RPP KELAS X KD 3.9 DAN 4.9 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Ikhtisar Buku)
Satuan Pendidikan :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 8 JP (8 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti (KI)
Kompetensi
Sikap:
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 Memahami
,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan
pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B.
Kompetensi
Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.8
Menyebutkan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel
yang dibacakan.
|
3.8.1
Mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku pengayaan).
3.8.2
Mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
3.8.3
Mendata setiap butir-butir
penting dari buku nonfiksi dan novel.
3.8.4
Membandingkan butir-butir penting antara buku nonfiksi dan novel.
|
1.8
Menyusun
ikhtisiar dari dua buku nonfiksi (pengayaan) dan ringkasan dari satu novel
yang dibaca.
|
1.8.1
Menyusun ikhtisar dari buku nonfiksi.
1.8.2
Meringkas novel yang telah dibaca.
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran inquiry learning, peserta didik menggali informasi dari
berbagai sumber belajar diharapkan peserta didik dapat menyebutkan
butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang
dibacakan dan menyusun ikhtisar dari
dua buku nonfiksi (pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca dengan
rasa ingin tahu, teliti, bertanggung
jawab dan disiplin.
D. Materi
Pembelajaran
1. Faktual : Buku
nonfiksi dan novel
2. Konseptual :
Ikhtisar buku nonfiksi dan ringkasan novel
3. Prosedural
: Langkah-langkah mengikhtisar
buku nonfiksi
4. Metakognitif : Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi
E. Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Pembelajaran Inkuiri
(Inquiry Learning)
F. Media dan
Bahan Pembelajaran
1. Media/alat :
LCD
2. Bahan : Buku nonfiksi dan novel
G. Sumber
Belajar
a.
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2015..Bahasa Indonesia Kelas
X. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Bahasa
Indonesia Kelas X.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.
Pusat Pembinaan dan
Pengembangan Bahasa.2013. Kamus Besar
Bahasa Indonesia.
Jakarta: Balai Pustaka.
Jakarta: Balai Pustaka.
H. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2JP
3.9.1 Mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku
pengayaan).
3.9.2 Mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
3.9.3 Mendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi
dan novel.
Tahapan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespons salam pembuka.
2.
Pendidik
mempersiapkan kondisi peserta didik.
3.
Peserta
didik berdoa dipandu ketua kelas.
4.
Pendidik
memotivasi peserta didik.
5.
Pendidik
melakukan apersepsi melalui tanya awab
tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
1.
Pendidik
menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan
strategi pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Peserta
didik membaca buku nonfiksi (pengayaan).
2.
Peserta
didik membaca sebuah novel.
3.
Peserta
didik mengidentifikasi butir-butir penting/pokok-pokok dalam buku nonfiksi.
4.
Peserta
didik mengidentifikasi pokok-pokok dalam novel yang dibacanya.
5.
Peserta
didik mendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
6.
Peserta
didik mempresentasikan temuan dan simpulan berkenaan dengan butir-butir
penting/pokok-pokok dalam buku nonfiksi dan novel.
7.
Pserta didik (yang
lain) menanggapi, dan menyampaikan masukan untuk memperbaiki temuan atau simpulan yang berkenaan
dengan butir-butir penting/pokok-pokok
dalam buku nonfiksi dan novel.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran.
3.
Peserta
didik diberi tugas mencari dan membaca sebuah buku nonfiksi dan novel.
4.
Pendidik
menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
10
enit
|
Pertemuan Kedua: 2JP
3.9.4
Membandingkan butir-butir penting antara buku nonfiksi dan novel.
Tahapan
|
Deskripsi
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Peserta
didik merespons salam pembuka.
2.
Pendidik
mempersiapkan kondisi peserta didik.
3.
Peserta
didik berdoa dipandu ketua kelas.
4.
Pendidik
memotivasi peserta didik.
5.
Pendidik
melakukan apersepsi melalui tanya awab
tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.
Pendidik
menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan
strategi pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Peserta
didik membaca buku nonfiksi (buku pengayaan).
2.
Peserta
didik membaca sebuah novel.
3.
Peserta
didikmengidentifikasi butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
4.
Peserta
didik membandingkan pokok-pokok penting dari buku nonfiksi dan novel.
5.
Peserta
didik mempresentasikan temuan dan simpulan berkenaan dengan membandingkan pokok-pokok penting dari buku
nonfiksi dan novel.
6.
Pserta didik (yang
lain) menanggapi, dan menyampaikan masukan untuk memperbaiki temuan atau simpulan yang berkenaan
dengan membandingkan pokok-pokok
penting dari buku nonfiksi dan novel.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Peserta
didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Peserta
didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran
3.
Peserta
didik diberi tugas membaca buku nonfiksi dan novel.
4.
Pendidik
menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
|
10
enit
|
Pertemuan Ketiga: 2JP
4.9.1 Menyusun ikhtisar dari buku nonfiksi.
4.9.2 Meringkas novel yang telah dibaca.
I.
Teknik Penilaian
1. Teknik penilaian
· Pengetahuan :
tes tertulis
· Keterampilan :
penugasan, unjuk kerja
· Sikap : observasi
2. Instrumen penilaian
: Penilaian pengetahuan
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor
|
1.
|
Peserta didik
mampu mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku pengayaan).
|
3
|
2.
|
Peserta didik mampu mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
|
3
|
3.
|
Peserta didik mampumendata setiap butir-butir
penting dari buku nonfiksi dan novel.
|
2
|
4
|
Peserta didik mampu membandingkan butir-butir penting antara buku
nonfiksi dan novel
|
2
|
Total skor
|
10
|
Nilai Akhir Siswa:
Mengetahui Palembang,
17 Juli 2017
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Alvian Kurniawan, M.Pd.
MATERI IKHTISAR BUKU
· Pengertian Ikhtisar
Ikhtisar sebenarnya sering digunakan
para penulis dalam membuat kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam
menyimpulkan suatu uraian. Ikhtisar juga merupakan penyajian singkat tentang
isi tulisan namun tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada seperti halnya
pada ringkasan.Untuk
mengambil inti dia bebas mengambil kata-kata, asal tetap menunjukan inti dari
bacaan tersebut.
Ciri-
ciri ikhtisar :
1.
Tidak mempertahnkan urutan gagasan
2.
Bebas mengkombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti.
3.
Tujuannya untuk mengambil inti.
· Langkah-langkah membuat ikhtisar
Langkah-langkah membuat ikhtisar tidak jauh berbebeda dengan
Rangkuman, yaitu sebagai berikut:
a. Membaca naskah asli beberapa kali
(setidak-tidaknya dua kali).
b. Membuat kerangka bacaan dengan
menuliskan pikiran utama atau pikiran pokokj yang terdapat dalam naskah.
c. Menulis ikhtisiar.
· Pengertian Ringkasan
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang
panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan adalah sari karangan
tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun
artikel. Fungsi sebuah ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku
atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang
menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar
menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pokok pikiran
dan tujuan penulis.
Ciri-ciri
ringkasan:
1.
Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
2.
Kerangka dasr masih tampak jelas
3.
Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas
4.
Tujuannya untuk memangkas gagasan.
· Cara membuat ringkasan
Ada beberapa pegangan yang dipergunakan untuk membuat
ringkasan yang baik dan teratur, yaitu sebagai berikut:
1. Membaca
naskah asli
Langkah pertama dalam pembuatan ringkasan adalah membaca
naskah asli satu atau dua kali untuk mengetahui kesan umum dan maksud pengarang
serta sudut pandangnya.
2. Mencatat
gagasan utama
Setelah penulis menangkap maksud, kesan umum, dan sudut
pandang pengarang asli, maka langkah selanjutnya adalah mencatat semua gagasan
utama atau gagasan yang penting.
3. Mengadakan
reproduksi
Dengan menggunakan catatan-catatan yang diperoleh pada
langkah kedua dan kesan umum yang diperoleh pada langkah pertama, maka penulis
sudah siap untuk membuat ringkasan. Yang harus diperhatikan oleh penulis adalah
ia harus menyusun kalimat-kalimat baru, merangkai semua gagasan kedalam suatu
wacana yang jelas dan dapat diterima oleh akal sehat.
4. Ketentuan
tambahan
Disamping ketiga langkah diatas, masih ada beberapa
ketentuan tambahan yang perlu diperhatikan dalam menyusun ringkasan, yaitu:
a. Sebaiknya menggunakan kalimat
majemuk.
b. Bila mungkin, ringkaslah kalimat
menjadi frasa, dan frasa menjadi kata.
c. Jumlah alinea tergantung dari
besarnya ringkasan dan jumlah topik utama yamg dimasukkan kedalam ringkasan.
d. Bila mungkin, semua kata keterangan
atau kata sifat dibuang.
e. Pertahankan susunan gagasan asli,
serta ringkaslah gagasan itu dalam urutan seperti urutan naskah asli.
f. Untuk membedakan ringkasan atas
tulisan biasa dan sebuah pidato atau ceramah yang menggunakan sudut pandang
Orang Pertama Tunggal atau Jamak, maka rinkasan pidato itu harus ditulis dengan
sudut pandang Orang Ketiga.
g. Biasanya untuk suatu ringkasan
ditentukan panjang ringkasan finalnya.
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran
Rubrik Penilaian
1.
Lembar
Penilaian Observasi
NO
|
Tanggal
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
5.
|
….
|
|
|
|
Rubrik Jurnal
Satuan
Pendidikan : SMA Sumsel Jaya
Palembang
Tahun Ajaran : 2017—2018
Kelas/Semester : X/Ganjil
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
No.
|
Waktu
|
Nama
|
Kejadian/Perilaku
|
Butir Sikap
|
Pos/Neg
|
Tindak
Lanjut
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
Komentar
Posting Komentar