Materi dan Contoh Soal Tentang Teks Ulasan Bahasa Indonesia Kelas 8 SMP

BAB V
Teks Ulasan


1. Memahami dan Menangkap Makna Kebudayaan yang Penuh Dengan Makna
A. Pengantar Teks Ulasan
Perkembangan teknologi sungguh pesat. Banyak informasi yang kita peroleh dari beragam media. Bukan hanya dari radio dan televisi. Arus internet pun sekarang sudah meluas di kalangan masyarakat.
Setiap ulasan yang muncul mengabarkan tentang persoalan masyarakat yang menjadi konsumsi umum. Sehingga, akan munculah beragam tanggapan-tanggapan yang dapat disampaikan di berbagai media sosial. Salah satu tanggapan tersebut adalah ulasan.

B. Memahami dan Menangkap Makna Teks Ulasan
Telah dibahas pada subbab sebelumnya bahwa ulasan merupakan suatu kupasan, tafsiran, atau komentar terhadap sesuatu. Ulasan dapat kita berikan pada beragam objek, seperti: ulasan tentang tajuk rencana di surat kabar, ulasan kekurangan dan kelebihan buku disebut resensi, ulasan film dan sebagainya.

Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan setiap contoh teks ulasan berikut ini!
• Tajuk Rencana
Tajuk rencana merupakan artikel pokok dalam suatu surat kabar yang berisi tentang pandanganredaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada saat surat kabar itu diterbitkan. Tajuk rencana jugadikenalmasyarakatdenganberbagainama, dintaranya:mahkotasuratkabar, leader, indukkarangan dan editorial.
. Fungsi tajukrencana sangat banyak, diantaranyayaitu:menjelaskanberita, mengisilatarbelakang, meramalkanmasadepan, merumuskansuatupenilaian moral dan lain-lain. Selain fungsi, editorial yang baikharuslahmempunyaisifat-sifat dibawahini, yaitu:
1. Informatif : Mampumemberikaninformasi.
2. Eksposisi : Memaparkanataumenjelaskan.
3. Argumentatif : Memberikanalasan-alasan.
4. Persuasif : Memberikanpengaruh.
5. Entertaint : Untukmemberikanhiburan.
6Evaluating : Memberikanpenilaianterhadapmasalah yang dikupas.
Karenatajuk rencanamerupakantulisanberopinidanmemerlukananalisis yang sangatmendalam, maka editorial harusbisaditulisolehseorangeditor (penulis editorial) yang mempunyaisyarat seperti: berpengengetahuanluas, bersifatobjektif, tidakmempunyaiprasangkaburuk dan mampumemberikanargumentasi yang meyakinkan.
Adapun ciri-ciri tajuk rencana adalah sebagai berikut.
1. Mengandung ulasan suatu masalah yang diperbincangkan.
2. Berisi pendapat atau opini redaksi tentang kejadian-kejadian aktual.
3. Bersifat subjektif dari buah pemikiran redaksi.
4. Biasanya bersifat nasional.
Aspek-aspek yang menjadi fokus dalam tajuk rencana, yaitu: judul, latar belakang masalah, tokoh, masalah, peristiwa yang disampaikan, opini penulis, saran dan solusi, kesimpulan, sumber berita dan anggota redaksi.

• Resensi
Resensibukumemilikibanyakistilahantara lain: ulasanbuku, bedahbuku, timbanganbuku, tinjauanbuku. Resensimerupakankegiatanpenilaianatauulasanterhadapbukuatausuatukarya, ataumemberikansuatugambarankepadaakhalayakmengenaiisi, kelebihandankelemahanbukuataukaryasastra.
Penilaianbukuharusdilakukansecaraobjektif, tidakbolehsubjektif.Maksudpenilaianobjektifadalahpenilaian yang dilakukansecarajujuratasbuku yang kitabaca.Adapunpenilaiansubjektifadalahpenilaian yang tidakberdasarkannilaibuku yang kitabaca.Misalnya, karenapenulisannyaadalahtokohatauartisidolakitamakakitanilaibaik, walaupunbelumtentubaik; ataukitamengatakanbaik, tetapitidakmempunyaialasankebaikannya.
Dalam hal ini, tugasseorangpenulisresensiadalahmemberikangambarankepadapembacamengenaisuatukarya yang diresensinyaapakahkaryatersebutperlumendapatsambutanatautidak. Jadi, seorangpenulisresensi yang baiksangatmembantupembacadalammenentukanpilihan.Selainitu, penulisresensijugamembantupenerbitataupengaranguntukmemperkenalkansuatukarya.
Menulis resensi haruslah berstruktur. Agar berstruktur, peresensi harus melakukan langkah-langkah. Adapunlangkah-langkahmenulisresensibukuadalahsebagiberikut.
a. Mencaridanmenentukanbuku yang akandiresensi.
b. Membacabukuitudenganseksama.
c. Mengidentifikasiataumenandaibagian-bagianbuku yang dirasamenarikdanmenjadikelebihannyamaupunkekurangannnya.
d. Membuatikhtisardanmencatatisibukusecaragarisbesar.
e. Menuliskanpendapatpribadisebagaitanggapanataupenilaianatasisibuku.
f. Memadukanikhtisardantanggapanpribadimenjadisebuahtulisan yang utuh.
g. Menuliskan data-data terbitandanfisikbuku.
Selain langkah-langkah di atas, Peresensi juga harus mengetahui hal-hal yang harus diungkapkan dalam meresensi buku. Berikuthal-hal yang perludiungkapkandalamresensibuku:
1) Identitasbuku, yang meliputi:
a. judul
b. namapengarang
c. kotadannamapenerbit
d. tahunatauedisipenerbitan
e. tebalbuku
2) Isi buku yang pentingataumenarik
3) Bahasapengarang
4) Keunggulan
5) Kelemahan
6) Kesimpulandan saran-saran

C. Mengidentifikasi Kekurangan dan Meringkas Teks Ulasan
Tidak ada sebuah tek yang sempurna. Setiap teks ulasan pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk itu, kita diminta untuk dapat mengidentifikasi kekurangan dari teks ulasan yang kita baca.
Adapun langkah-langkah yang harus kita perhatikan saat ingin menemukan kekurangan dan kelebihan teks ulasan adalah sebagai berikut.
1) Bacalah secara seksama teks ulasan tersebut.
2) Perhatikan kelengkapan bagian atau struktur teks ulasan dan isinya.
3) Temukan unsur-unsur yang mendukung kelengkapan struktur teks dan isinya.
4) Perhatikan bahasa yang digunakan dalam teks ulasan.
5) Temukan unsur-unsur yang tidak mendukung kelengkapan teks ulasan.
Setelah kamu dapat mengidentifikasi teks ulasan, pastinya kemampuanmu untuk mengenal teks ulasan semakin bertambah. Maka, tugasmu selanjutnya adalah untuk dapat meringkas teks ulasan tersebut. Meringkas merupakan salah satu upaya untuk memahami teks dengan cara membaca keseluruhan teks dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Tujuan dari kegiatan meringkas ini adalah untuk memberikan apresiasiterhadap kreativitas sang penulis.
Adapun langkah-langkah untuk meringkas teks ulasan, adalah sebagi berikut.
1) Membaca teks ulasan secara keseluruhan.
2) Mengidentifikasi inti sari teks teersebut.

Contoh Teks Ulasan:

Tajuk Rencana

China Segera Menjadi Nomor Dua

Jika disandingkan, dinamika perekonomian AS dan China sebagai dua negara raksasa terlihat kontras di tengah krisis keuangan global saat ini. Perekonomian AS lesu, sementara China bergairah. Kegairahan China semakin mengesankan karena hampir dipastikan akhir ini China akan mengambil alih posisi Jepang sebagai kekuatan ekonomi terbesar kedua di dunia. Sebaliknya AS sebagai kekuatan ekonomi nomor satu dunia sedang kerepotan oleh kesulitan ekonomi yang berawal dari krisis keuangan. Upaya melepaskan diri dari krisis semakin sulit karena defisit anggaran sampai di atas satu triliun dolar AS.
Sebagai masalah mendesak, persoalan defisit anggaran dan defisit perdagangan dengan China dijadikan topik pembicaraan AS-China selama dua hari awal pekan ini di Washington. Hingga Mei 2009, defisit AS dalam perdangan dengan China mencapai 84,6 milyar dolar AS, sementara tahun 2008 mencapai 268 milyar dolar AS. Kondisi perekonomian AS dan banyak negara lainnya berada dalam kesulitan sebagai dampak krisis keuangan global yang berawal dari AS. Sebaliknya perekonomian China terus tumbuh. Tanda-tanda China menjadi raksasa ekonomi menjadi semakin jelas.
Sudah muncul perkiraan, mungkin tidak sampai 50 tahun lagi China akan menjadi kekuatan ekonomi nomor satu dunia, menggeser AS. Jika perkiraan ini benar, sejarah kesuksesan China seperti berulang. Pernah disinggung, China pada awal abad ke-19 merupakan raksasa ekonomi nomor satu dunia. Menurut perkiraan, tahun 1820 China menguasai sekitar 29 persen perekonomian global, sedangkan nomor dua diduduki India sekitar 16 persen.
Tanda-tanda India meraih kembali posisi nomor dua itu juga mulai kelihatan. Dinamika pembangunan perekonomian India tidak kalah gairahnya dengan China. Kedua negara Asia itu menjadi bagian dari sangat sedikit negara di dunia yang mampu menjaga pertumbuhan di tengah krisis ekonomi global yang merupakan terburuk sejak depresi ekonomi dunia tahun 1930-an.
Para pengamat cenderung berpendapat, China dapat menjadi lokomotif yang dapt menarik negara lain keluar dari krisis, antara lain karena mampu menjaga pertumbuhan ekonomi sekitar 7 persen dan sukses menjalankan paket stimulus. Sudah terbayang, setelah krisis berlalu, China akan lebih melaju lagi karena sudah tersedia infrastruktur yang dibangun selama krisis dengan paket stimulus 586 milyar dollar AS.
Sementara AS masih kelimpungan oleh defisit anggaran yang tinggi dan juga karena paket stimulus ekonomi 787 milyar dollar AS, yang disetujui Kongres bulan Februari lalu tidak begitu lancar. Kemampuan AS segera keluar dari krisis akan besar pengaruhnya bagi dunia untuk terlepas dari jebakan krisis yang lebih rumit.

Sumber : Kompas, 28 Juli 2008


Resensi
MENCARI JATI DIRI



JudulBuku : MendapatHidayah
Penulis : Abdullah bin Abdul Aziz Al-Aidan
JumlahHalaman : 95 halaman




Hidup adalah sebuah perjuangan. Mengapa dikatakan perjuangan? Karena hidup tak bisa lepas dari suatu halangan dan rintangan. Kedua hal tersebut tentunya tidak bisa kita hindarkan dari kehidupan kita. Hanya saja, halangan dan rintangan akan menjadikan kita pribadi yang tangguh apabila kita dapat melewatinya dengan niat dan usaha. Tapi yang menjadi kendala saat ini adalah kemauan kita. Sering sekali kita ingin merubah pribadi kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun, keinginan itu sering sekali hanya berlangsung sebentar dan ternyata kita masih saja kembali pada kepribadian yang lama. Lantas, apakah kita sudah dapat melewati rintangan dan halangan hidup dengan baik? apakah kepribadian kita sudah berubah menjadi baik atau malah justru sebaliknya? Dari sanalah, bukuiniakanmenjawabnya.
DalambukuinidikisahkanseorangYasir yang beberapaakhirinimengalamikegundahan yang teramatmendalam. Saatituiamengalamiketertekanan mental yang takterbendung. Iamerasakandosa yang telahmemperbudakcatatankeimanannyaselamaini. Diseladarikebingungannyaitulah. Iaberkomunikasidengandirinya. Iainginbenar-benarinsyaf. Hinggaakhirnya, iaberfikirakanmenemuitemanlamanya Ibrahim yang merupakanmuslim yang taat. Setelahituiamenemuisahabatlamanyaitugunamencaripencerahandarimasalah yang iatanggungsaatitu. Selama 6 pertemuaniabelajarbersamatemannyatersebut.
Dalam penjabarannya, buku ini cenderung berisi tentang nilai-nilai pendidikan, agama, dan moral yang baik. Buku ini berusaha untuk mengajak pembacanya agar dapat lebih mengenal dirinya sendiri untuk dapat melawan halangan dan rintangan hidup. Buku ini disajikan dalam bentuk cerita. Sehingga, pembaca seolah dibuat sebagai tokoh yang sedang menerima nasihat-nasihat dari temannya secara langsung. Pengembangan pola bahasa yang dipergunakan dalam buku ini cukup sederhana, namun tidak mengurangi unsur rasionalisme. Buku ini juga dilengkapi dengan kutipan hadist dan ayat-ayat yang dapat menjadikan pembaca semakin percaya dengan hal yang dikemukakan oleh penulis.
Hanya saja, ada beberapa hal-hal yang sepertinya menjadi kelemahan penulis dalam memaparkan cerita. Buku ini disajikan oleh penulis per babak. Maksudnya, pada saat penceritaan di salah satu babakk sedang memuncak, tiba-tiba penulis mengakhiri babak tersebut dengan uraian yang menjelaskan bahwa jawaban tersebut akan ditemukan pada bagian selanjutnya. Jelas hal ini menyebabkan pembaca kurang puas karena harus melanjutkan lagi rasa penasarannya pada bagian selanjutnya yang terlebih dahulu diawali oleh cerita pengantar.
Namun, terlepas dari faktor kelebihan dan kekurangan buku tersebut. Rasanya kurang lengkap apabila kita tidak membaca buku ini secara langsung. Buku ini sangat menarik untuk kita baca sebagai arahan buat kita agar menjadi pribadi yang baik yang dapat melalui halangan dan rintangan kehidupan dengan sebaik-baiknya.

Oleh: Alvian Kurniawan


Contoh Soal:
1. (1) penafsiran
(2) simpulan
(3) judul
(4) gambaran umum
(5) penilaian
Urutan yang tepat untuk menyusun teks ulasan sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat adalah ...
a. (3), (4), (5), (1), (2).
b. (3), (5), (4), (1), (2).
c. (3), (4), (5), (2), (1).
d. (3), (5), (4), (2), (1).
Jawaban : A
Pembahasan :
Secara umum teks ulasan menggunakan struktur isi sebagai berikut.
(3) Judul yang berfungsi untuk mengerakan pikiran si pembaca untuk mengetahui
gambaran umum yang akan dibahas.
(4) Gambaran umum yang berfungsi untuk memaparkan karya benda yang akan diulas
secara umum kepada si pembaca.
(5) Penilaian yang berfungsi untuk menjelaskan penilaian pengulas terhadap kelebihan
atau kekurangan buku yang diulas serta dilengkapi dengan bukti yang kuat.
(1) Penafsiran adalah suatu pandangan penulis terhadap karya atau benda yang diulas.
(2) Simpulan adalah pernyataan inti yang menyangkut ulasan keseluruhan yang
disampaikan secara singkat.

2. Judulbuku yyang di resensi pada contoh diatas adalah...
a. Mendapat Hidayah c. Hidayah Keimanan
b. Memperoleh Barokah d. Barokah dalam keimanan
Jawaban: B
Pembahasan:
Pada ideentitas di atas telah dijelaskan judul buku tersebut adalah Mendapat Hidayah.









Berilahtandasilang (X) padasalahsatuhuruf a, b, c dan d sebagaijawaban yang benar!
Soal Pembahasan
1. Pernyataan sikap berikut yang tepat digunakan untuk mengulas sebuah novel adalah ...
a. Cerita anak adalah suatu media penyampaian moral yang mendidik kepada anak-anak kita. Dengan adanya cerita anak, orang tua tidak perlu terlampau repot untuk memikirkan tentang media apa yang dapat dipergunakan untuk memberikan nilai pendidikan kepada sang anak.
b. Buku cerita ini memiliki pelukisan bahasa yang sangat sederhana. Meskipun demikian, penulis berhasil mengajak pembaca masuk ke dalam cerita dengan sangat gamblang. Sehingga, penulis dapat dinyatakan sukses memainkan bahasa.
c. Tidak banyak yang menyukai buku-buku nonfiksi, demikian yang terungkap dalam penilitian yang digelar di beberapa sekolah di kota Palembang ini. Hal ini jelas membuktikan bahwa pasaran buku fiksi jauh lebih banyak peminatnya.
d. Buku modul ini dibuat dengan kerjasama tim untuk membantu kegiatan belajar mengajar di bimbingan belajar Budiwijaya. Buku ini dilengkapi dengan pembahasan soal-soal yang lengkap untuk membantu siswadalam proses kegiatan KBM di sekolah masing-masing.

2. Pernyataan berikut yang tepat untuk digunakan sebagai judul teks ulasan adalah ..
a. Kembalikan karya seni sebagai sarana untuk
memanusiakan manusia.
b. Rendahnya minat baca di kalangan generasi
muda pada abad ke-21.
c. Lunturnya kebanggaan masyarakat terhadap
pengunaan bahasa daerah.
d. Penggunaan majas hiperbola dalam puisi karya
Prihatmi Simatupang.

3. Pernyataan berikut yang tepat dijadikan sebagai gambaran umum sebuah novel adalah ...
a. Buku ini menceritakan tentang perjuangan seorang anak bernama Gita Sesa Wanda Cantika yang menyandang penyakit rabdiomasarchoma atau sejenis kanker lunak yang menyerang wajahnya. Buku ini mengandung amanat untuk tidak berputus asa dalam menerima musibah termasuk penyakit.
b. Banyak pengaruh besar dalam fungsi suatu bahasa tentang banyaknya bahasa yang mulai masuk dan beredar dalam kehidupan bermasyarakat. Jelaslah ini menjadi angin segar untuk pengaruh bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
c. Buku novel ini dikemas dengan alur cerita yang beragam. Banyak terdapat perbedaan-perbedaan dengan kemasan cerita yang ditemukan pada novel-novel pada umumnya.
d. Penulis novel ini adalah seorang yang sudah sangat terkenal. Ia telah menerbitkan berbagai macam novel yang diangkat ke dalam layar kaca perfilman. Siapa lagi kalau bukan Andrea Hirata.

4. Pernyataan berikut yang tidak tepat dipergunakan untuk mengungkapkan kekurangan sebuah puisi dalam teks ulasan adalah ....
a. Puisi kontemporer karangan Sutardji Calzoum Bachri memang memiliki gaya bahasa yang sangat khas. Kredo yang diangkat berkenaan dengan mantra-mantra. Sehingga cukup unik untuk dibaca.
b. Banyak puisi-puisi moderen yang tidak lagi mementingkan aturan dalam penulisan. Namun, justru dengan terlepasnya aturan penulisan tersebut yang menyebabkan penulis masa kini tidak mengalami keterpenjaraan dalam menulis suatu karya.
c. Puisi-puisi Chairil Anwar memang sarat akan makna, namun banyak sekali puisi-puisinya yang terlampau bebas gaya bahasanya yang terkesan sarkasme, sehingga tidak semua puisinya dapat dikonsumsi anak-anak kecil.
d. Puisi angkatan kemerdekaan mengungkapkan makna nasionalis dan rasa cinta terhadap bangsa dan menentang masa penjajahan di masa lampau, sehingga puisi-puisi zaman itu dianggap sangat berani.

5. Hidup adalah sebuah perjuangan. Mengapa dikatakan perjuangan? Karena hidup tak bisa lepas dari suatu halangan dan rintangan. Kedua hal tersebut tentunya tidak bisa kita hindarkan dari kehidupan kita. Hanya saja, halangan dan rintangan akan menjadikan kita pribadi yang tangguh apabila kita dapat melewatinya dengan niat dan usaha. Tapi yang menjadi kendala saat ini adalah kemauan kita. Sering sekali kita ingin merubah pribadi kita menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun, keinginan itu sering sekali hanya berlangsung sebentar dan ternyata kita masih saja kembali pada kepribadian yang lama. Lantas, apakah kita sudah dapat melewati rintangan dan halangan hidup dengan baik? apakah kepribadian kita sudah berubah menjadi baik atau malah justru sebaliknya? Dari sanalah, bukuiniakanmenjawabnya.
Ditinjau berdasarkan struktur teksnya, ulasan di atas merupakan bagian .....
a. kesimpulan
b. keterpihakan penulis
c. argumentasi menolak
d. gambaran umum

6. Oleh sebab itu, Emil Salim kembali mengingatkan kita semua untuk benar-benar memperhitungkan faktor lingkungan dalam pembangunan, terutama di kota-kota besar. Seakan ia juga ingin mengatakan, kota-kota yang masih gandrung membangun gedung-gedung bertingkat dan mal tanpa mengindahkan dampak lingkungan, bersiaplah menghadapi bencana yang tidak main-main.
Ditinjau berdasarkan struktur teksnya, ulasan di atas merupakan bagian .....
a. kesimpulan
b. keterpihakan penulis
c. argumentasi menolak
d. gambaran umum

7. Yang bukantermasukbagiantulisandalamresensiadalah ....
a. Bukuinidikemasdenganalurcerita yang menarik. Gaya bahasa yang dipilihpenuliscenderungcukupberani dangamblang.
b. Bukuinisayabelisewaktusayaliburan di Jogja. Saatitusayatidaksengajamelihatbukuini di tokobuku. Karenasampulnyamenarik, lantasakubelisajabukutersebut.
c. Sebagaibukudenganpredikatbest seller, bukuinimasihperlubanyakperevisianterutamapadabagianeditingnya. Karenabanyaksekalikesalahantulisan yang masihseringmuncul.
d. Buku “Mari BerlatihMembaca” merupakanbukusaku yang ditulisuntukmembantuanak-anakusia 3-5 tahundalamberlatihmembaca. Bukuiniditulisdenganberagamtrikdan tips yang bisamembantu orang tuadalammengajaribuahhatinyadalammembaca.

8. Bagianpembukaresensi yang menariadalah …
a. Cerita-cerita yang dicontohkandalambukuiniberisipetuah-petuah agama, moral, danbudipekerti. Bukuinimenegaskankepadakitabahwamendongengsangatlahpentingdanbermanfaatbuatmasadepanmereka
b. TahukahAndabahwajumlahkeseluruhanpengetahuan yang kitaperolehsekaranginikurangdari 1% daripengetahuan yang seharusnyakitaketahui?
c. Mengapabukuinipentingdibacadandipraktikkanolehseorang guru? Guru sebagaifasilitatordalam proses belajarmengajartentunyamengharapkan yang terbaikbagisiswanya
d. Dalambukuinidisebutkanbahwamenulisitunikmat. Menulismembuatkitamemahamidirisendirisekaligusmengembangkandayaimajinasi. Tidakpercaya? Bukahalaman 115! Apa-apa yang paling dekatdengandirikitaadalahhal yang paling mudahuntukdituliskan

Tajuk rencana di bawah ini untuk menjawab soal nomor 11-13!

Swasembada

Swasembada, bisa diartikan memenuhi seluruh kebutuhan dari produksi sendiri. Itu artinya swasembada terkait erat dengan keseimbangan antara pasokan dan permintaan. Berdasarkan pemahaman seperti itu, Presiden Susilo Bambang Yudhyono berharap pada tahun 2009 nanti, negara ini mampu memenuhi seluruh permintaan kebutuhan bahan pangannya dari produksi dalam negeri.
Berdasarkan pemahaman itu, Menteri Pertanian, Anton Apriyantono, membatah kalau sekarang Indonesia belum swasembada beras. Khusus untuk beras, swasembada disebutnya sudah tercapai sejak 2004. Dengan memenuhi sebanyak 90% kebutuhan berasa dari dalam negeri, maka kondisi itu dinilainya sudah cukup untuk mendapatkan predikat swasembada beras. Ditambah lagi selama 2005-2006 impor berasa hanya 1% dari produksi beras nasional. Lain kata, 99% kebutuhan beras dari dalam negeri dan itu berarti swasembada beras.
Swasembada pangan boleh jadi memang tak hanya neraca penerimaan dan pengeluaran. Namun bisa juga mencakup urusan distribusi serta kemampuan masyarakat untuk memperolehnya. Kebutuhan pangan, meski sebagian mampu diproduksi sendiri, tetapi pendistribusiannya harus diakui masih sering mendapat gangguan. Masih banyak pelaku-pelaku yang tak bertanggung jawab menimbun dan sebagainya yang akhirnya membebani konsumen. Alhasil terkesan ada kelangkaan.
Bagi masyarakat petani sendiri masih menghadapi persoalan untuk meningkatkan produktivitas lahannya. Tingginya harga pupuk adalah salah satunya. Petani padi sebagainya konsumen utama produk pupuk nyaris tanpa peran dalam penentuan harga pupuk. Selain iu, kelngkaan pupuk pun masih sering terjadi. Sehingga harga melambung dan akibatnya menyulitkan petani.

11. Gagasan utama tajuk tersebut adalah...
a. Swansembada bukan hanya keseimbangan pemasokan dan permintaan tetapi juga urusan distribusi dan kemampuan masyarakat untuk mendapatkannya.
b. Harapan pemerintah Indonesia bahwa tahun 2009 negara mampu memenuhi kebutuhan pangannya dari produksi dalam negeri.
c. Indonesia telah menjadi sukarelawan beras pada tahun 2004 dan 2005 karena 99% kebutuhan beras telah terpenuhi.
d. Petani belum bisa meningkatkan produktivitas lahannya karena tidak pernah dilibatkan dalam menentukan harga pokok.

12. Opini yang berlawanan dengan isi tajuk tersebut adalah...
a. Produktivitas petani bisa meningkat dengan murahnya harga pupuk.
b. Indonesia tidak akan mampu berswasembada pangan.
c. Boleh jadi Indonesia tidak impor beras pada tahun 2009.
d. Indonesia tidak akan kekurangan beras bila sudah berswasembada.

13. Simpulan yang tepat terhadap isi tajuk tersebut adalah...
a. Pengusaha banyak yang menimbun beras.
b. Swasembada pangan akan terjadi pada tahun 2009.
c. Petani sangat mengharapkan adanya harga pupuk yang murah.
d. Antar tokoh belum sepakat tentang maksud swasembada.

14. 1.786 Siswa Tidak Lulus UN Bahasa Indonesia

JAKARTA, Kegagalan siswa dalam ujian nasional (UN) SMA/MA 2011 ternyata masih disebabkan ketidaklulusan untuk mata pelajaran bahasa Indonesia. Angka ketidaklulusan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia termasuk kedua tertinggi setelah Matematika.
Untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, jumlah siswa yang tidak lulus atau memiliki nilai di bawah angka empat sebanyak 1.786 (38,43 persen). Sedangkan, total siswa yang tidak lulus mata pelajaran matematika sebanyak 2.391 (51,44 persen). Untuk mata pelajaran bahasa Inggris, jumlah siswa yang tidak lulus justru relatif sedikit yaitu sebanyak 152 (3,2 persen).
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) Mansyur Ramly mengatakan faktor penyebab ketidaklulusan siswa untuk mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan minimnya kemampuan siswa untuk memahami bacaan.
“Kebiasaan siswa untuk membaca artikel panjang kemudian mendapatkan maknanya masih kurang. Soal bahasa Indonesia banyak diawali bacaan sehingga pertanyaan yang muncul terkait bacaan,” kata Mansyur kepada wartawan dalam konferensi pers terkait hasil UN di kantor Kemdiknas, Jakarta, Jumat (20/5).
Angka ketidaklulusan tertinggi untuk mata pelajaran bahasa Indonesia berada di Aceh sebanyak 611 siswa. Daerah lainnya yang tinggi angka ketidaklulusan bahasa Indonesia adalah Sumatera Barat (262 siswa), Jawa Timur (258 siswa), Sumatera Utara (152 siswa), Nusa Tenggara Barat (103 siswa) dan Sulawesi Selatan (99 siswa). Untuk mata pelajaran matematika, angka ketidaklulusan tertinggi berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) yaitu sebanyak 357 siswa. Daerah lain yang tinggi angka ketidaklulusan mapel matematika adalah Jawa Tengah (266 siswa), Sumatera Barat (250 siswa), Sulawesi Tenggara (141 siswa), dan Sulawesi Tengah (139 siswa).
Terkait hal itu, Mansyur membantah ketidaklulusan siswa dalam Bahasa Indonesia disebabkan materi yang sulit. Menurutnya, ketidaklulusan juga dikarenakan siswa terburu-buru atau kurang cermat saat mengerjakan soal. Dia berharap guru bahasa Indonesia lebih banyak melatih siswa untuk memahami makna dari bacaan.
“Di Amerika Serikat ada pelajaran membaca cepat (speed reading) artinya supaya anak juga dilatih cepat memahami konteks bacaan. Para guru bahasa Indonesia perlu melatih siswa kita untuk belajar membaca cepat seperti itu,” ujarnya.

Dikutip dari: koran Suara
Pembaharuan edisi 20 Mei 2011
Pernyataan yangtidak salah dari berita di atas adalah, kecuali . ...
a. Untuk mata pelajaran matematika, jumlah siswa yang tidak lulus atau memiliki nilai di bawah angka empat sebanyak 2.391 (51,44%). Sedangkan, total siswa yang tidak lulus mata pelajaran bahasa Indonesia sebanyak 1.786 (38,43%).
b. Mansyur menyatakan ketidaksependapatannya bahwa ketidaklulusan siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan materi yang tidak mudah. Menurutnya, faktor kegagalan itu juga disebabkan siswa terburu-buru atau kurang cermat saat mengerjakan soal.
c. Di Amerika Serikat ada pelajaran membaca cepat (speed reading) artinya supaya guru juga dilatih cepat memahami konteks bacaan. Para guru bahasa Indonesia perlu melatih dirinya kita untuk belajar membaca cepat.
d. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Mansyur Ramly mengatakan faktor penyebab kegagalan siswa untuk mata pelajaran bahasa Indonesia disebabkan kurangnya kemampuan siswa untuk memahami bacaan.

15. Berawaldarikehidupankecildipedesaan, yang menyebabkanFahrisalahseorangmahasiswaasal Indonesia yang berkuliah di Al-AzharMesirmerasakankecilketikamenyambutperhatianrekan-rekanwanita yang menaruhhatikepadanya. Namun, disisilain, hatinyatakmampumenolakguratanhatinyapadaseorangwanitaberagama Kristen koptikbernama Maria. Namun, perbedaankeyakinan agama yang menyebabkaniamenahan rasa itu, meskipundisisi lain Maria pun telahmemberikantanda-tandahasratnyapadaFahri. Selintasdariperistiwaitu, menikahlahFahridenganwanita Islam yang bernama Aisha. Berakardarisanalahkonflik pun terjadi, Fahri yang statusnyatelahsahmenjadisuami Aisha difitnahNaora, salahsatuwanita yang menaruhhatipadaFahri. TudingankejiitumenyebabkanFahriharusmendekamkedalamtahanan yang serupadenganneraka. Dalamtahanantersebutiamendapatkanperilaku yang taksewenang-wenangdaripihakpenjagatahanan. ….
Dari kutipanteks ulasan di atas, trailer di atasmerupakan sinopsis dari film berjudul …
a. Surat kecil untuk Tuhan
b. Habibie dan Ainun
c. Ayat-ayatCinta
d. LaskarPelangi

16. Ternyata film Bumi Makin Panas benar. Setidaknya di Alaska, hasil sejumlah foto udara pada kawasan tundra di Alaska Kutup Utara itu membuktikan kebenarannya. Tampak jelas di sana bahwa pepohonan jenis perdu atau semak ternyata semakin membesar baik dalam ukuran maupun jumlah selama beberapa dekade terakhir. Padahal, di dataran beku dan gersang ini biasanya tumbuhan sangat sulit hidup.
Rangkuman dari penggalan teks ulasan di atas adalah ...
a. Film Bumi Makin Panas benar-benar pernah diputar di Alaska.
b. Dataran Alaska di kutub utara ditumbuhi tumbuh-tumbuhan perdu dan semak.
c. Meluasnya daerah tumbuhan perdu di Alaska menunjukan bahwa bumi makin panas.
d. Alaska merupakan dataran beku dan gersang sehingga tumbuh-tumbuhan sangat sulit hidup di sana.

17. (1) Pemasaran narkoba dilakukan dengan memberikan contoh secara cuma-cuma untuk satu atau dua kali pemakaian. (2) Jika cocok, baru dikenakan biaya sesuai dengan jenis barang yang dipakai. (3) Pemakai pasti akan membeli dengan cara menukar barang-barang pribadi dengan barang haram tersebut atau mencuri milik orang lain. (4) Sekarang ini, masalah narkoba sudah menjadi serius bagi bangsa Indonesia. Jadi, pemerintah harus turun tangan dalam mengatasi masalah narkoba.
Kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut adalah kalimat ...
a. (1) c. (3)
b. (2) d. (4)

18. Komisi pemberantasan korupsi (KPK) dan badan kehormatan DPR (BK-DPR) bekerja sama untuk mengusut aliran dana dari Bank Indonesia ke DPR. Dana itu diterima sejumlah anggota DPR periode 1999—2004 untuk mempelancar amandemen Undang-Undang Bank Indonesia dan masalah Bantuan Likuidasi Bank Indonesia (BLBI) yang totalnya bernilai Rp 144,5 triliun. Beberapa diantaranya masih duduk sebagai anggota DPR periode sekarang.
Opini dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...
a. Dana yang diterima oleh anggota DPR dari Bank
Indonesia tidak sah.
b. Pengusutan aliran dana Bank Indonesia oleh KPK dan BK-DPR kepada anggota DPR.
c. KPK dan BK-DPR harus terus mengusut aliran dana Bank Indonesia ke sejumlah anggota DPR.
d. Masalah amandemen Undang-Undang Bank Indonesia dan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia.

19. Krisis energi listrik tidak bisa dipandang sebelah mata. Konsumsi listrik tidak mungkin turun seiring peningkatan skala ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Namun, jika kebijakan di bidang kelistrikan tidak diubah dan tidak ada penataan tata kelola kelistrikan, krisis energi yang terjadi di masa mendatang bisa lebih parah.
Berkait langsung ataupun tidak, pemerintah dan PLN juga perlu meningkatkan transparansi dalam setiap proses pengambilan kebijakan di bidang kelistrikan. Misalnya, pelaksanaan tender untuk sebuah pembangkit, mekanisme dan prosedurnya harus transparan. Tidak bisa dengan alasan mengejar target, tender listrik main tunjuk langsung. Sebab, transparansi akan menciptakan efisiensi dan akan menopang sebuah tata kelola kebijakan energi yang positif.
Masalah yang terdapat dalam kutipan tajuk rencana di atas adalah ....
a. Krisis energi listrik dan ketransparansian proses
pengambilan kebijakan.
b. Efisiensi tata kelola listrik yang dilakukan
pemerintah dan PLN.
c. Transparansi dalam tender pembangkit listrik
yang mencegah krisis energi.
d. PLN dan pemerintah transparan dalam
manajemen perlistrikan.

20. Keberpihakan penulis berdasarkan kutipan tajuk rencana pada soal nomor 19 di atas adalah ....
a. Penulis tajuk berpihak kepada terciptanya tata kelola dan kebijakan kelistrikan serta transparansi pengambilan kebijakan.
b. Penlis tajuk berpihak kepada keadaan tercukupinya kebutuhan energi listrik seiring bertambahnya jumlah konsumen.
c. Penulis tajuk berpihak kepada keadaan terkendalinya krisis listrik dengan pola penghematan penggunaan yang didukung oleh kebijakan yang efektif.
d. Penulis tajuk berpihak kepada keadaan tidak terjadinya pemborosan penggunaan energi listrikseiring bertambahnya jumlah konsumen.









1. Apa yang kamu ketahui tentang teks ulasan?

2. Buatlah sebuah resensi buku yang pernah kamu baca!

3. Buatlah sebuah teks ulasan dari film yang pernah kamu saksikan!

4. Identifikasilah struktur isi pada contoh tajuk rencana di atas!

5. Ringkaslah teks ulasan tajuk rencana berjudul “China Segera Menjadi Nomor Dua”!

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan