RPP KELAS X KD 3.4 DAN 4.4 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Teks Eksposisi)

Sekolah                       :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X / 1
Alokasi Waktu            : 6 JP (6 x 45 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
KI 1  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.4      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.

3.4.1     Menguraikan struktur teks eksposisi.
3.4.2     Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan kalimat verba).
3.4.3     Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
4.4      Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
4.4.1    Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi.
4.4.2    Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi).

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran inquiry learning, peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber belajar diharapkan peserta didik dapat menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi serta mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen v ingin tahu, teliti,  bertanggung jawab dan disiplin.

D.  Materi Pembelajaran
1.      Fakta               : Teks Eksposisi
2.      Konsep            : Pemahaman struktur teks eksposisi, ciri kebahasaan dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi.
3.      Metakognitif   : Menyimpulkan relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks eksposisi dengan kehidupan sehari-hari (menulis pidato, kolom opini di dalam surat kabar)

E.  Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan : saintifik
Metode       : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi
Model         : Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) dan Pembelajaran
                     Berbasis Masalah (Problem Based Learning)

F.   Media dan Bahan Pembelajaran
1. Media/alat              : papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
2. Bahan                    : teks eksposisi

G. Sumber Belajar
a.    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Bahasa Indonesia Kelas X.
Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Bahasa
Indonesia Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.    Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2013. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
d.   http://www.mikirbae.com/2015/11/memahami-ciri-kebahasaan-teks-eksposisi.html

H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: (2 JP)
3.4.1   Mengungkapkan struktur teks eksposisi
3.4.2   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afikasasi, kalimat verbal dan nominal
Tahapan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.    Pendidik mempersiapkan kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.    Peserta didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.    Pendidik memotivasi peserta didik.
5.    Pendidik melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.    Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.    Peserta didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi kemudian menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8.    Pendidik mengelompokkan peserta didik. (C4: Kolaborasi)
10 menit
Inti
1.     Stimulasi dan Identifikasi Masalah
a.    Peserta didik memusatkan perhatian pada topik struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi dengan cara mencermati contoh teks eksposisi. (C4: Berpikir Kritis)
b.    Peserta didik mengevaluasi struktur dan ciri kebahasaan teks eksposisi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2.    Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai struktur dan ciri kebahasaan dalam teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3.    Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4.    Verifikasi Hasil
a.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai struktur dan ciri kebahasaan dalam teks eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b.    Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok. (C4: Komunikasi)
5.    Generalisasi
a.    Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b.    Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.

70 menit










Penutup
1.     Peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.     Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.    Peserta didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber (internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.     Pendidik menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
10 menit

Pertemuan Kedua: (2 JP)
3.4.3   Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi
Tahapan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.    Pendidik mempersiapkan kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.    Peserta didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.    Pendidik memotivasi peserta didik.
5.    Pendidik melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.    Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.    Peserta didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi kemudian menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8.    Pendidik mengelompokkan peserta didik. (C4: Kolaborasi)

10 menit
Inti
1.    Stimulasi dan Identifikasi Masalah
a.    Peserta didik memusatkan perhatian pada topik aspek kebahasaan teks eksposisi dengan cara membandingkan dua teks eksposisi. (C4: Berpikir Kritis)
b.    Peserta didik mengevaluasi aspek kebahasaan di dalam dua teks eksposisi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2.    Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai aspek kebahasaan dalam kedua teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3.    Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4.    Verifikasi Hasil
a.   Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai aspek kebahasaan dalam kedua teks eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b.  Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok. (C4: Komunikasi)
5.    Generalisasi
a.    Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b.    Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.

70 menit

Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.    Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.    Peserta didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber (internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.    Pendidik menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
10 menit

Pertemuan Ketiga: (2JP)
4.4.1   Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi
4.4.2   Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi)
Tahapan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
1.     Peserta didik merespon salam pembuka. (PPK: Religius)
2.     Pendidik mempersiapkan kondisi peserta didik. (PPK: Disiplin)
3.     Peserta didik berdoa dipandu ketua kelas. (PPK: Religius)
4.     Pendidik memotivasi peserta didik.
5.     Pendidik melakukan apersepsi melalui tanya jawab tentang materi yang telah diperoleh. (C4: Komunikasi)
6.     Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi pembelajaran. (C4: Komunikasi)
7.     Peserta didik melakukan kegiatan budaya literasi berupa membaca buku nonfiksi kemudian menuliskan gagasan pokok dan kesimpulan hasil bacaan. (Literasi)
8.     Pendidik mengelompokkan peserta didik. (C4: Kolaborasi)

5 menit
Inti
1.    Stimulasi dan Identifikasi Masalah
a.    Peserta didik memusatkan perhatian pada topik gagasan pokok dan gagasan penjelas dengan cara mencermati contohnya di dalam teks eksposisi. (C4: Berpikir Kritis)
b.    Peserta didik mengevaluasi gagasan pokok dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (HOTS)
2.    Mengumpulkan Informasi
Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai gagasan pokok dan gagasan penjelas di  dalam teks eksposisi. (4C: Critical Thinking)
3.    Pengolahan Informasi
Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan. (C4: Komunikasi dan Kolaborasi, HOTS)
4.    Verifikasi Hasil
a.    Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai gagasan pokok dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi secara bergantian melalui layar infokus. (C4: Komunikasi)
b.    Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok. (C4: Komunikasi)
5.    Generalisasi
a.    Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
b.    Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.







70 menit









Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan. (C4: Komunikasi)
2.    Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran. (C4: Komunikasi)
3.    Peserta didik diberi tugas mencari teks ekaposisi lain dari berbagai sumber (internet, majalah, koran), kemudian dianalisis struktur teks dan aspek kebahasaannya. (C4: Kreatif dan HOTS)
4.    Pendidik menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya. (C4: Komunikasi)
15 menit

I.     Penilaian
1.      Teknik penilaian:
·      Sikap               : Observasi
·      Pengetahuan    : Tes tertulis
·      Keterampilan   : Penugasan, unjuk kerja
2.      Bentuk penilaian:
·      Observasi         : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
·      Tes tertulis       : uraian dan lembar kerja
·      Unjuk kerja      : lembar penilaian presentasi
3.      Remedial
a.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD-nya belum tuntas
b.    Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remedial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.    Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedia belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.    Peserta didik yang mencapai nilai n(ketuntasan) < n < n(maksimum) diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
b.    Peserta didik yang mencapai nilai n > n(maksimum) diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
5.      Instrumen penilaian: Terlampir

Mengetahui                                                              Palembang,      September 2017
Kepala Sekolah,                                                       G
uru Mata Pelajaran,


                                                                                 Alvian Kurniawan, M.Pd.


LAMPIRAN

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP (SPIRITUAL)

Satuan Pendidikan      :
Tahun Pelajaran           : 2017-2018
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia – Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/NEG
TINDAK LANJUT
1.






2.






3.






4.






5.






6.






7.






8.






9.






10.








Mengetahui                                                        Palembang,    September 2017
Kepala Sekolah
,                                                 Guru Mata Pelajaran,                                                                                                                                      

                                                                           Alvian Kurniawan, M.Pd.


INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP (SOSIAL)

Satuan Pendidikan      :
Tahun Pelajaran           : 2017-2018
Kelas/Semester            : X/1
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia – Wajib

No
Nama Peserta Didik
Nasionalisme
Integritas
Jujur
Mandiri
Tanggung Jawab
Jumlah
Nilai
Ket.
1.









2.









3.









4.









5.










dst.








Keterangan:
Skor setiap aspek         = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai                             = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...


Mengetahui                                                        Palembang,    September 2017
Kepala Sekolah
,                                                 Guru Mata Pelajaran,


                                                                           Alvian Kurniawan, M.Pd.



INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN

1)Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
HOTS/ LOTS
Instrumen
No
Menguraikan struktur teks eksposisi.

Tes Tertulis
Uraian
HOTS
1.    Bacalah teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup” dan rumuskan struktur kedua teks eksposisi tersebut!

2.    Bacalah teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup” dan rumuskan ciri kebahasaan kedua teks eksposisi tersebut!

3.    Bacalah teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan “Upaya Melestarikan Lingkungan Hidup” dan bandingkan kebahasaan kedua teks eksposisi tersebut!

4.    Bacalah teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dan tentukanlah gagasan pokok dan gagasan penjelas di dalam teks eksposisi tersebut!
1



2







3
Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan kalimat verba).
Tes Tertulis
Uraian
HOTS
Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
Tes Tertulis
Uraian
HOTS
Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks
eksposisi.
Tes Tertulis
Uraian
HOTS








































4
Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi).
Tes Tertulis
Uraian
HOTS
5. Susunlah ulang gagasan yang terdapat di dalam teks eksposisi “Pembangunan dan Bencana Lingkungan” dengan memperhatikan strukturnya!
5



INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN

Satuan Pendidikan    :
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas                           : X
Materi                         : Teks Eksposisi
Kompetensi Dasar       : 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi
Indikator                     :
3.4.1   Menguraikan struktur teks eksposisi
3.4.2   Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks eksposisi (kata sifat, nomina, kata turunan, afiksasi, dan kalimat verba).
3.4.3   Membandingkan kebahasaan dua teks eksposisi.
4.4.1   Menentukan gagasan pokok dan gagasan penjelas dalam teks eksposisi.
4.4.2   Menyusun ulang gagasan dalam teks eksposisi dengan memerhatikan strukturnya (tesis, argumen, dan rekomendasi).


1.      Lembar Soal Keterampilan
Pilihlah salah satu di antara topik berikut sebagai gagasan pokok yang akan kamu kembangkan ke dalam eksposisi. Kamu boleh juga memilih topik lain.
  1. Air sungai bermanfaat bagi pengairan sawah dan ladang;
  2. Sampah yang dibuang ke sungai akan menyumbat aliran air sungai;
  3. Pentingnya pendidikan tentang pelestarian lingkungan hidup.
  4. Penyebab utama kerusakan alam adalah perilaku manusia.

2.      Rubrik Penilaian

Bait
Aspek yang Dinilai
Skor
1
a.                      Peserta didik menyusun Struktur teks eksposisi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topik
4

b.                      Peserta didik menyusun Struktur teks eksposisi lengkap dan sesuai dengan topik
3

c.                      Peserta didik menyusun Struktur teks eksposisi kurang lengkap dan  kurang dengan topik
2

d.                     Peserta didik menyusun Struktur teks eksposisi tidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1
2
e.                      Peserta didik menggunakan bahasa teks eksposisi sangat sesuai dengan kaidah kebahasaan, dan EYD
4

f.                       Peserta didik menggunakan bahasa teks eksposisi sesuai dengan Struktur,  struktur, cirri kebahasaan, dan EYD
3

g.                      Peserta didik menggunakan bahasa teks eksposisi kurang sesuai denganStruktur,  struktur, cirri kebahasaan, dan EYD
2

h.                      Peserta didik menggunakan bahasa teks eksposisi tidak sesuai dengan Struktur,  struktur, ciri kebahasaan, dan EYD
1
3
i.                        Peserta didik memerankan teks eksposisi  sangat sesuai dengan isi ,  struktur, cirri kebahasaan, dan EYD
4

j.                        Peserta didik memerankan teks eksposisi sesuai dengan isi,  struktur, ciri kebahasaan, dan EYD
3

k.                      Peserta didik memerankan teks eksposisi kurang sesuai dengan isi,  struktur, ciri kebahasaan, dan EYD
2

l.                        Peserta didik memerankan teks eksposisi tidak sesuai dengan isi,  struktur, ciri kebahasaan, dan EYD
1

Nilai = Perolehan skor  x 100
             Jumlah kriteria/soal

Mengetahui                                                        Palembang,    September 2017
Kepala Sekolah,                                                 
Guru Mata Pelajaran,                                                                                                                                

                                                                            Alvian Kurniawan, M.Pd.                


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah