RPP KELAS X KD 3.9 DAN 4.9 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 REVISI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(Ikhtisar Buku)

Satuan Pendidikan     :
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester           : X / 1
Alokasi Waktu            : 8 JP (8 x 45 menit)

A.  Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Sikap:
         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3  Memahami ,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8      Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan.
3.8.1    Mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku pengayaan).
3.8.2    Mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
3.8.3    Mendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
3.8.4    Membandingkan butir-butir penting antara buku nonfiksi dan novel.

1.8    Menyusun ikhtisiar dari dua buku nonfiksi (pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
1.8.1   Menyusun ikhtisar dari buku nonfiksi.
1.8.2   Meringkas novel yang telah dibaca.

C.  Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran inquiry learning, peserta didik menggali informasi dari berbagai sumber belajar diharapkan peserta didik dapat menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan dan menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca dengan rasa ingin tahu, teliti,  bertanggung jawab dan disiplin.

D.  Materi Pembelajaran
1.    Faktual               : Buku nonfiksi dan novel
2.    Konseptual        : Ikhtisar buku nonfiksi dan ringkasan novel
3.    Prosedural          : Langkah-langkah mengikhtisar buku nonfiksi
4.    Metakognitif      : Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi

E.  Metode Pembelajaran
     Model Pembelajaran : Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning)

F.   Media dan Bahan Pembelajaran
1. Media/alat               :  LCD                      
2. Bahan                     : Buku nonfiksi dan novel

G. Sumber Belajar
a.    Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015..Bahasa Indonesia Kelas X.  Jakarta:
               Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
b.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X.
               Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
c.    Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia.
               Jakarta: Balai Pustaka.


H.  Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama: 2JP
3.9.1   Mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku pengayaan).
3.9.2   Mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
3.9.3   Mendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
Tahapan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
1.     Peserta didik merespons salam pembuka.
2.     Pendidik mempersiapkan kondisi peserta didik.
3.     Peserta didik berdoa dipandu ketua kelas.
4.     Pendidik memotivasi peserta didik.
5.     Pendidik melakukan apersepsi  melalui tanya awab tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
1.    Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi pembelajaran.

10 menit
Inti
1.    Peserta didik membaca buku nonfiksi (pengayaan).
2.    Peserta didik membaca sebuah novel.
3.    Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting/pokok-pokok dalam buku nonfiksi.
4.    Peserta didik mengidentifikasi pokok-pokok dalam novel yang dibacanya.
5.    Peserta didik mendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
6.    Peserta didik mempresentasikan temuan dan simpulan berkenaan dengan butir-butir penting/pokok-pokok dalam buku nonfiksi dan novel.
7.    Pserta didik (yang lain) menanggapi, dan menyampaikan masukan untuk memperbaiki  temuan atau simpulan yang berkenaan dengan   butir-butir penting/pokok-pokok dalam buku nonfiksi dan novel.


70 menit
Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang   telah dilakukan.
2.    Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran.
3.    Peserta didik diberi tugas mencari dan membaca sebuah buku nonfiksi dan novel.
4.    Pendidik menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10    enit

Pertemuan Kedua: 2JP
3.9.4   Membandingkan butir-butir penting antara buku nonfiksi dan novel.
Tahapan
Deskripsi
Waktu
Pendahuluan
1.    Peserta didik merespons salam pembuka.
2.    Pendidik mempersiapkan kondisi peserta didik.
3.    Peserta didik berdoa dipandu ketua kelas.
4.    Pendidik memotivasi peserta didik.
5.    Pendidik melakukan apersepsi  melalui tanya awab tentang materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
6.    Pendidik menyampaikan tujuan, manfaat materi pembelajaran yang akan dicapai, dan strategi pembelajaran.

10 menit
Inti
1.    Peserta didik membaca buku nonfiksi (buku pengayaan).
2.    Peserta didik membaca sebuah novel.
3.    Peserta didikmengidentifikasi butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
4.    Peserta didik membandingkan pokok-pokok penting dari buku nonfiksi dan novel.
5.    Peserta didik mempresentasikan temuan dan simpulan berkenaan dengan  membandingkan pokok-pokok penting dari buku nonfiksi dan novel.
6.    Pserta didik (yang lain) menanggapi, dan menyampaikan masukan untuk memperbaiki  temuan atau simpulan yang berkenaan dengan   membandingkan pokok-pokok penting dari buku nonfiksi dan novel.

70 menit
Penutup
1.    Peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang   telah dilakukan.
2.    Peserta didik bersama pendidik menyimpulkan pelajaran
3.    Peserta didik diberi tugas membaca buku nonfiksi dan novel.
4.    Pendidik menyampaikan topik pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya.
10    enit

Pertemuan Ketiga: 2JP
4.9.1 Menyusun ikhtisar dari buku nonfiksi.
4.9.2 Meringkas novel yang telah dibaca.
I. Teknik Penilaian
1. Teknik penilaian
·  Pengetahuan                 : tes tertulis
·  Keterampilan                : penugasan, unjuk kerja
·   Sikap                            : observasi

2. Instrumen penilaian       :  Penilaian pengetahuan

No
Aspek yang dinilai
Skor
1.
Peserta didik mampu mengidentifikasi pokok-pokok dari buku nonfiksi (buku pengayaan).
3
2.
Peserta didik mampu mengidentifikasi pokok-pokok dari novel.
3
3.
Peserta didik mampumendata setiap butir-butir penting dari buku nonfiksi dan novel.
2
4
Peserta didik mampu membandingkan butir-butir penting antara buku nonfiksi dan novel
2
Total skor
10





Nilai Akhir Siswa

Mengetahui                                                                       Palembang, 17 Juli 2017
Kepala Sekolah,                                                                Guru Mata Pelajaran,                                                                                                                                    


                                                                                          Alvian Kurniawan, M.Pd.

MATERI IKHTISAR BUKU

·      Pengertian Ikhtisar
Ikhtisar sebenarnya sering digunakan para penulis dalam membuat kutipan secara tidak langsung ataupun di dalam menyimpulkan suatu uraian. Ikhtisar juga merupakan penyajian singkat tentang isi tulisan namun tidak mempertahankan urutan bab-bab yang ada seperti halnya pada ringkasan.Untuk mengambil inti dia bebas mengambil kata-kata, asal tetap menunjukan inti dari bacaan tersebut.
Ciri- ciri ikhtisar :
1.   Tidak mempertahnkan urutan gagasan
2.   Bebas mengkombinasikan kata-kata asal tidak menyimpang dari inti.
3.   Tujuannya untuk mengambil inti.

·      Langkah-langkah membuat ikhtisar
Langkah-langkah membuat ikhtisar tidak jauh berbebeda dengan Rangkuman, yaitu sebagai berikut:
a.    Membaca naskah asli beberapa kali (setidak-tidaknya dua kali).
b.    Membuat kerangka bacaan dengan menuliskan pikiran utama atau pikiran pokokj yang terdapat dalam naskah.
c.    Menulis ikhtisiar.

·      Pengertian Ringkasan
Ringkasan adalah penyajian karangan atau peristiwa yang panjang dalam bentuk yang singkat dan efektif. Ringkasan adalah sari karangan tanpa hiasan. Ringkasan itu dapat merupakan ringkasan sebuah buku, bab, ataupun artikel. Fungsi sebuah ringkasan adalah memahami atau mengetahui sebuah buku atau karangan. Dengan membuat ringkasan, kita mempelajari cara seseorang menyusun pikirannya dalam gagasan-gagasan yang diatur dari gagasan yang besar menuju gagasan penunjang, melalui ringkasan kita dapat menangkap pokok pikiran dan tujuan penulis.
Ciri-ciri ringkasan:
1.    Inti tidak meninggalkan urutan dasar karangan.
2.    Kerangka dasr masih tampak jelas
3.    Memangkas gagasan utama menjadi lebih ringkas
4.    Tujuannya untuk  memangkas gagasan.

·      Cara membuat ringkasan
Ada beberapa pegangan yang dipergunakan untuk membuat ringkasan yang baik dan teratur, yaitu sebagai berikut:
1.    Membaca naskah asli
Langkah pertama dalam pembuatan ringkasan adalah membaca naskah asli satu atau dua kali untuk mengetahui kesan umum dan maksud pengarang serta sudut pandangnya.
2.    Mencatat gagasan utama
Setelah penulis menangkap maksud, kesan umum, dan sudut pandang pengarang asli, maka langkah selanjutnya adalah mencatat semua gagasan utama atau gagasan yang penting.
3.    Mengadakan reproduksi
Dengan menggunakan catatan-catatan yang diperoleh pada langkah kedua dan kesan umum yang diperoleh pada langkah pertama, maka penulis sudah siap untuk membuat ringkasan. Yang harus diperhatikan oleh penulis adalah ia harus menyusun kalimat-kalimat baru, merangkai semua gagasan kedalam suatu wacana yang jelas dan dapat diterima oleh akal sehat.
4.    Ketentuan tambahan
Disamping ketiga langkah diatas, masih ada beberapa ketentuan tambahan yang perlu diperhatikan dalam menyusun ringkasan, yaitu:
a.    Sebaiknya menggunakan kalimat majemuk.
b.    Bila mungkin, ringkaslah kalimat menjadi frasa, dan frasa menjadi kata.
c.    Jumlah alinea tergantung dari besarnya ringkasan dan jumlah topik utama yamg dimasukkan kedalam ringkasan.
d.   Bila mungkin, semua kata keterangan atau kata sifat dibuang.
e.    Pertahankan susunan gagasan asli, serta ringkaslah gagasan itu dalam urutan seperti urutan naskah asli.
f.     Untuk membedakan ringkasan atas tulisan biasa dan sebuah pidato atau ceramah yang menggunakan sudut pandang Orang Pertama Tunggal atau Jamak, maka rinkasan pidato itu harus ditulis dengan sudut pandang Orang Ketiga.
g.    Biasanya untuk suatu ringkasan ditentukan panjang ringkasan finalnya.


LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran Rubrik Penilaian

1.      Lembar Penilaian Observasi
NO
Tanggal
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.




2.




3.




4.




5.
….







Rubrik Jurnal

Satuan Pendidikan      : SMA Sumsel Jaya Palembang
Tahun Ajaran              : 2017—2018
Kelas/Semester            : X/Ganjil
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia

No.
Waktu
Nama
Kejadian/Perilaku
Butir Sikap
Pos/Neg
Tindak Lanjut
1.






2.






3.






4.






5.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Ulasan Artikel Jurnal Penelitian

Contoh Proposal Pengajuan Kegiatan Ekstrakurikuler

Contoh Proposal Kegiatan Bulan Bahasa di Sekolah