RPP KELAS X KD 3.4 DAN 4.4 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(Teks Eksposisi)
Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 6 JP (6 x 45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),
santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.4 Menganalisis
struktur dan kebahasaan teks
eksposisi.
|
3.4.1 Menguraikan struktur teks eksposisi.
3.4.2 Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi
(kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan kalimat verba).
3.4.3 Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
|
4.4
Mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan,
dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
|
4.4.1 Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam
teks eksposisi.
4.4.2 Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan
memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi).
|
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran inquiry learning, peserta didik menggali informasi dari berbagai
sumber belajar diharapkan peserta didik dapat menganalisis struktur dan
kebahasaan teks eksposisi serta mengonstruksikan
teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen v ingin tahu,
teliti, bertanggung jawab dan disiplin.
D. Materi Pembelajaran
1.
Fakta :
Teks Eksposisi
2.
Konsep :
Pemahaman struktur teks eksposisi, ciri kebahasaan dan gagasan penjelas di
dalam teks eksposisi.
3.
Metakognitif :
Menyimpulkan relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks eksposisi dengan
kehidupan sehari-hari (menulis pidato, kolom opini di dalam surat kabar)
E.
Pendekatan, Metode,
dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode : diskusi kelompok, tanya jawab,
penugasan, dan demonstrasi
Model : Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) dan Pembelajaran
Berbasis
Masalah (Problem Based Learning)
F.
Media dan Bahan
Pembelajaran
1. Media/alat :
papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
2. Bahan :
teks eksposisi
G.
Sumber Belajar
a. Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Bahasa
Indonesia Kelas X.
Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku
Guru Bahasa
Indonesia Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c. Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.2013. Kamus Besar
Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
d. http://www.mikirbae.com/2015/11/memahami-ciri-kebahasaan-teks-eksposisi.html
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 JP)
3.4.1
Mengungkapkan struktur teks eksposisi
3.4.2
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat,
nomina, kata turunan, afikasasi, kalimat verbal dan nominal
Tahapan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.
Pendidik mempersiapkan
kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.
Peserta
didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.
Pendidik
memotivasi peserta didik.
5.
Pendidik
melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah
diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.
Pendidik menyampaikan
tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi
pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.
Peserta
didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi kemudian
menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8.
Pendidik mengelompokkan
peserta didik. (C4: Kolaborasi)
|
10 menit
|
Inti
|
1. Stimulasi dan Identifikasi
Masalah
a.
Peserta
didik memusatkan perhatian pada
topik struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi dengan cara mencermati
contoh teks eksposisi. (C4: Berpikir
Kritis)
b.
Peserta didik mengevaluasi
struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi berdasarkan contoh yang sesuai
dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2. Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi
mengenai struktur dan ciri kebahasaan dalam teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3. Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah
informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang
telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4. Verifikasi Hasil
a.
Peserta didik menyampaikan hasil
diskusi kelompok terkait topik mengenai struktur dan ciri kebahasaan
dalam teks eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b.
Peserta didik lainnya memberikan
masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok. (C4: Komunikasi)
5. Generalisasi
a.
Peserta didik menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b.
Peserta didik memperoleh penguatan
tentang materi yang dipelajari.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.
Peserta
didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber
(internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan
aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.
Pendidik menyampaikan
topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
|
10
menit
|
Pertemuan Kedua: (2 JP)
3.4.3
Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi
Tahapan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.
Pendidik mempersiapkan
kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.
Peserta
didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.
Pendidik
memotivasi peserta didik.
5.
Pendidik
melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah
diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.
Pendidik menyampaikan
tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi
pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.
Peserta
didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi
kemudian menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8. Pendidik mengelompokkan peserta didik. (C4: Kolaborasi)
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
a.
Peserta
didik memusatkan perhatian pada
topik aspek kebahasaan teks eksposisi dengan cara membandingkan dua
teks eksposisi. (C4: Berpikir Kritis)
b.
Peserta didik mengevaluasi aspek
kebahasaan di dalam dua teks eksposisi berdasarkan contoh yang sesuai dengan
petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2. Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi
mengenai aspek kebahasaan dalam kedua teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3. Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah
informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang
telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4. Verifikasi Hasil
a.
Peserta didik menyampaikan hasil
diskusi kelompok terkait topik mengenai aspek kebahasaan dalam kedua teks
eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b. Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan
hasil diskusi kelompok. (C4:
Komunikasi)
5. Generalisasi
a.
Peserta didik menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b. Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.
Peserta
didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber
(internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan
aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.
Pendidik menyampaikan
topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
|
10 menit
|
Pertemuan Ketiga:
(2JP)
4.4.1
Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks
eksposisi
4.4.2
Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan
memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi)
Tahapan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.
Pendidik mempersiapkan
kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.
Peserta
didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.
Pendidik
memotivasi peserta didik.
5.
Pendidik
melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah
diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.
Pendidik menyampaikan
tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi
pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.
Peserta
didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi
kemudian menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8.
Pendidik mengelompokkan
peserta didik. (C4: Kolaborasi)
|
5 menit
|
Inti
|
1.
Stimulasi dan Identifikasi Masalah
a.
Peserta
didik memusatkan perhatian pada
topik gagasan pokok dan gagasan penjelas dengan cara mencermati
contohnya di dalam teks eksposisi. (C4:
Berpikir Kritis)
b.
Peserta didik mengevaluasi gagasan
pokok dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi berdasarkan contoh yang
sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2. Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi
mengenai gagasan pokok dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3. Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah
informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang
telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4. Verifikasi Hasil
a.
Peserta didik menyampaikan hasil
diskusi kelompok terkait topik mengenai gagasan pokok dan gagasan
penjelas di dalam teks eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b.
Peserta didik lainnya memberikan
masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok. (C4: Komunikasi)
5. Generalisasi
a.
Peserta didik menyusun
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b.
Peserta didik memperoleh penguatan
tentang materi yang dipelajari.
|
70 menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.
Peserta
didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber
(internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan
aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.
Pendidik menyampaikan
topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
|
15 menit
|
I. Penilaian
1.
Teknik
penilaian:
·
Sikap :
Observasi
·
Pengetahuan : Tes
tertulis
·
Keterampilan :
Penugasan, unjuk kerja
2.
Bentuk penilaian:
·
Observasi :
lembar pengamatan aktivitas peserta didik
·
Tes tertulis :
uraian dan lembar kerja
·
Unjuk kerja :
lembar penilaian presentasi
3.
Remedial
a.
Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang
capaian KD-nya belum tuntas
b.
Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial teaching (klasikal), atau tutor sebaya,
atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.
Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3
kali tes remedia belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam
bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.
Pengayaan
Bagi
peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
a.
Peserta didik yang mencapai nilai n(ketuntasan) < n < n(maksimum) diberikan materi masih dalam
cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.
Peserta didik yang mencapai nilai n > n(maksimum) diberikan materi melebihi
cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
5.
Instrumen penilaian: Terlampir
Mengetahui Palembang, September 2017
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
LAMPIRAN
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP (SPIRITUAL)
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran :
2017-2018
Kelas/Semester :
X/1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia – Wajib
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/PERILAKU
|
BUTIR SIKAP
|
POS/NEG
|
TINDAK LANJUT
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui
Palembang, September 2017
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP (SOSIAL)
Satuan Pendidikan :
Tahun Pelajaran :
2017-2018
Kelas/Semester :
X/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia – Wajib
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nasionalisme
|
Integritas
|
Jujur
|
Mandiri
|
Tanggung Jawab
|
Jumlah
|
Nilai
|
Ket.
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor setiap aspek = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai = Jumlah Skor :
Skor Maksimal x 100 = ...
Mengetahui
Palembang, September 2017
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
1)Kisi-kisi Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
HOTS/ LOTS
|
Instrumen
|
No
|
Menguraikan struktur teks
eksposisi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
1. Bacalah teks
eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan
Lingkungan Hidup” dan rumuskan struktur kedua teks eksposisi tersebut!
2. Bacalah teks
eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan
Lingkungan Hidup” dan rumuskan ciri kebahasaan kedua teks eksposisi tersebut!
3. Bacalah teks
eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan
Lingkungan Hidup” dan bandingkan kebahasaan kedua teks eksposisi tersebut!
4. Bacalah teks
eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan tentukanlah gagasan pokok
dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi tersebut!
|
1
2
3
|
Mengidentifikasi ciri
kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan
kalimat verba).
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
||
Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
||
Menentukan
gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks
eksposisi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
4
|
|
Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan
memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi).
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
5. Susunlah ulang
gagasan yang terdapat di dalam teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana
Lingkungan” dengan memperhatikan strukturnya!
|
5
|
INSTRUMEN
PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : X
Materi : Teks Eksposisi
Kompetensi
Dasar : 3.4 Menganalisis struktur
dan kebahasaan teks eksposisi
Indikator :
3.4.1 Menguraikan struktur
teks eksposisi
3.4.2 Mengidentifikasi
ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan
kalimat verba).
3.4.3 Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
4.4.1
Menentukan
gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi.
4.4.2
Menyusun
ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan memerhatikan strukturnya (tesis,
argumen, dan rekomendasi).
1. Lembar Soal
Keterampilan
Pilihlah salah satu di antara topik berikut sebagai
gagasan pokok yang akan kamu kembangkan ke dalam eksposisi.
Kamu boleh juga memilih topik lain.
- Air sungai
bermanfaat bagi pengairan sawah dan ladang;
- Sampah yang
dibuang ke sungai akan menyumbat aliran air sungai;
- Pentingnya
pendidikan tentang pelestarian lingkungan hidup.
- Penyebab utama
kerusakan alam adalah perilaku manusia.
2. Rubrik Penilaian
Bait
|
Aspek yang Dinilai
|
Skor
|
1
|
a.
Peserta didik menyusun Struktur
teks eksposisi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
|
4
|
|
b.
Peserta didik menyusun Struktur
teks eksposisi lengkap dan sesuai dengan topik
|
3
|
|
c.
Peserta didik menyusun Struktur
teks eksposisi kurang lengkap dan
kurang dengan topik
|
2
|
|
d.
Peserta didik menyusun Struktur
teks eksposisi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
|
1
|
2
|
e.
Peserta didik menggunakan bahasa
teks eksposisi sangat sesuai dengan
kaidah kebahasaan, dan EYD
|
4
|
|
f.
Peserta didik menggunakan bahasa
teks eksposisi sesuai dengan
Struktur, struktur, cirri kebahasaan,
dan EYD
|
3
|
|
g.
Peserta didik menggunakan bahasa
teks eksposisi kurang sesuai denganStruktur, struktur, cirri kebahasaan, dan EYD
|
2
|
|
h.
Peserta didik menggunakan bahasa
teks eksposisi tidak sesuai dengan
Struktur, struktur, ciri kebahasaan,
dan EYD
|
1
|
3
|
i.
Peserta didik memerankan teks
eksposisi sangat sesuai dengan isi , struktur, cirri kebahasaan, dan EYD
|
4
|
|
j.
Peserta didik memerankan teks
eksposisi sesuai dengan
isi, struktur, ciri kebahasaan, dan
EYD
|
3
|
|
k.
Peserta didik memerankan teks
eksposisi kurang sesuai dengan
isi, struktur, ciri kebahasaan, dan
EYD
|
2
|
|
l.
Peserta didik memerankan teks
eksposisi tidak sesuai dengan
isi, struktur, ciri kebahasaan, dan
EYD
|
1
|
Nilai = Perolehan skor x 100
Jumlah kriteria/soal
Mengetahui Palembang, September 2017
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah, Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
Komentar
Posting Komentar