Prediksi Soal UNBK Bahasa Indonesia SMA 2018 Oleh Alvian Kurniawan, M.Pd.

1. Anggota Komisi VI mengatakan bahwa terkait dengan suplai barang-barang ke daerah-daerah, pemerintah harus mengikuti Undang-Undang. Operasi pasar pun harus tetap dilakukan karena langkah-langkah itu sangat fundamental untuk kondisi jangka panjang.
Makna istilah suplai dan fundamental dalam paragraf tersebut adalah ...
a. pembekalan dan pengiriman.
b. Pemberian dan landasan.
c. pengiriman dan tetap.
d. Pengiriman dan mendasar.
e. pembekalan dan kegunaan.

2. Aku ini binatang jalang dari kumpulan terbuang
(Aku, Chairil Anwar).
Majas yang terkandung dalam penggalan puisi di atas adalah ...
a. Litotes.
b. Hiperbola.
c. Personifikasi.
d. Ironi.
e. Metafora.

3. Astaga, siapa orang-orang ini? Tampang mereka seperti orang-orang kriminal. Namun, hak mereka sama dengan penumpang yang masuk taksiku. Aku tak perlu tahu urusan mereka. Barangkali juga tidak berhak tahu. Meskipun banyak juga yang aku tahu sebagai sopir taksi. Demikian kata Pak Marwan di dalam hati.
Tema pennggalan cerita di atas adalah ...
a. kekhawatiran.
b. Pengetahuan.
c. Pekerjaan.
d. Dendam.
e. Pelajaran.

4. Perhatikan paragraf berikut !
“Kalau mau, tinggallah sementara di rumahku,” kata Utari dengan wajah lugu.
“Aku hidup sendiri, orang tuaku sedang liburan ke Amsterdam, dan aku tak bersaudara,” tambahnya.
Watak tokoh Utari adalah ...
a. suka menolong dan jujur.
b. penyabar dan hemat.
c. disiplin dan jujur.
d. suka menolong dan bersahabat.
e. bersahabat dan disiplin.


5. Ku tak mungkin jatuh cinta kan? Tidak sekarang, tidak denganmu. Pesonamu menjeratku tapi aku tak kan membiarkan diriku jatuh cinta kepadamu. Tak kan pernah ku percaya segala tuturmu kepadaku, dan ku akan selalu menganggap bohong apa pun yang kau ucapkan kepadaku sejak itu, termasuk yang itu … yang dua kali kau sampaikan padaku. Sampai kapan pun kau merayuku, aku tak akan pernah lagi percaya padamu. Kebohongan-kebohonganmu telah merusak cintaku.
Penokohan tokoh kamu sebagai pembohong dapat diketahui melalui ….
a. dialog tokoh aku.
b. dialog tokoh kamu.
c. tingkah laku tokoh aku.
d. tingkah laku tokoh kamu.
e. petunjuk laku.

6. Double date pun terjadi antara Baby dan Bram serta Rayhan dan Emi. Sesampainya di taman, ternyata mereka telah diintai oleh seseorang yang sering meneror Baby dari via ponsel.
Latar yang menonjol dalam penggalan cerita tersebut adalah ...
a. tempat dan suasana.
b. waktu dan suasana.
c. tempat.
d. waktu.
e. suasana.

7. Teman-teman Azel bersorak gembira. Apek terkulai lemas karena layang-layangnya putus. Senja pun tiba. Ketika terdengar suara azan, anak-anak mulai membubarkan diri untuk pergi ke masjid. Berita kemenangan Azel atas Apek semakin menambah keyakinan anak-anak desa itu bahwa layang-layang milik Azel memang sakti. Azel semakin tinggi hati.
Unsur intrinsik yang tidak terdapat dalam penggalan cerita di atas adalah ...
a. latar.
b. Tokoh.
c. sudut pandang.
d. Alur.
e. sosial.

8. Kemarin saya bertamasya ke Taman safari.
Di sana saya melihat beberapa binatang yang dilepas ke tempat terbuka. Dari dalam mobil saya melihat dari dekat beberapa anak harimau sedang bersenda gurau di bawah pohon rindang. Pemandangan itu sangat menarik sekali.
Sudut pandang atau point of view pada penggalan cerita di atas adalah ...
a. sudut pandang orang pertama pelaku utama.
b. sudut pandang orang pertama pelaku sampingan.
c. sudut pandang orang kedua pelaku utama.
d. sudut pandang orang ketiga pelaku utama.
e. Sudut pandang orang ketiga pelaku sampingan.

9. Bahkan bantuan cobaan terhadap petani Kerangkeng dalam bercocok tanam. Padahal ini sudah terjadi saat baru dalam persemaian bibit. Bibit baru disemaikan, banjir pun datang, hingga habis terbawa banjir. Pergantian persemaian ini tetap terjadi lebih dari satu kali.
Tahapan alur atau plot pada penggalan di atas adalah ...
a. pengenalan situasi.
b. Mulai muncul masalah/konfliks.
c. Terjadinya masalah lain.
d. Puncak ketegangan terjadi.
e. Peleraian cerita.

10.“Apakah peranku bagimu, silumankah aku?” tak ada jawabanmu, hanya angin berdesir di sekeliling kita. Bulan pucat tak bisa menyembunyikan senyumanmu demi melihat kerutan di dahiku. Biarlah menjadi rahasia alam akan apa yang kita rasakan ini. Jangan lagi memaknainya, menanyakannya atau mengharapkannya esok hari. Padahal dulu siapa yang membuatmu menjadi besar seperti sekarang? Tapi apa yang kau perbuat untukku?
Amanat cerita di atas adalah ...
a. Kita tidak boleh menunjukan kerutan di dahi.
b. Jangan menyebarluaskan aib kepada orang lain.
c. Apabila kita pernah ditolong seseorang, maka janganlah kau menghianatinya..
d. Jangan mudah percaya dengan orang yang belum kita kenal.
e. Suka membantu meskipun nantinya kita tidak boleh meminta balasan

11. Kegiatan ... dengan cara mendatangkan barang dari luar negeri ke dalam negeri, sepertinya menjadi hal yang lumrah. Hal ini sudah menjadi kegiatan ... untuk memenuhi pasokan barang yang tidak tersedia di dalam negeri.
Kata yang tepat untuk mengisi bagian rumpang di atas adalah ...
a. perekonomian dan rutin.
b. ekspor dan perekonomian.
c. rutin dan impor.
d. impor dan rutin.
e. ekspor dan impor.

12.Indonesia merupakan negara yang telah merdeka setelah diproklamasikan oleh Ir. Soekarno pada kalender 17 Agustus 1945. Dengan proklamasi tersebut, jelaslah Jepang harus meninggalkan kuasa akan jajahannya di negeri ini.
Kesalahan penggunaan kata pada teks di atas adalah ...
a. negara
b. proklamasi
c. setelah
d. kuasa
e. kalender

13.Ujian Nasional akan dilaksanakan sebentar lagi. (1) Sehingga, siswa harus banyak belajar untuk mempersiapkan diri menghadapinya. (2) Tetapi, pihak sekolah sudah selayaknya memberikan latihan intensif. (3) Sebab, latihan intensif akan memberikan kematangan bagi siswa. (4) Sehingga, siswa tidak merasa takut menghadapi UN.
Konjugsi atau kata hubung yang tidak tepat digunakan terdapat pada nomor ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

14.Tjut Nyak Dien merupakan pahlawan wanita. Dia berasal dari Aceh. Menumpas penjajah merupakan impiannya.
Perbaikan kalimat yang tepat pada kalimat yang dimiringkan di atas adalah ...
a. Penjajah telah impiannya ditumpas.
b. Impiannya adalah menumpas penjajah.
c. Penjajah harus ditumpas, itulah impiannya.
d. Penjajah menjadi impiannya untuk ia tumpas.
e. Ia menumpas mimpi dari para penjajah.

15.Sastra merupakan karya yang sengaja diciptakan dengan unsur estetika.Jika dianalisis jenisnya, sastra ini terdiri dari: prosa, puisi dan drama.
Makna kata estetika adalah ...
a. Keindahan
b. Kecerdasan
c. Kerapihan
d. Keteladanan
e. Keberanian

16.Penulisan judul yang benar adalah ...
a. Pengaruh Minat Baca Peserta Didik
b. PENGARUH MINAT BACA PESERTA DIDIK.....
c. Pengaruh minat baca peserta didik
d. Pengaruh minat Baca Peserta Didik
e. Pengaruh minat baca Peserta Didik

17. Penulisan kata sapaan yang tepat adalah ...
a. Dia dipanggil oleh bapak Madi.
b. Buku Sang Kancil sangat bagus.
c. Anda silahkan duduk di sini!
d. Kepada ibu Dian, Kami persilakan!
e. Edo belajar matematika.

18. Penulisan gelar yang benar adalah ....
a. Bapak H. Azlan Mahirullah, MM
b. DRA. Karina Ahmad
c. Risqi Rahmatullah, S.Pd., M.Hum.
d. hj. Susan Andanti, S.kom.
e. Ir. Hadi Cahyo Resky, AM.d.

19. (1) Psikologi merupakan salah satu ilmuyang mempelajari kejiwaan, seseorang.(2) Ilmu ini terlepas dari bidang kedokteran. (3) Mereka yang menempuh pendidikan pada jurusan ini akan dipersiapkan menjadi seorang psikolog. (4) Keberadaan mereka sangat menguntungkan masyarakat, sebab tidak sedikit masyarakat kita yang memiliki tekanan kejiwaan. (5) Untuk itu, peminat pada disiplin ilmu ini cukup tergolong tinggi.
Kesalahan penulisan tanda baca terdapat pada kalimat ke ...
a. (1)
b. (2)
c. (3)
d. (4)
e. (5)

20.Penulisan kota yang tepat adalah sebagai berikut ...
a. Gudeg merupakan makanan khas dari kota Yogyakarta.
b. Gudeg merupakan makanan khas dari Kota Yogyakarta.
c. Gudeg merupakan makanan khas dari Kota yogyakarta.
d. Gudeg merupakan makanan khas dari kota yogyakarta.
e. Gudeg merupakan makanan khas dari KOTA YOGYAKARTA.

21.Penulisan kata depan/preposisi “di” atau “ke” yang benar adalah ...
a. Saki anak ke tiga dari pasangan ibu Febri dan Pak Mahirullah.
b. Muhammad di pukuli Resky di kelas.
c. Saputra dan Khairunnisa membaca buku diPerpustakaan.
d. Dilarang keras pergi keluar kelas!
e. Yunita ke pedasan setelah makan sambal.

22.Di zaman yang serba maju ini diperlukan orang-orang yang kreatif. Kalimat ini sering pula diucapkan oleh banyak orang. Tetapi sesungguhnya, apa dan bagaimana orang-orang kreatif itu? Mungkin sebagian dari kita sudah tahu maknanya, namun lebih banyak lagi yang belum mengerti.

(dikutip dari buku “Bahasa dan Sastra Indonesia
3” karya Maryati Sutopo)

Ide pokok paragraf di atas adalah ....
a. Banyak yang belum mengerti tentang orang-orang kreatif.
b. Di zaman yang serba maju ini diperlukan orang-orang yang kreatif.
c. Orang-orang kreatif.
d. Kalimat yang sering diucapkan oleh sebagian orang.
e. Sebagian orang tahu makna orang-orang kreatif.

23.Di era yang serba canggih ini menuntut manusia moderen untuk tetap berfikir dinamis yang berarti harus mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah. Namun, berbeda dengan orang-orang yang tetap bertahan dengan konservatis mereka. Di sini mereka menolak wujud perkembangan zaman, mereka berfikir bahwa masih banyak aset bangsa yang dapat dipergunakan dan dipertahankan sebagai kebudayaan yang bisa diolah menjadi baru.
Kesimpulan tersirat pada paragraf di atas adalah ...
a. Di era yang serba canggih ini menuntut manusia moderen untuk tetap berfikir dinamis yang berarti harus mengikuti perkembangan zaman yang terus berubah.
b. Berbeda dengan orang-orang yang tetap bertahan dengan konservatis mereka.
c. Di sini mereka menolak wujud perkembangan zaman, mereka berfikir bahwa masih banyak aset bangsa yang dapat dipergunakan dan dipertahankan sebagai kebudayaan yang bisa diolah menjadi baru.
d. Manusia moderen dan konservatis memiliki perbedaan dalam menyikapi kebudayaan dan perkembangan zaman.
e. Manusia konservatis tidak boleh berfikir bahwa kebudayaan harus dipertahankan, sebaliknya harus berfikiran maju seperti perkembangan zaman.

24. Karen dan Jeffrey bergerak dengan mulus ke kerumunan para tamu. Suasananya menabjubkan, sukar dipercaya. Semua orang menyapanya. Ia benar-benar Cinderella di pesta dansa ini. Setelah menghabiskan sebagian besar dalam hidupnya dengan membanting tulang di studio, maka malam ini ia mendapatkan imbalan serta pengakuan atas hasil karyanya.…..
(Dikutip dari : Setelah Cinta Pergi, Olivia Goldsmith, Gramedia, 2000)
Alur cerita dari kutipan novel remaja di atas adalah …
a.campuran
b. mundur
c. sorot balik
d. maju
e. lurus

25. Keganjilan mengusik hati penduduk perumahan ini. Mereka selalu membicarakannya di setiap kesempatan dan mempertanyakan siapa ayah bayi lelaki itu. Mempunyai bayi tanpa seorang ayah tentu sangat tidak lazim. Setelah berwenang turun tangan dan menerangkan bahwa wanita muda yang terlihat masih berumur 17 tahun ituternyata seorang gadis desa yang hijrah ke kota karena orang tuanya meninggal di suatu insiden kecelakaan menjelang lebaran tahun lalu, menyebabkan siswi SMA kelas 11 itu menanggung kehidupan adiknya yang masih berusia 11 bulan dengan cara menjadi penunggu rumah yang baru di bangun itu.Setelah masyarakat mengetahui hal yang sebenarnya, masyarakat pun pun berbalik mengasihani gadis tersebut. Bahkan merekaselalu datang membantu jika ada kesulitan.

Kesimpulan tersirat pada isi cerita di atas adalah ….
a. Perjuangan seorang gadis yang beranak satu.
b. Cemooh masyarakat kepada anak bayi yang takberbapak.
c. Kesabaran dan kasih sayang seorang gadis kepada adik bayinya setelah ditinggal orang tua mereka.
d. Simpati masyarakat terhadap bayi di suatuperumahan.
e. Ibu dan bapak sang bayi adalah teman orang tua gadistersebut.

26. Duduk seorang anak bernama Sandi. Ia nampak pucat sekali kala itu. Setiap ada yang mendekat, ia tak menggubris orang disampingnya. Ketika ada orang yang bertanya, ia justru hanya seolah menghitung batu kerikil di tanah. Semua orang bingung dengan tingkahnya. Ternyata, hari itu ia gelisah karena tidak dapat membayar uang SPP.
Kesimpulan tersurat pada teks cerita di atas adalah ...
a. Sandi gelisah karena tidak dapat membayar uang SPP.
b. Sandi duduk seorang diri.
c. Wajah Sandi terlihat pucat siang itu.
d. Tidak ada satu pun orang yang digurbis oleh Sandi.
e. Sandi adalah anak pendiam yang mengeluh karena tidak bisa membayar SPP.

27. “Hai teman-teman, tau ngak kemarin siapa yang datang ke pesta hanya untuk makan, nggak bawa kado?” suara Siska terdengar memekakan telinga Nina.
“Dasar bermuka tebal, kalau aku sih nggak bakal datang,” sahut Meta, teman akrab Siska. Bel tanda masuk berbunyi, semua anak duduk dibangkunya masing-masing. Nina merasa sedih atas ejekan Siska tadi sepanjang pelajaran, ia hanya diam dan menunduk.
Unsur realistis antara isi cerita dengan kehidupan nyata yang dapat kita peroleh dari penggalan cerpen di atas adalah, kecuali....
a. Terbiasa mengadakan pesta pada saat ulang tahun.
b. Siswa yang mengejek teman sekolahnya.
c. Bel berbunyi untuk menyuruh siswa masuk.
d. Kado harus diberikan saat ada yang ulang tahun.
e. Orang yang malu karena diejek temannya.

EKSPOSISI ANALITIK : TESIS, ARGUMEN, RETESIS
EKSPOSISI HARTATORI : TESIS, ARGUMEN, REKOMENDASI

28.Bacalah teks eksposisi di bawah ini dengan seksama!
Keterlambatan merupakan masalah yang sering dihadapi masyarakat Indonesia. Faktor penyebabnya ada dua,
yaitu faktor teknis dan nonteknis. Faktor teknis adalahfaktor keterlambatan dikarenakan hal-hal dari luar diri
seseorang, seperti: macet, lupa membawa sesuatu hingga harus pulang kembali. Sedangkan, faktor
nonteknis meliputi faktor dari dalam diri seseorang, seperti: kebiasaan, malas, dan lain-lain. ..............
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi hartatori di atas adalah ...
a. Kedua faktor tersebut sangat berpengaruh dan mengakibatkan keterlambatan menjadi kasus yang sulit diatasi.
b. Sehingga, kita harus mencari solusi permasalahan yang tepat agar kedua faktor tersebut dapat segera di atasi.
c. Faktor teknis dan nonteknis ini merupakan dua faktor penyebab masalah keterlambatan.
d. Selain dua faktor tersebut, keterlambatan juga dikarenakan oleh sistem pengawasan yang tidak optimal.
e. Kesimpulannya bahwa keterlambatan merupakan hal yang tidak boleh dibiasakan dalam hidup kita.


29. Bacalah teks deskripsi di bawah ini dengan
seksama!
Jembatan Ampera dipadati kerumunan orang. Mereka terlihat senang menunggu momen gerhana matahari
total dengan membawa barang-barang khusus. Mereka terlihat mengenakan kaca mata hitam.
................ Selain itu mereka juga membawa kamera untuk berfoto.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi di atas adalah ...
a. Mereka terlihat duduk-duduk di pinggir jembatan.
b. Banyak pedagang yang juga memadati jembatan tersebut.
c. Saat gerhana matahari total terjadi mereka mengenakan kaca mata dan kamera.
d. Beberapa diantaranya membawa mikroskop kecil untuk meneropong dari bawah.
e. Suasana menjadi sunyi senyap kala itu.

30.Bacalah teks narasi di bawah ini dengan seksama!
.............................................. Sehingga banyak yang iri kepadanya. Meskipun demikian, tak jarang
yang merasa kagum terhadap keberhasilannya.

Kalimat yang efektif untuk melengkapi teks narasi di atas adalah ....
a. Krismon sukses menjadi juara kontes dangdut di Indosiar.
b. Mereka melihat Kurnia sedang asik sarapan pagi.
c. Ustadz Alfarizi terlihat energik saat berceramah.
d. Suatu hari, Honesah bertemu Dhea.
e. Banyak orang memandang sinis Samaun.

31. Kalau hujan angkatlah jemuran
................
Kalau ingin lulus Ujian
Jangan lupa doa dan belajar
Kalimat yang tepat untuk melengkapi baris kedua pantun di atas adalah ....
a. Jangan lupa untuk belajar
b. Jangan sampai jadi basah
c. Sebelum kamu pergi ke pasar
d. Si Mamat kurang ajar
e. Jemuran diangkat lalu direndam

32. Buku ini mengandung nilai-nilai pendidikan islami yang baik. Kebermanfaatannya sangat besar bagi para pembaca. Sehingga, .......................................
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi teks ulasan di atas adalah .....
a. Nilai islami yang terkandung harus tetap dipertahankan oleh pembaca.
b. Buku ini dianjurkan untuk dibaca agar mendapatkan kebermanfaatan nilai pendidikan islami tersebut.
c. Sedikit sekali orang yang mau membeli bahkan membaca buku pendidikan islami ini.
d. Perlu dilakukan perevisian ulang, agar unsur pendidikan islami tersebut lebih kuat.
e. Kebermanfaatan buku akan melatih anak menjadi pribadi yang gemar membaca buku islami.

33. (1) Ambil selembar sapu tangan dan bentangkan secara lebar.
(2) Celupkan Amplop yang telah ditempel perangko ke dalam segelas air,
(3) Perangko siap ditempel pada album.
(4) Keringkan perangko yang basah dengan sapu tangan yang sudah disiapkan,
(5) Ambil amplop yang telah ditempelperangko,
(6) Setelah dicelupkan amplop yang telah tertempel perangko tersebut diangkat
(7) Lepaskan perangko dengan perlahan supaya tidak sobek.
Urutan yaang tepat pada teks prosedur kompleks di atas adalah ....
a. (5), (1), (2), (6), (7), (4), (3)
b. (5), (1), (6), (2), (7), (4), (3)
c. (5), (2), (6), (7), (1), (4), (3)
d. (5), (2), (1), (6), (7), (4), (3)
e. (5), (1), (3), (6), (7), (2), (4)

34. Pemberian ..... pada anak akan menjadikan kondisi anak menjadi kebal penyakit.
Istilah yang tepat untuk digunakan dalam kalimat di atas adalah ....
a. sianida
b. asimilasi
c. karbohidrat
d. imunisasi
e. motivasi

35. Kegiatan ...... hutan dapat merugikan banyak pihak.
Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang di atas adalah ...
a. tebang
b. ditebang
c. penebang
d. tertebang
e. menebang

36. Penulisan ejaan yang benar terdapat pada kalimat ...
a. KakakKu adalah seorang Pilot.
b. Ibu-Nya telah meninggal setahun yang lalu.
c. Resky dan Risqy adalah Saudara kembar.
d. Kurniawati adalah siswa smk bsi.
e. Ahmad tinggal di rumah nenek.

37. Penggunaan tanda baca yang salah terdapat pada kalimat ...
a. Anak-anak berangkat ujian di sekolah.
b. Tolong ambilkan sapu itu!
c. Ibuku dulu adalah seorang guru!
d. Mengapa pisau ini ada di dalam tasmu?
e. Adapun ciri nanas yang baik adalah sebagai berikut.

38.Ujian Nasional 2016 tidak dijadikan patokan utama untuk meluluskan siswa.
Pendapat yang logis dengan pernyataan di atas adalah ...
a. Kalaupun masih jadi patokan utama kelulusan juga tidak masalah.
b. Pernyataan tersebut sangat menarik, sebab kelulusan siswa juga didasari faktor lain selain UN.
c. Jangan mudah percaya dengan pendapat-pendapat seperti itu.
d. Jika UN tidak menjadi patokan utama untuk meluluskan siswa, jadi apa patokan lainnya?
e. Sebaiknya Ujian Nasional 2016 dihapuskan saja.

39. Kita menjilma sebagai mesin dari sebuah siklus, tidak lagi punya kepekaan untuk melihat hal-hal diluar diri kita sendiri. Kita hanya peduli pada diri sendiri atau golongan sendiri. Kita menjadi makluk yang berkelompok berdasarkan kepentingan, bukan berdasarkan kebersamaan. Contoh dapat kita lihat diperumahan elite, rumah-rumah yang satu dengan yang lain dibatasi tembok tinggi, dan tertutup rapat, menutup pintu buat orang di luar diri mereka. Jadi, tanpa sadar kita pun terjebak menjadi pribadi-pribadi yang hanya sibuk dengan diri sendiri, memperjelas batas antara kau dan aku.
Kalimat kesimpulan terdapat pada kalimat ke ...
a. satu
b. empat
c. dua
d. lima
e. tiga

40. Dalam hubungannya dengan sekolah secara luas, perpustakaan merupakan salah satu unsur dalam komponen tersebut. Disamping bengkel kerja, laboratorium dan lain sebagainya. Jika kita perhatikan bagan struktur organisasi perpustakaan sekolah diatas dapat dilihat secara jelas bahwa kedudukan atau posisi perpustakaan sekolah adalah langsung di bawah kepala sekolah dan sejajar dengan bagian-bagian lainnya. Maka perpustakaan tidak bergantung dan bertanggungjawab terhadap bagian-bagian tersebut, melainkan langsung kepada kepala sekolah.
Hubungan yang terjadi pada paragraf di atas adalah ...
a. akibat-sebab
b. deduksi
c. generalisasi
d. sebab-akibat
c. analogi

41. Ingat Marie-Louise Meilleur? Dia dikenal sebagai orang tertua di dunia, enam tahun silam ia meninggal dalam usia 122 tahun. Ketika usianya sudah seabad lebih, dia tetap energik. Malah diusia 100 tahun ia masih bisa mengayuh sepeda membuat CD rap 21 tahun kemudian.
Orang-orang berumur panjang seperti Meilleur biasanya ditemukan di areal geografis agraris yang terisolasi. Seperti mereka yang tinggal di Hunzakat, utara Pakistan dan para pengelana gunung Turki. Sebagian mereka adalah vegetarian.
Keuntungan mengkonsumsi sayuran didukung fakta ilmiah. Riset yang dilakukan di Skandivavia membuktikan selama perang dunia II berlangsung, warga Skandinavia dilarang mengonsumsi daging. Seiring dengan berlakuknya aturan itu, tingkat kematian pun turun.
Ringkasan yang tepat untuk kutipan teks tersebut adalah…
a. Kalau kita ingin hidup lebih lama sebaiknya mengonsumsi sayur-sayuran seperti yang dilakukan oleh Marie Louise Meilleur.
b. Marie Louise Meilleur adalah manusia tertua di dunia yang meninggal dalam usia 122 tahun. Ia hidup di daerah geografis, ia mempunyai panjang usia karena ia seorang vegetarian.
c. Mengkonsumsi sayur-sayuran atau menjadi vegetarian lebih baik daripada mengkonsumsi daging karena dapat memperpanjang usia hidup.
d. Hasil riset yang pernah dilakukan bahwa mngonsumsi sayuran dapat memperpanjang masa hidup manusia. seperti Marie Louise Meilluer 122 tahun. Ia adalah seorang Vegetarian.
e. Keuntungan mengkonsumsi sayuran didukung fakta ilmiah. Riset yang dilakukan di Skandivavia membuktikan selama perang dunia II berlangsung,
warga Skandinavia dilarang mengonsumsi daging. Seiring dengan berlakuknya aturan itu, tingkat kematian pun turun.

42. Sebagai penjaga surau. Kakek tidak mendapat apa-apa. Ia hidup dari sedakah yang dipungutnya sekali setiap Jumat. Sekali enam bulan, ia mendapat seperempat dari hasil pungutannya ikan mas dari kolam itu. Dan, sekali setahun, orang-orang mengantarkan fitrah id kepadanya. Tapi sebagai garin, ia tak begitu dikenal.
Hal yang juga terjadi dalam kehidupan nyata dari cerita di atas adalah...
a. Menjadi penjaga surau itu pasti sejahtera.
b. Setiap enam bulan penjaga surau mendapat seperempat dari hasil pemungutan ikan mas.
c. Setahun sekali orang-orang seperti penjaga surautidak berhak menerima zakat fitrah.
d. Orang kecil seperti kakek sebagai penjaga surau kurang diperhatikan pemerintah.
e. Penjaga surau sangat diminati banyak orang.

43. Para siswa-siswa menaiki ke atas gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan yang peristiwanya terjadi siang tadi.
Perbaikan kalimat di atas agar menjadi effektif adalah ...
a. Para siswa-siswa menaiki ke atas gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan yang peristiwanya terjadi siang tadi.
b. Para siswa menaiki ke atas gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan siang tadi.
c. Para siswa-siswa menaiki gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan yang peristiwanya siang tadi.
d. Para siswa-siswi ke atas gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan yang peristiwanya terjadi.
e. Para siswa naik ke gedung untuk melihat langsung kejadian kecelakaan yang terjadi siang tadi.

44. Yang bukan termasuk bagian tulisan dalam resensi adalah ....
a. Buku ini dikemas dengan alur cerita yang menarik. Gaya bahasa yang dipilih penulis cenderung cukup berani dan gamblang.
b. Buku ini saya beli sewaktu saya liburan di Jogja. Saat itu saya tidak sengaja melihat buku ini di toko buku. Karena sampulnya menarik, lantas aku beli saja buku tersebut.
c. Sebagai buku dengan predikat best seller, buku ini masih perlu banyak perevisian terutama pada bagian editingnya. Karena banyak sekali kesalahan tulisan yang masih sering muncul.
d. Buku “Mari Berlatih Membaca” merupakan buku saku yang ditulis untuk membantu anak-anak usia 3-5 tahun dalam berlatih membaca. Buku ini ditulis dengan beragam trik dan tips yang bisa membantu orang tua dalam mengajari buah hatinya dalam membaca.
e. Buku ini merupakan terbitan ke empat. Saat diterbitkan pada cetakan ketiga. Banyak yang tertarik dengan buku ini.

45. (1) Minyak panas mengenai ibu. “Allahuakbar!” Ibu menjerit.
(2) “Kanya mau ayam goreng!” rengek Kanya.
(3) Kanya turun dari bangkunya dan berlari ke dapur. “Ibu..!” teriak Kanya.
(4) “Sebentar sayang, sabar ya!”, ibu masih sibuk di dapur.
(5) “Astagfirullah...” rintih Ibu.
(6) “Ibu maafkan Kanya, ya Bu!” ucap Kanya menyesal.
(7) “Ibu, Kanya lapar nih!” teriak Kanya lagi.
(8) Ibu menggoreng ayam terburu-buru.
(9) Tiba-tiba penggorengan jatuh.
Urutan yang tepat untuk menjadi cerita yang padu adalah ...
a. (2), (4), (8), (7), (9), (1), (5), (3), (6).
b. (2), (4), (7), (8), (1), (9), (5), (3), (6).
c. (2), (4), (7), (8), (9), (1), (3), (5), (6).
d. (2), (7), (4), (8), (9), (1), (5), (3), (6).
e. (2), (4), (7), (8), (9), (1), (5), (3), (6).


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan