Contoh RPP K 2013 Revisi Mapel Bahasa Indonesia
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Sumsel Jaya Palembang
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab.
KI 4 Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi Kompetensi Dasar (IPK)
Kompetensi Dasar
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran,dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan dan tertulis.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran kolaboratif inquiri and problem bassed learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaiakan pengajuan dan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan faktor penentu tercapainya keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, berani serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
Fakta : Teks Negosiasi
Konsep :
1. Pemahaman Ciri-ciri Teks Negosiasi.
2. Pemahaman Cara Menyampaikan Pengajuan dan Penawaran.
3. Pemahaman Syarat Tercapainya Persetujuan.
4. Pemahaman Faktor Penentu Keberhasilan Negosiasi.
5. Pemahaman Pengajuan dan Penawaran dalam Negosiasi Lisan/Tertulis.
Prosedur : Langkah-langkah Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, serta Persetujuan dalam Negosiasi Lisan/Tulisan.
Metakognitif : Menyimpulkan Relevansi atas Kebermanfaatan Pemahaman Teks Negosiasi dengan Kehidupan Sehari-hari.
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi
Model : inquiry learning and problem based learning
F. Media Pembelajaran
Media/alat : papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
Bahan : teks negosiasi
G. Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Budaya, tahun 2016.
Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Internet.
Buku/sumber lain yang relevan.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
IPK : 3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
Pendahuluan (15 Menit)
1. Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2. Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3. Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4. Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya dan hasil penugasan membaca teks negosiasi di rumah. (Literasi)
5. Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8. Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi dan Identifikasi Masalah
• Peserta didik memusatkan perhatian pada topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi dengan cara mencermati contoh teks negosiasi (terlampir). (Literasi)
• Peserta didik mengevaluasi ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (PPK Kerjasama)
2. Mengumpulkan Informasi
• Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
3. Pengelolahan Informasi
• Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan.
4. Verifikasi hasil
• Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi secara bergantian melalui layar infokus. (4K Komunikasi)
• Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok.
5. Generalisasi
• Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
• Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.
Penutup (15 menit)
• Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
• Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yaitu membuat dan mengajukan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan/tulisan.
• Peserta didik memberi salam kepada pendidik.
Pertemuan 2
IPK : 4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
Pendahuluan (15 Menit)
1. Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2. Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3. Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4. Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya mengenai topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi .
5. Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8. Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi
• Peserta didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan oleh pendidik.
2. Pernyataan Masalah
• Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi, alasan-alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dari teks negosiasi yang dibaca.
3. Mengoleksi Data
• Peserta didik mendiskusikan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
4. Memproses Data
• Peserta didik menyimpulkan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
5. Verifikasi
• Peserta didik membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi.
• Peserta didik lainnya menanggapi tampilan teks negosiasi yang disampaikan secara lisan.
Penutup (15 menit)
• Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
• Peserta didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan dengan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.
• Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
• Peserta didik menjawab salam pendidik.
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : observasi, lembar pengamatan, dan jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : tes tertulis dan lisan
c. Penilaian Keterampilan: praktik
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian
c. Praktik
3. Instrumen Penilaian : (terlampir)
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
5. Pengayaan
a. Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
- Peserta didik yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
- Peserta didik yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Palembang, Oktober 2017
Mengetahui:
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Hadi Patriyatno, S.Pd. Alvian Kurniawan, M.Pd.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
LAMPIRAN RPP
1) Ringkasan Materi
A. Faktual
Contoh Teks Negosiasi Pertemuan 1
Membeli Boneka
Pembeli : “Wah, boneka ini bagus sekali. Berapa harganya, Mbak?”
Penjual : “Ini boneka dari luar negeri dek. Harga satuannya Rp100.000,00.”
Pembeli : “Wah kok mahal sekali.”
Penjual : “Itu sudah harga standar dik. Sebab langsung diekspor dari Amerika.”
Pembeli : “Bagaimana kalau saya beli dua, tapi harganya Rp150.000,00 saja untuk dua boneka ini?”
Penjual : “Wah kalau begitu, silakan saja, dik.”
Pembeli : “Ini uangnya, Mbak.”
Penjual : “Terima kasih, semoga nanti adik belanja lagi ke sini ya!”
Pembeli : “Iya, mbak. Semoga ya!”
Contoh Teks Negosiasi Pertemuan ke-2
Ani Ingin Punya HP
Ani meminta ayahnya untuk membelikan hp. Dengan suara lembut ia berkata kepada ayahnya, “Yah, belikanAni hp dong. Teman-teman Ani sudah punya hp baru.”
“Wah kamukan masih sekolah, nanti kamu tidak fokus belajar,” jawab ayah.
“Justru itu yah, di sekolah kan banyak tugas mencari artikel di internet. Sedangkan Ani tidak punya hp. Terpaksa setiap hari harus ke warnet.”
Ayah nampak berfikir sejenak. “Baiklah, tapi syaratnya kamu harus pergunakan hp untuk sarana belajarmu, yah!” kata ayah.
“Siap yah! Terima kasih ya!”
“Iya, sama-sama.”
B. Konsep
1. Ciri-ciri yang terdapat dalam teks negosiasi, yaitu adanya partisipan, perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak, pengajuan dan penawaran, serta persetujuan atau kesepakatan.
2. Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
3. Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
4. Faktor penentu keberhasilan negosiasi, yaitu kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain, tidak ada pihak yang dirugikan, kesepakatan praktis dan dapat dilakukan, alasan dapat memengaruhi pihak lain.
5. Pengajuan adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) dengan menyebutkan suatu nominal atau harga yang diajukan kepada pihak lain (pembeli). Contoh: “Rambutan ini rasanya manis dan baru saja datang dari desa. Kami jual seharga Rp15.000,00/kg.”, sedangkan
penawaran adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) kepada pihak lain (penjual) dalam konteks permintaan keringanan harga, tempo waktu, dan lain-lain. Contoh: “Wah, kan sekarang lagi musim rambutan, Pak. Bagaimana kalau saya tawar Rp10.000,00/kg?”
C. Prosedur
Langkah-langkah menmbuat pengajuan, penawaran, serta persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
1. Membaca beberapa teks negosiasihasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi.
2. Memahami tujuan negosiasi, sehingga dapat menentukan cara yang tepat agar perbedaan-perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak, baik pihak yang menyampaikan pengajuan maupun penawaran.
3. Membaca teks negosiasi kemudian menjelaskan syarat tercapainya persetujuan.
4. Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat negosiasi.
5. Mempresentasikan teks negosiasi yang dibuat.
D. Metakognitif
Relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks negosiasi dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat diterapkan konteks teori tersebut agar terjalin proses negosiasi yang baik.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2) Instrumen Penilaian
A. Penilaian Sikap Spiritual (Jurnal)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
NO WAKTU NAMA KEJADIAN/ PERILAKU BUTIR SIKAP POS/NEG TINDAK LANJUT
1
2
3
4
5
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
B. Penilaian Sikap Sosial (Observasi)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Nasionalisme Integritas Jujur Mandiri Tanggung Jawab Jumlah Nilai Ket
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
C. Penilaian Pengetahuan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian HOTS/LOTS Instrumen No
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi
Tes Tertulis Uraian HOTS
1. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
Tes Tertulis Uraian HOTS
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi. Tes Tertulis Uraian HOTS
2) Soal
1. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
3) Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Pengetahuan
No. Rambu-rambu Jawaban Skor
1. Pada kedua teks tersebut terdapat adanya transaksi tawar menawar yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang mengentungkan kedua belah pihak.
Teks 1
Yang mengajukan = penjual boneka
Yang menawar = pembeli boneka
Teks 2
Yang mengajukan = Ani
Yang menawar = Ayah
Dua teks tersebut terdapat adanya partisipan dan kesepakatan.
Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis. 33
Nilai = Total nilai + 1 = ...
D. Penilaian keterampilan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
HOTS/ LOTS
Instrumen
No
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/ tertulis.
Tes Tertulis Uraian HOTS Tulislah teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!
Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis. Tes Lisan Uraian HOTS
2. Soal
1) Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!
2) Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Lembar Penilaian Presentasi
INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Presentasi Isi Teks yang Dilaporkan Jumlah Skor Nilai
Aspek yang Dinilai:
Kelancaran
Kebahasaan
Kelengkapan
Kesesuaian
Kelogisan
Sistematis
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Lembar Penilaian Praktik
LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Ciri Teks Negosiasi Cara Pengajuan Syarat Tercapainya Pengajuan Penampilan Jumlah Nilai Nilai
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—5
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
(RPP)
Sekolah : SMA Sumsel Jaya Palembang
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok : Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit (2 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab.
KI 4 Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi Kompetensi Dasar (IPK)
Kompetensi Dasar
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran,dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan dan tertulis.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran kolaboratif inquiri and problem bassed learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaiakan pengajuan dan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan faktor penentu tercapainya keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, berani serta pantang menyerah.
D. Materi Pembelajaran
Fakta : Teks Negosiasi
Konsep :
1. Pemahaman Ciri-ciri Teks Negosiasi.
2. Pemahaman Cara Menyampaikan Pengajuan dan Penawaran.
3. Pemahaman Syarat Tercapainya Persetujuan.
4. Pemahaman Faktor Penentu Keberhasilan Negosiasi.
5. Pemahaman Pengajuan dan Penawaran dalam Negosiasi Lisan/Tertulis.
Prosedur : Langkah-langkah Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, serta Persetujuan dalam Negosiasi Lisan/Tulisan.
Metakognitif : Menyimpulkan Relevansi atas Kebermanfaatan Pemahaman Teks Negosiasi dengan Kehidupan Sehari-hari.
E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi
Model : inquiry learning and problem based learning
F. Media Pembelajaran
Media/alat : papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
Bahan : teks negosiasi
G. Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Kelas XII, Kementerian Pendidikan dan Budaya, tahun 2016.
Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Internet.
Buku/sumber lain yang relevan.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
IPK : 3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
Pendahuluan (15 Menit)
1. Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2. Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3. Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4. Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya dan hasil penugasan membaca teks negosiasi di rumah. (Literasi)
5. Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8. Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi dan Identifikasi Masalah
• Peserta didik memusatkan perhatian pada topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi dengan cara mencermati contoh teks negosiasi (terlampir). (Literasi)
• Peserta didik mengevaluasi ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (PPK Kerjasama)
2. Mengumpulkan Informasi
• Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
3. Pengelolahan Informasi
• Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan.
4. Verifikasi hasil
• Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi secara bergantian melalui layar infokus. (4K Komunikasi)
• Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok.
5. Generalisasi
• Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
• Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.
Penutup (15 menit)
• Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
• Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yaitu membuat dan mengajukan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan/tulisan.
• Peserta didik memberi salam kepada pendidik.
Pertemuan 2
IPK : 4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
Pendahuluan (15 Menit)
1. Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2. Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3. Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4. Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya mengenai topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi .
5. Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8. Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi
• Peserta didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan oleh pendidik.
2. Pernyataan Masalah
• Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi, alasan-alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dari teks negosiasi yang dibaca.
3. Mengoleksi Data
• Peserta didik mendiskusikan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
4. Memproses Data
• Peserta didik menyimpulkan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
5. Verifikasi
• Peserta didik membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi.
• Peserta didik lainnya menanggapi tampilan teks negosiasi yang disampaikan secara lisan.
Penutup (15 menit)
• Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
• Peserta didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan dengan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.
• Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
• Peserta didik menjawab salam pendidik.
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap : observasi, lembar pengamatan, dan jurnal
b. Penilaian Pengetahuan : tes tertulis dan lisan
c. Penilaian Keterampilan: praktik
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis : uraian
c. Praktik
3. Instrumen Penilaian : (terlampir)
4. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
5. Pengayaan
a. Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
- Peserta didik yang mencapai nilai diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
- Peserta didik yang mencapai nilai diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Palembang, Oktober 2017
Mengetahui:
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Hadi Patriyatno, S.Pd. Alvian Kurniawan, M.Pd.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------
LAMPIRAN RPP
1) Ringkasan Materi
A. Faktual
Contoh Teks Negosiasi Pertemuan 1
Membeli Boneka
Pembeli : “Wah, boneka ini bagus sekali. Berapa harganya, Mbak?”
Penjual : “Ini boneka dari luar negeri dek. Harga satuannya Rp100.000,00.”
Pembeli : “Wah kok mahal sekali.”
Penjual : “Itu sudah harga standar dik. Sebab langsung diekspor dari Amerika.”
Pembeli : “Bagaimana kalau saya beli dua, tapi harganya Rp150.000,00 saja untuk dua boneka ini?”
Penjual : “Wah kalau begitu, silakan saja, dik.”
Pembeli : “Ini uangnya, Mbak.”
Penjual : “Terima kasih, semoga nanti adik belanja lagi ke sini ya!”
Pembeli : “Iya, mbak. Semoga ya!”
Contoh Teks Negosiasi Pertemuan ke-2
Ani Ingin Punya HP
Ani meminta ayahnya untuk membelikan hp. Dengan suara lembut ia berkata kepada ayahnya, “Yah, belikanAni hp dong. Teman-teman Ani sudah punya hp baru.”
“Wah kamukan masih sekolah, nanti kamu tidak fokus belajar,” jawab ayah.
“Justru itu yah, di sekolah kan banyak tugas mencari artikel di internet. Sedangkan Ani tidak punya hp. Terpaksa setiap hari harus ke warnet.”
Ayah nampak berfikir sejenak. “Baiklah, tapi syaratnya kamu harus pergunakan hp untuk sarana belajarmu, yah!” kata ayah.
“Siap yah! Terima kasih ya!”
“Iya, sama-sama.”
B. Konsep
1. Ciri-ciri yang terdapat dalam teks negosiasi, yaitu adanya partisipan, perbedaan kepentingan dari kedua belah pihak, pengajuan dan penawaran, serta persetujuan atau kesepakatan.
2. Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
3. Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
4. Faktor penentu keberhasilan negosiasi, yaitu kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain, tidak ada pihak yang dirugikan, kesepakatan praktis dan dapat dilakukan, alasan dapat memengaruhi pihak lain.
5. Pengajuan adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) dengan menyebutkan suatu nominal atau harga yang diajukan kepada pihak lain (pembeli). Contoh: “Rambutan ini rasanya manis dan baru saja datang dari desa. Kami jual seharga Rp15.000,00/kg.”, sedangkan
penawaran adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) kepada pihak lain (penjual) dalam konteks permintaan keringanan harga, tempo waktu, dan lain-lain. Contoh: “Wah, kan sekarang lagi musim rambutan, Pak. Bagaimana kalau saya tawar Rp10.000,00/kg?”
C. Prosedur
Langkah-langkah menmbuat pengajuan, penawaran, serta persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
1. Membaca beberapa teks negosiasihasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi.
2. Memahami tujuan negosiasi, sehingga dapat menentukan cara yang tepat agar perbedaan-perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak, baik pihak yang menyampaikan pengajuan maupun penawaran.
3. Membaca teks negosiasi kemudian menjelaskan syarat tercapainya persetujuan.
4. Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat negosiasi.
5. Mempresentasikan teks negosiasi yang dibuat.
D. Metakognitif
Relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks negosiasi dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat diterapkan konteks teori tersebut agar terjalin proses negosiasi yang baik.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
2) Instrumen Penilaian
A. Penilaian Sikap Spiritual (Jurnal)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
NO WAKTU NAMA KEJADIAN/ PERILAKU BUTIR SIKAP POS/NEG TINDAK LANJUT
1
2
3
4
5
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
B. Penilaian Sikap Sosial (Observasi)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Nasionalisme Integritas Jujur Mandiri Tanggung Jawab Jumlah Nilai Ket
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
C. Penilaian Pengetahuan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi Teknik Penilaian Bentuk Penilaian HOTS/LOTS Instrumen No
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi
Tes Tertulis Uraian HOTS
1. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
Tes Tertulis Uraian HOTS
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi. Tes Tertulis Uraian HOTS
2) Soal
1. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
3) Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Pengetahuan
No. Rambu-rambu Jawaban Skor
1. Pada kedua teks tersebut terdapat adanya transaksi tawar menawar yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang mengentungkan kedua belah pihak.
Teks 1
Yang mengajukan = penjual boneka
Yang menawar = pembeli boneka
Teks 2
Yang mengajukan = Ani
Yang menawar = Ayah
Dua teks tersebut terdapat adanya partisipan dan kesepakatan.
Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis. 33
Nilai = Total nilai + 1 = ...
D. Penilaian keterampilan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
HOTS/ LOTS
Instrumen
No
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan/ tertulis.
Tes Tertulis Uraian HOTS Tulislah teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!
Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis. Tes Lisan Uraian HOTS
2. Soal
1) Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!
2) Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Lembar Penilaian Presentasi
INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Presentasi Isi Teks yang Dilaporkan Jumlah Skor Nilai
Aspek yang Dinilai:
Kelancaran
Kebahasaan
Kelengkapan
Kesesuaian
Kelogisan
Sistematis
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
4. Lembar Penilaian Praktik
LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Nama Satuan pendidikan : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran : 2017/2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No. Nama Peserta Didik Ciri Teks Negosiasi Cara Pengajuan Syarat Tercapainya Pengajuan Penampilan Jumlah Nilai Nilai
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—5
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
Komentar
Posting Komentar