Contoh RPP Teks Negosiasi Bahasa Indonesia Kelas X SMA
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Bina Sriwijaya Indonesia (BSI)Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Semester 2
Materi Pokok : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsive dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat negosiasi mengenai permaslahan sosial, lingkungan dan kebijakan.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
1. Menjelaskan kaidah teks negosiasi.
2. Menjelaskan struktur teks negosiasi.
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
1. Menentukan makna teks negosiasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca beberapa contoh teks negosiasi, mendiskusikannya dan berlatih siswa dapat:
1. Menjelaskan kaidah teks negosiasi.
2. Menjelaskan struktur teks negosiasi.
3. Menentukan makna teks negosiasi.
D. Materi Pokok
1. Kaidah negosiasi: a) melibatkan dua pihak atau lebih, b) kegiatan komunikasi tatap muka, c) mengandung konflik, d) menyelesaikannya melalui tawar menawar e) menyangkut suatu rencana e) berujung pada kata sepakat atau tidak sepakat.
2. Struktur negosiasi: a) pembukaan, b) isi, c) penutup
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi : Cooperative learning
3. Model : Discovery learning
4. Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan
F. Media/ Alat / Sumber belajar
1. Media : Media elektronik (internet), media cetak lainnya
2. Alat/Bahan : Papan tulis, teks negosiasi.
3. Sumber Belajar : 1. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Buku SiswaBahasa Indonesia Eksperesi dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Guru Bahasa Indonesia Eksperesi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
3. Buku Bahasa Indonesia, Erlangga, Engkos Kosasih.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
A. Pendahuluan • Siswa merespons salam dari guru dan menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan pelajaran yang lalu dan yang akan dipelajari.
• Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab dan cinta damai.
10 menit
B. Inti Mengamati:
• Siswa membaca contoh teks dialog negosiasi.
• Siswa secara berkelompok mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Menanya
• Siswa mempertanyakan struktur dan kaidah teks negosiasi yang dibaca.
• Siswa secara berkelompok membuat pertanyaan yang berhubungan dengan teks negosiasi.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari dan menemukanstruktur dan kaidah teks negosiasi.
• Menjelaskan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasi
• Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi dengan saling menghargai, bekerja sama dan bertanggung jawab.
Mengomunikasikan:
• Siswa mengkomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antar kelompok.
• Siswa menanggapi presentasi kelompok lain secara santun.
160 menit
Penutup Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru kemudian guru menyampaikan tugas-tugas untuk pertemuan berikutnya.
10 menit
H. Penilaian
1. Penilaian Proses
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama Tanggung
Jawab Santun Disiplin Menghargai
Orang Lain
1
2
3
Pedoman Penilaian
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka:
1. Sangat kurang 4. Baik Nilai Akhir Siswa
2. Kurang 5. Amat baik = Skor Capaian X 100%
3. Cukup Skor Maksimal
1. Penilaian Keterampilan
Analisis Struktur
Tahapan Kutipan Percakapan Penjelasan
a.
b.
c.
d.
e.
Analisis Kaidah
Aspek Deskripsi
1. Pihak yang terlibat
2. Bentuk Komunikasi
3. Jenis perselisihan
4. Bentuk adu tawar
5. Rencana-rencana ke depan
6. Akhir kesepakatan
Aspek yang dinilai:
Aspek Nilai (1 – 10) Penjelasan
a. Kelengkapan jawaban
b. Ketepatan isi laporan
c. Kejelasan Penyampaian
KOMENTAR
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
JUMLAH:
PENILAI:
3. Penilaian Pengetahuan
Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen penilaian Skor
Menjelaskan tiga struktur teks negosiasi Tertulis Isian Jelaskan tiga struktur teks negosiasi 30
Menjelaskan lima kaidah teks negosiasi Jelaskan lima kaidah teks negosiasi 50
Menjelaskan makna teks negosiasi Jelaskan makna teks negosiasi 20
Kunci Jawaban
1. Struktur negosiasi: a) pembukaan, b) isi, c) penutup
2. Kaidah negosiasi: a) melibatkan dua pihak atau lebih, b) kegiatan komunikasi tatap muka, c) mengandung konflik, d) menyelesaikannya melalui tawar menawar e) menyangkut suatu rencana e) berujung pada kata sepakat atau tidak sepakat.
Mengetahui/menyetujui Palembang, 20 Agustus 2014
Kepala SMA BSI Palembang, Guru Mata pelajaran,
Hj. Asmawaty, S.H., M.M. Alvian Kurniawan, S.Pd.
Sekolah : SMA Bina Sriwijaya Indonesia (BSI)Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : X / Semester 2
Materi Pokok : Seni Bernegosiasi dalam Kewirausahaan
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri anugerah Tuhan akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sesuai dengan kaidah dan konteks untuk mempersatukan bangsa.
1.2 Menunjukkan sikap tanggung jawab, peduli, responsive dan santun dalam menggunakan bahasa Indonesia untuk membuat negosiasi mengenai permaslahan sosial, lingkungan dan kebijakan.
3.1 Memahami struktur dan kaidah teks negosiasi baik melalui lisan maupun tulisan.
1. Menjelaskan kaidah teks negosiasi.
2. Menjelaskan struktur teks negosiasi.
4.1 Menginterpretasi makna teks negosiasi baik secara lisan maupun tulisan.
1. Menentukan makna teks negosiasi.
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah membaca beberapa contoh teks negosiasi, mendiskusikannya dan berlatih siswa dapat:
1. Menjelaskan kaidah teks negosiasi.
2. Menjelaskan struktur teks negosiasi.
3. Menentukan makna teks negosiasi.
D. Materi Pokok
1. Kaidah negosiasi: a) melibatkan dua pihak atau lebih, b) kegiatan komunikasi tatap muka, c) mengandung konflik, d) menyelesaikannya melalui tawar menawar e) menyangkut suatu rencana e) berujung pada kata sepakat atau tidak sepakat.
2. Struktur negosiasi: a) pembukaan, b) isi, c) penutup
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Scientifict learning
2. Strategi : Cooperative learning
3. Model : Discovery learning
4. Metode : Diskusi kelompok, Tanya jawab, dan penugasan
F. Media/ Alat / Sumber belajar
1. Media : Media elektronik (internet), media cetak lainnya
2. Alat/Bahan : Papan tulis, teks negosiasi.
3. Sumber Belajar : 1. Kementrian Pendidikan dan kebudayaan. Buku SiswaBahasa Indonesia Eksperesi dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
2. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Buku Guru Bahasa Indonesia Eksperesi Diri dan Akademik kelas X. Jakarta:Politeknik Negeri Media Kreatif.
3. Buku Bahasa Indonesia, Erlangga, Engkos Kosasih.
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan Deskripsi Alokasi Waktu
A. Pendahuluan • Siswa merespons salam dari guru dan menjawab pertanyaan guru berkaitan dengan pelajaran yang lalu dan yang akan dipelajari.
• Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, manfaat dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan.
• Siswa menerima pengarahan bahwa melalui tema pembelajaran ini agar dapat mengembangkan sikap santun, jujur, kerjasama, tanggung jawab dan cinta damai.
10 menit
B. Inti Mengamati:
• Siswa membaca contoh teks dialog negosiasi.
• Siswa secara berkelompok mencermati uraian yang berkaitan dengan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Menanya
• Siswa mempertanyakan struktur dan kaidah teks negosiasi yang dibaca.
• Siswa secara berkelompok membuat pertanyaan yang berhubungan dengan teks negosiasi.
Mengeksplorasi
• Siswa mencari dan menemukanstruktur dan kaidah teks negosiasi.
• Menjelaskan struktur dan kaidah teks negosiasi.
Mengasosiasi
• Siswa mendiskusikan dan menyimpulkan hasil temuan tentang struktur dan kaidah teks negosiasi dengan saling menghargai, bekerja sama dan bertanggung jawab.
Mengomunikasikan:
• Siswa mengkomunikasikan dan saling menilai kebenaran/ketepatan kesimpulan antar kelompok.
• Siswa menanggapi presentasi kelompok lain secara santun.
160 menit
Penutup Siswa melakukan refleksi dengan bimbingan guru kemudian guru menyampaikan tugas-tugas untuk pertemuan berikutnya.
10 menit
H. Penilaian
1. Penilaian Proses
Lembar Pengamatan Sikap
No
Nama Perilaku yang diamati pada proses pembelajaran
Kerjasama Tanggung
Jawab Santun Disiplin Menghargai
Orang Lain
1
2
3
Pedoman Penilaian
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s.d. 5
Penafsiran angka:
1. Sangat kurang 4. Baik Nilai Akhir Siswa
2. Kurang 5. Amat baik = Skor Capaian X 100%
3. Cukup Skor Maksimal
1. Penilaian Keterampilan
Analisis Struktur
Tahapan Kutipan Percakapan Penjelasan
a.
b.
c.
d.
e.
Analisis Kaidah
Aspek Deskripsi
1. Pihak yang terlibat
2. Bentuk Komunikasi
3. Jenis perselisihan
4. Bentuk adu tawar
5. Rencana-rencana ke depan
6. Akhir kesepakatan
Aspek yang dinilai:
Aspek Nilai (1 – 10) Penjelasan
a. Kelengkapan jawaban
b. Ketepatan isi laporan
c. Kejelasan Penyampaian
KOMENTAR
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
..................................................................................................
JUMLAH:
PENILAI:
3. Penilaian Pengetahuan
Indikator Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen penilaian Skor
Menjelaskan tiga struktur teks negosiasi Tertulis Isian Jelaskan tiga struktur teks negosiasi 30
Menjelaskan lima kaidah teks negosiasi Jelaskan lima kaidah teks negosiasi 50
Menjelaskan makna teks negosiasi Jelaskan makna teks negosiasi 20
Kunci Jawaban
1. Struktur negosiasi: a) pembukaan, b) isi, c) penutup
2. Kaidah negosiasi: a) melibatkan dua pihak atau lebih, b) kegiatan komunikasi tatap muka, c) mengandung konflik, d) menyelesaikannya melalui tawar menawar e) menyangkut suatu rencana e) berujung pada kata sepakat atau tidak sepakat.
Mengetahui/menyetujui Palembang, 20 Agustus 2014
Kepala SMA BSI Palembang, Guru Mata pelajaran,
Hj. Asmawaty, S.H., M.M. Alvian Kurniawan, S.Pd.
gimna itu soalnya manaDi saat#matani terbuka kini qu sadar dia tercipta bukan untk qu..namun untk dia..Di saat hati ni terluka n kecewa qu coba iklas..dn tersenyum..Di saat fikiran ni tertuju ny qu coba cri kesibukan..mencoba lupakan untk slama ny...Di saat qu mengais qu coba menghapus ny..waktu lh yg kn menjawab...Qu prcya setiap coban yg datg pda qu tu karna allah synk pda qu krna allah tau aq mampu melewati ny...#kebahagiyaan_pastikan_datang
BalasHapuspenilaian dalam kurikulum 2013 itu ada 2 yang pertama penilaian proses belajar dan kedua penilaian hasil belajar, lalu bagaimana contoh dari penilaian proses belajar itu sendiri? terimakasih.
BalasHapus