Soal Latihan Prediksi Ujian Nasional (UN) Mapel Bahasa Indonesia Kelas 9 SMP Oleh: Alvian Kurniawan, S.Pd.

Model Soal Prediksi UN SMP 2014 Berdasarkan SKL Kemedikbud

Mengidentifikasi Isi dan Bagian
Suatu Teks

Bacalah berita di bawah ini dengan
seksama!

1.786 Siswa Tidak Lulus UN Bahasa Indonesia

JAKARTA, Kegagalan siswa dalam ujian nasional (UN) SMA/MA 2011 ternyata masih disebabkan ketidaklulusan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Angka ketidaklulusan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk kedua tertinggi setelah Matematika.
Untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, jumlah siswa yang tidak lulus atau memiliki nilai di bawah angka empat sebanyak 1.786 (38,43 persen). Sedangkan, total siswa yang tidak lulus mata pelajaran matematika sebanyak 2.391 (51,44 persen). Untuk mata pelajaran bahasa Inggris, jumlah siswa yang tidak lulus justru relatif sedikit yaitu sebanyak 152 (3,2 persen).
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramly mengatakan faktor penyebab ketidaklulusan siswa untuk mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan minimnya kemampuan siswa untuk memahami bacaan.
“Kebiasaan siswa untuk membaca artikel panjang kemudian mendapatkan maknanya masih kurang. Soal bahasa Indonesia banyak diawali bacaan sehingga pertanyaan yang muncul terkait bacaan,” kata Mansyur kepada wartawan dalam konferensi pers terkait hasil UN di kantor Kemdiknas, Jakarta, Jumat (20/5).
Angka ketidaklulusan tertinggi untuk mata pelajaran bahasa Indonesia berada di Aceh sebanyak 611 siswa. Daerah lainnya yang tinggi angka ketidaklulusan bahasa Indonesia adalah Sumatera Barat (262 siswa), Jawa Timur (258 siswa), Sumatera Utara (152 siswa), Nusa Tenggara Barat (103 siswa) dan Sulawesi Selatan (99 siswa). Untuk mata pelajaran matematika, angka ketidaklulusan tertinggi berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu sebanyak 357 siswa. Daerah lain yang tinggi angka ketidaklulusan mapel matematika adalah Jawa Tengah (266 siswa), Sumatera Barat (250 siswa), Sulawesi Tenggara (141 siswa), dan Sulawesi Tengah (139 siswa).
Terkait hal itu, Mansyur membantah ketidaklulusan siswa dalam Bahasa Indonesia disebabkan materi yang sulit. Menurutnya, ketidaklulusan juga dikarenakan siswa terburu-buru atau kurang cermat saat mengerjakan soal. Dia berharap guru bahasa Indonesia lebih banyak melatih siswa untuk memahami makna dari bacaan.
“Di Amerika Serikat ada pelajaran membaca cepat (speed reading) artinya supaya anak juga dilatih cepat memahami konteks bacaan. Para guru bahasa Indonesia perlu melatih siswa kita untuk belajar membaca cepat seperti itu,” ujarnya.

Dikutip dari: koran Suara
Pembaharuan edisi 20 Mei
2011

1. Pernyataan yangtidak salah dari berita di
atas adalah, kecuali ...
a. Untuk mata pelajaran matematika, jumlah siswa yang tidak lulus atau memiliki nilai di bawah angka empat sebanyak 2.391 (51,44%). Sedangkan, total siswa yang tidak lulus mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 1.786 (38,43%).
b. Mansyur menyatakan ketidaksependapatannya bahwa ketidaklulusan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan materi yang tidak mudah. Menurutnya, faktor kegagalan itu juga disebabkan siswa terburu-buru atau kurang cermat saat mengerjakan soal.
c. Di Amerika Serikat ada pelajaran membaca cepat (speed reading) artinya supaya guru juga dilatih cepat memahami konteks bacaan. Para guru bahasa Indonesia perlu melatih dirinya kita untuk belajar membaca cepat.
d. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Mansyur Ramly mengatakan faktor penyebab kegagalan siswa untuk mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan kurangnya kemampuan siswa untuk memahami bacaan.

***

Menentukan Persamaan Isi Berita

2. Teks 1

Pengamat penerbangan Chappy Hakim menilai kasus hilangnya pesawat Boeing 737 seri 400 milik maskapai Adam Air bisa disebabkan faktor teknis dan nonteknis. Faktor tersebut bisa karena kurangnya maintenance dari maskapai penerbangan tersebut sampai diabaikannya beberapa aturan dan regulasi mengenai penerbangan sipil karena tidak ada sanksi tegas regulator.

Teks 2

Kepala Staf TNI AU (KSAU) Marsekal TNI Herman Prayitno menyebut tiga faktor penyebab hilangnya Adam Air, yaitu lemahnya manajemen, tidak dimilikinya alat pendeteksi, serta kelalaian manusia. “Kesalahan di manajemen bisa menyebabkan kesalahan manusia, engine, dan cuaca. Karena itu, 70% dominan faktor manusianya, jadi tidak bisa 100% menyalahkan alat-alat yang dianggap kurang akurat,” ujarnya di Jakarta kemarin.

Kesamaan informasi yang dibahas dalam kedua teks tersebut adalah . . . .
a. Penyebab hilangnya pesawat Adam
Air
b. Jumlah korban kecelakaan pesawat
c. Tiga faktor penyebab kecelakaan
pesawat
d. Dua faktor penyebab kecelakaan
Adam Air.

***

Menentukan Perbedaan
Penyajian Berita

3. Teks Berita 1
Lima penumpang tewas dalam kecelakaan kereta api ekonomi Bengawan jurusan solo- Tanah Abang. Peristiwa itu terjadi Selasa (16/1) pukul 00.06. Akibat peristiwa itu perjalanan kereta api terganggu.

Teks Berita 2
Selasa (16/1) dini hari terjadi kecelakaan kereta api di dusun Gununglurah, Rancamaya, Banyumas. Kereta api ekonomi Bengawan jurusan Solo- Tanah Abang terguling di jembatan rel sungai Pager. Lima penumpang tewas dan lebih dari 100 orang luka-luka.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah ....

Teksberita 1 Teksberita 2
A mengapa-apa-kapan berapa-apa-kapan
B mengapa-apa-bagaimana berapa-siapa-kapan
C berapa-kapan-bagaimana kapan-apa-berapa
D berapa-siapa-bagaimana kapan-bagaimana-berapa


***

Mengidentifikasi Isi Teks Biografi/ Iklan
4. Chairil Anwar
Chairil Anwar dilahirkan di Medan, 26 Juli 1922. Diadibesarkandalamkeluarga yang cukupberantakan.Keduaibubapaknyabercerai, danayahnyamenikahlagi.Selepasperceraianitu, saathabis SMA, Chairilmengikutibunyake Jakarta.Semasakecil di Medan, Chairilsangatrapatdenganneneknya.Keakrabaninibegitumemberikesan.
Dalamhidupnya yang amatjarangberduka, salahsatukepedihanterhebatadalahsaatneneknyameninggaldunia.Chairilmelukiskankedukaanitudalamsajak yang luarbiasapedih.Bukankematianbenar yang menusukkalbu/ Keridhaanmumenerimasegalatiba/ Takkutahusetinggiituatasdebu/ Dan dukamahatuanbertahta. Sesudahnenek, ibuadalahwanitakedua yang paling Chairil puja.Diabahkanterbiasamembilangnamaayahnya, Tulus, di depan sang Ibu, sebagaitandamenyebelahinasibsiibu. Dan di depanibunya, Chairilacapkalikehilangansisinya yang liar. BeberapapuisiChairiljugamenunjukkankecintaannyapadaibunya.
Hal penting yang diperoleh dari biografi di atas adalah...
a. Penyebab kematian Chairil Anwar.
b. Sikap Chairil kepada ibu tirinya.
c. Kehidupan Chairil Anwar sewaktu
kecil.
d. Kehidupan Chairil Anwar semasa
orang tuanya belum bercerai.

5.Perhatikanlahiklanberikut!
Lowongan
Dicari guru privat SMP umurmaksimal 30 tahun.LamarandatanglangsungkeWanawasa Regency, JalanLetjenSutoyo – Kupang.
Jikaiklan di atasdijadikaniklanbarisakanmenjadi ... .
a.




b.




c.




d.



***

Menentukan kalimat fakta/
opini dalam teks iklan

6. Perhatikan iklan di bawah ini!

TOKO SEPATU “MEGA LESTARI”

Menyediakan beragam jenis sepatu dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau dan diskon hingga 50%

Hubungi:
Jalan Lidah Buaya 4 Kecamatan Kelinci Kota Palembang. Telp (0711) 123456

Kalimat opini pada teks iklan di atas adalah ...
a. Toko sepatu “Mega Lestari”
b. Menyediakan beragam jenis sepatu dengan kualitas tinggi dan harga terjangkau.
c. Diskon hingga 50%.
d. Hubungi:Jalan Lidah Buaya 4 Kecamatan Kelinci Kota Palembang. Telp (0711) 123456.
7.
Kalimatberikut yang merupakanfaktaiklan di atasadalah… .
a. Cuma Rp10.000,00bisadapatratusan SMS murah.
b. Tarifduamenitpertamake operator lainadalah Rp10 per detik.
c. JanganCumanelpon, SMS jugadong pakekartu Fast.
d. Nelpondan SMS pakekartu Fast samamurahnya.

***

Menyimpulkan Isi Paragraf

8. Kita menjilma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi punya kepekaan untuk melihat hal-hal diluar diri kita sendiri. Kita hanya peduli pada diri sendiri atau golongan sendiri. Kita menjadi makluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. Contoh dapat kita lihat diperumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi, dan tertutup rapat, menutup pintu buat orang di luar diri mereka. Jadi, tanpa sadar kita pun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas antara kau dan aku.
Kalimat kesimpulan paragraf tersebut adalah...
a. Kita menjilma sebagai mesin dari
sebuah siklus, tidak mempunyai
kepekaan.
b. Kita hanya peduli pada diri sendiri atau peduli pada golongan sendiri.
c. Kita menjadi makhluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan.
d. Kita terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri

***.

Mengidentifikasi Isi Grafik, Tabel, Bagan, Denah

9. Perhatikan gambar!

















Simpulan grafik tersebut adalah....
a. Giro masyarakat bulan Januari berada pada posisi paling rendah.
b. Posisi giro masyarakat mengalami penurunan pada bulan April.
c. Giro masyarakat mengalami peningkatan sekitar 2 miliar rupiah dari bulan Maret.
d. Posisi giro masyarakat mengalami peningkatan tajam pada bulan Mei.

10. PerhatikanTabel di bawahini !

Data tinggisiswaKelas 8 SMP Mawar
No Nama Tinggi No Nama Tinggi
1. Ade 157cm 6. Cipta 171cm
2. Ilham 164cm 7. Arfi 152cm
3. Deri 165cm 8. Dirgo 168cm
4. Fatimah 155cm 9. Meli 158cm
5. Roberta 152cm 10. Jalu 170cm

Pernyataan yang sesuaidengantabel di atasadalah …
a. Ada duasiswa yang mempunyaitinggi
badan yang sama.
b. Ademempunyaitinggibadan yang le-
bihtinggidari Roberta, ArfidanMeli.
c. IlhamlebihpendekdaripadaDeri.Na-
mun,iajauhlebihtinggidaripadaDirgo
d. Jalu, Fatimah, DeridanCiptaadalah
siswayang mempunyaitinggibadan
lebihdari170cm.

11. Perhatikan bagan di bawah ini!


Pernyataan yang tepat dari bagan di atas adalah....
a. Bendahara, sekretaris dan semua
anggota OSIS berkedudukan sama.
b. Seksi bidang dibagi menjadi empat,
yaitu sekbid Olah raga, keagamaan,
Bela negara dan Budaya.
c. Ketua OSIS merupakan jabatan
tertinggi.
d. Anggota OSIS berhubungan dengan
seksi bidang.

12. Perhatikan denah di bawah ini!

Pernyataan yang tepat berdasarkan denah di atas adalah ....
a. SMAN 1 Kediri bersebelahan dengan SMAN 2 Kediri yang hanya dipisahkan dengan Jalan Mastrip.
b. Perempatan Sukorame terletak diantara Jalan Kawi, Veteran dan Mastrip.
c. SMAN 5 Kediri terletak paling barat dalam denah tersebut.
d. Jalan Mastrip terletak di sebelah utara Jalan Veteran.

***

Mengidentifikasi
Unsur Intrinsik Puisi
.
13. Isa

Oleh :Chairil Anwar

Itutubuh
Mengucurdarah
Mengucurdarah
Rubuh
Patah
MendamparTanya :akusalah?
Kulihattubuhmengucurdarah
Akuberkacadalamdarah
Terbayangterang di matamasa
Bertukarrupainisegera
Mengantupluka
Akubersuka
Itutubuh
Mengucurdarah
Mengucurdarah
Citraanapakah yang dominanterdapatpadapuisidiatas?
a. Pendengaran c. penciuman
b. Perasa d. Penglihatan

***

Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek/ Cerita Anak


14. …..
Karen dan Jeffrey bergerak dengan mulus ke kerumunan para tamu. Suasananya menabjubkan, sukar dipercaya. Semua orang menyapanya. Ia benar-benar Cinderella di pesta dansa ini. Setelah menghabiskan sebagian besar dalam hidupnya dengan membanting tulang di studio, maka malam ini ia mendapatkan imbalan serta pengakuan atas hasil karyanya.
…..
(Dikutip dari : Setelah Cinta Pergi, Olivia Goldsmith, Gramedia, 2000)
Alur cerita dari kutipan novel remaja di atas adalah …
a.Campuran c. mundur
b.Maju d. lurus

15. Disuatu negri, hiduplah seorang pangeran yang tampan rupawan. Masyarakat banyak sekali yang menyukai ketampanannya itu.Pangeran tersebut mempunyai kebiasaan untuk selalu berkaca.
Pada suatu ketika, pangeran tidak pernah lagi keluar kamar, kerjaannya hanya makan, tidur dan membaca buku saja di kamar. Sehingga terkejutlah ia saat melihat dirinya dicermin yang semakin gemuk dan tembam.
Perihal itu, diceritakan oleh pangeran kepada penasihat. Lalu penasihat berkata,
“Oh pangeran, sebenarnya seluruh cermin di negeri ini adalah cermin kebohongan. Mereka iri kepada pangeran. Sehingga mereka tak mau menampakkan wajah asli pangeran. Namun, ada 1 buah cermin kejujuran didunia ini. Hanya saja pangeran harus mendapatkannya dengan berjalan kaki selama 7 hari, 7 jam, 7 menit dan 7 detik untuk mendaki gunung dibelakang negeri ini”
Akhirnya, berangkatlah pangeran mendaki gunung tersebut dengan berjalan kaki. Sesampainya di puncak gunung ia menemukan cermin yang dimaksud. Lantas bergegaslah pangeran menunjukkannya kepada penasihat.
“Wahai penasihat, lihatlah. Mukaku kembali seperti biasanya. Pipiku tak lagi tembam dan aku kelihatan lebih segar. Ini adalah cermin kejujuran. Terima kasih penasihat.”
Penasihat hanya tersenyum. Dalam batinnya ia berkata, “Pangeran, sebenarnya didunia ini tidaklah ada cermin kejujuran atau kebohongan. Jelaslah pangeran kelihatan lebih segar dan proporsional. Hal ini dikarenakan pangeran sudah berolahraga 7hari, 7malam, 7jam, 7 menit dan 7 detik.

Pesan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dari dongeng di atas adalah …
a. Kita tidak boleh makan, tidur dan baca buku saja.
b. Untuk kelihatan sehat dan segar kita harus berolahraga.
c. Kegiatan bercermin merupakan hobiyang disukai oleh beberapa orang.
d. Dalam menghadapi suatu masalah, kita harus selalu berkonsultasi dengan orang-orang yang lebih mengerti.

***

Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel

16. Bacalah ke dua teks penggalan novel 20-30an di bawah ini!

Novel 1
“Jadi kau cela ajaran itu?” tanya Saniah dengan tajam. “Tidak, melainkan aku menatapnya suatu kejadian. Tentu saja maksud bunda sesuai dengan maksudku sekarang terhadap kepada anak-anak itu: menjadikan dia tangkas. Akan tetapi, agak berlainan jalan; dalam hatiku telah terbit suatu pikiran, bahwa kita harus memberi kebebasan sedikit kepada anak-anak, supaya mereka itu tahu hidup sendiri kelak.

Novel 2
Ketika Baginda Sulaiman mengalami kebangkrutan, Siti Nurbaya tak menolak dijadikan pengganti hutang ayahnya kepada Datuk Maringgih. Dia sangat mencintai ayahnya. Dia harus bersedia dikawinkan dengan Datuk Maringgih yang tidak ia cintai.

Perbedaan karakteristik dari dua penggalan novel di atas adalah ....
No. Novel 1 Novel 2
a. Tokoh pertama nampak pada penggalan novel ini. Tokoh ketiga lebih nampak dibandingkan tokoh pertama.

b. Tema berkisar pertentangan anak dengan orang tuanya.
Tema berkisar tentang kawin paksa.
c. Masalah batin yang diangkat dalam cerita ini.
Masalah fisik yang diangkat dalam cerita ini.
d. Unsur kedaerahan lebih nampak.
Unsur modernisasi lebih nampak.

***

Mengidentifikasi
Unsur Intrinsik Drama

17. Roro : “Kurasa tidak ada gunanya kita protes. Kita sudah kalah. Bagi kita, Kepala Sekolah kita bukan guru lagi, bukan pendidik. Ia berlagak penguasa.”
Reni : “Itu tafsiranmu, Ro. Menurut dia tindakannya itu mendidik.”
Aman : “Mendidik, tapi mendidik
pemberontak. Bukan
mendidik anaknya sendiri.
Gila.”
Kusni : “Masak begitu?”
Aman : “Kalau mendidik anaknya
sendiri bukan begitu
caranya.”
Kusni : “Tentu saja tidak. Ia bertindak dengan caranya sendiri.”
Aman : “Sudahlah! kalau menurut aku sebaiknya kita protes diam. Kita mogok, nanti, kalau sekolah kita tutup tahun, kita semua diam.”

Watak tokoh Reni dalam kutipan naskah drama tersebut adalah...
a. Pamarah
b. Penyabar
c. Pendendam
d. Pemikir

***

Menulis Catatan Pengalaman
pada Buku Harian

18. Senin 31 Desember 2001 di alun-alun kota, pukul 22.00 bersama ayah, ibu dan adik-adikku, aku menyaksikan anak-anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota merayakan kegembiraan di tahun baru. Aku tak tertarik dengan hal-hal seperti itu.
Kalimat yang tepat ditulis dalam buku harian adalah....
a. Senin, 31 Desember 2001 di alun-alun aku, ayah, ibu dan adik-adikku menyaksikan anak seusiaku berboncengan sepeda motor berkeliling kota. Ah, aku tak tertarik.
b. Senin pukul 22.00 aku, ayah,ibu dan adik-adikku di alun-alun, menyaksikan anak-anak berboncengan sepeda motor. Biarlah bersenang-senang.
c. Senin, 31 Desember 2001 di alun-alun kota aku berkeliling naik sepeda mootor. Alangkah senangnya kami.
d. Pada hari Senin, 31 Desember aku dan keluarga berada di alun-alun kota mengelilingi alun-alun sepanjang malam. Ah, bahagianya

***

Menulis pesan singkat
sesuai konteks

19. Kepala sekolah akan menghadiri rapat di Diknas. Beliau menulis memo yang ditujukan kepada wakil kepala sekolah. Isi memo yang tepat sesuai ilustrasi tersebut adalah ….
a. Bapak segera datang ke sekolah karena kiriman buku paket yang dipesan sudah datang.
b. Bapak dimohon bersiap-siap sekarang juga untuk menghadiri rapat.
c. Bapak Armanto, tolong perhatikan keadaan sekolah sampai jam pelajaran sekolah berakhir.
d. Kehadiran Bapak di sekolah kami harapkan. Ada masalah yang sangat penting untuk kita bahas.

***

Menulis Rangkuman

20. Aku menonton sebulan sekali di gedung bioskop kalau kebetulan ada uang. Aku juga menonton film atau sinetron di televisi kalau ada yang bagus. Kalau tidak, kugunakan untuk belajar. Televisi bagiku tidak menggangu karena aku dapat membagi waktuku, kapan menonton dan kapan tidak.
Rangkuman yang tepat dari paragaf tersebut adalah….
a. Aku menonton film dan sinetron yang tak pernah menganggu waktu belajar adalah hidupku.
b. Aku menonton film di bioskop dan sinetron di televisi di luar kesibukan belajarku
c. Film dan sinetron bagiku merupakan hiburan tersendiri disaat pikiranku kalut
d. Film dan sinetron bagiku tidak pernah menganggu kegiatan belajarku

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah