Kamis, 02 Juni 2011

Naskah Drama "Cinta Fitri di PGRI" Oleh : Alvian Kurniawan

Cinta Fitri di PGRI
( Oleh : Alvian Kurniawan NIM 2008112193)

Di Pelataran Kampus PGRI yang indah,

Miska : (Sambil berjalan didepan kelas) “Bew, Pening palak aku.
Perasaan muko aku ne la cantik tiada tara pecak Dinda kanya
Dewi. Tapi ngapolah sampe mak ini ari Farel dak pernah galak
samo aku?”

Fais : “Nah cacam, bibik ini ngerotok. Makonyo, jadi wong tu ye
jangan galak nolak rezeki.Jadi keno sial kan?”

Miska : “Rezeki? Maksod kau apo?”

Fais : “Pecak dak tau, atau emang dak tau kau ini?”

Miska : “Bew. Payolah dak usah betele-tele. Apo dio maksud kau tu?
Ku goco kau gek !” (sambil ngenggam tangan)

Fais : “Mati kau, cantik-cantik mak ini dak taunyo sanggar seni !”

Miska : ( Mendekati Fais) “Neee, kau ne ku goco nean !”

Fais : “Ampun.. ampun.. Jangan sadis-sadis bik! Belum jadi bini
aku beh la KDRK.” (Kekerasan Dalam Ruang Kelas).

Miska : “Kau pulo. Pagi-pagi la ngeringami aku. Apo dio maksud kau
tadi tu yang nolak rezeki?”

Fais : “Macem mak ini bik, Kau kan tau kalo ado budak di kelas ini
yang la cinta mati nean samo kau. Mano belagak pulo pecak
Shandi syarif. Tapi kau dak galak samo dio. Malah kau mati-
matian ngejar cinto Farel yang dak seberapo itu.”

Miska : (begaya seperti mau muntah) “Shandy Syarif? Maksudnyo kau?
Bew. Najis tralala trilili nian.nag muntah aku!. Sekarang,
aku nak nanyo, apo dio kelebihan kau tu?”

Fais : (sambil mikir) “Ahaaa.. adolah,. Tau dak? Mak aku ne
keturunan konglomerat. Harto bendanyo dak bakal sekarat
sampai tujuh keturunan.”

Miska : (penasaran) “Nah ngapo kau melarat?, sedangkan uji kau mak
kau konglomerat.”

Fais : “He..he (sambil menggaruk-ngaruk kepala), masalahnyo
aku ne anak ke delapan. Jadi mak inilah aku sekarang !”

Miska : (sambil ketawa) “Haha.. Fais.. Fais.. nasib samo muko kok
dak jauh beda! Hahaha….”

Saat Miska dan Fais lagi bersiru ria debat. Tiba-tiba seperti biasanya nampak ibu Amalia Hutama menghantarkan anak kesayangannya (Farel) ke dalam kelas.

Ibu Amalia : “Anak malas jangan dihukum, Assalamualaikum..”

Miska : “Ayda aydi, siapo sih ganggu pagi-pagi ini? (sambil
menoleh), oh maaf tante, tadi kiroi siapo? Dak
taunyo calon mertuo!”

Ibu Amalia : “Iss, dak usah sok baek. Aku ne galak nonton cinta
fitri di SCTV jadi aku tu tau kau tu wong jahat.”

Miska : (Sambil mendekati ibu Amalia) “Ya ampun tante,
itukan di TV. Kalau dikampus idaklah tante. Malahan
aku ne sebenarnyo alim.Wong lain yang biasonyo sholat
5 waktu sehari. Lha aku 7 waktu lho tante, maksudnyo
7 waktu dalam setahun.seperti waktu shalat idul
fitri, idul adha, taraweh pertamo, taraweh terakhir,
waktu ado tes ngembek nilai tugas sholat, 2x nyo pas
ado aa’ Farel di Masjid jadi aku ikut Sholat.”

Ibu Amalia : “Ya ara, dak memperbaiki keturunan. Farel beh sholat
jarang nean. Eh calon istrinyo cak kau. Apo kabar
naseb cucungku agek?”

Farel : (Sambil menutup muka) “Aidah mami nih, jangan
diomongi kalo Farel nih jarang Shalat.Jamal deh (Jadi
Malu).”

Ibu Amalia : “Ya ampun… cup..cup..cup, maafin mami cayang e! lupo
kalo cayang ini pernah pesen jangan ngomong-ngomong
kalo cayang ne shalatnya setahun duo kali.”

Farel : (Sambil memukul-mukul ibu amalia) “Aaa, mami nih
ditambah kasih taunyo kalo farel shalatnyo 2 x
setahun.”

Ibu Amalia : (sambil memukul jidatnya) “Ya ampun lupa cayang!”

Fais : (melihat Miska dan mengejek) “Haha.. itu cowok yang kau
taksir bew bolehlah manjonyo. Dak kebayang bae pas la nikah
agek. Pacak beli kasur yang lebar. Secaro dipucuk kasur
agek ado kau, Farel, samo maknyo. Hahaha”

Miska : “Faisssssssssssssssssssssssssssssss…..”

Miska pun akhirnyo ngejer Fais, dan Ibu Amalia Hutama pun meninggalkan Farel. Di dalam kelas. Pas Farel tinggal dewekan tibo-tibo muncul seseorang yang maraki mereka.
Fitri : “Permisi mas, nak pesan jamu? Disini ado jamu gendong
spesial dari mbah Surip.dijamin bagi yang minumnyo akan
mengakibatkan bagun tidur, tidur lagi.”

Farel : “Aaa.. si mbak biso bae.. disini katek yang jual susu mbak
yo? susu yang di wadahi mami di bos tempat minum Farel tadi
tumpah.sekarang Farel aus nean.”

Fitri : “Nah.. mas ne biso bae. Di sini mano ado yang jual susu.
Itu barang illegal mas. Dak boleh diperdagangkan secara
bebas.”

Farel : “Oh cak itu, yolah.. kalo dak ketemu susu manis tapi dak
apolah kalu ketemu adek yang manis ne. namonyo siapo?”

Fitri : (sambil tersenyum malu) “Ah si mas ini biso bae, namo adek
fi…….”

Belum selesai fitri ngenjok tahu namanyo. Tiba-tiba datanglah seorang Security…. dan tibo-tibo…

Security : “Uy tukang jamu ! siapo nyuruh kao masok kampus ini?”

Ndenger teriakan Security itu akhirnyo Fitri pun lari terbirit-birit. Sampai dak sadar kalau sendalnyo lepas sikok. Singkat cerito Farel sampai dak galak balek dari kampus itu, dio ngancam maminyo kalau dak nemuke Fitri dio dak galak keluar dari kelas itu. Dipikiran Farel saat ini Cuma mikirke tukang jamu tersebut. Dio ibaratnyo la mengalami cinto pada pandangan pertamo. Hingga akhirnyo,Maminyo si Amalia Hutama melakukan sayembara di depan kelas itu; siapo wanita yang kakinyo pas dengan sandal itu. Mako dio nak di jodohke samo Farel. Mengetahui informasi tersebut, tentunyo Miska menjadi kontestan pertamo yang Melok sayembara itu.

Miska : “Permisi tante Amalia Hutama, aku nak melok
sayembara ini!”

Ibu Amelia : “Jangan ngarep ye. Jingok nho kaki kao besak mak itu
mano nak cukup masok di sandal ini!”

Miska : “Payolah tante, jangan sentimen terus samo calon
menantu cak aku Ne.”

Ibu Amalia : “Aydem, dak usah banyak cingcong pake-pakelah!”
(dengan nada kesal)
Akhirnyo Miska pun nyobonyo, tapi ternyato ukuran kakinyo cukup terlalu besak samo cak dusonyo..

Ibu Amalia : “Hahaha, Uy Miska Kaki kau tu melambangkan duso kau!”

Miska : “Tenang tante, sebentar lagi aku balek kesini. Aku
pasti balek kesini dengan ukuran kaki yang lebih
ramping.”

Ibu Amalia : “Sampai lebaran monyet pun kaki kau dak bakal
ramping!”

Miska : “Ay tante neh nyumpai aku.”

Ibu Amalia : “Jadi nak ngapo kao? Dak seneng ?”

Miska : “Oh.. Seneng kok tante!”
Sayembarapun telah berlangsung selamo duo minggu. Tapi, dak katek sikok pun wanita yang kakinyo cocok dengan sandal itu. Farel tetap bersikeras dak galak keluar dari kelas itu. Karno kampus itu punyo Amalia Hutama, jadi perihal pekaro cak itu nyebabke kampus diliburke. Nah duo minggu kemudian.

Ibu Amalia : “Ayda aydy, Ngapolah jodoh anakku farel ini susah
nean? atau gara-gara farel ne hobi nian nyanyi lagu
wali yang cari jodoh itu ye?duh mano la siang, mano
panas, tandus, ga ada bus, mampus,tenggorokanku
haus.”

Dak lamo kemudian, lewatlah seorang perempuan penjual jamu…

Fitri : “Jamu… jamu…jamu tak gendong… kemana-mana”

Ibu Amalia : “Nah ado jamu, kebetulan haus. Jamuuuuuuuuu…..”

Fitri : “Jamu buk?”

Ibu Amalia : “Iyolah jamu, madaki baju. Wong kau jualnyo jamu.”

Fitri : “Haha, ibu ne biso nian,”

Ibu Amalia : (dengan senyum) “Ado jamu apo bae mbak?”

Fitri : “Ado jamu tak gendong, ado jamu bangun tidur,…”

Ibu Amalia : “Itu jamu apo kaset album mbah surip?”

Fitri : (sambil ketawa) “Jamulah buk, madaki kaset. Wong aku
jual jamu.”

Ibu Amalia : “Pacak nian mbak ini?”

Fitri : “Ibuk jugo pacak nian kalo penesan!” (sambil
ngenjokke segelas jamu).

Fitri : “Ini ado apo sih buk, kok ado tulisannyo sayembara
jodoh di depan kelas?”

Ibu Amalia : “Ini nah, anak ibuk tu pengen dicarike jodoh samo
wong yang kakinyo muat dengan sandal ini.”

Fitri : (sambil penasaran) “Sandal cakmano?”

Ibu Amalia : (sambil mengeluarkan sandal tersebut), “Sandal ini
nho mbak!”

Fitri : (kaget) “Astaga, itukan sandal aku yang lepas waktu aku
jualan di Duo minggu lalu itu di depan kelas ini!”

Ibu Amalia : (kaget) “Madaki? Kalau cak itu cubo mbak ini nyubo sandal
ini!”

Fitri : (ngembek sandal iti), “Aku cubo buk yo?”

Kaget bin ajaib. Sandal itu muat dikaki Fitri… akhirnyo ibu Amalia pun berteriak…

Ibu Amalia : “Fareeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeellllll !!!”

Farel : (tergopoh-gopoh) “Ngapo mami, ngejuti bae. Farel tu
lagi makan berger di kelas ini.”

Ibu Amalia : “Sayang, mami sudah ketemu pasangan yang kau cari-
cari selamo ini ! mbak ini jodohmu!”

Farel : (melihat Fitri ) “Iyo mi, cewek inilah yang aku cari.
Ayolah mi. lamar dio sekarang!”

Ibu Amalia : “Nak, galak dak anak tu nikah samo anakku?”

Fitri : (tersenyum sambil mengangguk) “Iyo buk!”

Ibu Amalia : “Alhamdulillah..”

Farel : “Namo mbak siapo?”

Fitri : “Namo ku Fitri, eh bukan aku Shireen, tapi jugo
galak dipanggil Sungkar.”

Farel : “Yang mano yang bener?”

Fitri : (geleng-geleng) “Dag tau!”

Farel : “Kok cak itu?”

Tibo-tibo ado duo wong bebaju putih datang maraki mereka…

Petugas 1 : “Fitri… ikut bapak yuk!”

Fitri : (sambil ngeberontak) “Dak galak.. dak galak..”

Petugas 2 : “Ayolah.. teman-temanmu kangen pengen main samo
Fitri!”

Ibu Amalia : “Ini ado apo pak?”

Petugas 1 : “Begini buk, Fitri ini pasien kami yang minggat dari
rumah sakit. semenjak usaha jamunya bangkrut dio jadi
cak ini.”

Farel : “Ha? Jadi… jadi..dio.. dio… dio…” Bruuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuk (Farel pun pingsan).

Ibu Amalia : “Fareeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeelllllllllllllll.”
Fitri : “Horeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee !!!”

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar