RPP KELAS X KD 3.15 DAN 4.15 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
X / Genap
Materi Pokok : Unsur-unsur dan Kebahasaan Biografi
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A.
Kompetensi
Inti
Kompetensi Sikap Spiritual “Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya” sedangkan Kompetensi Sikap Sosial yaitu “Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif, dan proaktif; sebagai bagian dari solusi
atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia”.
KI-3
|
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah
|
KI-4
|
Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan
|
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan
dalam teks biografi.
|
3.15.1. Mendefinisikan tentang Unsur-unsur biografi:orientasi: (identitas singkat
tokoh);rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; danReorientasi :
Kebahasaan biografi:pronominal;pengacu dan yang diacu; dankonjungsi
3.15.2. Mengidentifikasikan tentang Unsur-unsur biografi: orientasi: (identitas singkat
tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan Reorientasi :
Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.3. Mendeskripsikan tentang Unsur-unsur biografi: orientasi: (identitas singkat
tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan Reorientasi :
Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.4. Mengklasifikasikan tentang Unsur-unsur biografi: orientasi: (identitas singkat
tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan Reorientasi :
Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.5. Menemukan data dan informasi tentang Unsur-unsur biografi: orientasi: (identitas singkat
tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang dialami; dan Reorientasi :
Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.6. Mengeksprolasi temuan data dan informasi
tentang Unsur-unsur biografi:
orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang
diacu; dan konjungsi
3.15.7. Mendata
pokok-pokok isi biografi danciri kebahasaan dalam teks biografi
3.15.8. Mentabulasikan hasil eksprolasi data dan
informasi tentang Unsur-unsur
biografi: orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa
dan masalah yang dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal;
pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.9. Menganalisis tabulasi data dan informasi
tentang Unsur-unsur biografi:
orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang diacu;
dan konjungsi
3.15.10. Menguraikan hasil analisa data dan
informasi tentang Unsur-unsur
biografi: orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa
dan masalah yang dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal;
pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.11. Menulis teks biografi tokoh dengan
memerhatikan isi (antara lain: perjalananpendidikan, karier, perjuangan)
3.15.12. Mengasosiasikan uraian data dan
informasi tentang Unsur-unsur
biografi: orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa
dan masalah yang dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal;
pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
3.15.13. Menyimpulkan hasil asosiasi data
dan informasi tentang Unsur-unsur
biografi: orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa
dan masalah yang dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal;
pengacu dan yang diacu; dan konjungsi
|
4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik
lisan maupun tulis.
|
4.15.1. Memverifikasi kesimpulan data dan informasi
tentang Unsur-unsur biografi:
orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang
diacu; dan konjungsi
4.15.2. Mempresentasikan hasil verifikasi data
tentang Unsur-unsur biografi:
orientasi: (identitas singkat tokoh); rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan Reorientasi : Kebahasaan biografi: pronominal; pengacu dan yang
diacu; dan konjungsi
4.15.3. Memberikan tanggapan secara lisan terhadap
isi teks (biografi) yang ditulis teman
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui Discovery
Learning peserta didik
dapat Menganalisis aspek makna
dan kebahasaan dalam teks biografi dan Menceritakan
kembali isi teks biografi baik lisan maupun tulis dengan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab.
D.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan
Problem Based
Learning (Pembelajaran Berbasis
Masalah )/ projek
Masalah )/ projek
E.
Media/alat,
Bahan
Media
:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul,
brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan:
guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus, Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau
CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT
dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual:
film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD,
DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata,
model, dan spesimen.
Ø Komputer.
F.
Sumber
Belajar
Ø
Buku
penunjang kurikulum 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia, Kelas X,
Kemendikbud, tahun 2016
Ø
Pengalaman
peserta didik dan guru
Ø
e-dukasi.net
G.
Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran unsur-unsur biografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
Apersepsi
Motivasi
Pemberian Acuan
|
15
menit
|
||||||||||||||
Kegiatan Inti
|
150
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran kebahasaan biografi berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: nasionalisme, disiplin,
rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
|
|||||||||||||||
Kegiatan Penutup
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
H.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Teknik dan Bentuk Instrumen
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
|
KI-3
|
1.
Tes
Tertulis
2.
Penugasan
|
1.
Soal
tes tertulis
2.
Lembar
tugas dan Lembar penilaian tugas
|
KI-4
|
Unjuk kerja paktik
|
Lembar tertutili dan uji praktik menanggapi
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………….
|
Palembang, Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
……………………...
|
Materi pembelajaran
Unsur-unsur biografi:
·
orientasi: (identitas singkat tokoh)
·
rangkaian peristiwa dan masalah yang
dialami; dan
·
Reorientasi
Kebahasaan biografi:
·
pronominal;
·
pengacu dan yang diacu; dan
·
konjungsi.
Fakta : Biografi
Konsep : Cerita Ulang
Prinsip : Unsur-unsur
dan kebahasaan biografi
Prosedur : orientasi:
(identitas singkat tokoh);
rangkaian peristiwa dan
masalah yang dialami; dan
Reorientasi
pronominal;
pengacu dan yang diacu; dan
konjungsi
|
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a. Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik
terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
2
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat diubah sesuai dengan aspek
perilaku yang ingin dinilai
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Selama diskusi, saya
ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika kami berdiskusi,
setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
50
|
||||
3
|
Saya ikut serta dalam
membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
||||
4
|
...
|
100
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
1
|
Mau menerima pendapat
teman.
|
100
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan solusi
terhadap permasalahan.
|
100
|
||||
3
|
Memaksakan pendapat
sendiri kepada anggota kelompok.
|
100
|
||||
4
|
Marah saat diberi
kritik.
|
100
|
||||
5
|
...
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Jurnal (Lihat
lampiran)
b. Pengetahuan
-
Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
(Lihat lampiran)
-
Tes
Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1
|
Intonasi
|
|||||||
2
|
Pelafalan
|
|||||||
3
|
Kelancaran
|
|||||||
4
|
Ekspresi
|
|||||||
5
|
Penampilan
|
|||||||
6
|
Gestur
|
-
Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas
rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang
Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian
respon dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian
pemilihan kata
|
||||
3
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
||||
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
||||
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
||||
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
c.
Pertemuan
Ketiga
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria
ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya
sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai Setelah Remedial
|
Ket
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
dst
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal
pengayaan sebagai berikut :
1)
Membaca buku-buku tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2)
Mencari informasi secara online tentang Nilai-nilai
Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3)
Membaca surat kabar, majalah, serta berita online
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan
pemerintahan Negara
4)
Mengamati langsung tentang Nilai-nilai Pancasila
dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di
lingkungan sekitar.
Mengetahui,
Kepala Sekolah
…………………….
|
Palembang, Juli 2017
Guru Mata
Pelajaran
Alvian Kurniawan, M.Pd.
|
Komentar
Posting Komentar