RPP KELAS X KD 3.11 DAN 4.11 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                                        :         SMA 
Mata pelajaran                         :         Bahasa Indonesia (Wajib)
Materi Pokok                            :         Struktur dan Kebahasaan Teks Negosiasi
Kelas/Semester                       :         X/ 2
Alokasi Waktu                         :         4 × 45 menit (4 JP)

A.     Kompetensi Inti
        
         Kompetensi Sikap
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya dan menunjukkan   perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian  dari  solusi  atas  berbagai  permasalahan  dalam  berinteraksi  secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia


KI 3:     Kompetensi Pengetahuan, yaitu Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4:    Kompetensi Keterampilan, yaitu Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan



B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.11 Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.
 Indikator Pencapaian Kompetensi
3.11.1   Mengidentifikasi isi teks negosiasi terkait orientasi, pengajuan, penawaran, dan persetujuan.
3.11.2   Menentukan struktur teks negosiasi yang meliputi orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup.
3.11.3   Menganalisis kebahasaan teks negosiasi meliputi makna kata, istilah, dan ungkapan.
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.11. Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.11.1  Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan ke bahasaan.
4.11.2  Memainkan peran dialog negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan.

C.      Tujuan Pembelajaran
Dengan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, bermain peran (role playing) dan pendekatan saintifik, peserta didik dapat menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi serta dapat mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, dengan rasa ingin tahu, tanggung jawab,  dan disiplin.

ATAU

Melalui kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, bermain peran (role playing) dan pendekatan saintifik, peserta didik dapat memiliki  rasa ingin tahu, tanggung jawab,  dan disiplin dalam .menganalisis isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi serta dapat mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan.

D.       Materi
Struktur teks negosiasi:
·      orientasi
·      permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan).

Kebahasaan  (Makna Kata, Istilah, dan Ungkapan)
·      pasangan tuturan dalam teks negosisi
·      bahasa yang santun

E.        Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
Pendekatan             : Saintifik
Metode                      : penugasan, role playing, diskusi kelompok, tanya jawab

F.        Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)

No
Langkah-langkah
Kegiatan
1
Kegiatan Awal
Literasi media
Siswa menyimak

Pemantapan Karakter dengan sungguh-sungguh dan berani menyampaikan komentar


1.     Siswa merespon kegiatan mengawali pembelajaran yang dibimbing guru dengan cara berdoa, (RELIGUIS) mengecek kehadiran, dan pengkondisian kelas.
2.     Siswa merespon pertanyaan yang diajukan guru yang berhubungan dengan pembelajaran yang sudah dan akan dilaksanakan.
3.     Siswa merespon tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kompetensi yang harus mereka dikuasai selama proses pembelajaran.
4.     Siswa merespon penjelasan tentang relevansi materi yang akan dipelajari dengan kehidupan nyata yang dialami siswa pada masa kini dan masa mendatang.
2
Kegiatan Inti


a.   Menghangatkan
suasana
3.       Siswa merespon penyampaian  garis besar/peta pembelajaran teks negosiasi.
4.       Siswa mengamati dan mengidentifikasi isi materi video contoh negosiasi (yang ditayangkan) dengan sungguh-sungguh.(ket sbad 21/berpikir kritis
Critical Thinking
Siswa melakukan pengamatan video contoh negosiasi, siswa diminta mencermati isi video dengan melibatkan pola pikir kritis,  menyampaikan komentar terhadap isi video tersebut dari beberapa bagian.
5.       Siswa  memberikan komentar terhadap isi, struktur dan kebahasaan dari video yang ditayangkan.(HOTS)
b.  
Critical Thinking/communication
Siswa menyampaikan hasil pengamatan disertai alasan mengapa itu menjadi contoh kegiatan negosiasi.
Memilih Peran
6.       Siswa menyatu dengan kelompok yang disepakati untuk merancang sebuah teks negosiasi.
7.       Siswa menganalisis tugas teks negosiasi yang telah kerjakan kelompok lain.
8.       Siswa memberikan komentar dan menyampaikan hasil telaah teks negosiasi.
 9.       Siswa malaksanakan diskusi kelompok kecil untuk melakukan simulasi (HOTS)dengan bimbingan guru.
Critical Thinking - Collaboration
Siswa melakukan diskusi terhadap tugas yang telah dikerjakan pada pertemuan sebelumnya, Siswa akan berkolaborasi dengan teman sekelompoknya guna menyiapkan berbagai hal dari analisis teks, memperbarui teks, mencipta teks baru dan memilih peran
 
10.    Siswa memilih topik dengan kelompokknya. 
11.    Siswa menentukan peran dengan teman satu kelompok sesuai karakter masing-masing.
Critical Thinking
Collaboration
Siswa bersama kelompoknya menyiapkan bagian-bagian pokok yang akan diamati selama permainan peran.


a.        Menyusun tahap-tahap peran



12.    Siswa menentukan garis besar adegan dalam kelompoknya.
Creativity and communication
Siswa bersama kelompoknya menentukan dan mencipta cerita (alur) garis besar adegan yang akan diperankan


b.       Menyiapkan pengamat
13.    Siswa membuat form pengamatan dalam kegiatan bermain peran bersama kelompoknya.
14.    Siswa menentukan pokok-pokok yang akan diamati hasil diskusi.
3
Kegiatan Penutup



15.    Siswa menyimpulkan materi yang dipelajari.
16.    Meminta beberapa Siswa untuk serius dalam mempersiapkan pemeranan pada pertemuan berikutnya.
17.    Memberikan penugasan pengamatan langsung terhadap proses negosiasi di lingkungan sekitar
18.    Memberi salam
19.    Menutup proses pembelajaran
Pemantapan Karakter
Bekerja sama  dan bekerja keras dalam menyelesaikan tugas

Aktivitas literasi dalam pembelajaran.
Pemantapan Karakter
secara sungguh-sunguh dan berani memberikan komentar
Pemantapan Karakter
secara sungguh-sunguh dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas


Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)

No
Langkah-langkah
Kegiatan
1
Kegiatan Awal


Pemantapan Karakter  berani berpendapat terhadap apa apa yang diamati
1.     Siswa merespon aegiatan mengawali pembelajaran yang dibimbing guru dengan cara berdoa, mengecek kehadiran, dan pengkondisian kelas.
2.     Siswa merespon pertanyaan yang diajukan guru yang berhubungan dengan pembelajaran yang sudah dan akan dilaksanakan.
3.     Siswa merespon tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan kompetensi yang harus mereka dikuasai selama proses pembelajaran.
4.     Siswa merespon penjelasan tentang relevansi materi yang akan dipelajari dengan kehidupan nyata yang dialami siswa pada masa kini dan masa mendatang.
Critical Thinking/communication
Siswa menyampaikan hasil pengamatan disertai alasan mengapa itu menjadi contoh kegiatan negosiasi.
5.     Siswa memperhatikan informasi kegiatan pembelajaran yang akan dilalui hari ini
2
Kegiatan Inti

Pemantapan Karakter  berani berpendapat terhadap apa apa yang  dibahas
a.        Menghangatkan suasana
6.       Siswa menyampaikan evaluasi terhadap kegiatan komentar pengamatan kegiatan di lingkungan
Critical Thinking and communication
Mengevaluasi apa yang diamati sebagai bagian dari proses pembelajaran yang memerlukan ketajaman berpikir dan keberanian berpendapat tentang bagaimanakah seharusnya bernegosiasi yang baik itu

b.      
Aktivitas literasi pembelajaran yaitu mengamati  pemeranan
Pemantapan Karakter tampil secara sungguh-sunguh dan berani memberikan komentar

Memainkan peran
7.       Satu kelompok melaksanakan tugas memainkan peran
Critical thingking, creative, colaboration, and communication
Siswa melakukan permainan peran dengan dialog yang mereka buat menunjukkan Siswa mampu mencipta (kreatif) dan mengkreasi menjadi sebuah contoh pertunjukan yang memerlukan keberanian berkomunikasi hasil dari berpikir kritis.

8.       Siswa lain melakukan pengamatan terhadap kelompok yang memainkan peran.
Critical Thingking
Siswa melakukan pengamatan dengan melakukan aktivitas mencatat serta memperhatikan isi, struktur serta kebahasaan dari pementasan kelompok lain



c.        Diskusi dan evaluasi









9.       Siswa melakukan diskusi mengenai kekurangan saat dialog negosiasi

PemantapanKarakter  berani berpendapat terhadap apa yang belum terjadi (mengkreasi)
3
Kegiatan Penutup
Critical thingking and comunication
Siswa mengemukakan/ mengomentari secara lisan dari hasil pengamatan terhadap bagian-bagian sebuah permainan peran dari form yang telah disiapkan. Terlihat bagaimana Siswa menganalisis, mengevaluasi
10.      Beberapa siswa mengungkapkan manfaat belajar teks negosiasi dalam kehidupan sehari-hari.
Critical thingking and comunication
Siswa mengemukakan manfaat dari belajar negosiasi ini kaitanya dengan apa yang dilihat saat pembelajaran serta akan kehidupan yang kelak dijalaninya. Siswa mampu mengeksplore dirinya untuk sesuatu yang belum dijalani dan menjadikannya sebuah bekal kelak bila menjalaninya
 11.      Siswa merumuskan kesimpulan tentang isi, struktur dan kebahasaan teks negosiasi melalui reviu pemeranan yang difasilitasi guru.
Critical thingking and comunication
Siswa mampu meringkas hal-hal pokok apa yg didapat dari proses diskusi berkaitan dengan indikator yang dicapai .

12.     
Siswa merespon penegasan dan motivasi dari guru.
13.      Siswa mengikuti penilaian untuk mengetahui tingkat ketercapaian kompetensi.
14.      Siswa merespon penyampaian guru tetang materi yang akan dipelajari untuk pertemuan berikutnya dan mengakhiri pembelajaran.


G.    
Pemantapan Karakter  berani berpendapat terhadap apa yang belum terjadi (mengkreasi)
Pemantapan Karakter  berani berpendapat terhadap apa yang belum terjadi (mengkreasi)
Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                      : Observasi/pengamatan
b.          Penilaian Pengetahuan       : TesTertulis
c.          Penilaian Keterampilan     : Unjuk Kerja/ Praktik (Simulasi)/ Portofolio

2.       Bentuk Penilaian             :              
a.       Observasi                 : lembar pengamatan aktivitas siswa
b.       Tes tertulis               : uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja              : lembar penilaian presentasi
d.       Portofolio                 : pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi siswa yang capaian KD-nya belum tuntas
b.       Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau tugas dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas tanpa tes tertulis kembali.

4.       Pengayaan
Bagi Siswa yang sudah mencapai nilai ketuntasan diberikan pembelajaran pengayaan sebagai berikut:
a.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.       Siwa yang mencapai nilai  diberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


H.     Media/Alat dan Sumber Belajar
1.       Media/Alat                       : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD, kamera,
                                                Komputer, infokus
2.        Sumber Belajar             :
a.     Buku Bahasa Indonesia  (Wajib) Kelas X, Kementerian dan Kebudayaan Tahun 2014.
b.    Internet
c.     Video
d.    Buku/ sumber lain yang relevan.




Mengetahui,
Kepala Sekolah,                                                                         Guru Mata Pelajaran,




                                                                                                        Alvian Kurniawan, M.Pd.                                             













INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan : SMAN
Tahun pelajaran                              : 2017/2018
Kelas/Semester                               : X / 2
Mata Pelajaran                                 : Bahasa Indonesia – Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
TINDAK LANJUT
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





Butir Sikap:
1.     Religius
2.     Jujur
3.     Mandiri
4.     Bertanggung jawab
5.     Bersemangat/termotivasi
6.     Teliti



















INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA N
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
3.11   
Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.
Indikator
:
3.11.1  
Mengidentifikasi isi teks negosiasi.


3.11.2  
Menentukan struktur teks negosiasi.


3.11.3  
Menganalisis kebahasaan teks negosiasi
Materi
:
Menganalisis Teks Negosiasi

Contoh Tugas:
Lakukanlah Pengamatan Kegiatan pemeranan teks negosiasi secara langsung
1.       Rekam dan amati kegiatan negosiasi meliputi :
a.        transaksi pedagang di pasar
b.       transaksi pedagang HP di conter
c.        transaksi sewa mobil
d.       rapat karangtaruna
e.        rapat osis
2.       buatlah garis besar isi pembahasan
3.       catatlah bagaimana struktur negosiasi yang digunakan
4.       kemukakan pendapatmu bagaimanakah kebahasaan yang digunakan

 






























INSTRUMEN PENUGASAN 2

Satuan Pendidikan
:
SMA N
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
3.11   
Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi..
Indikator
:
3.11.1  
Mengidentifikasi isi teks negosiasi.


3.11.2  
Menentukan struktur teks negosiasi.


3.11.3  
Menganalisis kebahasaan teks negosiasi
Materi
:
Menganalisis Teks Negosiasi

Contoh Tugas:

Lakukanlah Pengamatan Kegiatan pemeranan teks negosiasi
1.       Rekam dan amati kegiatan bermain peran negosiasi dari kelompok yang tampil.
2.       buatlah garis besar isi pembahasan
3.       catatlah bagaimana struktur negosiasi yang digunakan
4.       kemukakan pendapatmu bagaimanakah kebahasaan yang digunakan
 




























RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Siswa/kelompok               : …………………………………………………
Kelas                                                     : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                  : ......................................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah tugas pengamatan lengkap isi pemeranan teks negosiasi ?


2.
3. Apakah terdapat uraian tentang struktur negosiasi?


3.
Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuai dengan kaidah PUEBI?


4.
Apakah penyelesaian yang dikerjakan sesuai kesepakatan?


5.
Apakah membuat komentar kesimpulan?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang




















INSTRUMEN TES TERTULIS

Satuan Pendidikan
:
SMA N
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Kompetensi dasar
:
3.11   
Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.
Indikator
:
3.11.1  
Mengidentifikasi isi teks negosiasi.


3.11.2  
Menentukan struktur teks negosiasi.


3.11.3  
Menganalisis kebahasaan teks negosiasi

Tes Tertulis
Disediakan dua teks negosiasi
1.       Identifikasilah isi teks negosiasi dengan benar
2.       Carilah perbedaan isi teks negosiasi  dengan benar
3.       Analisislah struktur teks negosiasi dengan benar
4.       kemukakan komentarmu terhadap kebahasaan teks negosiasi tersebut
Terlulis (soal HOTS)
1.       Mengapa sebuah negosiasi tidak selamanya berhasil, kemukakan pendapatmu!
2.       Sikap yang bagaimanakah yang harus dimiliki seorang negosiator dalam menghadapi lawan dengan sikap keras atau kaku?
3.       Seandainya Kamu sebagai seorang pimpinan, karyawanmu menuntut kenaikan upah, sementara perusahaanmu dalam kondisi yang sedang tidak mungkin menaikkan upah. Solusi apakah yang akan Kamu lakukan?
4.       Sebagai ketua RT KAmu harus memenuhi keinginan warga yang berbeda pendapat dalam rencana pembangunan lapangan olahraga baru. Kemukakan rencanamu!

Rubrik penilaian

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Siswa munuliskan isi teks negosiasi dengan sangat tepat
4
a.                       Siswa munuliskan isi teks negosiasi dengan tepat
3
b.                       Siswa munuliskan isi teks negosiasi dengan kurang tepat
2
c.                       Siswa munuliskan isi teks negosiasi dengan tidak tepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Siswa menjelaskan bagian-bagian struktur  teks negosiasi dengan sangat tepat
4
d.                       Siswa menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasi dengan tepat
3
e.                       Siswa menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasi dengan kurang tepat
2
f.                        Siswa menjelaskan bagian-bagian struktur teks negosiasi dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
3
Pesertadidik mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks negosiasidan  memberikan contoh masing-masing dengan sangat tepat

4
g.                       Siswa mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks negosiasi  memberikan contoh masing-masing dengan tepat
3
h.                       Siswa mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks negosiasi dan memberikan contoh masing-masing dengan kurangtepat
2
i.                        Siswa mentukan 5 ciri kebahasaan yang digunakan dalam teks negosiasi dan  memberikan contoh masing-masing dengan tidaktepat
1

Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
4
Siswa mengomentari sisi kebahasaan  teks negosiasi dengan sangat tepat
4
j.                         Siswa mengomentari sisi kebahasaan kebahasaan teks negosiasi dengan tepat
3
k.                       Siswa mengomentari sisi kebahasaan kebahasaan teks negosiasi dengan kurang tepat
2
l.                        Siswa mengomentari sisi kebahasaan kebahasaan teks negosiasi dengan tidak tepat
1







Mengetahui,
,



















INSTRUMEN PENILAIAN KETRAMPILAN

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2 Kota Jambi
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Materi
:
Menganalisis dan memerankan dialog negosiasi
Kompetensi dasar
:
4.11   
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan
Indikator
:
4.11.1  
Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan.


4.11.2  
Memainkan peran dialog negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan


1.  Lembar soal Ketrampilan

a.       Buatlah sebuah teks dialog negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan!
b.      Pilihlah peran yang sesuai dan lakukan permainan drama negosiasi sesuai teks negosiasi yang dibuat!

2.       Rubrik Penilaian

Bait
Aspek yang Dinilai
Skor
1
m.                     Siswa menentukan isi teks negosiasi sangat sesuai isi teks
4
n.                       Siswa menentukan isi  teks negosiasi sesuai isi teks
3
o.                       Siswa menentukan isi teks negosiasi kurang sesuai isi teks
2
p.                       Pesertadidikmenentukan isi teks negosiasi tidak sesuai isi teks
1
2
q.                       Siswa menyusun Struktur teks negosiasi sangat lengkap dan sangat sesuai dengan topic
4

r.                        Siswa menyusun Struktur teks negosiasi lengkap dan sesuai dengan topic
3

s.                       Siswa menyusun Struktur teks negosiasikurang lengkap dan  kurang dengan topic
2

t.                        Siswa menyusun Struktur teks negosiasitidak lengkap dan tidak sesuai isi teks
1
3
u.                       Siswa menggunakan bahasa teks negosiasi sangat sesuai dengan kaidah kebahasaan, dan PUEBI
4

v.                       Siswa menggunakan bahasa teks negosiasi sesuai dengan Struktur,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
3

w.                     Siswa menggunakan bahasa teks negosiasi kurang sesuai denganStruktur,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
2

x.                       Siswa menggunakan bahasa teks negosiasi tidak sesuai dengan Struktur,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
1
4
y.                       Siswa memerankan teks negosiasi sangat sesuai dengan isi ,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
4

z.                       Siswa memerankan teks negosiasi sesuai dengan isi,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
3

aa.                    Siswa memerankan teks negosiasi kurang sesuai dengan isi,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
2

bb.                   Siswa memerankan teks negosiasi tidak sesuai dengan isi,  struktur, cirri kebahasaan, dan PUEBI
1


Nilai = Perolehan skor             x 100
             Jumlah kreteria/soal

Contoh

Nilai  =11   x 100  = 91,66
             12



































INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Satuan Pendidikan
:
SMA N 35 Palembang
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
X
Materi
:
Menganalisis Teks Negosiasi
Kompetensi dasar
:
4.11   
Mengkonstruksikan teks negosiasi dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan
Indikator
:
4.11.1  
Membuat teks negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan.


4.11.2  
Memainkan peran dialog negosiasi dengan memperhatikan isi, struktur dan kebahasaan

Tugas I
1.              Simpan setiap tugas yang diberikan ke dalam map individu Siswa (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map!
2.              Buat rangkuman dari setiap tugas yang telah diberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris!
3.              Batas waktu pengumpulan tugas adalah di pertemuan terakhir!

PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Siswa menyimpan semua tugas yang telah dikerjakan dengan lengkap, dan tugas dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Siswa menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Siswa menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Siswa menyimpan tugas-tugas yang telah dikerjakan, namun tugas yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Siswa tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang diberikan karena tidak pernah mengumpulkan tugas
0

















LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                                      :
Kelas                                                   :
Semester/ Tahun Pelajaran : 2/ 2017 - 2018

No
Nama Siswa
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Siswa
Guru



















































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2016/2017
Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program                                :  X
Semester                             :  2 (dua)
Kurikulum                         :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.1.1.     Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi
Analisis isi,
teks negosiasi
X/2
Disajikan dialog negosiasi, siswa dapat membedakan isi teks negosisi dengan benar
C4
Uraian
1


Analisis struktur
teks negosiasi
X/2
Disajikan dialog negosiasi, siswa dapat mengevaluasi struktur teks negosiasi dengan benar
C5
uraian
2


Analisis kebahasaan
teks negosiasi
X/2
Disajikan dialog negosiasi siswa dapat memperbaiki dan menulis kalimat yang benar sebuah diskusi teks negosiasi
C6
uraian
3


Mengomentari negosiasi
X/2
Disajikan gambar negosiasi siswa dapat mengemukakan pendapat terhadap pertanyaan teks negosiasi dengan benar
C6
uraian
4


Mengomentari negosiasi
X/2
Disajikan gambar negosiasi siswa dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks negosiasi dengan benar
C6
uraian
5



KARTU  SOAL HOTS
Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X  / 2 (satu)
Kurikulum                       : 2013

Kompetensi Dasar
:
Menganalisis  isi, struktur   (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi
Materi
:
Teks Negosiasi
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan dialog negosiasi, Siswa dapat membedakan isi teks negosisi dengan benar

Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan dialog negosiasi, Siswa dapat mengevaluasi struktur teks negosiasi dengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan dialog negosiasi siswa dapat memperbaiki dan menulis kalimat yang benar sebuah diskusi teks negosiasi
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan gambar negosiasi siswa dapat mengemukakan pendapat terhadap pertanyaan teks negosiasi dengan benar
Indikator Soal Nomor 5
:
Disajikan gambar negosiasi siswa dapat memberikan solusi terhadap pertanyaan teks negosiasi dengan benar


















STIMULUS 1
Pegawai Bank   : "Selamat pagi pak, silahkan duduk, ada yang bisa kami bantu?"
Nasabah              : "Selamat pagi bu. Ya, terimakasih."
Nasabah              : "Begini bu, saya ingin mengajukan proposal peminjaman uang untuk usaha
                                   ikan lele saya."
Pegawai Bank   : "Maaf, bisa saya lihat proposalnya?"
Nasabah              : "Ini bu, silahkan."
Pegawai bank   : "Sebenarnya, proposal bapak ini sangat bagus, tidak ada masalah. Cuma kami
                                  dari pihak bank tidak bisa memenuhi permintaan dana sebesar 500 juta."
Nasabah              : "Jadi, kira-kira pihak bank mampu memberikan berapa bu?"
Pegawai Bank   : "Setelah saya hitung, kami hanya menyanggupi sampai 300 juta pak, dengan
                                  bunga 4 %."
Nasabah              : "Tidak bisa ditambah lagi bu? Usaha ini sebenarnya sangat sukses, pesanan
                                  ikan lele ke kami dari seluruh Indonesia."
Nasabah              : "Dana ini rencananya akan kami gunakan untuk menambah kapasitas produksi
                                   untuk memenuhi permintaan ikan lele tersebut"
Pegawai Bank   : "Tunggu dulu pak, saya hitung ulang dulu"
Pegawai Bank   : "Yah, sepertinya kami sanggup memberikan 350 juta".
Nasabah              : "Wah, apakah tidak bisa dinaikin lagi bu? Gimana kalau 400 juta?"
Pegawai Bank   : "Maaf pak, hanya segitu yang bisa kami sanggupi."




STIMULUS 2

Wali Kelas          : "Anto, bagaimana rencana Study Wisata ke Tanjung Bira, apakah semua
                                  temanmu setuju?"
Ketua Kelas        : "Saya sudah berbicara dengan teman-teman bu, cuma ada usulan study
                                  wisatanya ke Pantai Marina aja bu."
Wali Kelas          : "Wah, kenapa bisa begitu?"
Ketua Kelas        : "Kalau Tanjung Bira sekolah kita sudah sangat sering berkunjung ke sana bu.
                                  Sedangkan, Pantai Marina belum pernah sama sekali."
Wali Kelas          : "Tapi anto, ibu sudah bicarakan rencana ini ke bapak kepala sekolah dan beliau
                                  sudah menyetujuinya"
Ketua Kelas        : "Iya bu, tapi sepertinya banyak teman-teman yang tidak ikut jika study wisata
                   itu dilaksanakan di Tanjung Biara."
Wali Kelas          : "Aduh, jadi gimana yah, padahal ibu sudah mempersiapkan semuanya."
Ketua Kelas        : "Begini saja bu, biar saya dan teman-teman yang menghadap ke kepala sekolah
                  dan menceritakan rencana ini."
Wali Kelas          : "Baiklah kalau begitu, secepatnya kamu bicara dengan beliau, laporkan ke ibu
                  hasilnya".
Ketua Kelas        : "Baik bu."











Soal:

1.       Kemukakan perbedaan kedua isi teks negosiasi di atas
2.       Temukan struktur teks negosiasi
3.       kemukakan komentarmu terhadap kebahasaan kedua teks negosiasi tersebut












4.       Seandainya Kamu sebagai seorang pimpinan, karyawan Anda menuntut kenikan upah, sementara perusahaan Anda dalam kondisi yang sedang tidak mungkin menaikkan upah, buatlah kalimat dialog negosiasi dengan memperhatikan  struktur teks negosiasi yang baik













Ketua RW   :    para warga yang saya hormati,  malam ini tiba saatnya bagi kita untuk memutuskan pembangunan lapangan olahraga. Silahkan yang akan mengemukakan pendapatnya
Warga   1    :   bapak ketua RW yang hormati, menurut saya lapangan yang perlu dibangun adalah lapangan volly jangan lapangan  bulu tangkis
Warga 2       :   pak RW anak-anak kita kan banyak, jadi biar semua dapat berolahraga lebih baik  lapangan voli saja.
Warga 3       :   Betul pak RW, biar semua bisa bermain saya setuju lapangan voli saja.
Ketua RW    :  Bagaimana bapak-bapak yang lain? Apakah bisa diputuskan lapangan voli yang akan kita bangun di sudut desa kita.
Warga           :  setuju, setujuu, setuju 
Warga1        : saya tidak setuju (pergi meninggalkan ruang rapat)

5.       Berdasarkan gambar dan dialog diatas seandainya Anda sebagai ketua RW Anda harus memenuhi keinginan warga yang berbeda pendapat dalam rencana pembangunan lapangan olahraga baru. Buatlah kalimat dialog negosiasi baru dengan memperhatikan kaidah kebahasaan yang baik dan benar..



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan