RPP Menulis Rangkuman/Intisari Isi Buku (Bahasa Indonesia KTSP)

RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah : SMA Bina Sriwijaya Indonesia (BSI) Palembang
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas/ Semester : XI MIPA 1 dan 2/ Genap
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Hari, Tanggal : Senin, 13 Februari 2017

Kompetensi: Menulis

Standar Kompetensi
12. Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ringkasan, notulen rapat, dan karya ilmiah

Kompetensi Dasar
12.1 Menulis rangkuman/ringkasan isi buku

Indikator
- Mampu memahami dan menyebutkan pengertian rangkuman.
- Mampu memahami dan menerapkan langkah-langkah menulis rangkuman .
- Mampu merangkum isi buku yang dibaca.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memahami dan menyebutkan pengertian rangkuman; memahami dan menerapkan langkah-langkah menulis rangkuman; merangkum isi buku yang dibaca.

II. Karakter
Karakter peserta didik yang diharapkan, yaitu: disiplin, rasa hormat, tekun, tanggung jawab dan teliti.

III. Materi Ajar

A. Menulis Rangkuman (Ikhtisar)
Rangkuman adalah suatu ringkasan atau ikhitisar dalam suatu buku. Dalam membaca buku, adakalanya kita ingin mengetahui isinya, dan tidak semua isi buku itu menyajikan hal yang penting. Hal ini disebabkan karena terdapat bagian buku yang hanya menyajikan penjelasan dari inti persoalan. Untuk memahami isi buku, kita harus terlebih dahulu menemukan inti pokok isi sebuah buku, untuk itu kita harus dapat mengetahui ikhtisarnya melalui rangkuman.
B. Langkah-langkah Menulis Rangkuman
Adapun langkah-langkah membuat ikhtisar adalah sebagai berikut.
1. Bacalah beberapa kali sampai mengerti maksudnya!
2. Apabila maksud dan segi pandangan pengarang sudah diketahui, maka bacalah naskah itu sekali lagi dengan menggaris bawahi atau mencatat hal-hal yang penting sehingga nantinya dapat dimaksudkan dalam ikhtisar!
3. Pertahanankan susunan ide dari naskah aslinya, kita hanya meringkasnya saja.
4. Panjang pendeknya ikhtisar berkisar antara 50-150 kata.
5. Semua karangan yang tidak penting harus dihapus, ringkaslah kalimat frase, dan frase menjadi kata, rangkailah ide yang panjang menjadi ide pokok saja!

IV. Metode Pengajaran
inkuiri, ceramah bervariasi, tanya jawab, dan penugasan.


IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal (25 menit)

1. Guru memasuki kelas dan memberikan salam.
2. Guru meminta peserta didik merapihkan kursi dan mengambil sampah.
3. Guru mengabsen peserta didik.
4. Guru menanyakan materi yang dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
5. Guru memperlihatkan nilai sementara yang telah diperoleh peserta didik.
6. Guru menyampaikan judul dan tujuan pembelajaran.
7. Guru mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran yang akan
dipelajari.
8. Guru menjelaskan materi pembelajaran, peserta didik menyimak danmencatat.
10. Guru mempersilakan peserta didik untuk bertanya.


B. Kegiatan Inti (55 menit)

Eksplorasi
1. Guru meminta peserta didik untuk membaca teks dalam sebuah buku.
2. Guru mengintruksikan peserta didik untuk meringkas teks tersebut sesuai langkah-langkah yang telah dipelajari.


Elaborasi
1. Guru mengintrukskan peserta didik untuk mengidentifikasi bagian-bagian yang dianggap penting untuk diringkas.
2. Guru memantau kinerja peserta didik.

Konfirmasi
1. Guru meminta peserta didik untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya.
2. Guru melakukan evaluasi.

C. Kegiatan Akhir (10 menit)

1. Guru dan peserta didik bersama-sama menyimpulkan pembelajaran.
2. Guru mengakhiri kegiatan pembelajaran.

VI. Sumber dan Media Belajar

Sumber:
1. Somad, Adi Abdul dkk. 2008. Aktif dan Kreatif Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA/MA.
Jakarta:Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
2. Darwanti, Uti dkk. 2010. Bahasa Indonesia untuk SMA/MA. Klaten:Intan Pariwara.
3. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.

Media:
1. Spidol
2. Power Point
3. Lesser Point

VII. Penilaian
Jenis tagihan : Tugas individu
Bentuk instrumen : Tertulis

VIII. Instrumen Soal

Berikut ini adalah cuplikan informasi dari sebuah buku, kalian diminta membaca cuplikan tersebut, lalu tulislah rangkuman ke dalam tiga kalimat!

Ingat MarieLouise Meilleur? Dia dikenal sebagai orang tertua di dunia, enam tahun silam iameninggal dalam usia 122 tahun. Ketika usianya sudah seabad lebih, dia tetap energik. Malah diusia 100 tahun ia masih bisa mengayuh sepeda membuat CD rap 21 tahun kemudian.
Orang-orang berumur panjang seperti Meilleur biasanya ditemukan di areal geografis agraris yang terisolasi. Seperti mereka yang tinggal di Hunzakat, utara Pakistan dan para pengelana gunung Turki. Sebagian mereka adalah vegetarian.
Keuntungan mengonsumsi sayuran didukung fakta ilmiah. Riset yang dilakukan di Skandivavia membuktikan selama perang dunia II berlangsung, warga Skandinavia dilarang mengonsumsi daging. Seiring dengan berlakuknya aturan itu, tingkat kematian pun turun.


IX. Rubrik Penilaian
No Aspek yang dinilai Skor
1. Keterkaitan isi 100
2. Ejaan 100
3. Diksi 100

Skor akhir = Jumlah nilai = ....
3
Mengetahui:
Kepala SMA Bina Sriwijaya Indonesia, Guru Mata Pelajaran,




Arni, S.Pd. Alvian Kurniawan, S.Pd.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan