INSTRUMEN SOAL SIKAP BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Isilah koesioner di bawah ini dengan memberikan tanda silang (X) pada pilihan yang kamu anggap sesuai!

Sikap Bahasa
A. Penerimaan
1. Bahasa Indonesia harus diterimamelalui pendidikan formal dan nonformal.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

2. Pengetahuan tentang kosa kata dan kaidah kebahasaan sangat membantu dalam proses penerimaan bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

3. Saya tidakterlalu peduli dengan penerimaan bahasa Indonesia dalam diri saya, sebab saya sadar bahwa bahasa yang harus diterima bukan hanya bahasa Indonesia saja, melainkan bahasa daerah dan bahasa asing.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

4. Sayatidak perlu bergabung dengan tempat les untuk mempelajari bahasa Indonesia secara detil, sebab tanpa les pun, saya tetap mengerti bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu




B. Sambutan
5. Mempelajari pelajaran bahasa Indonesia di sekolah merupakan salah satu langkah dalam menguasai bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

6. Suatukebanggaan apabilamenggunakan bahasa Indonesia sebagai sarana berkomunikasi dengan orang di sekitar saya.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

7. Orang yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi lisan biasanya tidak memiliki kebanggan terhadap bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

8. Saya merasa tidak nyaman apabila ada seseorang yang mengajak saya berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

C.Apresiasi
9. Pelajaran bahasa Indonesia di sekolah tidak terlampau berpengaruh terhadap kecintaan saya kepada bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

10. Pelajaran bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang paling saya sukai.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

11. Kesenangan menggunakan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dapat memberi manfaat dalam hidup saya.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

12. Kegiatan apresiasi berbahasa Indonesia seperti pidato, menulis artikel, dan lain-lain sangat kurang saya minati atau ikuti.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

D.Internalisasi
13. Pelajaran bahasa Indonesia harus dihayati karena sangat bermanfaat dalam kehidupan.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

14. Pelajaran bahasa Indonesia sebagai pelajaran pelengkap saja, sebab tanpa dihayati secara mendetil pun semua orang bisa berbahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

15. Mencintai negara Indonesia tidak selalu tercermin dengan hanya mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia saja.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

16. Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, akan menjadikan saya pembicara atau penulis yang handal.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

E. Karakterisasi
17. Bahasa Indonesia memiliki ciri khas yang unik dibandingkan bahasa yang lain.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

18. Bahasa Indonesia tidak seistimewa dibandingkan dengan bahasa asing.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

19. Bahasa Indonesia memiliki struktur dan ciri yang rumit dibandingkan bahasa daerah.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

20. Saat berkomunikasi dengan bahasa Indonesia, ternyata bahasa Indonesia sangat mudah saya sisipkan istilah-istilah berbahasa asing atau bahasa daerah.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

Faktor Sikap Bahasa
A. Lingkungan

21. Lingkungan yang terbiasa menggunakan bahasa Indonesia akan menjadikan saya semakin percaya diri menggunakan bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

22. Saya tidak perlu menggunakan bahasa Indonesia apabila lingkungan di sekitar saya tidak menggunakan bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

B. Emosional
23. Jika ada seorang komunikator yang menggunakan bahasa Indonesia, ada rasa kagum dari saya kepada orang tersebut.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

24. Perasaan malu sering muncul saat saya mencoba berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dengan teman sebaya saya.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

C. Pengalaman
25. Orang sering mencemooh saya, apabila saya
sedang berbicara dengan menggunakan bahasa
Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

26. Pujian seseorang terhadap kefasihan saya dalam menggunakan bahasa Indonesia, akan memunculkan rasa percaya diri untuk terus menggunakan bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

D. Media Massa
27. Bahasa gaul yang sering dipergunakan para aktris dan aktor di televisi dapat merusak kemampuan berbahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

28. Kebakuan bahasa Indonesia di media cetak, dapat memotivasi saya menggunakan bahasa Indonesia yang benar saat berkomunikasi melalui tulisan.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

29. Untuk melatih kemampuan menulis dengan bahasa Indonesia yang benar, saya dapat melihat tulisan-tulisan di media sosial.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

30. Untuk menambah pengetahuan kosa kata dalam bahasa Indonesia, saya tidak perlu banyak berlatih menulis, karena cukup dengan membaca beberapa tulisan di media masa, saya akan memperoleh banyak pengetahuan tentang kosa kata dalam bahasa Indonesia.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

Sikap Sastra

A. Penerimaan
31. Hal-hal yang berhubungan dengan sastra kurang saya minati saat ini.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

32. Dengan mempelajari sastra, saya akan banyak memiliki pengetahuan tentang sastra itu sendiri.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

B. Sambutan
33. Saya kurang tertarik jika harus dihadapkan dengan hal-hal yeng berhubungan dengan sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

34. Saya selalu ingin terlibat dalam perbincangan yang
berhubungan dengan sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

C. Apresiasi
35. Pelajaran apresiasi sastra itu sangat dibutuhkan pada masa kini, terutama pada kehidupan nyata.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

36. Selalu terlibat dalam hal-hal mengapresiasi sastra,
seperti menyaksikan pementasan drama, membaca
cerita dan puisi dapat memberikan hiburan bagi diri
saya sendiri.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

D. Internalisasi
37. Mempelajari teori sastra, akan membantu saya
dalam menghayati karya sastra yang sedang saya
baca/tonton.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

38. Karya sastra tidak membawa saya mendalami
dunia luar yang abstrak.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

E. Karakterisasi
39. Keunikan bahasa sastra jarang saya pedulikan.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

40. Saya ingin selalu terlibat aktif dalam kegiatan menganalis unsur-unsur karakteristik yang berhubungan dengan sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Rag

Faktor Sikap Sastra

A. Pengalaman

41. Tidak memiliki pengalaman yang banyak terhadap pembacaan karya sastra, menyebabkan saya kurang menyukai karya sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

42. Saya sering membaca karya sastra, sehingga sangat mudah bagi saya memahami teks-teks sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

B. Emosional

43. Menggunakan perasaan saat membaca karya sastra akan menambah rasa cinta terhadap karya sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

44. Setiap saya membaca karya sastra, saya tidak dapat melibatkan perasaan saya secara baik. Sehingga, saya merasa malas membaca karya sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

45. Sastra memberikan hiburan bagi saya.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

C. Lingkungan

46. Orang-orang di sekitar saya adalah orang-orang yang kurang tertarik terhadap karya sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

47. Banyak sekali teman yang mengajak saya kepada kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

48. Saya sering terlibat pembicaraan tentang karya
sastra dengan orang-orang di sekitar saya.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

D.Media Massa

49. Membaca karya sastra di media massa, dapat memberikan inspirasi dalam menulis karya sastra.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu

50. Menulis karya sastra di media massa tidak banyak digemari. Sehingga, saya sering malas untuk menulis karya sastra di media sosial.
A. Sangat Setuju D. Tidak Setuju
B. Setuju E. Sangat Tidak Setuju
C. Ragu-Ragu







































Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Novelet "“NOVELETE KETIKA AKU HARUS …” Oleh: Alvian Kurniawan