RPP KELAS X KD 3.10 DAN 4.10 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA Sumsel Jaya Palembang
Mata pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X/ Ganjil
Materi Pokok              : Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks Negosiasi
Alokasi Waktu           : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

A.   Kompetensi Inti
Rumusan kompetensi sikap spiritual adalah menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Adapun rumusan kompetensi sikap sosial adalah menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional.

KI 3
Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
KI 4
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah konkret dan abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu menggunakan metoda sesuai dengan kaidah keilmuan.

B.   Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi  
Kompetensi Dasar (KD)
3.10 Mengevaluasi pengajuan, penawaran,  
          dan persetujuan dalam teks negosiasi
          lisan dan tertulis.
4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
           persetujuan, dan penutup dalam teks
           negosiasi secara lisan atau tulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pe-
            ngajuan, dan penawaran dalam teks
            negosiasi.
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya  per-
            setujuan dalam teks negosiasi.
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetu-
           juan dan penutup dalam teks negosiasi se-
           cara lisan/tertulis.
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran,
           persetujuan, dan penutup dalam negosiasi
           secara lisan/tertulis.

C. Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran kolaboratif inquiri and problem bassed learning dengan pendekatan saintifik, peserta didik diharapkan dapat mengevaluasi ciri teks negosiasi, cara menyampaiakan pengajuan dan penawaran, menjelaskan syarat tercapainya persetujuan, dan menyampaikan faktor penentu tercapainya keberhasilan negosiasi, serta menyampaikan pengajuan dan penawaran dalam negosiasi lisan dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab, disiplin selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri, berani serta pantang menyerah.

D.   Materi Pembelajaran

       Fakta                    : Teks Negosiasi
       Konsep                 : 1. Pemahaman Ciri-ciri Teks Negosiasi.
                                      2. Pemahaman Cara Menyampaikan Pengajuan dan Penawaran.
                                      3. Pemahaman Syarat Tercapainya Persetujuan.
                                      4. Pemahaman Faktor Penentu Keberhasilan Negosiasi.
                                      5. Pemahaman Pengajuan dan Penawaran dalam Negosiasi Lisan/Tertulis.   
       Prosedur               : Langkah-langkah Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, serta Persetujuan da-
                                       lam Negosiasi Lisan/Tulisan.
       Metakognitif        :  Menyimpulkan Relevansi atas Kebermanfaatan Pemahaman Teks Negosiasi de-
                                     ngan Kehidupan Sehari-hari.

E.   Pendekatan, Metode, dan Model Pembelajaran
   Pendekatan          : saintifik
   Metode                : diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, dan demonstrasi
   Model                  : inquiry learning and problem based learning

F.    Media Pembelajaran
   Media/alat           :  papan tulis, laptop, infocus, powerpoint.
   Bahan                  :  teks negosiasi

G. Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia Kelas X, Kementerian Pendidikan dan Budaya, tahun 2016.
Kosasih, Engkos. 2016. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Internet.
Buku/sumber lain yang relevan.

H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
     IPK : 3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
               3.10.2 Mengevaluasi cara menyampaikan pengajuan, dan penawaran dalam teks negosiasi.
               3.10.2 Mengevaluasi syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.

Pendahuluan (15 Menit)
1.    Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2.    Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3.    Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4.    Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya dan hasil penugasan membaca teks negosiasi di rumah. (Literasi)
5.    Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7.      Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8.      Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 Menit)
1.      Stimulasi dan Identifikasi Masalah
·      Peserta didik memusatkan perhatian pada topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan  dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi dengan cara mencermati contoh teks negosiasi (terlampir). (Literasi)
·      Peserta didik mengevaluasi ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan  dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi berdasarkan contoh yang sesuai dengan petunjuk pada LK yang diberikan oleh guru. (PPK Kerjasama)
2.      Mengumpulkan Informasi
·      Peserta didik menemukan, mencatat, dan mengumpulkan informasi mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan  dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi.
3.      Pengelolahan Informasi
·      Peserta didik melakukan diskusi secara aktif untuk mengolah informasi yang telah dikumpulkan dan mengaitkan dengan masalah yang telah dirumuskan dari contoh yang diberikan.
4.      Verifikasi hasil
·      Peserta didik menyampaikan hasil diskusi kelompok terkait topik mengenai ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi secara bergantian melalui layar infokus. (4K Komunikasi)
·      Peserta didik lainnya memberikan masukan untuk menyempurnakan hasil diskusi kelompok.
5.      Generalisasi
·      Peserta didik menyusun kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah dilakukan.
·      Peserta didik memperoleh penguatan tentang materi yang dipelajari.
Penutup (15 menit)
·      Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya yaitu membuat dan mengajukan pengajuan, penawaran, dan persetujuan dalam teks negosiasi secara lisan/tulisan.
·      Peserta didik memberi salam kepada pendidik.




Pertemuan 2
     IPK   : 4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi secara
                             lisan/tertulis.
                 4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi se-
                             cara lisan/tertulis.

Pendahuluan (15 Menit)
1.      Peserta didik merespons salam dari guru. (PPK Religius)
2.      Peserta didik berdoa dengan sungguh-sungguh sesuai keyakinan yang dianutnya. (PPK Religius)
3.      Peserta didik menyanyikan lagu “Indonesia Raya” 3 Stanza. (PPK Nasionalis)
4.      Peserta didik merespons pertanyaan dari guru berkaitan dengan materi pembelajaran sebelumnya mengenai topik ciri-ciri, cara mengajukan pengajuan  dan penawaran, dan syarat tercapainya persetujuan dalam teks negosiasi .
5.      Peserta didik menyiapkan diri untuk menerima pelajaran.
6.      Peserta didik menyimak penjelasan guru mengenai kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, dan tujuan pembelajaran hari ini.
7.      Peserta kelompok membentuk kelompok belajar sebanyak 4 kelompok.
8.      Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 Menit)
1. Stimulasi
·      Peserta didik membaca kembali teks-teks negosiasi yang disajikan oleh pendidik.
2. Pernyataan Masalah
·      Peserta didik menganalisis faktor-faktor yang menentukan keberhasilan negosiasi, alasan-alasan yang tepat untuk melakukan pengajuan dan penawaran dari teks negosiasi yang dibaca.
3. Mengoleksi Data
·      Peserta didik mendiskusikan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
     4. Memproses Data
·      Peserta didik menyimpulkan ciri, cara menyampaikan, syarat tercapainya pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
     5.  Verifikasi
·      Peserta didik membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara dan syarat negosiasi.
·      Peserta didik lainnya menanggapi tampilan teks negosiasi yang disampaikan secara lisan.

Penutup (15 menit)
·      Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pembelajaran.
·      Peserta didik menyimpulkan manfaat hasil pembelajaran dalam menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan dengan kegunaan dalam kehidupan sehari-hari.
·      Peserta didik diberikan tugas untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
·      Peserta didik menjawab salam pendidik.

I. Penilaian
1.    Teknik Penilaian:
a.    Penilaian Sikap            :  observasi, lembar pengamatan, dan jurnal
b.    Penilaian Pengetahuan :  tes tertulis dan lisan
c.    Penilaian Keterampilan:  praktik

2.    Bentuk Penilaian:         
a.    Observasi    : lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.    Tes tertulis  : uraian
c.    Praktik

3.    Instrumen Penilaian : (terlampir)

4.    Remedial
a.    Pembelajaran remedial dilakukan bagi peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.    Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.    Tes remedial, dilakukan sebanyak 2 kali dan apabila setelah 2 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

5.    Pengayaan
a.    Bagi peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
-       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
-       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
                                    



                  Palembang,        Oktober 2017
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                          Guru Mata Pelajaran,

 


Hadi Patriyatno, S.Pd.                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.


LAMPIRAN RPP

1) Ringkasan Materi

A. Faktual

Contoh Teks Negosiasi Pertemuan 1
Membeli Boneka

Pembeli           : “Wah, boneka ini bagus sekali. Berapa harganya, Mbak?”
Penjual            : “Ini boneka dari luar negeri dek. Harga satuannya Rp100.000,00.”
Pembeli           : “Wah kok mahal sekali.”
Penjual            : “Itu sudah harga standar dik. Sebab langsung diekspor dari Amerika.”
Pembeli           : “Bagaimana kalau saya beli dua, tapi harganya Rp150.000,00 saja untuk dua boneka ini?”
Penjual            : “Wah kalau begitu, silakan saja, dik.”
Pembeli           : “Ini uangnya, Mbak.”
Penjual            : “Terima kasih, semoga nanti adik belanja lagi ke sini ya!”
Pembeli           : “Iya, mbak. Semoga ya!”

Contoh Teks Negosiasi Pertemuan ke-2

Ani Ingin Punya HP

            Ani meminta ayahnya untuk membelikan hp. Dengan suara lembut ia berkata kepada ayahnya, “Yah, belikanAni hp dong. Teman-teman Ani sudah punya hp baru.”
            “Wah kamukan masih sekolah, nanti kamu tidak fokus belajar,” jawab ayah.
            “Justru itu yah, di sekolah kan banyak tugas mencari artikel di internet. Sedangkan Ani tidak punya hp. Terpaksa setiap hari harus ke warnet.”
            Ayah nampak berfikir sejenak. “Baiklah, tapi syaratnya kamu harus pergunakan hp untuk sarana belajarmu, yah!” kata ayah.
            “Siap yah! Terima kasih ya!”
            “Iya, sama-sama.”

B. Konsep          

1.    Ciri-ciri yang terdapat dalam teks negosiasi, yaitu adanya partisipan, perbedaan kepentingan dari
       kedua belah pihak, pengajuan dan penawaran, serta persetujuan atau kesepakatan.
2.    Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain,
       saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.
3.    Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
4.    Faktor penentu keberhasilan negosiasi, yaitu kesediaan untuk berkompromi dengan pihak lain, tidak ada pihak yang dirugikan, kesepakatan praktis dan dapat dilakukan, alasan dapat memengaruhi pihak lain.
5.    Pengajuan adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) dengan menyebutkan
       suatu nominal atau harga yang diajukan kepada pihak lain (pembeli). Contoh: “Rambutan ini
       rasanya manis dan baru saja datang dari desa. Kami jual seharga Rp15.000,00/kg.”, sedangkan
       penawaran adalah pernyataan yang diberikan salah satu pihak (pihak pembeli) kepada pihak lain
     (penjual) dalam konteks permintaan keringanan harga, tempo waktu, dan lain-lain. Contoh: “Wah,
     kan sekarang lagi musim rambutan, Pak. Bagaimana kalau saya tawar Rp10.000,00/kg?”

C. Prosedur

Langkah-langkah menmbuat pengajuan, penawaran, serta persetujuan dalam negosiasi lisan/tulisan.
1.        Membaca beberapa teks negosiasihasil kemudian merumuskan ciri teks negosiasi.
2.        Memahami tujuan negosiasi, sehingga dapat menentukan cara yang tepat agar perbedaan-perbedaan dapat terselesaikan tanpa menyebabkan kerugian satu pihak, baik pihak yang menyampaikan pengajuan maupun penawaran.
3.        Membaca teks negosiasi kemudian menjelaskan syarat tercapainya persetujuan.
4.        Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan ciri, cara, dan syarat negosiasi.
5.        Mempresentasikan teks negosiasi yang dibuat.

D. Metakognitif

Relevansi atas kebermanfaatan pemahaman teks negosiasi dengan kehidupan sehari-hari, yaitu dapat diterapkan konteks teori tersebut agar terjalin proses negosiasi yang baik.

2) Instrumen Penilaian

A. Penilaian Sikap Spiritual (Jurnal)

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan        : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5







                                                                                                              Palembang,     Oktober 2017  
                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                


                                                                                                                  Alvian Kurniawan, M.Pd.

B.   Penilaian Sikap Sosial (Observasi)

INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan        : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
No.
Nama Peserta Didik
Nasionalisme
Integritas
Jujur
Mandiri
Tanggung Jawab
Jumlah
Nilai
Ket









































Keterangan:
Skor setiap aspek        = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai                            = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...

                                                                                                                    Palembang,     Oktober 2017                                                                                                              Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                              


                                                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.

C. Penilaian Pengetahuan

1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
HOTS/ LOTS
Instrumen
No
3.10.1 Mengevaluasi ciri-ciri teks negosiasi.
Tes Tertulis
Uraian
HOTS
1.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!

2.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!




3.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!

1



2







3
3.10.2 Mengevaluasi cara menyam-paikan penga-juan, dan pe-nawaran dalam teks negosiasi.

Tes Tertulis
Uraian
HOTS
3.10.3 Mengevaluasi syarat tercapainya  persetujuan dalam teks negosiasi.
Tes Tertulis
Uraian
HOTS

2)  Soal

1.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri teks negosiasi tersebut!
2.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan cara menyampaikan pengajuan penawaran teks negosiasi tersebut!
3.    Bacalah teks negosiasi “Membeli Boneka” dan “Ani Ingin Punya HP” dan rumuskan ciri syarat tercapainya negosiasi!

3) Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian Pengetahuan

No.
Rambu-rambu Jawaban
Skor
1.
Pada kedua teks tersebut terdapat adanya transaksi tawar menawar yang akhirnya membuahkan kesepakatan yang mengentungkan kedua belah pihak.
Teks 1
Yang mengajukan = penjual boneka
Yang menawar      = pembeli boneka

Teks 2
Yang mengajukan = Ani
Yang menawar      = Ayah

Dua teks tersebut terdapat adanya partisipan dan kesepakatan.
33
2.
Cara menyampaikan pengajuan dan penawaran, yaitu bersikap sopan, tidak menekan pihak lain, saling menguntungkan, serta disertai alasan yang logis.

33
3.
Syarat tercapainya persetujuan, yaitu dilakukan dengan santun, tidak ada tekanan atau paksaan, saling menguntungkan, serta kesepakatan bersifat praktis.
33

Nilai    = Total nilai + 1 = ...

D. Penilaian keterampilan

1) Kisi-kisi Soal
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
HOTS/ LOTS
Instrumen
No
4.10.1 Membuat pengajuan, penawaran, persetujuan dan penutup dalam teks negosiasi se-cara lisan/ tertulis.

Tes Tertulis
Uraian
HOTS
Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!









Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!
1










2
4.10.2 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi secara lisan/tertulis.
Tes Lisan
Uraian
HOTS

2. Soal

1) Tulislah teks negosiasi dengan memperha-tikan ciri, cara, dan syarat teks negosiasi!
2) Presentasikan teks negosiasi buatanmu di depan kelas!






4.    Lembar Penilaian Presentasi

INSTRUMEN PENILAIAN PRESENTASI
Nama Satuan pendidikan        : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
No.
Nama Peserta Didik
Presentasi
Isi Teks yang Dilaporkan
Jumlah Skor
Nilai
Kelancaran
Kebahasaan
Kelengkapan
Kesesuaian
Kelogisan
Sistematis









































Keterangan:
Skor setiap aspek        = 1—4
Skor maksimal = 20
Nilai                            = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...

                                                                                                                Palembang,     Oktober 2017                                                                                       
                                                                                                                 Guru Mata Pelajaran,        
                                                                                                                                      


                                                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.


4. Lembar Penilaian Praktik

LEMBAR PENILAIAN HASIL MENCIPTA TEKS NEGOSIASI
Nama Satuan pendidikan        : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun pelajaran                       : 2017/2018
Kelas/Semester                        : X/Ganjil
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
No.
Nama Peserta Didik
Ciri Teks Negosiasi
Cara Pengajuan
Syarat Tercapainya Pengajuan
Penampilan
Jumlah Nilai
Nilai

































Keterangan:
Skor setiap aspek        = 1—5
Skor maksimal = 20
Nilai                            = Jumlah Skor : Skor Maksimal x 100 = ...

                                                                                                                Palembang,     Oktober 2017                                                                                                       
                                                                                                   Guru Mata Pelajaran                                                                                                                                              


                                                                                                                    Alvian Kurniawan, M.Pd.


  
Pedoman Penskoran Pengetahuan:
1.         a. Ketepatan mengidentifikasi pengajuan dengan alasan yang logis   = 100
            b. Ketepatan mengidentifikasi penawaran dengan alasan yang logis  = 100
            c. Ketapatan mengidentifikasi persetujuan dengan alasan yang logis = 100
2.         a. Ketepatan mengevaluasi partisipan                                                  = 100
            b. Ketepatan mengevaluasi kesepakatan                                              = 100
            d. Ketepatan mengevaluasi ciri-ciri negosiasi                                      = 100

Nilai Akhir = Total Nilai : 6 = ...


Pedoman Penskoran Khusus Keterampilan:

IPK: 4.10.1 Mengembangkan Kerangka Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam 
                    Teks Negosiasi
Aspek Umum
Komponen Penilaian Khusus
Rentang Nilai
Komentar
Isi Teks
Gagasan diungkapkan dengan jelas, tersusun baik, urutan isi logis, dan memiliki struktur yang lengkap.
0—30

Gagasan yang diungkapkan kurang terorganisir tetapi ide utama terlihat, urutan logis tetapi tidak lengkap dan memiliki struktur yang lengkap.
0—25

Gagasan kurang terorganisir, terpotong-potong, dan urutan isi kurang logis dan memiliki satu kesalahan pada strukturnya.
0—20

Gagasan kacau, urutan isi tidak logis, dan memiliki dua kesalahan pada strukturnya.
0—15

Keseluruhan kurang baik, tidak terorganisir, tidak layak nilai dan memiliki banyak kesalahan pada strukturnya.
0—10

Struktur
Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup sangat lengkap serta mampu untuk memberikan informasi pada pembaca dengan sangat baik.
0—30

Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang dikemukakan cukup baik serta mampu memberikan informasi pada pembaca.
0—25

Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang dikemukakan kurang lengkap tetapi tetap mampu memberikan informasi pada pembaca.
0—20

Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang dikemukakan kabur serta kurang mampu untuk memberikan informasi pada pembaca.
0—15

Pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup yang dikemukakan sera tidak mampu memberikan informasi kepada pembaca.
0—10


Nilai Akhir     = Nilai Total : 2 = ...

IPK: 4.10.2 Menyampaikan Pengajuan, Penawaran, Persetujuan, dan Penutup dalam Teks
                        Negosiasi
Aspek yang Dinilai
Rentang Nilai
Komentar
Kesistematisan Percakapan
0—100

Kesopanan
0—100

Percaya Diri
0—100


Nilai Akhir = Jumlah Total Skor : 3 = ...

Pedoman Penskoran Umum
Penilaian Proyek Keterampilan
IPK:
4.10.1 Mengembangkan kerangka pengajuan, penawaran, persetujuan, dan penutup dalam teks
           negosiasi.
4.10.2 Mendemonstrasikan pengajuan, penawar-an, persetujuan, dan penutup dalam negosiasi.

No.
Aspek
Skor
1.
Perencanaan
   Latar Belakang (0—10)
   Rumusan Masalah (0—10)

2.
Pelaksanaan
   Pengumpulan Data (0—10)
   Kelengkapan Data (0—10)
   Pengolahan dan Analisis Data (0—10)
   Simpulan (0—10)

3.
Pelaporan
Sistematika (0—10)
Penggunaan Bahasa (0—10)
Tampilan (0—10)
Isi (0—10)

Total




Mengetahui:                                                                                              Palembang,    Oktober 2017
Kepala SMA Sumsel Jaya,                                                                       Guru Mata Pelajaran,                                                                                                                                       


Hadi Patriyatno, S.Pd.                                                                               Alvian Kurniawan, M.Pd.

       

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah