RPP KELAS X KD 3.11 DAN 4.11 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

    Satuan Pembelajaran               :
    Mata Pelajaran                        :
    Kelas/Semester                        :
    Tahun Pelajaran                       :
    Alokasi Waktu                         :

 A.Kompetensi Inti (KI)
      Rumusan kompetensi sikap spiritual,menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang       dianutnya,kompetensi sikap sosial,menunjukkan perilaku jujur,displin,tanggung jawab ,peduli(gotong royong, Kerjasama,toleransi ,damai)santun,responsive,dan pro aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai Permasalahan dalam berinterkasi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta Menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia”.
K.3
Memahami ,menerapkan,menganalisispengatuan factual,konseptual,procedural berdasarkanrasa
Ingin tahu ta dengan tenntang ilmu pengetahuan ,teknologi,seni,budayadan humoniora wawasan
Kemanusian ,kebangsaan ,kenegaraan dan peradaban terkait fonemena dan kejadian,serta me
Nerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakatdan
Minatnya untuk memecah masalah.

k.4
Mengolah,menalar,dan menyaji dalam ranah konkret dan rana absrakterkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuannya.

B.Kompetensi Dasar dan Indikator
   
  Komptensi  Dasar(KD)                
Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK)
3.11 Menganalisis isi,struktur (orientasi,pengajuan penawaran ,persetuuan,penutup)kebahasaan teks negosiasi.

3.11.1  menguraikan struktur isi teks negosiasi
3.11.2  memberikan contoh isi struktur(orientasi,
            ,pengajuan,penawaran,persetujuan,penutup dan
            Kebahasaan teks negosiasi.
4.11 Mengkonstruksi teks negosiasi dengan
        Memperhatikan isi,struktur(orientasi,
        Pengajuan,penawaran,persetujuan,
        Penutup)dan kebahasaan.
 4.11.1 membuat teks negosiasi dengan memerhatikan
            Isi,struktur(orientasi,pengajuan,penawaran,
            Persetujuan,penutup)dan kebahasaan.
4.11.2 menganalisis teks negosiasi dengan memerhati
           Kan isi,struktur(orientasi,pengajuan ,penawaran,
           Persetjuan,penutup)dan kebahasaan.
4.11.3 menyimpulkan teks negosiasi dengan mem-
           Merhatikan isi struktur(orientasi,pengajuan,
           Penawaran,persetujuan,penutup)dan kebahasaan
C. Tujuan Pembelajaran
     Melalui kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan model pedagogic genre,saintifik(model
     Discovery ),CLIL,peserta didik dapat membuat teks Negosiasi dengan memerperhatikan struktur
     Negosiasi.
D.Materi Pembelajaran:
    Fakta      :   teks negosiasi
    Konsep   :  1. Definisi teks negosiasi
                       2. isi pokok teks negosiasi
                       3.langkah-langkah membuat teks negosiasi
    Prinsif    : mengonstruksi teks Negosiasi
    Prosedur: langkah-langkah membuat teks negosiasi

E.Metode/Model
    Pendekatan  : pedogogik genre,saintifik,CLIL
    Model          : discovery learning
F.Media/alat dan bahan
    - Laptop
    - media elektronik(internet)
    - Teks Negosiasi (majalah/buku)
G. Sumber Belajar
    * Indonesia ,Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ,Buku siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia
       (Wajib) kelas X,2015,Jakarta : Kementrian dan Kebudayaan .
   @ Buku teks pelajaran yang relevan.

H.Langkah-langkah pembelajaran
Tahap
                       Langkah-langkah pembelajaran

Alokasi waktu
pendahuluan



1.melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
   Memulai pembelajaran (Nilai Relegius)
2.Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap displin
3.Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan
    Pembelajaran.
4. Peserta didik mengingat kembali pemahaman peserta didik tentang
    Teks negosiasi yang pernah dibaca melalui media apapun
5. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari
    Dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks negosiasi.
10 menit
KEGIATAN
INTI










































PENUTUP












STMULUS:(LITERASI)
Peserta didik mendengarkan pembacaan teks negosiasi yang berjudul:
PEMBELIAN TAS TAS SEKOLAH.
Peserta didik mengindentifikasi masalah yang akan dibahas dalam teks
Negosiasi yaitu:
-peserta  didik mengindentifikasi pokok-pokok teks negosiasi
-peserta didik menjelaskan teks negosiasi
-peserta didik menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks
    Negosiasi
-peserta didik membuat contoh teks negosiasi

MENGUMPULKAN INFORMASI (KREATIF)
Siswa dalam kelompok membaca teks negosiasi dan berdiskusi mengum
Pulkan data/informasi sebanyak mungkin dari teks negosiasi tentang:
-Isi teks negosiasi yang dibaca.
- perbedaan antara teks negosiasi dengan teks yang lainnya.
-menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks negosiasi yang
  Ada.

MENGOLAH  INFORMASI (KLOBORASI)
Siswa dalam kelompok mendiskusikan data yang didapat dari teks
Negosiasi yang berupa:
-Indentifikasi isi pokok teks negosiasi
-perbedaan antara teks negosiasi dengan teks yang lainnya.
-menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks negosiasi

MEMVERIFIKASI(KREATIF)
Siswa memeriksa dalam bentuk diskusi hasil pengumpulan dan peng
Olahan informasi tentang:
-Indentifikasi isi pokok teks negosiasi
-perbedaan antara teks negosiasi dengan teks yang lainnya
-menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks negosiasi.

MENYIMPULKAN(BERPIKIR KRITIS)
Peserta didik berdiskusi menyimpulkan materi pembelajaran:
-Indentifikasi isi pokok teks negosiasi
-perbedaan antara teks negosiasi dengn teks yang lainnya.
70 menit












































10 Menit
-menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks negosiasi

MEMPRESENTASIKAN(KLOBORASI)
-Hasil indentifikasi isi pokok teks negosiasi
-perbedaan antara teks negosiasi dengan teks yang lainnya
-menganalisis unsure-unsur yang terkandung dalam teks negosiasi.

Kegiatan guru bersama peserta didik yaitu:
-membuat rangkuman atau simpulan pelajaran
-melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan
-memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.

Kegiatan guru yaitu:
-melakukan penilaian
-merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran 
   Remedy,program pengayaan ,layanan konseling atau member tugas
   Baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar
Peserta didik.
-menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.








 1.PENILAIAN
    1.Penilaian sikap
       a. Teknik penilaian   : observasi :sikap relegius dan sikap sosial
       b.Bentuk penilaian    : Lembar pengamatan
       c.instrumen penilaian  : jurnal (terlampir)
    2.Pengetahuan :
       Jenis/teknik tes            : tertulis dan lisan
       Bentuk tes                   : uraian ,tertulis penugasan
       Instrument penilaian   : terlampir
   3.Ketrampilan
      Teknik/bentuk penilaian:praktik/performance
                                              : portofolio
       Instrument penilaian(terlampir)
   4. Penilaian kompetensi ketrampilan
       a.pengamatan diskusi
         -mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
         -menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
         -menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan negosiasi
      b.portofolio/unjuk kerja
        -laporan tertulis induvidu/kelompok
        -produk
   5.instrumen penilaian
      Pertemuan pertama (terlampir)
   6.PEMBELAJARAN REMEDIAL DAN PENGAYAAN
      a.Remedial
         - Remedial dapat diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada
            Peserta didik yang sudahmelampui KKM. Remedial terdiri atas dua bagian: Remedial karena
            Belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai kompetensi dasar.
         -Guru member semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM dan guru akan
            Memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM missal sebagai berikut:
              -menentukan struktur isi teks negosiasI
            -Membuat contoh struktur isi teks negosiasi
            -Menentukan kebahasaan teks negosiasi.
       b.Pengayaan
          - pengayaan diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenal materi pembelajaran
            Yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM  atau mencapai
             Kompetensi dasar.
          -pengayaan dapat ditagihkan atau tidak,sesuai kesepakatan dengan peserta didik
          -direncanakan berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan
            Lebih luas misalnya:
            Membandingkan struktur isi teks negosiasi dengan kebahasaan teks negosiasi.
             

                                                                                    Palembang,               2017
                                                                                    Guru mata pelajaran



                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.


      LAMPIRAN
                                           Materi Pembelajaran: Contoh Teks Negosiasi

                                                            PEMBELIAN TAS SEKOLAH


          Ketika bel pulang sekolah berbunyi,Dina bergegas pergi ke sebuah took tas di seberang sekolah.
Ia ingin membeli sebuah tas sekolah yang sedang ngetren,bagus,dan kuat,karena tas yang dimilikinya
Sudah rusak,dia pun semakin tertarik untuk membeli tas di took teresebut.
          Sesampai di took tersebut,Dina bertanya-tanya kepada si penjual tentang tas yang diinginkannya.
Kemudian si penjual pun memberitahu tentang tas yang diinginkan Dina. Tas tersebut bermerek Melo.
Dina merasa bingung memilih model tas bermerek Melo tersebut.

          Selanjutnya, Dina mengambil salah satu tas yang bermerek melo

          Bang,apa saja kelengkapan dan kelebihan tas ini”Tanya Dina
     
         “oh,tas itu,ya,tas itu dilengkapi tempat LAPTOP yang bisa diambil dan dipasang lagi,Ada juga
Empat bukaan bila barang didalamnya banyak.Jadi tas itu bisa disesuaikan dengan barang yang dibawah.
Oh,ya, satu lagi kelebihannya tas sudah disediakan pelindung anti air jika digunakan pada musin hujan.

          Mendengar penjelasan si penjual,Dina masih penasaran dan ingin tahu kelengkapan tas merek
Melo yang lainnya,kemudian,Dina mengambil tas merek Melo lagi dengan model yang berbeda.

         Akhirnya,Dina setuju dengan harga tersebut dia memilih tas yang berwarna karena sudah sepakat dengan harganya Rp.275.000,00,- si penjual meminta Dina melakukan pembayaran di tempat kasir.
Setelah Dina melakukan pembayaran dan menerima tasnya,dia pun meninggal took tersebut.

            STRUKTUR TEKS NEGOSIASI

                        1.Orientasi,berisi pengenalan awal atau perbincangan awal antara kedua belah pihak
                            Yang akan melakukan negosiasi
                        2.Pengajuan,berisi tentang permintaan oleh salah satu pihak.
                        3.Penawarn,berisi klimaks dari teks negosiasi karena terjadi tawar menawar antara
                           Kedua belah pihak.
                        4.Persetujuan,berisi kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.
            KEBAHASAAN TEKS NEGOSIASI
                  Dalam teks negosiasi terdapat beberapa cirri kebahasaan yaitu:
                        1.menggunakan bahasa yang santun
                        2.terdapat ungkapan yang bersifat persuasive
                        3.terkadang terdapat bahasa yang bersifat memerintah atau memaksa
                        4.adanya pasangan tuturan partisipan
                        5.jika berbentuk dialog,maka terdapat tanda baca titik dua(:)

                                   BACALAH DENGAN SAKSAMA TEKS BERIKUT:

            Pegawai Bank          : “Selamat pagi,pak.silahkan duduk. Ada yang bisa kami bantu?”
            Nasabah                  : “Selamat pagi,bu,ya,terimakasih.begini bu,saya ingin mengajukan proposal
                                             Peminjaman uang untuk usaha ikan lele saya.”
            Pegawai Bank         : Maaf, bisa saya lihat proposalnya?
            Nasabah                  : “ini ,bu ssilahkan,”
            Pegawai Bank          : Sebenarnya,proposal Bapak ini sangat bagus,tidak ada masalah.Cuma kami
                                             Dari pihak bank tidak bisa memenuhi permintaan dana sebesar RP.500
                                             Juta rupiah yang bapak ajukan.
            Nasabah                 :”jadi,kira-kira pihak bank bisa memberikan berapa ,bu
            Pegawai Bank          : setelah saya hitung ,kami hanya menyanggupi sampai 300 juta,pak,dengan
                                             Bunga 4%
              Nasabah                   : tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sebenarnya sangat sukses,pesanan
                                            Ikan,ikan lele kepada kami dari seluruh Indonesia. Dana ini rencananya
                                            Akan kami gunakan untuk menambah kapasitas produksi untuk
                                            Memenuhi permintaan ikan lele tersebut.
            Pegawai Bank         : Tunggu dulu,pak,saya hitung ulang dulu
            Pegawai Bank         : Ya sepertinya kami sanggup memberikan 350 juta rupiah
            Nasabah                 : wah,apakah tidk bisa dinaikkan lagi,Bu? Bagaimana kalau 400 juta rupiah
            Pegawai Bank         : Maaf,pak,hanya segitu yang bisa kami sanggupi
            Nasabah                 : Baiklah bu,tidak apa-apa ,saya setuju.

            LAMPIRAN INTRUMEN PENILAIAN
            A.PENILAIAN
                        1.Penilaian Sikap
                           Intrumen Penilaian
No
Waktu
Nama
Kejadian/perilaku
Butir sikap
Positif/negatif
Tindak lanjut
1

2

3

4

Dst








            1.Penilaian Pengetahuan
               a.jenis          : Tes tertulis
               b.Bentuk      : Esay
               c.Instrumen :
No
Soal
Rambu jawaban
1
Uraikanlah struktur isi teks negosiasi
1.Orientasi ,berisi pengenalan awal atau perbincangan anatara kedua belah pihak yang akan melakukan negosiasi.
2.Pengajuan,berisi tentang permintaan oleh salah satu pihak
3.Penawaran ,berisi klimaks dari teks negosiasi karena terjadi tawar menawar
    Anatara kedua belah pihak.
4.Persetujuan,berisi kesepakatan yang disetujui kedua belah pihak.
                               




                                                PEMBELIAN TAS SEKOLAH
   
NO
                             SOAL
Rambu jawaban

2.
































3






4.

 Tulislah contoh teks negosiasi


                                    PEMBELIAN TAS SEKOLAH

  Ketika bel pulang sekolah berbunyi,Dina bergegas pergi ke took tas  di
Seberang sekolahnya.Ia ingin membeli sebuah tas sekolah yang sedang
Ngetren,bagus,dan kuat.Karena tas yang dimilikinya sudah rusak,dia pun
Semakin tertarik untuk membeli tas di took tersebut.
  Sesampainya di toko tersebut,Dina bertanya-tanya kepada si penjual tentang
Tas yang dinginkanya.kemudian ,si penjual pun memberitahu tentang tas yang diinginkan Dina.Tas tersebut beremerek Melo.Dina merasa binggung
Memilih model tas bermerek Melo tersebut.

Selanjutnya,Dina mengambil salah satu tas yang bermerek Melo.
Bang,apa saja kelengkapannya dan kelebihan tas ini? Tanya Dina

“oh,tas itu ya.tas itu dilengkapi tempat LAPTOP yang bisa diambil dan di
Pasang lagi.Ada juga empat bukaan bila barang didalamnya banyak. Jadi
Tas itu bisa disesuaikan dengan barang yang dibaw


ah. Oh,ya ,satu lagi
Kelebihannya tas sudah disediakan pelindung anti jika digunakan pada musim hujan.
  Mendengarkan penjelasan si penjual,Dina masih penasaran dan ingin tahu
Kelengkapan tas merek MELO yang lainnya,kemudian,Dina mengambil
Tas merek MELO lagi dengan model yang berbeda.
  Akhirnya,Dina setuju dengan harga tersebut dia memilih tas yang berwarna
Karena sudah sepakat dengan harga Rp.275.000,00,- si penjual meminta Dina
Melakukan pembayaran di tempat kasir,setelah Dina melakukan pembayaran
Dan menerima tasnya, dia meninggal toko tersebut

TENTUKAN STRUKTUR ISI TEKS NEGOSIASI
1.Orientasi: Dina mempunyai tas yang sudah rusak dan ingin membeli tas
                     Tas yang baru
2.Pengajuan: pembeli menawarkan harga tas
3.Penawaran: Dina mengajukan penawaran harga tas
4.Persetujuan: kesepakatan Dina dan si penjual tas.

Tulislah contoh kebahasaan teks negosiasi
Bacalah dengan saksama teks berikut ini:

Pegawai Bank   : selamat pagi,pak.silahkan duduk.ada yang bisa kami bantu.
Nasabah            : selamat pagi ,bu,ya,terimakasih,begini bu saya ingin
                            Mengajukan proposal peminjaman uang untuk usaha ikan
                            Lele saya,
Pegawai Bank   : maaf,bisa saya lihat proposalnya
Nasabah             : ini,bu silahkan.
Pegawai Bank    : sebenarnya proposal bapak ini sangat bagus,tidak  ada
                             Masalah Cuma kami  dari pihak bank tidak bisa memenuhi
                            Permintaan dana sebesar RP.500 juta rupiah yang bapak aju
Nasabah             : jadi,kira-kira pihak bank bisa memberikan berapa,bu
Pegawai Bank    : Setelah saya hitung,kami hanya menyanggupi sampai
                              Rp.300 juta,pak,dengan bunga 4%
Nasabah             : tidak bisa ditambah lagi,bu ? usaha ini sebenarnya sangat
                             Sukses,pesanan ikan lele kepada kami dari seluruh
                             Indonesia ,dana ini rencananya akan kami gunakan untuk
                             Menambah kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan
                            Ikan lele tersebut.
Pegawai Bank  : Tunggu dulu,pak.saya hitung dulu uangnya
Pegawai Bank  : ya,sepertinya kami sanggup memberikan  RP.350 juta rupiah
Nasabah            : wah,apakah tidak bisa dinaikkan lagi,bu? Bagaimana kalau
                            Rp.400 juta rupiah?
Pegawai Bank  : maaf,pak,hanya segitu yang bisa kami sanggupi
Nasabah            : Baiklah bu,tidak apa-apa saya setuju,-

TULISLAH  KEBAHASAAN TEKS TERSEBUT…
1.menggunakan bahasa yang santun
2.Terdapat ungkapan  yang bersifat  persuasive(mengajak,membujuk)
3.Terkadang terdapat bahasa yang bersifat memerintah atau memaksa
4.adanya pasangan tuturan atau pertisipan
5.jika berbentuk dialog,maka terdapat tanda baca titik dua(:)                












2.P enilaian ketrampilan
   a.jenis  : praktik
   b.Bentuk : unjuk kerja
   c.Instrumen
   1. Tulislah contoh struktur isi teks negosiasi
   2. Tulislah contoh kebahasaan teks negosiasi
3.Pedoman Penskoran
   a.Pengetahuan
Soal
         Aspek yang dinilai
Skor
1
Merumuskan cirri negosiasi

a.Isi teks negosiasi sangat tepat
4
b.Isi teks negosiasi cukup tepat
3
c.Isi teks negosiasi kurang tepat
2
d.Isi teks negosiasi tidak tepat
1
2
Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran


a.sangat tepat
4
b.cukup tepat
3
c.kurang tepat
2
d.tidak tepat
1
3
Menjelaskan syarat tercapainya persetujuan


a.sangat tepat
4
b.cukup tepat
3
c.kurang tepat
2
d.tidak tepat
1
                      Jumlah skor maksimal
12
                                                     Skor Perolehan
Perhitungan Nilai Pengetahuan =......................x 100
                                                      Skor Maksimal
b.Ketrampilan
Aspek yang dinilai
Criteria penilaian
Skor
Merumuskan cirri negosiasi
a.sangat tepat
4

b.cukup tepat
3
c.kurang tepat
2
d.tidak tepat
1
Menjelaskan cara menyampaikan pengajuan dan penawaran.
a.sangat tepat
4

b.cukup cukup
3
c.kurang tepat
2
d.tidak tepat
1


Menjelaskan syarat tercapai persetujuan
a.sangat tepat
4

b.cukup  tepat
3

c.kurang tepat
2

d.tidak tepat
1

Jumlah skor maksimal
12
                                                            Skor perolehan
Perhitungan nilai ketrampilan =………………………………..x 100
                                                            Skor maksimal
A.Tindak lanjut : Remedial dan pengayaan
     a.Remedial
        Kepada peserta didik/kelompok yang memperoleh nilai dibawah KKM 60 diberikan penjelasan pada
        Aspek penilaian yang belum tuntas,kemudian diberikan tugas remedial dengan menentukan unsure
         Puisi yang lain di analisis unsure instrinsik.
     b.Pengayaan
        kepada peserta didik/kelompok yang sudah memperoleh nilai diatas KKM 60 diberikan tugas
        pengayaan dengan memusiklisasikan puisi lain untuk menambah ketrampilan dalam
        memusikalisasi puisi.

                                                                                                

                                                                                                               Palembang           2017
             Kepala Sekolah                                                                        Guru Mata Pelajaran




                                                                                                               Alvian Kurniawan, M.Pd.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan