RPP KELAS X KD 3.2 DAN 4.2 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X/ Ganjil
Materi Pokok
: Menganalisis
Teks Laporan Observasi
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit (3 pertemuan)
A. Kompetensi Dasar
3.2 Menganalisis isi dan aspek
kebahasaan dari minimal dua teks laporan.
4.2 Mengkonstruksikan teks laporan
dengan memerhatikan isi dan aspek
kebahasaan.
kebahasaan.
B. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan membaca beberapa
teks laporan hasil observasi, siswa dapat
melakukan analisis terhadap isi, struktur, dan aspek kebahasaannya dengan
benar.
melakukan analisis terhadap isi, struktur, dan aspek kebahasaannya dengan
benar.
2. Dengan melakukan
pengamatan terhadap suatu fenomena alam, sosial,
ataupun budaya, siswa dapat dapat menulis teks laporan dengan
memerhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaannya.
ataupun budaya, siswa dapat dapat menulis teks laporan dengan
memerhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaannya.
C. Indikator
Ketercapaian Kompetensi
1. Menguraikan isi
teks laporan hasil observasi
2. Mememerinci struktur dan
kebahasaan teks laporan observasi
3. Menjelaskan
langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi
4. Menyunting tekslaporan
hasil observasi.
D. Materi Pelajaran
1. Fakta
a.
Contoh analisis terhadap teks laporan hasil observasi.
b.
Contoh hasil penyuntingan terhadap teks laporan hasil observasi.
2. Konsep
a.
Teks laporan termasuk ke dalam ragam teks faktual (nonsastra). Di
dalamnya tersaji sejumlah fakta.
dalamnya tersaji sejumlah fakta.
b.
Menyunting merupakan kegiayan untuk mengoreksi kesalahan-
kesalahan yang mungkin ada dalam suatu tulisan.
kesalahan yang mungkin ada dalam suatu tulisan.
3. Prinsip
a.
Teks laporan mensyaratkan penggunaan kata yang berbeda dengan yang
biasa digunakan dalam karya sastra ataupun kata-kata sehari-hari. Kata-
kata dalam suatu laporan harus lugas, terbebas dari makna kias.
biasa digunakan dalam karya sastra ataupun kata-kata sehari-hari. Kata-
kata dalam suatu laporan harus lugas, terbebas dari makna kias.
b.
Penyuntingan berkenaan dengan isi, struktur, ataupun penggunaan
kaidah bahasanya.
kaidah bahasanya.
4. Prosedur
a. Untuk menulis teks
laporan, kita perlu melakukan kegiatan observasi lapangan ataupun membaca
berbagai referensi. Dengan memanfaatkan fakta-fakta yang ada, kemudian kita
menyusun kerangkanya dengan memperhatikan kelengkapan bagian-bagiannya yang
meliputi pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Setelah itu,
kita mengembangkannya menjadi teks laporan yang lengkap dengan memperhatikan
kaidah-kaidah kebahasannya yang benar.
b. Penyuntingan dilakukan
dengan memperhatikanketepatan topik, struktur, dan kaidah kebahasaannya.
E. Metode,
Media, dan Sumber Belajar
1.
Metode : observasi,
diskusi, silang baca, praktikum
2. Media :
a. bagan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
observasi.
b. tayangan
tentang contoh
3. Sumber :
a. Buku Cerdas Berbahasa
Indonesia X, h. ….
b. Berbagai referensi terkait topik yang dipilih
siswa
F. Langkah Kegiatan
Pembelajaran
1. Pertemuan pertama
a.
Siswa membaca dua teks laporan atau lebih untuk mengidentfikasi
informasi-informasi tertentu yang ada di dalamnya.
informasi-informasi tertentu yang ada di dalamnya.
b.
Siswa mencatat dan mengemukakan hasil-hasil temaunnya itu untuk
mendapatkan tanggapan dari siswa lainnya.
mendapatkan tanggapan dari siswa lainnya.
c.
Siswa membaca suatu teks lapaoran lainnya untuk meunjukkan
peristilahan dan jenis-jenis kata tertentu.
peristilahan dan jenis-jenis kata tertentu.
d.
Siswa secara bergiliran mempresentasikan temuan-temuannya untuk
mendapatkan tanggapan dari siswa yang lain.
mendapatkan tanggapan dari siswa yang lain.
2.. Pertemuan kedua
a.. Siswa memperhatikan suatu daftar
topik untuk penulisan teks laporan
hasil observasi.
hasil observasi.
b.. Siswa memilih topik-topik itu
disertai alasan-alasannya.
c.. Siswa menentukan sebuah
topik untuk dikembangkan menjadi teks
laporan observasi.
laporan observasi.
d.. Siswa mendaftarkanlah
sejumlah fakta penting untuk topik tersebut
yang anda peroleh dari sejumlah referensi: buku-buku perpustakaan, e-
book, ataupun laman-laman dalam internet.
yang anda peroleh dari sejumlah referensi: buku-buku perpustakaan, e-
book, ataupun laman-laman dalam internet.
e.. Siswa menyusun
fakta-fakta itu menjadi kerangka yang benar, sesuai
dengan karakterstik dari teks laporan.
dengan karakterstik dari teks laporan.
f. Siswa mengembangkan
kembangkanlah kerangka tersebut menjadi sebuah teks laporan yang lengkap dengan
memperhatikan ketepatan kaidah kebahasaannya!
3. Pertemuan ketiga
a.
Siswa dikenalkan dengan kata-kata yang bermakna lugas dengan
yang
bermakna kias, sebagai bekal untuk kegiatan penyuntingan.
bermakna kias, sebagai bekal untuk kegiatan penyuntingan.
b.
Siswa juga mengnenali dan berlatih kalimat-kalimat yang padu
dengan
yang tidak di dalam suatu paragraf.
yang tidak di dalam suatu paragraf.
c.
Siswa berlatih mengenali penyebab dan memperbaiki
kalimat-kalimat
yang rancu.
yang rancu.
d.
Siswa mendalami penulisan kata yang salah di dalam suatu teks
dan
berlatih untuk memperbaikinya.
berlatih untuk memperbaikinya.
e.
Siswa melakukan berlatih melakukan penyuntingan terhadap teks
laporan hasil observasi secara utuh.
laporan hasil observasi secara utuh.
f.
Siswa melakukan silang baca atas hasil kegiatan yang telah
dilakukannya dan hasilnya dilaporkan dalam diskusi kelas.
dilakukannya dan hasilnya dilaporkan dalam diskusi kelas.
g.
Siswa memperhatikan penjelasan/penguatan dari guru berkaitan
dengan
kegiatan penulisan dan penyuntingan terhadap teks laporan hasil
observasi.
kegiatan penulisan dan penyuntingan terhadap teks laporan hasil
observasi.
G. Penilaian
1. Penilaian
pengetahuan
a.
Jenis : tes lisan/tertulis
b.
Bentuk instrumen :
lembar soal uraian tentang kemampuan analisis
siswa terhadap teks laporan hasil observasi.
siswa terhadap teks laporan hasil observasi.
c.
Pedoman penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan
ketepatan jawaban siswa dalam
menguraikan dan memerinci struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
menguraikan dan memerinci struktur dan kaidah teks laporan hasil
observasi.
2. Penilaian keterampilan
a. Jenis : penilaian
praktik
b. Bentuk instrumen : format
observasi tentang
kemampuan siswa dalam menulis
dan melakukan penyuntingan
terhadap teks laporan hasil
observasi.
kemampuan siswa dalam menulis
dan melakukan penyuntingan
terhadap teks laporan hasil
observasi.
c. Pedoman penilaian
Format dan Pedoman
Penialian
Kemampuan Menulis dan Menyunting Teks Laporan Hasil Observasi
Aspek Penilaian
|
Bobot
|
Skor
|
Nilai
|
Keterangan
|
1) Daya tarik tema
|
2
|
|||
2) Kelengkapan struktur
|
3
|
|||
3) 3)
Keruntutan dalam penyajian
|
2
|
|||
4) Ketepatan kaidah kebahasaan
|
3
|
|||
Jumlah
|
10
|
terima kasih semoga bermanfaat amiin
BalasHapus