RPP KELAS X KD 3.2 DAN 4.2 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :
Mata pelajaran             : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/ Ganjil
Materi Pokok              : Menganalisis Teks Laporan Observasi
Alokasi Waktu            : 6 x 45 menit (3 pertemuan)

A.        Kompetensi Dasar
      3.2  Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan.
                          4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek  
                  kebahasaan.

B.        Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca beberapa teks laporan hasil observasi, siswa dapat
      melakukan analisis terhadap isi, struktur, dan aspek kebahasaannya dengan
      benar.
2.      Dengan melakukan pengamatan terhadap suatu fenomena alam, sosial,
      ataupun budaya, siswa dapat dapat menulis teks laporan dengan
      memerhatikan isi, struktur, dan aspek kebahasaannya.

C.        Indikator Ketercapaian Kompetensi
1.   Menguraikan  isi teks laporan hasil observasi
2.   Mememerinci struktur dan kebahasaan teks laporan observasi
3.   Menjelaskan langkah-langkah penulisan teks laporan hasil observasi
4.   Menyunting tekslaporan hasil observasi.

D.        Materi Pelajaran
            1. Fakta
a.       Contoh analisis terhadap teks laporan hasil observasi.
b.      Contoh hasil penyuntingan terhadap teks laporan hasil observasi.
2.   Konsep
a.    Teks laporan termasuk ke dalam ragam teks faktual (nonsastra). Di
                        dalamnya tersaji sejumlah fakta.
b.   Menyunting merupakan kegiayan untuk mengoreksi kesalahan-
                        kesalahan yang mungkin ada dalam suatu tulisan.
3.   Prinsip
a.    Teks laporan mensyaratkan penggunaan kata yang berbeda dengan yang
                        biasa digunakan dalam karya sastra ataupun kata-kata sehari-hari. Kata-
                        kata dalam suatu laporan harus lugas, terbebas dari makna kias.
b.   Penyuntingan berkenaan dengan isi, struktur, ataupun penggunaan
                        kaidah bahasanya.
4. Prosedur
a.    Untuk menulis teks laporan, kita perlu melakukan kegiatan observasi lapangan ataupun membaca berbagai referensi. Dengan memanfaatkan fakta-fakta yang ada, kemudian kita menyusun kerangkanya dengan memperhatikan kelengkapan bagian-bagiannya yang meliputi pernyataan umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Setelah itu, kita mengembangkannya menjadi teks laporan yang lengkap dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasannya yang benar.
b.   Penyuntingan dilakukan dengan memperhatikanketepatan topik, struktur, dan kaidah kebahasaannya.

E.         Metode, Media, dan Sumber Belajar
            1.   Metode      : observasi, diskusi, silang baca, praktikum
            2.   Media        : a. bagan tentang struktur dan kaidah teks laporan hasil
                                             observasi.
                                        b.  tayangan tentang contoh
            3.    Sumber     :   a.  Buku Cerdas Berbahasa Indonesia X, h. ….
                                        b.  Berbagai referensi terkait topik yang dipilih siswa
           
F.         Langkah Kegiatan Pembelajaran
            1.   Pertemuan pertama
a.       Siswa membaca dua teks laporan atau lebih untuk mengidentfikasi
                        informasi-informasi tertentu yang ada di dalamnya.
b.      Siswa mencatat dan mengemukakan hasil-hasil temaunnya itu untuk
                        mendapatkan tanggapan dari siswa lainnya.
c.       Siswa membaca suatu teks lapaoran lainnya untuk meunjukkan
                        peristilahan dan jenis-jenis kata tertentu.
d.      Siswa secara bergiliran mempresentasikan temuan-temuannya untuk
                        mendapatkan tanggapan dari siswa yang lain.
2.. Pertemuan kedua
       a.. Siswa memperhatikan suatu daftar topik untuk penulisan teks laporan
            hasil observasi.
       b.. Siswa memilih topik-topik itu disertai alasan-alasannya.
                   c.. Siswa menentukan sebuah topik untuk dikembangkan menjadi teks
                         laporan observasi.
                   d.. Siswa mendaftarkanlah sejumlah fakta penting untuk topik tersebut
                         yang anda peroleh dari sejumlah referensi: buku-buku perpustakaan, e-
                        book
, ataupun laman-laman dalam internet.
                   e.. Siswa menyusun fakta-fakta itu menjadi kerangka yang benar, sesuai
                        dengan karakterstik dari teks laporan.
f.       Siswa mengembangkan kembangkanlah kerangka tersebut menjadi sebuah teks laporan yang lengkap dengan memperhatikan ketepatan kaidah kebahasaannya!
              3.  Pertemuan ketiga
a.       Siswa dikenalkan dengan kata-kata yang bermakna lugas dengan yang
                        bermakna kias, sebagai bekal untuk kegiatan penyuntingan.
b.      Siswa juga mengnenali dan berlatih kalimat-kalimat yang padu dengan
                        yang tidak di dalam suatu paragraf.
c.       Siswa berlatih mengenali penyebab dan memperbaiki kalimat-kalimat
                        yang rancu.
d.      Siswa mendalami penulisan kata yang salah di dalam suatu teks dan
                        berlatih untuk memperbaikinya.
e.       Siswa melakukan berlatih melakukan penyuntingan terhadap teks
                        laporan hasil observasi secara utuh.
f.       Siswa melakukan silang baca atas hasil kegiatan yang telah
                        dilakukannya dan hasilnya dilaporkan dalam diskusi kelas.
g.      Siswa memperhatikan penjelasan/penguatan dari guru berkaitan dengan
                        kegiatan penulisan dan penyuntingan terhadap teks laporan hasil
                        observasi.

G.        Penilaian
            1. Penilaian pengetahuan
a.          Jenis                            : tes lisan/tertulis
b.         Bentuk instrumen        : lembar soal uraian tentang kemampuan analisis
                                                              siswa terhadap teks laporan hasil observasi.
c.          Pedoman penilaian
       Penilaian dilakukan berdasarkan ketepatan jawaban siswa dalam  
       menguraikan dan memerinci struktur dan kaidah teks laporan hasil
       observasi.

            2.         Penilaian keterampilan
                        a.         Jenis                            :           penilaian praktik
                                        b.         Bentuk instrumen        :           format observasi tentang
                                                            kemampuan siswa dalam menulis
                                                            dan melakukan penyuntingan
                                                            terhadap teks laporan hasil
                                                            observasi.
                        c.         Pedoman penilaian     

Format dan Pedoman Penialian

Kemampuan Menulis dan Menyunting Teks Laporan Hasil Observasi

Aspek Penilaian
Bobot
Skor
Nilai
Keterangan
1) Daya tarik tema
2
2) Kelengkapan struktur
3
3)  3)  Keruntutan dalam penyajian
2
4)  Ketepatan kaidah kebahasaan
3
Jumlah
10

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah

Ringkasan dan contoh soal Materi Bertelepon dengan kalimat yang sopan dan efektif, Modul Bahasa Indonesia Kelas 7SMP Semester 2 Budiwijaya Karangan Alvian Kurniawan