RPP KELAS X KD 3.10 DAN 4.10 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA Sumsel Jaya Palembang
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok :
Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks Negosiasi
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 pertemuan)
A. Kompetensi Inti
Rumusan kompetensi sikap
spiritual adalah menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
Adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara
efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah,
masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan
kawasan internasional.
|
||||
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi
Dasar (KD)
|
|
3.10 Mengevaluasi pengajuan,
penawaran,
dan persetujuan dalam teks negosiasi lisan dan tertulis. |
4.10 Menyampaikan pengajuan,
penawaran,
persetujuan, dan penutup dalam teks negosiasi secara lisan atau tulis. |
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
|
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks
negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara
menyampaikan pe-
ngajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat
tercapainya per-
setujuan dalam teks negosiasi. |
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetu-
juan dan penutup dalam teks negosiasi se- cara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis. |
C. Tujuan
Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran kolaboratif inquiri
and problem bassed learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik
diharapkan dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaiakan pengajuan
dan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan
faktor penentu tercapainya keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan
dan penawaran dalam negosiasi lisan dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab,
disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, berani
serta pantang menyerah.
D.
Materi Pembelajaran
Fakta
:
Teks Negosiasi
Konsep :
1. Pemahaman Ciri-ciri Teks Negosiasi.
2. Pemahaman Cara
Menyampaikan Pengajuan dan Penawaran.
3. Pemahaman Syarat
Tercapainya Persetujuan.
4.
Pemahaman Faktor Penentu Keberhasilan Negosiasi.
5.
Pemahaman Pengajuan dan Penawaran dalam Negosiasi Lisan/Tertulis.
Prosedur : Langkah-langkah Menyampaikan Pengajuan,
Penawaran, serta Persetujuan da-
lam Negosiasi Lisan/Tulisan.
lam Negosiasi Lisan/Tulisan.
Metakognitif : Menyimpulkan Relevansi atas Kebermanfaatan
Pemahaman Teks Negosiasi de-
ngan Kehidupan Sehari-hari.
E.
Pendekatan, Metode, dan Model
Pembelajaran
Pendekatan :
saintifik
Metode
: diskusi kelompok, tanya
jawab, penugasan, dan demonstrasi
Model
: inquiry learning and problem based learning
F.
Media Pembelajaran
Media/alat : papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
Bahan : teks negosiasi
G. Sumber Belajar
Buku
Bahasa Indonesia Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Budaya, tahun 2016.
Kosasih,
Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Internet.
Buku/sumber
lain yang relevan.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
IPK : 3.10.1
Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara
menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi syarat tercapainya
persetujuan dalam teks negosiasi.
Pendahuluan (15 Menit)
1.
Peserta
didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2.
Peserta
didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK
Religius)
3.
Peserta
didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4.
Peserta
didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran
sebelumnya dan hasil penugasan membaca teks negosiasi di rumah. (Literasi)
5.
Peserta
didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6. Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator
pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7. Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4
kelompok.
8. Peserta didik menyimak
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1.
Stimulasi
dan Identifikasi Masalah
·
Peserta
didik memusatkan perhatian pada topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan
dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan
dalam teks negosiasi dengan cara mencermati
contoh teks negosiasi (terlampir).
(Literasi)
·
Peserta
didik mengevaluasi
ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan
dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan
dalam teks negosiasi berdasarkan contoh
yang sesuai dengan petunjuk
pada LK yang diberikan oleh guru. (PPK Kerjasama)
2.
Mengumpulkan
Informasi
·
Peserta
didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai ciri-ciri,
cara mengajukan pengajuan
dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan
dalam teks negosiasi.
3.
Pengelolahan
Informasi
·
Peserta
didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah
dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang
diberikan.
4.
Verifikasi
hasil
·
Peserta
didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai ciri-ciri,
cara mengajukan pengajuan dan penawaran,
dan syarat tercapainya persetujuan
dalam teks negosiasi secara bergantian melalui layar infokus. (4K Komunikasi)
·
Peserta
didik lainnya memberikan masukan untuk
menyempurnakan hasil diskusi kelompok.
5.
Generalisasi
·
Peserta
didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
·
Peserta
didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.
Penutup (15 menit)
·
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
·
Peserta
didik diberikan tugas untuk mempelajari materi
yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yaitu membuat dan mengajukan
pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan/tulisan.
·
Peserta
didik memberi salam kepada pendidik.
Pertemuan
2
IPK : 4.10.1
Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi
secara
lisan/tertulis.
lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam
negosiasi se-
cara lisan/tertulis.
cara lisan/tertulis.
Pendahuluan (15 Menit)
1. Peserta
didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2.
Peserta
didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK
Religius)
3.
Peserta
didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4.
Peserta
didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran
sebelumnya mengenai topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan
dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan
dalam teks negosiasi .
5.
Peserta
didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6.
Peserta
didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi,
dan tujuan pembelajaran hari ini.
7.
Peserta
kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8. Peserta didik menyimak
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi
·
Peserta
didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan oleh pendidik.
2. Pernyataan Masalah
·
Peserta
didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi,
alasan-alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dari teks
negosiasi yang dibaca.
3. Mengoleksi Data
·
Peserta
didik mendiskusikan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan,
penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
4. Memproses Data
·
Peserta
didik menyimpulkan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan,
penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
5.
Verifikasi
·
Peserta
didik membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi dengan
memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi.
·
Peserta
didik lainnya menanggapi tampilan teks negosiasi yang disampaikan secara lisan.
Penutup (15 menit)
·
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
·
Peserta
didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan,
penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan dengan kegunaan dalam
kehidupan sehari-hari.
·
Peserta
didik diberikan tugas untuk mempelajari materi
yang akan dibahas pada pertemuan
berikutnya.
·
Peserta
didik menjawab salam pendidik.
I. Penilaian
1.
Teknik
Penilaian:
a. Penilaian
Sikap : observasi, lembar pengamatan, dan jurnal
b. Penilaian
Pengetahuan : tes tertulis dan lisan
c. Penilaian
Keterampilan: praktik
2. Bentuk
Penilaian:
a.
Observasi :
lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.
Tes tertulis :
uraian
c.
Praktik
3.
Instrumen
Penilaian : (terlampir)
4.
Remedial
a. Pembelajaran
remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan
pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri
dengan tes.
c. Tes
remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial
belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes
tertulis kembali.
5.
Pengayaan
a. Bagi
peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran
pengayaan sebagai berikut:
-
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
-
Siwa yang mencapai nilai diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Palembang, Oktober 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
Hadi Patriyatno, S.Pd. Alvian
Kurniawan, M.Pd.
LAMPIRAN RPP
1) Ringkasan
Materi
A. Faktual
Contoh Teks
Negosiasi Pertemuan 1
Membeli
Boneka
Pembeli :
“Wah, boneka ini bagus sekali. Berapa harganya, Mbak?”
Penjual :
“Ini boneka dari luar negeri dek. Harga satuannya Rp100.000,00.”
Pembeli :
“Wah kok mahal sekali.”
Penjual :
“Itu sudah harga standar dik. Sebab langsung diekspor dari Amerika.”
Pembeli :
“Bagaimana kalau saya beli dua, tapi harganya Rp150.000,00 saja untuk dua
boneka ini?”
Penjual :
“Wah kalau begitu, silakan saja, dik.”
Pembeli :
“Ini uangnya, Mbak.”
Penjual :
“Terima kasih, semoga nanti adik belanja lagi ke sini ya!”
Pembeli :
“Iya, mbak. Semoga ya!”
Contoh Teks Negosiasi
Pertemuan ke-2
Ani
Ingin Punya HP
Ani
meminta ayahnya untuk membelikan hp. Dengan suara lembut ia berkata kepada
ayahnya, “Yah, belikanAni hp dong. Teman-teman Ani sudah punya hp baru.”
“Wah
kamukan masih sekolah, nanti kamu tidak fokus belajar,” jawab ayah.
“Justru
itu yah, di sekolah kan banyak tugas mencari artikel di internet. Sedangkan Ani
tidak punya hp. Terpaksa setiap hari harus ke warnet.”
Ayah
nampak berfikir sejenak. “Baiklah, tapi syaratnya kamu harus pergunakan hp
untuk sarana belajarmu, yah!” kata ayah.
“Siap
yah! Terima kasih ya!”
“Iya,
sama-sama.”
B. Konsep
1. Ciri-ciri
yang terdapat dalam teks negosiasi, yaitu adanya partisipan, perbedaan
kepentingan dari
kedua belah pihak, pengajuan dan penawaran, serta persetujuan atau kesepakatan.
kedua belah pihak, pengajuan dan penawaran, serta persetujuan atau kesepakatan.
2. Cara
menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak
lain,
saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
3. Syarat
tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau
paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
4. Faktor
penentu keberhasilan negosiasi, yaitu kesediaan untuk berkompromi dengan pihak
lain, tidak ada pihak yang dirugikan, kesepakatan praktis dan dapat dilakukan,
alasan dapat memengaruhi pihak lain.
5. Pengajuan
adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) dengan
menyebutkan
suatu nominal atau harga yang diajukan kepada pihak lain (pembeli). Contoh: “Rambutan ini
rasanya manis dan baru saja datang dari desa. Kami jual seharga Rp15.000,00/kg.”, sedangkan
penawaran adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) kepada pihak lain
(penjual) dalam konteks permintaan keringanan harga, tempo waktu, dan lain-lain. Contoh: “Wah,
kan sekarang lagi musim rambutan, Pak. Bagaimana kalau saya tawar Rp10.000,00/kg?”
suatu nominal atau harga yang diajukan kepada pihak lain (pembeli). Contoh: “Rambutan ini
rasanya manis dan baru saja datang dari desa. Kami jual seharga Rp15.000,00/kg.”, sedangkan
penawaran adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) kepada pihak lain
(penjual) dalam konteks permintaan keringanan harga, tempo waktu, dan lain-lain. Contoh: “Wah,
kan sekarang lagi musim rambutan, Pak. Bagaimana kalau saya tawar Rp10.000,00/kg?”
C. Prosedur
Langkah-langkah menmbuat pengajuan, penawaran, serta persetujuan
dalam negosiasi lisan/tulisan.
1.
Membaca
beberapa teks negosiasihasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi.
2.
Memahami
tujuan negosiasi, sehingga dapat menentukan cara yang tepat agar
perbedaan-perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak,
baik pihak yang menyampaikan pengajuan maupun penawaran.
3.
Membaca
teks negosiasi kemudian menjelaskan syarat tercapainya persetujuan.
4.
Membuat
teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat negosiasi.
5.
Mempresentasikan
teks negosiasi yang dibuat.
D. Metakognitif
Relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks negosiasi
dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat diterapkan konteks teori tersebut
agar terjalin proses negosiasi yang baik.
2) Instrumen
Penilaian
A. Penilaian Sikap
Spiritual (Jurnal)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran
: 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
NO
|
WAKTU
|
NAMA
|
KEJADIAN/
PERILAKU
|
BUTIR
SIKAP
|
POS/
NEG
|
TINDAK
LANJUT
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata
Pelajaran,
Alvian
Kurniawan, M.Pd.
B. Penilaian Sikap Sosial (Observasi)
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan :
SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran
: 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Nasionalisme
|
Integritas
|
Jujur
|
Mandiri
|
Tanggung
Jawab
|
Jumlah
|
Nilai
|
Ket
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor setiap aspek =
1—4
Skor maksimal =
20
Nilai =
Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran
Alvian Kurniawan, M.Pd.
C. Penilaian
Pengetahuan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
HOTS/
LOTS
|
Instrumen
|
No
|
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
1. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin
Punya HP” dan rumuskan ciri teks
negosiasi tersebut!
2. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin
Punya HP” dan rumuskan cara
menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3. Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin
Punya HP” dan rumuskan ciri syarat
tercapainya negosiasi!
|
1
2
3
|
3.10.2 Mengevaluasi cara menyam-paikan penga-juan,
dan pe-nawaran dalam teks negosiasi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
||
3.10.3
Mengevaluasi syarat tercapainya
persetujuan dalam teks negosiasi.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
2) Soal
1.
Bacalah teks negosiasi
“Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP”
dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2.
Bacalah teks negosiasi
“Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP”
dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3.
Bacalah teks negosiasi
“Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP”
dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!
3)
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Pengetahuan
No.
|
Rambu-rambu
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Pada kedua teks tersebut terdapat
adanya transaksi tawar menawar yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang
mengentungkan kedua belah pihak.
Teks 1
Yang mengajukan = penjual boneka
Yang menawar = pembeli boneka
Teks 2
Yang mengajukan = Ani
Yang menawar = Ayah
Dua teks tersebut terdapat adanya
partisipan dan kesepakatan.
|
33
|
2.
|
Cara menyampaikan pengajuan dan
penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling
menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
|
33
|
3.
|
Syarat tercapainya persetujuan,
yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling
menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
|
33
|
Nilai = Total nilai + 1 = ...
D. Penilaian
keterampilan
1) Kisi-kisi Soal
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk
Penilaian
|
HOTS/
LOTS
|
Instrumen
|
No
|
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan
penutup dalam teks negosiasi se-cara lisan/ tertulis.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
HOTS
|
Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri,
cara, dan syarat teks negosiasi!
Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan
kelas!
|
1
2
|
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
|
Tes Lisan
|
Uraian
|
HOTS
|
2. Soal
1) Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri,
cara, dan syarat teks negosiasi!
2) Presentasikan teks negosiasi buatanmu
di depan kelas!
4.
Lembar
Penilaian Presentasi
INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan :
SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran
: 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Presentasi
|
Isi
Teks yang Dilaporkan
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Kelancaran
|
Kebahasaan
|
Kelengkapan
|
Kesesuaian
|
Kelogisan
|
Sistematis
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor setiap aspek =
1—4
Skor maksimal =
20
Nilai =
Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
4.
Lembar Penilaian Praktik
LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Nama Satuan pendidikan :
SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran
: 2017/2018
Kelas/Semester
: X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
Ciri
Teks Negosiasi
|
Cara
Pengajuan
|
Syarat
Tercapainya Pengajuan
|
Penampilan
|
Jumlah
Nilai
|
Nilai
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor setiap aspek =
1—5
Skor maksimal =
20
Nilai =
Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...
Palembang, Oktober 2017
Guru Mata Pelajaran
Guru Mata Pelajaran
Alvian
Kurniawan, M.Pd.
Pedoman Penskoran
Pengetahuan:
1. a. Ketepatan
mengidentifikasi pengajuan dengan alasan yang logis = 100
b.
Ketepatan mengidentifikasi penawaran dengan alasan yang logis = 100
c.
Ketapatan mengidentifikasi persetujuan dengan alasan yang logis = 100
2. a.
Ketepatan mengevaluasi partisipan
= 100
b. Ketepatan mengevaluasi
kesepakatan =
100
d.
Ketepatan mengevaluasi ciri-ciri negosiasi = 100
Nilai Akhir =
Total Nilai : 6 = ...
Pedoman Penskoran Khusus
Keterampilan:
IPK: 4.10.1
Mengembangkan Kerangka Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup
dalam
Teks Negosiasi
Teks Negosiasi
Aspek
Umum
|
Komponen
Penilaian Khusus
|
Rentang
Nilai
|
Komentar
|
Isi
Teks
|
Gagasan diungkapkan dengan jelas, tersusun baik,
urutan isi logis, dan memiliki struktur yang lengkap.
|
0—30
|
|
Gagasan yang diungkapkan kurang terorganisir tetapi
ide utama terlihat, urutan logis tetapi tidak lengkap dan memiliki struktur
yang lengkap.
|
0—25
|
|
|
Gagasan kurang terorganisir, terpotong-potong, dan
urutan isi kurang logis dan memiliki satu kesalahan pada strukturnya.
|
0—20
|
|
|
Gagasan kacau, urutan isi tidak logis, dan memiliki
dua kesalahan pada strukturnya.
|
0—15
|
|
|
Keseluruhan kurang baik, tidak terorganisir, tidak
layak nilai dan memiliki banyak kesalahan pada strukturnya.
|
0—10
|
|
|
Struktur
|
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup sangat
lengkap serta mampu untuk memberikan informasi pada pembaca dengan sangat
baik.
|
0—30
|
|
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang
dikemukakan cukup baik serta mampu memberikan informasi pada pembaca.
|
0—25
|
|
|
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang
dikemukakan kurang lengkap tetapi tetap mampu memberikan informasi pada pembaca.
|
0—20
|
|
|
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang
dikemukakan kabur serta kurang mampu untuk memberikan informasi pada pembaca.
|
0—15
|
|
|
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang
dikemukakan sera tidak mampu memberikan informasi kepada pembaca.
|
0—10
|
|
Nilai Akhir = Nilai Total : 2 = ...
IPK: 4.10.2
Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks
Negosiasi
Negosiasi
Aspek
yang Dinilai
|
Rentang
Nilai
|
Komentar
|
Kesistematisan Percakapan
|
0—100
|
|
Kesopanan
|
0—100
|
|
Percaya Diri
|
0—100
|
|
Nilai Akhir =
Jumlah Total Skor : 3 = ...
Pedoman Penskoran
Umum
Penilaian Proyek
Keterampilan
IPK:
4.10.1 Mengembangkan kerangka pengajuan, penawaran,
persetujuan, dan penutup dalam teks
negosiasi.
negosiasi.
4.10.2 Mendemonstrasikan pengajuan, penawar-an,
persetujuan, dan penutup dalam negosiasi.
No.
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Perencanaan
Latar
Belakang (0—10)
Rumusan
Masalah (0—10)
|
|
2.
|
Pelaksanaan
Pengumpulan Data
(0—10)
Kelengkapan
Data (0—10)
Pengolahan
dan Analisis Data (0—10)
Simpulan
(0—10)
|
|
3.
|
Pelaporan
Sistematika (0—10)
Penggunaan Bahasa (0—10)
Tampilan (0—10)
Isi (0—10)
|
|
Total
|
|
Mengetahui:
Palembang, Oktober 2017
Kepala SMA Sumsel Jaya, Guru
Mata Pelajaran,
Hadi Patriyatno, S.Pd. Alvian
Kurniawan, M.Pd.
terima kasih telah bagi-bagi ilmu semoga manfaat
BalasHapus