RPP KELAS X KD 3.5 DAN 4.5 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

                                    Sekolah                       :
                                    Mata pelajaran          : Bahasa Indonesia
                                  Kelas/Semester           : X/ Ganjil
                                   Materi Pokok             : Anekdot
                                  Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit (1 x Pertemuan)

A. Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Sikap :     Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dengan , menunjukkan perilaku  jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
                
KI-3: Memahami, mene­rapkan, menganali­sis pengetahuan faktual, konseptual,
           
prosedural berdasarkan  rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
            teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
            kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
            kejadian, serta menerap-kan pengetahuan prosedural
           
pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan  minatnya untuk
           
memecahkan masalah
KI-4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkrit dan ranah abstrak  terkait
           dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
           mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B. Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar dari KI 3
Kompetensi Dasar dari KI 4
3.5 Mengevaluasi teks anekdot dari
       aspek  makna tersirat
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam
        sebuah teks anekdot



Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
Ada (C5)
3.5.1 Menyebutkan pengertian  teks  
         anekdot
3.5.2 Menjelaskan  makna tersirat
         dalam  teks anekdot
3.5.3 Mengemukakan ciri-ciri teks
         anekdot
3.5.4 Membuat struktur  teks anekdot
3.5.5 Menilai isi makna tersirat dalam
         teks anekdot
3.5.6 Membuat  anekdot dalam  bentuk
         slogan mengenai lingkungan

Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4.1.1 Menyusun kembali makna tersirat
         yang terdapat dalam teks anekdot
4.1.2 Menulis kembali makna tersirat
         yang  terdapat dalam teks anekdot


C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifk dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menciptakan stimulus dan identifikasi masalah, menggali informasi untuk pengumpulan data, melakukan pengelolahan data serta verifikasi/pembuktian dan menarik kesimpulan, diharapkan siswa terlibat aktif selama proses pembelajaran berlangsung, memiliki sikap ingin tahu teliti, komunikasi dalam  melakukan pengamatan, dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat memahami pendapat, solusi, kesimpulan, fungsi, kutipan, dan ragam informasi dalam teks editorial.

D. Materi Pembelajaran
1. pengertian anekdot (Materi Fakta)
2. menjelaskan makna tersirat dalam anekdot (Materi fakta)
3. ciri-ciri teks anekdot (Materi konsep)
4. makna dalam teks anekdot (Materi konsep)
5. isi makna tersirat dalam teks anekdot (Materi prosedur)
6. membuat anekdot dalam bentuk slogan mengenai lingkungan

E. Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
Pendekatan: saintifik
Metode        : diskusi kelompok, tanya jawab, dan penugasan
Model          : discovery learning

F. Media Pembelajaran
Media/alat: lembar kerja, papan tulis, laptop, proyektor, dan powerpoint tentang pendapat, solusi, kesimpulan, dan ragam informasi.

G. Sumber Belajar
     Hatikah, Tika. 2016. Buku Bahasa Indonesia Kelas X Facil Edisi Revisi. Jakarta:  
                Grafindo.
Internet.
Buku/sumber lain yang relevan.

H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1(2x45menit)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.5.1 Menyebutkan pengertian teks anekdot
3.5.2 Menjelaskan makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.3 Mengemukakan ciri-ciri teks anekdot
3.5.4 Mengidentifikasi makna dalam teks anekdot
3.5.5 Menilai isi makna tersirat dalam teks anekdot

Pendahuluan (15 Menit)
1.        Memberi salam dan berdoa sebelum pembelajaran dimulai; (RELIGIUS)
2.      Mengkondisikan suasana belajar yang menyenangkan;
3.        Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
4.      Mengingatkan kembali materi dengan bertanya.
5.        Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
6.        Menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pendapat, solusi, dan kesimpulan dalam teks anekdot
7.        Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran

Kegiatan Inti (60 Menit)
1.        Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·      Peserta didik diberi motivasi atau  rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi dengan diberikan contoh gambar
·      Peserta didik mengidentifikasi contoh sesuai dengan petunjuk gambar yang diberikan
2.        Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik mengumpulkan informasi dari gambar yang disajikan dengan mengetahui definisi teks anekdot
3.        Pengelolahan data/Informasi
·      Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mencari definisi dari teks anekdot, kemudian  informasi  yang telah dikumpulkan akan dikaitkan dengan masalah yang telah diidentifikasi dari contoh yang diberikan
·      Peserta didik melakukan diskusi untuk menemukan bagian dari makna tersirat dan tersurat serta struktur teks anekdot
4.        Verifikasi hasil/Pembuktian
·      Peserta didik perwakilan masing-masing kelompok menyampaikan temuannya.
·      Kelompok lain memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok.
5.        Generalisasi/Kesimpulan
·      Peserta didik dibimbing oleh guru menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
·      Guru memberikan penguatan tentang pengertian teks anekdot makna tersirat tersurat, struktur, dan unsur kebahasaan teks anekdot
Penutup (15 menit)
1.      Guru  melakukan  penilaian terhadap hasil pencapaian kompetensi pada materi anekdot
2.      Memberikan tugas kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta didik untuk mempelajari  materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yaitu cerita rakyat(Hikayat)
3.      Guru memberi salam.

I.         Penilaian
  1. Teknik Penilaian:
a.    Penilaian Sikap              : Observasi/pengamatan/Jurnal
b.    Penilaian Pengetahuan :  Tes Tertulis
c.    Penilaian Keterampilan:  Unjuk Kerja/ Praktik, Portofolio

  1. Bentuk Penilaian:       
a.    Observasi    : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.    Tes tertulis  : uraian dan lembar kerja
c.    Unjuk kerja : lembar penilaian presentasi

3.      Instrumen Penilaian (terlampir)          

                                                                                    Palembang,     Oktober 2017
                                                                                    Guru Mapel
           
                                                                              
                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.
                                                                                   

                                                               INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan Pendidikan       : SMA 
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16








INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN

Nama Satuan Pendidikan       : SMA 
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
IPK
Materi Pembelajaran
Indikator Soal
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Nomor Soal
3.5.1 Menyebutkan pengertian  teks   anekdot
3.5.2 Menjelaskan makna tersirat dalam  teks anekdot
3.5.3 Mengemukakan ciri-ciri teks anekdot
3.5.4 Membuat struktur  teks anekdot
3.5.5 Menilai isi makna tersirat dalam teks anekdot
3.5.6 Membuat  anekdot dalam  bentuk slogan mengenai lingkungan

1. pengertian anekdot (Materi Fakta)
2. menjelaskan makna tersirat dalam anekdot (Materi fakta)
3. ciri-ciri teks anekdot (Materi konsep)
4. makna dalam teks anekdot (Materi konsep)
5. isi makna tersirat dalam teks anekdot (Materi prosedur)
6. membuat anekdot dalam bentuk slogan mengenai lingkungan

- Disajikan dalam bentuk teks anekdot, - peserta didik dapat menemukan pengertian anekdot,  makna tersirat, ciri-ciri, struktur dan dapat menilai isi makna tersirat dalm teks anekdot
Tertulis
Uraian
1,2,3,4,5
4.1.1 Menyusun kembali makna tersirat yang terdapat dalam teks anekdot
4.1.2 Menulis kembali makna tersirat yang terdapat dalam teks anekdot


Disajikan beberapa teks anekdot siswa dapat menemukan makna tersirat dan tersurat
Tertulis

Uraian

6


LAMPIRAN 1: MATERI PEMBELAJARAN
1.                                                                                         Pengertian  Teks Anekdot
Teks anekdot adalah sebuah cerita singkat yang didalamnya mengandung unsure lucu dan mempunyai maksud untuk melakukan kritikan. Teks anekdot biasanya bertopik tentang layanan public, politik, lingkungan, dan social. Anekdot terkadang bersifat menghibur, namun bukanlah hanya suatu lelucon
  1. Makna tersirat dan tersurat dalam anekdot
a.    Makna tersirat, pembicaraan atau tulisan yang tidak disampaikan secara gambling atau langsung tetapi secara tersembunyi yang hanya dapat dimengerti dengan benar-benar memahami keseluruhan pembicaraan atau tulisan

  1. ciri-ciri teks anekdot
1.    ceritanya hamper menyerupai seperti dongeng
2.    biasanya diambil dari kisah nyata, namun bisa juga dibuat berdasarkan khayalan
3.    menceritakan hewan dan manusia secara umum dan realities
4.    bersifat humor, menyindir, lelucon
5.    memiliki tujuan tertentu
4. kebahasaan dalam teks anekdot
5. menilai isi makna tersirat dalam teks anekdot

4.               a. Makna tersirat, pembicaraan atau tulisan yang tidak disampaikan secara gambling atau langsung tetapi secara tersembunyi yang hanya dapat dimengerti dengan benar-benar memahami keseluruhan pembicaraan atau tulisan
b.    Makna tersurat sesuatu hal yang disampaikan secara jelas dan dapat dipahami sebagaimana adanya, apakah tertulis atau diucapkan.

  1. Menilai isi makna tersirat dalam teks anekdot
Menilai kelebihan atau kelemahan teks anekdot berkaitan dengan mengevaluasi teks anekdot, selain itu, evaluasi terhadap suatu anekdot juga dapat berdasarkan makna tersirat.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan