RPP KELAS X KD 3.12 DAN 4.12 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
A.
IDENTITAS
1. Satuan Pendidikan : SMA
2.
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
3.
Kelas / Semester : X/II
4.
Materi Pokok : Debat
5.
Alokasi Waktu : 2 JP
6.
Jumlah pertemuan : (1 kali pertemuan)
B. KOMPETENSI INTI
KI.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI.2 Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif,dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalampergaulan
dunia”.
KI.3 Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI.4Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri serta
bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
C.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.12
Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut
pandang dan argumen beberapa pihak dan
simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
3.12.1
Mengelompokkan
permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.12.2
Menyajikan
argumen dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.12.3
Menyimpulkan
permasalahan/
isu, sudut pandang dan argumen beberapa
pihak dan simpulan dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
|
4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa pihak,
dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
|
4.12.1
Membuat permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan
simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
4.12.2
Memaparkan
permasalahan/isu,
sudut pandang dan argumen beberapa
pihak, dan simpulan dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi
dari debat.
|
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui pembelajaran Inquiry
learning dan discovery learning
tentang debat, maka diharapkan siswa dapat Mengelompokkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen
beberapa pihak dan simpulan dari debat
untuk menemukan esensi dari debat, menyajikan argumen dari debat untuk menemukan esensi dari debat, menyimpulkan
permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak dan simpulan
dari debat untuk menemukan esensi dari debat, Membuat
permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat, memaparkan permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan dari debat secara lisan
untuk menunjukkan esensi dari debat.
E.
MATERI PEMBELAJARAN
Debat :
·
Esensi debat
·
Mosi (permasalahan yang didebatkan)
·
Argumen untuk menguatkan pendapat sesuai sudut pandang yang diambil
·
Tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen)
Fakta :
Debat
Konsep :
Mosi, Argumen, dan Tanggapan
Prinsip :
Esensi Debat
Prosedur :
Mosi (permasalahan yang didebatkan)
F. STRATEGI KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pendekatan
: Scientific
Model
Pembelajaran : Inquiry learning
dan discovery learning
Metode
Pembelajaran : - Eksperimen
- Diskusi Kelompok
G.
MEDIA/ALAT DAN BAHAN
Alat:
·
Komputer/LCD
Bahan:
·
Bahan presentasi, gambar-gambar penerapan untuk pengamatan
H. SUMBER BELAJAR
Sumber belajar:
-
Mulyadi, Yadi. 2016. Bahasa Indonesia. Bandung:
Yrama Widya.
-
Pengalaman peserta
didik dan guru
I.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Indikator Pencapaian Kompetensi :
3.12.1
Mengelompokkan permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak dan simpulan
dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.12.2
Menyajikan argumen dari debat untuk
menemukan esensi dari debat.
3.12.3
Menyimpulkan permasalahan/ isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak dan simpulan
dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
4.12.1
Membuat permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
4.12.2
Memaparkan permasalahan/isu, sudut pandang
dan argumen beberapa pihak, dan simpulan
dari debat secara lisan untuk menunjukkan esensi dari debat.
No
|
Tahap
|
Kegiatan
|
Estimasi Waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
Orientasi
Ø Melakukan
pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran.
Ø Memeriksa
kehadiran siswa sebagai sikap disiplin
Ø Menyiapkan fisik
dan psikis siswa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
Ø Mengaitkan
materi yang akan dipelajari dengan pengalaman siswa dengan materi sebelumnya.
Ø Mengingatkan
kembali materi prasyarat dengan bertanya.
Ø Mengajukan
pertanyaan yang berkaitan dengan pelajaran yang akan dipelajari.
Motivasi
Ø Memberikan
gambaran manfaat mempelajari materi dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Diharapkan
siswa dapat menjelaskan materi esensi
debat dan mosi (masalahb yang akan diperdebatkan)
Ø Menyampaikan
tujuan pembelajaran pada pertemuan
berlangsung
Ø Mengajukan
pertanyaan.
Pemberian Acuan
Ø Memberitahukan
materi yang akan dibahas
Ø Memberitahukan
tentang Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar. Indikator, dan KKM pada pertemuan
yang berlangsung.
Ø Pembagian
kelompok belajar
Ø Menjelaskan
mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
15’
|
2
|
Inti
|
Sintak
Model Pembelajaran
Stimulasi /
Pemberian Rangsangan
Peserta didik diberi rangsangan untuk memusatkan
perhatian pada materi Esensi Debat dan Mosi ( masalah yang diperdebatkan)
dengan cara :
1.
Melihat
Ø Menayangkan
gambar/foto/video materi esensi debat dan mosi ( masalah yang diperdebatkan)
“Apa yang kalian pikirkan tentang
foto/gambar tersebut?”
2.
Mengamati
Ø Lembar
kerja materi esensi debat dan mosi
Ø Pemberiam
contoh-contoh materi debat untuk dikembangkanpeserta didik dari media
interaktif dan sebagainya.
3.
Membaca
Ø Membaca
materi Debat dari buku paket atau buku penunjang lainnya.
4.
Mendengar
Ø Mendengarkan
penjelasan guru tentang materi Debat, peserta didik mendengarkan kegiatan
itu.
5.
Menyimak
Ø Kegiatan
ini dilakukan oleh peserta didik untuk melatih keunggulan, ketelitian
,mencari informasi.
Identifikasi
Masalah
Guru memberi kesempatan pada peserta didik untuk
mengidentifikasi pertanyaan yang berkaitan
dengan materi yang disampaikan, baik itu video atau gambar yang berkenaan
dengan Debat.
Pengumpulan
Data
Pesertta didik mengumpulkan informasi yang relevan
untuk menjawab pertanyaan yang telahb diidentifikasi melalui kegiatan :
Ø Mengamati obyek kejadian
Mengamati dengan seksama materi
Debat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar, video, slide presentasi
yang disajikan dan mencoba menginterpretasikannya.
Ø Membaca sumber lain selain buku teks
Mencari dan membaca berbagai referensi dari berbagai
sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi Debat yang
sedang dipelajari.
Ø Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan tentang
hal-hal yang belum dipahami yang diajukan kepada guru berkaitan dengan materi yang sedang dipelajari.
Ø Wawancara sumber lain selain buku teks
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan materi Debat
Ø Mendiskusikan
Perserta didik dan guru secara
bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai materi Debat.
Ø Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi tentang
Debat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan tulisan yang rapi dan
menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Ø Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengomunikasikan
secara lisan ataumempresentasikan materi Debat sesuai dengan pemahamannya.
Ø Saling tukar informasi
Kegiatan ini dilakukan agar peserta
didik memperoleh informasi baru yang dapat dijadikan bahan diskusi kelompok
lainnya.sehubungan dengan materi Debat
yang sedang dipelajari.
Pengolahan
Data
Peserta didik
dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan
cara :
Ø Berdiskusi tentang
data dari materi Debat yang sudah dikumpulkan /terangkum dalam kegiatan
sebelumnya
Ø Mengolah Informasi dari materi Debat yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan sebelumnya maupun dari hasi lkegiatan
mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan
bantuan pertanyaan-pertanyaan pada
lembar kerja.
Ø Peserta
didik mengerjakan beberapa soal tentang materi Debat.
Pembuktian
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan
memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku
sumber melalui kegiatan :
Ø Menambah
keluasan dan kedalaman sampai pada pengolahan informasi yang bersifat mencari
solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada
yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin,kerja
keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta
deduktif dalam membuktikan materi Debat, antara lain dengan cara peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soa-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
Menarik
Kesimpulan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan :
Ø Menyampaikan
hasil diskusi tentang Debat berupa
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan
berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
Ø Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang Debat
Ø Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang dilakukan tentang Debat dan ditanggapi oleh
kelompok yang mempresentasikannya.
Ø Bertanya
atas presentasi tentang Debat, peserta lain diberi kesempatan untuk
menjawabnya.
Ø Menyimpulkan
tentang hal-hal penting dari laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang
Debat.
Ø Menjawab
pertanyaan tentang Debat dalam buku pegangan atau lembar kerja yang telah
disediakan.
Ø Bertanya
tentang hal yang belum dipahami yang berkaitan dengan Debat
Ø Menyelesaikan
uji kompetensi untuk materi Debat yang terdapat dalam buku pegengan peserta
didik atau pada lembar kerja untuk
mengecek secara penguasaan siswa terhadap materi Debat.
|
70’
|
3
|
Penutup
|
a.
Memfasilitasi peserta didik
untuk mereview pembelajaran yang telah dilaksanakan.
b.
Melaksanakan penilaianuntuk mengetahui ketercapaian
indikator
c.
Memberikan tugas
kepada peserta didik, dan mengingatkan peserta
didik untuk mempelajari materi yang akan dibahas dipertemuan berikutnya, yaitu tekanan
osmosis
d. Berdoa dan memberi salam(religius)
|
15’
|
J. PENILAIAN
a.
Pengetahuan
-
Tertulis
berupa uraian dan pilihan ganda
-
Lisan/Observasi terhadap diskusi, tanya jawab dan
percakapan
Penilaian Aspek Percakapan
No.
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
1.
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Gestur
|
|
|
|
|
|
|
|
-
Penugasan
Tugas Rumah
a.
Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat
pada buku peserta didik.
b.
Peserta didik meminta tanda tangan orangtua
sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik.
c.
Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas
rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
b. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen
penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada
instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut :
Instrumen Penilaian
No.
|
Aspek yang dinilai
|
Sangat Baik (100)
|
Baik
(75)
|
Kurang Baik
(50)
|
Tidak Baik
(25)
|
1.
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
2.
|
Kesesuaian
pemilihan kata
|
|
|
|
|
3.
|
Kesesuaian
penggunaan tata bahasa
|
|
|
|
|
4.
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi peserta didik
yang belum memenuhi kriteria ketuntasanb minimal (KKM), maka guru bisa
memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1). Jelaskan tentang esensi debat !
2). Jelaskan tentang mosi
(permasalahan yang didebatkan)!
3). Jelaskan tentang argumen untuk
menguatkan pendapat sesuia dengan sudut pandang
yang diambil !
4). Jelaskan tentang
tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen)!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah :
..................................................................
Kelas/Semester
:
..................................................................
Mata Pelajaran :
..................................................................
Ulangan Harian Ke -
: .................................................................
Tanggal Ulangan Harian
:
.................................................................
Bentuk Ulangan Harian
:
.................................................................
Materi Ulangan Harian
: .................................................................
(KD/Indikator)
:
..................................................................
KKM : ..................................................................
No.
|
Nama Peserta
Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan Remedial
|
Nilai setelah Remedial
|
Keterangan
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b.
Pengayaan
Guru
memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru memberikan soal pengayaan sebagai berikut :
1). Membaca buku-buku tentang debat yang
relevan
2). Mencari informasi secara online tentang
debat
3). Membaca surat kabar, majalah, serta berita
online.
4). Mengamati langsung debat yang ada di
lingkungan sekitar.
Palembang, Nopember 2017
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala SMA
....... Bahasa
Indonesia,
...................................... Alvian Kurniawan, M.Pd.
NIP. .............................
NIP. ..................................
Instrumen Soal Pengetahuan
1.
Jelaskan Pengertian Debat?
2.
Tuliskan Hal-Hal Pokok dalam Debat?
3.
Tuliskan Pihak dan Unsur dalam Debat?
4.
Tuliskan Tata Cara Berdabat?
5.
Buatlah Contoh
Teks Debat!
Rublik
Penilaian Uraian
No
|
URAIAN
|
SKOR
|
1
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
|
0-20
|
2
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
|
0-20
|
3
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
|
0-20
|
4
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
|
0-20
|
5
|
Jika
semua jawaban terjawab dengan benar dan lengkap
|
0-20
|
|
TOTAL
|
100
|
KUNCI JAWABAN
1.
Debat adalah Debat
adalah kegiatan argumentasi antara dua pihak atau lebih, baik secara individual
maupun kelompok dalam mendiskusikan dan memecahkan suatu masalah. Debat
dilakukan menuruti aturanaturan yang jelas dan hasil dari debat dapat
dihasilkan melalui voting atau keputusan juri.
2.
Hal-Hal Pokok dalam Debat
a.
Topik
b.
Debat melibatkan beberapa pihak
c.
Setiap kelompok menyatakan argumennya
masing-masing
d.
Debat dipimpin oleh seorang moderator
3.
Pihak dan Unsur dalam Debat
Pihak dan peran yang terlibat dalam debat
a.
Moderator
Moderator
merupakan orang yang memimpin jalannya debat.
b.
Peserta
Peserta
adalah orang yang mengambil peran dan terlibat langsung untuk menyumbangkan
gagasan dalam sebuah debat.
Unsur-Unsur dalam Debat
a.
Mosi atau Topik
b.
Definisi
c.
Argumentasi
d.
Sanggahan
4.
Tata Cara Berdebat
a.
Kedua tim debat dipersilahkan menyusun topic
b.
Kedua tim memperkenalkan diri
c.
Pembicaraan pertama dari tim alfirmatif maju
dan memberikan defenisi dari topik yang diberikan.
d.
Pembicara pertama dari tim oposisi maju dan
memberikan tanggapan dari topik positif yang diberikan.
e.
Pembicara kedua tim alfirmatif maju dan
merespon kasus dari pembicara pertama tim oposisi.
f.
Pembicara kedua tim oposisi maju dan merespon
kasus dari pembicara pertama dan kedua dari
tim alfirmatif..
g.
Pembicara
ketiga dari tim alfirmmatif maju dan membuat suatu respon terhadap semua
kasus dari tim oposisi.
h.
Pembicara ketiga dari tim oposisi maju dan
membuat suatu respon terhadap semua kasus dari tim alfirmatif.
i.
Terakhir, waktu untuk memberikan pandangan
terhadap kasus dari masing-masing tim, dimulai dari tim oposisi terlebih dahulu
kemudian disusul tim alfirmatif.
5.
Contoh teks debat
Saya
sangat menyesalkan pemikiran teman-teman semua tentang kontroversi UN terutama
yang berpikir untuk menghapuskan UN. Mengapa? Sekali lagi saya tekankan, UN sangat penting sebagai standar
kelulusan. Untuk menjaga kualitas suatu sistem, wajib diperlukan suatu standar
termasuk untuk sistem pendidikan. Jika tidak ada standar kelulusan tersebut
maka suatu sistem tidak akan terjaga kualitasnya. saya sadar bahwa pelaksanaan
UN memang banyak kekurangan. Namun,
solusinya bukan dengan menghapuskannya. Seharusnya, kita disini termasuk
seluruh stake holder dapat meningkatkan kkualitas UN itu sendiri, baik dari
segi jenis soal, teknik pelaksanaan, pengawasan, dan lain-lain. Pada akhirnya,
jenis ujian nasional yang diterapkan di Indonesia mampu menilai semua aspek pembelajaran
siswa seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik. Itu tugas kita bersama.
izin menjadikan referensi pembuatan rpp ya pak :)
BalasHapus