah tersebut!
7. Bacalah penggalan teks anekdot di bawah ini dengan seksama!
(1) tidak lama kemudian datang lah lima orang anak yg terlihat membawa sapu. (2) Mereka menyodorkan sapu tersebut kepada Nazarudin yang terlihatt sdg menagis?
(3) “Ambil sapuh yang kami pegang dengan tangann ini,” kata salah seorang anak kepada Nazarudin.
(4)“Lho, untuk apah sapu itu?” pinta Nazarudin dengan penuh penasaran! (5) Sambil menyerahkan sapu itu kepada Nazarudin, salah seorang anak berkata:
(6) “Untuk menghapus airmatamu. Kata ibu kami, kalo ada orang menangis, maka harus diusap dengan sapu dari tangan.”
Berdasarkan penggalan cerita anekdot di atas, suntinglah kesalahan dan kekeliruan penulisan pada kalimat ke:
a) (1) dan (2) b) (2) dan (3) c) (4) dan (5) d) (5) dan (6)
8. Tulislah sebuah teks anekdot dengan memperhatikan kelengkapan struktur dan kaidah penulisan!
9. Berdasarkan cerita anekdot dalam film yang kalian buat bersama kelompok kalian, tuliskan secara
singkat bagian:
a) Orientasi dalam cerita tersebut. c) Koda dalam cerita tersebut.
b) Reaksi dalam cerita tersebut. d) Abstrak dalam cerita tersebut.
10. Apa sajakah yang dinilai pada saat menceritakan anekdot di depan kelas?
“Sebaik-baiknya nilai, paling baik adalah nilai kejujuran”
*** Selamat mengerjakan ***
Komentar
Posting Komentar